bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Barat / 10 Fakta Film Titanic yang Menarik Diketahui Pecinta Film

10 Fakta Film Titanic yang Menarik Diketahui Pecinta Film

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 23 Februari 2021

Titanic merupakan film yang menceritakan tentang kisah cinta dua orang di atas kapal RMS Titanic yang tenggelam saat melakukan pelayaran perdana pada 15 April 1912. Film Titanic diproduksi pada tahun 1997, dan disutradarai oleh James Cameron.

Berdasarkan ceritanya, kapal RMS Titanic melakukan pelayaran perdana dari Southampton menuju New York. Dalam pelayarannya, Kapten Edward J. Smith beserta krunya tidak menghiraukan peringatan tentang adanya gunung es dalam jalur yang dilalui Titanic. Saat kapal melaju cepat, First Officer memerintahkan kapal untuk dibelokkan, dan mesin dimundurkan.

Naas, peringatan sudah terlambat. Kemudian sisi kanan Titanic menabrak gunung es, hingga menghasilkan serangkaian lubang di bagian bawah garis air, dan lima kompartemen kedap air di dasar kapal bocor. Titanic semakin terancam, kehilangan keseimbangan, hingga akhirnya tenggelam sepenuhnya ke dasar Samudera Atlantik.

Film Titanic dibuat berdasarkan daya tarik James Cameron terhadap bangkai kapal RMS Titanic. Kemudian dibuatlah film ini untuk menyampaikan pesan emosional dari apa yang terjadi, dan menciptakan pesan terkait kisah cinta yang diselingi dengan tragedi kematian. Film Titanic mulai diproduksi pada tahun 1995.

Sebelum melakukan produksi film, seorang pemburu harta karun menjelajahi bangkai RMS Titanic untuk mencari kalung berlian yang terkubur di dasar laut. Lalu ditemukan peti berisi lembaran kertas, salah satunya lukisan yang bersandar di sebuah kursi dengan kalung di lehernya, bertuliskan “Heart of The Ocean”.

Penemuan tersebut diberitakan di CNN. Kemudian seorang perempuan tua bernama Rose Dawson Calvert meyakinkan bahwa wanita yang ada di dalam lukisan tersebut adalah dirinya. Rose datang ke lokasi penemuan dan menceritakan secara detail kejadian yang dialaminya di balik lukisan dan tenggelamnya kapal Titanic.

Setelah ditayangkan, film Titanic menyita perhatian para pecinta film, hingga mendapatkan banyak penghargaan. Bukan hal yang aneh jika Titanic begitu banyak menjadi sorotan karena film ini memang sangat menarik dan mampu membuat penonton terbawa suasana. 10 fakta film Titanic ini menarik untuk kamu ketahui!

1. Pemeran Film

 

Titanic diperankan oleh Leonardo DiCaprio sebagai Jack Dawson, dan Kate Winslet sebagai Rose Dewitt Bukater. Aktor pendukung lainnya melibatkan Billy Zane sebagai Cal Hockley, Gloria Stuart sebagai Old Rose, Bernard Hill sebagai Captain Smith, Kathy Bates sebagai Molly Brown, Frances Fisher sebagai Ruth Dewitt Bukater, Bill Paxton sebagai Brock Lovett, dan masih banyak pemeran lainnya.

Sebenarnya, Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet bukan merupakan kandidat utama. Awalnya, Matthew McConaughey menjadi orang pertama yang diincar untuk memerankan sebagai Jack dan Gwyneth Paltrow sebagai Rose. Saat adegan tenggelam, beberapa pemain mengalami pneumonia akibat tidak menggunakan wetsuit saat melakukan adegan di dalam air. Termasuk Kate Winslet, sempat mengalami pneumonia.

2. Ongkos Produksi yang Sangat Mahal

 

Film Titanic sangat maksimal dalam pembuatannya. Ongkos produksi film Titanic mencapai 200 juta USD. Angka tersebut lebih besar dibandingkan dengan pembuatan kapal Titanic yang asli. Diketahui mengeluarkan biaya 7,5 juta USD pada tahun 1910 – 1912, atau setara dengan 120 – 150 juta USD pada tahun 1997 untuk pembuatan kapal.

3. Judul Pertama Titanic

 

Titanic bukan merupakan judul pertama yang disematkan untuk film keren yang satu ini. Awal mulanya, James Cameron memberikan judul “Planet Ice”, kemudian dengan beberapa alasan akhirnya diganti menjadi Titanic. Nama yang sesuai dengan nama kapal legendaris yang diceritakan di dalam film ini.

4. Scene Kapal Tenggelam

 

Jika melihat di film, saat kapal tenggelam ada banyak hal yang terjadi. Diketahui adegan saat kapal Titanic tenggelam, sutradara hanya melakukan satu kali pengambilan. Itu karena lokasi shooting sudah hancur oleh perabotan yang ada. Lalu, ketinggian air dalam film Titanic setelah kapal tenggelam hanya sekitar 1 meter.

5. Kisah Pasangan Mengharukan

 

Film Titanic sangat menggambarkan kisah Jack dan Rose yang romantis dan mengharukan di ujung adegan. Ternyata, tak hanya Jack dan Rose saja yang menghasilkan kisah mengharukan, tetapi ada sepasang suami istri yang romantis dan kisahnya sangat mengharukan.

Saat kapal sudah dalam titik bahaya, Ida, seorang wanita menolak untuk pergi menyelamatkan diri. Ia memilih untuk diam di dek menemani Isidor Straus, suaminya yang sudah tua. Ida kemudian memberikan jaket bulu miliknya kepada pelayan agar pelayan tersebut bisa lari dan menyelamatkan diri. Ida dan Isidor Straus terlihat terakhir kali di dek sambil berpegangan tangan.

6. Banyak Anak-Anak di Kapal Titanic

 

Kisah kapal Titanic yang mengharukan tidak berhenti sampai di pasangan kekasih dan suami istri. Di atas kapal Titanic sebenarnya ada banyak anak-anak. Diketahui, ada banyak anak berusia 14 tahun yang bekerja di kapal RMS Titanic sebagai bellboys atau orang suruhan. Naas, tidak ada satu pun dari mereka yang selamat ketika kapal mengalami kecelakaan.

Tak hanya bellboys, di atas kapal Titanic ada seorang bayi berusia dua bulan. Beruntung, bayi tersebut selamat bersama Ibu dan kakaknya setelah menumpang life boat yang menyelamatkan mereka. Namun, ayah dari bayi tersebut tidak terselamatkan.

7. Biola yang Selamat

 

Ada adegan yang cukup mengharukan di film ini. Saat kapal Titanic sudah dalam titik bahaya, semua penumpang panik. Ibu dan anak-anak diselamatkan terlebih dahulu, sampai kapten kapal melakukan tembakan terhadap diri sendiri. Saat kondisi panik, pemain musik di atas kapal terus bermain.

Salah satu biola yang dimainkan mereka, tepatnya oleh Wallace Hartley sempat dikira takkan bisa selamat. Biola yang dilantunkan untuk menenangkan penumpang saat kondisi bahaya, ternyata bisa selamat dan menjadi salah satu benda bersejarah.

8. Novel yang Meramalkan Kecelakaan Titanic

 

Jauh sebelum terjadinya kecelakaan kapal Titanic, ada sebuah novel karya Morgan Robertson yang berjudul The Wreck of The Titan. Novel yang dirilis pada tahun 1898 menceritakan sebuah kapal besar yang tenggelam akibat menabrak gunung es. Padahal, novel ini diluncurkan 14 tahun sebelum terjadinya kecelakaan yang dialami oleh Titanic.

9. Kombinasi Karakter Fiksi dan Nyata

 

Pembuatan film Titanic melibatkan karakter fiksi dan nyata. Cerita yang penonton lihat tentang kisah Jack dan Rose sebenarnya merupakan karakter fiksi yang diciptakan oleh James Cameron. Namun karakter pendukung lainnya merupakan karakter nyata yang turut menjadi penumpang dari kapal Titanic.

10. Meraih 11 Piala Kemenangan

 

Kesuksesan film Titanic sudah tak perlu diragukan lagi. Film ini berhasil meraih 11 piala kemenangan dari total 15 kategori yang diperoleh. Saat itu, Titanic menjadi satu-satunya film yang sukses meraup pendapatan mencapai 2,1 miliar USD, dan ditempatkan sebagai film terlaris kedua sepanjang masa setelah Avatar.

Itulah 10 fakta menarik yang perlu kamu tahu tentang film Titanic. Semakin yakin jika film ini maksimal dalam pembuatannya. Tak heran jika Titanic bisa mendapatkan beragam penghargaan di industri perfilman di dunia. Bagaimana, semakin suka dengan film Titanic? Yuk, melihat kilas balik dengan menonton kembali film Titanic!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram