Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Januari 2019

Nama besar Big Bang memang tidak bisa lepas dari peran G-Dragon sebagai leader-nya. Meskipun telah memasuki usia 30-an, totalitas GD memang tidak kalah dibanding idol-idol baru yang banyak bermunculan saat ini. Bahkan, GD tetap aktif berkarya menciptakan lagu. Pria bernama asli Kwon Ji-yong ini turut berkontribusi dalam menciptakan sebagian besar lagu-lagu Big Bang.

Sebagai pribadi yang populer dan multitalenta, tentu saja ada banyak fakta unik mengenai G-Dragon yang menarik untuk disimak. Tak hanya fakta yang menyenangkan saja, ada pula beberapa fakta yang mungkin merupakan titik terendah yang dialami oleh G-Dragon. Yuk, langsung saja simak fakta yang berhasil dirangkum oleh Bacaterus ini.

10 Fakta Seputar G-Dragon Big Bang

1. Sempat Bergabung di SM Entertainment

Sempat Bergabung di SM Entertainment

Di industri hiburan Korea, SM Entertainment dan YG Entertainment adalah dua perusahaan besar yang sangat bersaing. SM adalah perusahaan hiburan yang menaungi EXO, Super Junior, dan Red Velvet. Sementara YG menaungi Big Bang, BLACKPINK, dan iKon. Tentu saja G-Dragon adalah salah satu artis yang turut mengisi pundi-pundi uang YG Entertainment.

Usut punya usut, GD pernah bergabung di SM Entertainment di usianya yang masih sangat belia. Sebelumnya, GD tergabung dalam grup musik Little Roora. Lewat grup tersebut, bakatnya mulai membuat SM Entertainment terkesan. Di bawah asuhan SM, GD berlatih dance sejak usia 8 sampai 13 tahun. Namun, di tahun kelima ia memutuskan keluar karena merasa bakatnya tidak terasah.

2. Asal Muasal Nama “G-Dragon”

Asal Muasal Nama “G-Dragon”

Memiliki nama asli Kwon Ji-yong, jika diartikan “yong” adalah “naga”. Sementara “ji” cara membacanya sama dengan huruf “G” dalam Bahasa Inggris. Dari situlah terlahir nama G-Dragon. Tak disangka-sangka, nama tersebut membuatnya semakin “besar” seperti layaknya naga.

3. Pernah Dituduh Plagiat

Pernah Dituduh Plagiat

Pertama kali mengeluarkan album solonya setelah bersama Big Bang, ternyata G-Dragon sempat memperoleh batu sandungan. Ya, lagunya yang berjudul “Heartbreaker” dituduh menjiplak lagu Flo Rida, rapper asal Amerika Serikat, yang berjudul “Right Round”.

Pihak YG Entertainment langsung menghubungi Flo Rida ketika masalah ini mencuat dan menjadi buah bibir. Flo Rida pun mengkonfirmasi bahwa GD sama sekali tidak meniru lagunya. Bahkan, keduanya melakukan kolaborasi dengan menyanyikan “Heartbreaker” versi remix. GD juga diajak tampil di konser Flo Rida yang digelar di Korea Selatan.

4. Aktif Menulis Ratusan Lagu

Aktif Menulis Ratusan Lagu

G-Dragon disebut-sebut sebagai “King of K-Pop” karena tak hanya berbakat dalam menyanyi saja, pria kelahiran 18 Agustus 1988 ini juga dikenal sebagai penulis lagu yang handal. Sampai saat ini, GD sudah menulis 150 lagu, baik yang sudah dirilis maupun yang memang disimpannya sendiri.

GD merupakan penulis lagu untuk sebagian besar lagu Big Bang, GD & TOP, dan album maupun singel lagunya sendiri. Sebagai song writer yang kreatif, GD pun pernah menulis lagu untuk Seungri, Taeyang, IU, 2NE1, iKon, dan Psy.

5. Selalu Tampil Unik dan Stylish

Selalu Tampil Unik dan Stylish

Di setiap comeback Big Bang, G-Dragon selalu mengganti penampilannya, baik itu busana berpakaian maupun gaya rambutnya. Tengok saja ketika album ALIVE rilis, GD tampil dengan rambut berwarna blonde di video klip “Blue”, kemudian di video klip “Fantastic Baby” ia tampil dengan rambut panjang lurus yang dicat merah.

Penampilannya yang unik dan stylish ini membuat sejumlah brand ternama dunia menggandeng G-Dragon sebagai model atau brand ambassador-nya. Sejumlah fashion brand dunia yang pernah bekerja sama dengan GD antara lain adalah Chanel, Givenchy, Yves Saint Laurent, dan Gucci.

Berkat tampilannya yang super stylish, G-Dragon juga sempat menjadi cover atau diulas beberapa kali oleh sejumlah majalah fashion, seperti Vogue Korea, ELLE, dan Bazaar.

6. Terlibat Skandal Penggunaan Obat-obatan Terlarang

Terlibat Skandal Penggunaan Obat-obatan Terlarang

Hidup G-Dragon tidak melulu dipenuhi kegembiraan. Ada saat di mana ia pernah berada di titik terendah dalam hidupnya, yakni ketika ia terlibat skandal penggunaan obat-obatan terlarang.

Usai menggelar konser di Jepang pada tahun 2011, GD kedapatan menghisap rokok ganja di sebuah kelab malam. Namun karena ia mengkonsumsi dalam jumlah kecil, GD bebas dari investigasi. Meskipun demikian G-Dragon menyangkal dengan dalih rokok tersebut adalah pemberian orang lain dan ia tidak mengerti jika yang dihisapnya adalah rokok yang mengandung ganja.

7. Pendidikan Akhir S3

Pendidikan Akhir S3

Tak banyak idol K-Pop yang menyelesaikan studinya hingga ke perguruan tinggi. Kalaupun ada biasanya mereka hanya menamatkan S1 saja. Namun, hal itu tidak terjadi pada G-Dragon. Cowok ini berhasil menamatkan studinya hingga S3 di Sejong University, Korea Selatan.

Fakta yang satu ini membuktikan bahwa GD adalah idol yang sangat peduli terhadap pendidikan. Di tengah jadwalnya yang padat, GD pun berhasil menyelesaikan studinya sampai S3.

8. Dikabarkan Dekat dengan Sejumlah Selebriti Wanita

Dikabarkan Dekat dengan Sejumlah Selebriti Wanita

Kehidupan cinta G-Dragon juga selalu menjadi sorotan publik. Terbukti GD pernah dikabarkan dekat dengan selebriti wanita yang juga populer. Sandara Park, personel girlband 2NE1 dikabarkan dekat dengan GD pada awal-awal debutnya di Big Bang.

Akan tetapi, kehidupan pribadi GD yang paling mendapat sorotan adalah ketika ia dekat dengan Kiko Mizuhara, model terkenal asal Jepang. GD juga sempat tertangkap kamera sedang bermesraan dengan Kiko.

9. Penyanyi Solo yang Sukses dan Produktif

Penyanyi Solo yang Sukses dan Produktif

Biasanya sangat jarang ditemukan anggota boyband atau girlband yang menuai kesuksesan setelah mencoba peruntungan menyanyi solo di luar grupnya. Akan tetapi, G-Dragon membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi penyanyi solo yang sukses. Ia juga sangat produktif merilis singel maupun album solonya.

Adapun lagu-lagu terkenal ketika G-Dragon menempuh karir soloisnya adalah “Heartbreaker”, “Butterfly”, “One of a Kind”, “That xx”, “Crayon”, “Coup d’Etat”, dan “Crooked”.

10. Punya Motel Sendiri

Dolce Vita Pension

Pada tahun 2012, G-Dragon membangun sebuah motel di kawasan Pocheon, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Motel yang dinamakan “Dolce Vita Pension” itu adalah hadiah dari GD untuk keluarganya. Sampai saat ini, motel bergaya artsy itu dikelola oleh keluarga G-Dragon.

Bangunan motelnya sendiri tidak terlalu besar. Namun, mengingat itu adalah motel milik seorang idol K-Pop tersohor, maka banyak fans yang ingin mencoba menginap di sana. Kalau kamu lagi jalan-jalan di Korea Selatan, boleh nih coba bermalam di motel milik G-Dragon ini!

Sejumlah fakta menarik mengenai G-Dragon ini mungkin bisa membantumu mengenal sosok leader Big Bang ini secara lebih jauh lagi. Tak dapat dipungkiri bahwa G-Dragon dan Big Bang membawa pengaruh yang besar pada kesuksesan industri musik Korea Selatan. Sangat wajar jika di usianya yang sudah menginjak 30-an ini GD tidak kehilangan penggemar.

Ide-ide segar selalu mengalir dari G-Dragon. Ia pun tak pernah berhenti berkarya untuk Big Bang dan dirinya sendiri. Nah, apa karya selanjutnya yang akan disajikan oleh G-Dragon? Kita tunggu saja gebrakan yang akan dibuat oleh pria yang pernah berkolaborasi dengan Skrillex dan Major Lazer ini!