bacaterus web banner retina

Inilah 6 Fakta Menarik Mengenai Film Gangubai Kathiawadi

Masuk dalam jajaran film paling populer di Netflix, sebenarnya Gangubai Kathiawadi (2022) masuk dalam jajaran film paling diantisipasi. Film yang digarap oleh Sanjay Leela Bhansali dan diperankan oleh Alia Bhatt ini sudah menjadi pembicaraan sejak lama.

Hingga akhirnya pada tanggal 25 Februari 2022, film ini secara resmi tayang di berbagai bioskop India dan langsung viral hingga ke mancanegara.

Namun, di balik segala kesuksesan yang didapatkan oleh film Gangubai Kathiawadi (2022), ternyata ada beberapa fakta menarik di belakangnya. Salah satunya mengenai alasan kenapa Sanjay Leela Bhansali menolak film ini disebut sebagai film biografi.

Padahal film ini layak untuk masuk dalam kategori tersebut, apalagi budget yang digunakan Bhansali Production juga cukup fantastis.

Mau tahu alasan di balik penolakan Sanjay Leela Bhansali dan fakta-fakta menarik lainnya mengenai film Gangubai Kathiawadi (2022). Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, kamu bisa membacanya di bawah ini.

Baca juga: 10 Film India Terbaik di Tahun 2022

1. Sosok Gangubai yang Sebenarnya

Sosok Gangubai yang Sebenarnya

Siapa yang penasaran dengan sosok Gangubai Kathiawadi yang sesungguhnya di dunia nyata? Sebenarnya sosok Gangubai sudah terangkum dengan baik dalam film karya sutradara Sanjay Leela Bhansali.

Namun ada beberapa fakta menarik yang mungkin tidak diceritakan, contohnya mengenai Gangubai yang menikah di usia 16 tahun.

Gangubai lahir dengan nama Ganga Harjeevan, di usianya yang menginjak 16 tahun ia menikah dengan seorang akuntan. Ramnik Lal adalah suami yang sudah mengkhianatinya dan menjual dirinya ke rumah bordil seharga Rs. 500.

Menjalani hidup yang ada di hadapannya, Gangubai dikenal sebagai seorang aktivis sosial yang memperjuangkan hidup wanita prostitusi.

Gangubai menjadi sosok yang paling berpengaruh di Mumbai, pasalnya ia dikenal sebagai pemilik dari beberapa bisnis rumah bordil. Hingga di tahun 1960-an, Gangubai menjadi sosok paling berpengaruh dan dikenal dengan nama Madam of Kamathipura.

Wanita ini menjadi pemilik mobil Bentley hitam pertama dan tidak pernah takut untuk berhadapan dengan pihak kepolisian.

2. Film Non Inggris di Peringkat 1 Netflix

Film Non Inggris di Peringkat 1 Netflix

Mendapatkan kesuksesan besar sejak hari pertama melakukan penayangan di berbagai bioskop di India dan mancanegara. Kesuksesan film ini terus berlanjut saat Netflix menghadirkannya secara eksklusif, hingga film ini secara perlahan merangkak ke posisi teratas.

Di Netflix, Gangubai Kathiawadi (2022) berhasil bertengger di posisi pertama dan trending di beberapa negara. Keberhasilan ini membuat Sanjay Leela Bhansali dan Alia Bhatt merasa terharu dan tidak percaya.

Pasalnya, Gangubai Kathiawadi (2022) menjadi film non Inggris yang berhasil bertengger di posisi satu selama beberapa minggu.

Hal ini jelas menjadi prestasi yang luar biasa, apalagi filmnya mempromosikan keadilan untuk hidup wanita dan anak-anak. Sebelum melakukan penayangan pertamanya di India dan netflix, sebenarnya Gangubai Kathiawadi (2022) perdana tayang di Jerman.

Tepat pada tanggal 16 Februari 2022, Film ini ditayangkan pada ajang 72nd Berlin International Film Festival. Di ajang bergengsi tersebut, film ini berhasil mendapatkan banyak sekali ulasan positif dari para penonton.

3. Film Paling Laris di Tahun 2022

Film Paling Laris di Tahun 2022

Dunia perfilman India juga harus merasakan hantaman pandemi Covid-19, yang membuat industri tersebut lesu. Bahkan hingga tahun 2022, India masih harus bertarung dengan varian omicron yang membuat banyak sineas setempat mengurungkan rencananya.

Ketika banyak film memutuskan untuk mengundur penayangan, Sanjay Leela Bhansali justru begitu percaya diri. Gangubai Kathiawadi (2022) menjadi film yang berani mempertaruhkan biaya produksi tinggi dengan tetap tayang di bulan Februari.

Untuk penayangan hari pertamanya, film ini berhasil mengumpulkan hingga ₹10.50 crore. Secara global, film ini berhasil mendapatkan penghasilan bersih yang cukup tinggi yaitu hingga ₹196.86 crore.

Bahkan para kritikus film di India, rata-rata memberikan respon yang sangat positif mulai dari alur hingga penampilan para pemerannya.

Kebanyakan memuji konsistensi Sanjay Leela Bhansali dengan gaya story telling yang menjadi andalannya. Selain itu, Alia Bhatt dan Ajay Devgan mendapatkan banyak pujian atas penampilan mereka yang luar biasa.

4. Sanjay Leela Bhasali Dituntut Keluarga Gangubai

Sanjay Leela Bhasali Dituntut Keluarga Gangubai

Pasca filmnya ditayangkan, memang gangubai Kathiawadi (2022) bisa dikatakan sebagai film paling laris di tahun 2022. Namun di balik segala kesuksesannya, ternyata Sanjay Leela Bhansali menolak untuk mengatakan film ini sebagai film biografi.

Alasannya karena film ini hanya didasari dari novel berjudul Mafia Queen of Mumbai, karya Hussain Zaidi. Bahkan karena klaim ini, pihak keluarga Gangubai sempat menuntut Sanjay Leela Bhansali dan Alia Bhatt.

Dikutip dari Cinema, anak-anak Gangubai merasa keberatan karena film ini menunjukkan ibu mereka sebagai pelacur bukan seorang aktivis sosial.

Keempat anak angkat Gangubai merasa film ini hanya mementingkan komersial, hingga rela membunuh karakter seseorang yang berjasa.

Putra angkat Gangubai yang bernama Babu Raoji Shah sempat melayangkan petisi kepada Pengadilan Tinggi Bombay. Mereka menuntut atas pencemaran nama baik dan meminta penundaan perilisan film, namun kedua tuntutan ini ditolak.

Ia juga menambahkan, bahwa pihak keluarga merasa stres karena ibu mereka dibicarakan dan dipandang dengan cara yang berbeda.

5. Film Berkualitas dengan Budget Besar

Film Berkualitas dengan Budget Besar

Berbagai pujian dilontarkan oleh para kritikus hingga para penonton film Gangubai Kathiawadi (2022). Film yang diadaptasi dari novel terkenal ini memang memiliki kualitas yang sangat mumpuni, tak heran jika banyak orang yang merasa puas.

Fyi, Bhansali Production dan Pen India Limited menghabiskan biaya produksi yang fantastis untuk film ini. Dikutip dari Wikipedia, biaya yang dihabiskan untuk membuat film ini berjumlah sekitar ₹100-160 crore. Jumlah ini bisa dikatakan sangat fantastis.

Tetapi biaya yang dihabiskan memang sepadan dengan kualitas sinematografi, gambar, skoring, soundtrack hingga aktingnya. Mereka berhasil membangun area Kamathipura tahun 50 hingga 60-an.

Berbagai ornamen dan tone warna yang lembut, berhasil memanjakan mata para penontonnya. Kalau soal akting dan skoring, saya akui film buatan Bhansali Production tidak pernah mengecewakan.

Memang soundtrack-nya dikatakan kurang kuat, tetapi pilihan lagu dan liriknya sangat pas dengan keadaan yang ada di filmnya.

6. Kolaborasi Pertama Alia Bhatt dan Sanjay Leela Bhansali

Kolaborasi Pertama Alia Bhatt dan Sanjay Leela Bhansali

Sejak pertama kali mengumumkan Alia Bhatt sebagai pemeran utama untuk film Gangubai Kathiawadi (2022), banyak orang yang kaget. Pasalnya Sanjay Leela Bhansali dikenal begitu menjagokan Deepika Padukone sebagai heroine utamanya.

Maka dari itu kerjasamanya bersama Alia Bhatt menjadi angin segar yang sangat dinantikan oleh banyak orang. Hasilnya, kerjasama mereka untuk pertama kalinya menghasilkan kesuksesan yang luar biasa.

Gangubai Kathiawadi (2022) berhasil menjadi salah satu film box office di India. Bahkan film ini bertengger di nomor satu sebagai film yang populer di Netflix banyak negara.

Uniknya, proses casting yang dilakukan Alia Bhatt sangatlah tidak biasa. Hal ini terjadi ketika Bhansali sedang menyelesaikan film Inshaallah.

Bhansali meminta Bhatt untuk memakai sari berwarna putih dan bindi, sejak saat itu ia yakin bahwa Bhatt cocok untuk memerankan Gangubai.

Bahkan kerjasama ini membuat Bhansali mengakui bahwa ia kagum dengan bakat dan komitmen kerja Bhatt. Begitu pula dengan Alia Bhatt yang merasa seperti “dream come true” untuk bisa bekerjasama dengan Sanjay Leela Bhansali.

Inilah beberapa fakta menarik dibalik pembuatan film Gangubai Kathiawadi (2022) yang mungkin belum kamu ketahui.

Meski ada banyak sekali hambatan yang terjadi selama proses syuting, namun semuanya terbalaskan karena film ini sukses. Bahkan selama beberapa minggu, Gangubai Kathiawadi (2022) bertengger sebagai film non Inggris di Netflix.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram