Bacaterus / Fromis_9 / 10 Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui Tentang Fromis_9

10 Fakta Menarik yang Harus Kamu Ketahui Tentang Fromis_9

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Agustus 2019

Baru menjalani debut setahun yang lalu, Fromis_9 sukses mencuri hati para pecinta K-Pop di segala penjuru bumi. Saat ini, Fromis_9 sukses merilis 2 mini album dan sejumlah rilisan musik lainnya. Tak hanya merilis musik, Fromis_9 juga turut tampil di sejumlah acara TV di Negeri Ginseng. Ada sejumlah fakta menarik tentang girlgroup ini, kalau kamu penasaran, simak saja langsung fakta-faktanya di bawah ini:

1. Merilis Single Sebelum Debut

Merilis Single Sebelum Debut

Secara resmi, Fromis_9 memulai debutnya di kancah musik K-Pop pada 24 Januari 2018. Namun, sebelum menjalani debutnya itu, Fromis_9 rupanya sudah pernah merilis sebuah lagu. Adapun lagu tersebut adalah Glass Shoes yang dirilis pada 30 November 2017.

Meskipun dirilis di Korea, single pradebut mereka itu justru pertama kali dinyanyikan di Jepang. Tepatnya, di ajang penghargaan “MAMA”. Setelah sukses merilis dan menyanyikan single pradebut mereka, Fromis_9 pun resmi melakoni debut dengan merilis EP bertajuk To Heart.

2. Dibentuk dari Ajang Reality Show

Dibentuk dari Ajang Reality Show

Bisa dibilang kalau Fromis_9 adalah salah satu girlgroup yang dibentuk dari ajang reality show. Adapun acara reality show yang membentuk mereka adalah Idol School. Idol School sendiri merupakan reality show yang diinisiasi oleh CJ E&M; serta ditayangkan di Mnet pada 2017.

Disiarkan dari 13 Juli hingga 29 September 2017, Idol School berhasil mendapatkan 9 peserta dengan polling teratas. Para peserta itulah yang menjadi member Fromis_9 saat ini. Kesembilan peserta tersebut adalah: Roh Ji-sun; Song Ha-young; Lee Sae-rom; Lee Chae-young; Lee Na-kyung; Park Ji-won; Lee Seo-yeon; Baek Ji-heon; dan Jang Gyu-ri.

3. Arti Nama “Fromis_9”

Arti Nama “Fromis_9”

Secara sederhana, nama Fromis_9 terdiri dari kata “Fromis” dan angka “9”. Kata “Fromis” merupakan akronim dari “From Idol School”, sedangkan 9 tentu saja adalah jumlah para personel girlband satu ini. Selain sebagai sebuah akronim, kata “Fromis” pada nama girlband juga punya arti lain yang lebih mendalam.

Bila diucapkan, kata “Fromis” akan mempunyai pengucapan yang sama dengan kata “promise”. Dan bagai sebuah kebetulan, kata “Fromis” sendiri konon adalah perwujudan janji dari Fromis_9 kepada para penggemarnya. Girlband beranggotakan 9 wanita cantik itu berjanji kepada penggemarnya untuk menjadi girlband terbaik.

4. Sudah Pindah Agensi

Sudah Pindah Agensi

Agensi pertama yang menaungi Fromis_9 adalah Pledis Entertainment. Pledis sendiri merupakan agensi yang melatih para member Fromis_9, setelah mereka selesai mengikuti Idol School. Pledis juga menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam merilis sejumlah karya musik Fromis_9.

Dari mulai single pradebut Glass Shoes hingga EP To. Day, sudah dirilis Fromis_9 bersama Pledis Ent. Sayangnya, kerjasama antara Fromis dan agensi tersebut berakhir pada 21 September 2018. Di tanggal yang sama, Fromis_9 pun resmi berpindah ke agensi Off The Record.

Off The Record sendiri merupakan sebuah agensi yang tergolong baru di Korea. Saat itu, Off The Record tak hanya menaungi Fromis_9 saja. Kini, mereka pun juga menaungi salah satu girlgroup campuran Korea-Jepang: Iz One.

5. Pernah Tampil dengan 8 Personel Saja

Pernah Tampil dengan 8 Personel Saja

Hingga kini, Fromis_9 tetap kompak tampil dengan 9 personel. Namun, tahukah kamu, kalau mereka sempat tampil hanya dengan 8 personel saja? Peristiwa tersebut pernah terjadi di tahun 2018; sebelum mereka bergabung dengan Off The Record.

Saat itu, Jang Gyu-ri yang merupakan salah satu anggota mereka tengah mengikuti program Produce 48. Keikutsertaannya di Produce 48 memaksa Jang Gyu-ri mundur sejenak dari Fromis_9, sehingga Fromis_9 pun harus tampil berdelapan saja.

Walau hanya berdelapan saja, Fromis_9 tetap jalan terus. Hasilnya, EP kedua (To. Day) pun berhasil mereka rilis. Beberapa waktu berselang, Fromis_9 pun kembali tampil bersembilan setelah Jang Gyu-ri kembali. Jang Gyu-ri sendiri kembali lantaran dia telah tereliminasi dari babak ketiga eliminasi Produce 48.

6. Jan Gyu-ri Sempat Ikut Berakting di Sebuah Web Drama

Jan Gyu-ri Sempat Ikut Berakting di Sebuah Web Drama

Selain pernah mengikuti Produce 48, Jang Gyu-ri rupanya juga ikut serta dalam sebuah web drama. Adapun web drama tersebut adalah Dating Survival Course. Web drama tersebut dirilis pada 2019 dan bisa dilihat di akun YouTube TvN atau di Olleh Mobile.

Gyuri mengisi serial web drama itu mulai bulan Februari 2019. Atau sebelum Fromis_9 memulai momen comeback-nya di 2019. Fromis_9 sendiri menjalani comeback pada 4 Juni lalu, dengan merilis sebuah lagu baru.

7. Delapan Personel Lainnya Juga Pernah Menjajal Dunia Akting

Delapan Personel Lainnya Juga Pernah Menjajal Dunia Akting

Bukan hanya Gyu-ri saja, delapan personel Fromis_9 pun juga pernah menjajal dunia akting. Debut mereka di dunia akting sendiri dilakoni di sebuah webseries bertajuk Welcome to Heel Inn. Webseries tersebut dirilis pada 15 Oktober 2018 dan disiarkan di akun resmi Naver V Live Fromis_9.

Menariknya, debut akting mereka dilakoni justru saat Gyu-ri absen dari Fromis_9. Seperti yang diketahui, Gyu-ri sempat aben dari Fromis_9 karena mengikuti kompetisi Produce 48.  Jadi, webseries Welcome to Hell Inn betul-betul hanya diisi oleh delapan personil Fromis_9 selain Gyu-ri.

8. Baru Merilis Dua Album Single Bersama Off The Record

Baru Merilis Dua Album Single Bersama Off The Record

Selama berada di bawah naungan Off The Record, Fromis_9 baru merilis dua album single saja. Salah satunya adalah Fun Factory yang dirilis pada 4 Juni 2019 kemarin. Album Fun Factory sendiri merupakan album penanda kembalinya Fromis_9 selama rehat beberapa waktu lalu.

Album single lainnya yang dirilis bersama Off The Record adalah From.9. Album single spesial ini dirilis sebagai penanda kembalinya Jang Gyu-ri dari ajang Produce 48. Meski dirilis oleh Off The Record, album single spesial itu justru didistribusikan via Stone Music Entertainment dan Genie Music.

9. Masuk ke Dalam Sejumlah Nominasi Ajang Bergengsi di Korea

Masuk ke Dalam Sejumlah Nominasi Ajang Bergengsi di Korea

Meski tergolong baru, Fromis_9 ternyata berhasil masuk ke dalam sejumlah nominasi. Beberapa di antaranya merupakan nominasi dari ajang-ajang bergengsi di Korea. Seperti: Golden Disc Award dan Gaon Chart Music Awards.

Dari sejumlah nominasi, tiga di antaranya berhasil dimenangkan Fromis_9. Ketiganya adalah: New Staw Award (Singer) di ajang Asia Model Awards 2018; Rising Award dari ajang Asia Artist Awards 2018; dan Rookie Top 5 di Ajang V Live Awards 2019.

10. Mengumumkan Nama Fans Klub di Ulang Tahun Pertama Mereka

Mengumumkan Nama Fans Klub di Ulang Tahun Pertama Mereka

Pada 24 Januari 2019, Fromis_9 resmi merayakan ulang tahunnya yang pertama. Di momen spesial tersebut, mereka melakukan siaran langsung di akun resmi V Live mereka selama 1 jam 15 menit. Siaran langsung tersebut kelak menjadi momen bersejarah bagi para penggemar Fromis_9.

Mengapa demikian? Karena, di momen itu, Fromis_9 resmi mengumumkan nama resmi fans klub mereka. Adapun nama fans klub tersebut adalah Flover. Nama Flover sendiri merupakan gabungan dari kata “Fromis” dan juga “Clover”.

Itulah sejumlah fakta menarik dari Fromis_9. Siapa nih member Fromis_9 kesukaan kamu? Atau punya cerita dan fakta seru lainnya tentang Fromis_9? Yuk, bagikan di kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar