bacaterus web banner retina
Bacaterus / Review Film / 10 Fakta The Lord of The Rings, Film Tersukses Sepanjang Masa

10 Fakta The Lord of The Rings, Film Tersukses Sepanjang Masa

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 17 Juni 2021

The Lord of the Rings adalah salah satu film trilogi yang diadaptasi dari novel populer karya J.R.R Tolkien. Film ini menjadi salah satu film terlaris yang ada dunia. Bercerita mengenai petualangan Hobbit bersama penyihir putih, Gandalf untuk memusnahkan cincin Sauron.

Film yang telah menghabiskan biaya produksi yang cukup besar ini memang telah berhasil meraih perhatian para penonton. Meski filmnya sendiri telah dirilis cukup lama, namun kisahnya sendiri masih terus dikenang, khususnya oleh para penggemar film petualangan fantasi.

Nah, jika kamu salah satu penggemar film ini, maka kamu wajib menyimak fakta menarik tentang film the Lord of the Rings yang akan Bacaterus bahas dalam artikel di bawah. Seperti apa itu? Berikut adalah penjelasannya.

1. Dibuat ke dalam Serial

Dibuat ke dalam Serial

The Lord of the Rings merupakan film terlaris kedua setelah Titanic. Kesusksesan film garapan Peter Jackson ini sendiri memang dipengaruhi oleh berbagai unsur mulai dari jalan cerita, karakter, hingga kostum para pemain yang dinilai apik.

Nah, kepiawaian sang sutradara menggabungkan berbagai unsur dalam film tersebut memang patut diacungi jempol. Hal itu pun dibuktikan dengan antusiasme penonton yang besar untuk mengikuti jalan cerita film yang satu ini.

Nah, setelah sebelumnya sukses meriah box office di bioskop dunia, the Lord of the Rings sendiri direncanakan akan dibuat ke dalam bentuk serial. Apakah versi terbarunya nanti akan sesukses filmnya terdahulu? Kita tunggu saja penayangannya.

2. Viggo Mortensen Cedera Parah

Viggo Mortensen Cedera Parah

Viggo Mortensen adalah salah satu aktor yang memainkan karakter yang cukup penting di dalam film the Lord of the Rings. Wajahnya yang cukup berkarisma memang sangat cocok untuk memerankan karakter Aragorn, salah satu pewaris tahta Gondor yang dikenal sebagai sosok yang berani, bijaksana, dan rendah hati.

Sebagai pemeran protagonis, Aragorn kerap melakukan aksi berbahaya saat dihadapkan pada musuh-musuhnya. Nah, meskipun di akhir cerita sang raja berhasil menduduki tahta kerajaan dengan kondisi sehat, namun tahukah kamu bahwa saat proses syuting, pria kelahiran New York pada tahun 1958 ini sempat mengalami patah dikedua jarinya.

Kejadian sendiri bermula ketika ia diminta oleh sang sutradara untuk melakukan adegan menendang helm dengan penuh emosi. Saat melakukan pengulangan adegan yang kelima. Jari kaki Mortensen pun tidak dapat menendang dengan sempurna hingga kejadian naas itu pun terjadi.

3. Naskah Film yang Sering Berubah

Naskah Film yang Sering Berubah

Selain memiliki jalan cerita yang super apik, film the Lord of the Rings pun didukung dengan kualitas akting para pemain dalam memerankan karakternya. Nah, meskipun pada awalnya film direncanakan akan dibuat menjadi 2 film, namun karena keterbatasan budget produksi.

Bob dan Harvey Winstein yang bertindak selaku produser film meminta sang sutradara, Peter Jackson untuk mempersingkat filmnya menjadi satu film. Alhasil naskah untuk film the Lord of the Rings pun sempat berubah. Walaupun sempat merubah naskah, film ini sendiri berhasil menyabet penghargaan banyak penghargaan.

4. Jake Gyllenhaal Audisi untuk Peran Frodo

Jake Gyllenhaal Audisi untuk Peran Frodo

Salah satu karakter penting lainnya dalam film the Lord of the Rings adalah Frodo Baggins. Ia adalah Hobbit yang berasal dari desa kecil nan indah bernama Shire. Frodo sendiri merupakan cucu dari Biblo Baggins yang mewarisi Cincin Sauron. Dalam filmnya, karakter Frodo dimainkan oleh aktor berbakat, Elijah Wood.

Nah, tahukah kamu bahwa aktor, Jake Gyllenhaal sempat mengikuti audisi untuk karakter yang diperankan oleh Elijah Wood tersebut. Hanya saja karena kualitas aktingnya yang dianggap buruk saat audisi. Ia pun gagal mendapatkan peran sebagai Frodo di film tersebut.

5. Memborong Piala Oscar

Memborong Piala Oscar

The Lord of the Rings adalah salah satu film yang sukses memborong piala penghargaan Oscar ke -76 di Gedung Theater Kodak, Hollywood. The Lord of the Rings sendiri diketahui telah menyapu bersih 11 piala Oscar untuk setiap nominasi film tersebut.

Beberapa kategori yang dimenangkan tersebut diantara adalah sebagai Film terbaik, Sinematografi terbaik, Skenario adaptasi terbaik, Kostum terbaik, Sutradara terbaik, dan lain-lain. Pencapaiannya yang luar biasa di ajang penghargaan film bergengsi dunia tersebut memang membuktikan kualitasnya sebagai film terlaris sepanjang masa.

Baca juga: Film Bergenre Fantasi Terbaik yang Mirip Harry Potter

6. Film Box Office Tersukses

Film Box Office Tersukses

The Lord of the Rings adalah satu dari sekian banyak produksi film yang berhasil masuk ke dalam film box office dunia. Ketiga film tersebut diketahui telah berhasil meraih pendapatan kotor masing-masing sekitar $887,9 juta dolar, $1,142 miliar dolar, dan $951,2 juta dolar dari biaya produksi ketiga film yang mencapai sekitar $281 miliar dolar.

Dengan nominal yang cukup fantastis, film the Lord of the Rings sendiri sempat dinobatkan sebagai film box office tersukses sepanjang sejarah perfilman dunia.

7. Tiga Karakter oleh Satu Aktor

Tiga Karakter oleh Satu Aktor

Andi Serkis adalah salah satu aktor berbakat yang cukup mencuri perhatian di film the Lord of the Rings. Meski Serkis tidak secara langsung berakting di depan kamera, namun kepiawaiannya dalam mengolah suara untuk ketiga karakter dalam film ini cukup mengesankan.

Nah, di dalam film trilogi ini, Andy Serkis dipercaya mengisi suara untuk beberapa karakter fiksi bernama Gollum, Smeagol dan The Witch King. Kajeniusannya mengubah suara dari satu karakter ke karakter lainnya memang patut diacungi jempol. Mengingat banyak dari penonton yang tidak menyadari bahwa Serkis adalah pengisi suara dibalik ketiga karakter tersebut. 

8. The Shire, Desa Kecil di Selandia Baru

The Shire, Desa Kecil di Selandia Baru

Hal menarik lainnya dari film ini adalah lokasi yang menjadi tempat syuting para Hobbit, yaitu The Shire, sebuah desa kecil yang indah dan sejuk sekaligus rumah bagi para Hobbit. Nah, jika kamu berpikir bahwa The Shire adalah hasil dari efek komputer, maka kamu salah besar. Karena sebenarnya desa tersebut memang benar-benar ada.

The Shire sendiri berada di sebuah daerah yang memiliki pemandangan luar biasa di Wellington, New Zealand. Rumah yang menjadi tempat tinggal para Hobbit di film The Lord of The Ring diketahui dijadikan tempat wisata dengan nama Hobbiton.

9. Novel Tunggal yang Dibuat Enam Buku

Novel Tunggal yang Dibuat Enam Buku

The Lord of The Rings merupakan karya J.R.R Tolkien yang sebenarnya adalah novel tunggal yang dibuat menjadi trilogi dengan enak buku. Konon, keputusan membuat novel ini menjadi 3 volume dilakukan untuk menekan biaya kertas yang saat itu diketahui sangat langka dan juga mahal.

Meski pada dasarnya The Lord of The Rings adalah satu cerita dalam satu buku, namun masyarakat sendiri kerap mengira bahwa cerita dalam novel tersebut dibuat dalam kurun waktu yang berbeda.

10. Sean Connery Menolak Peran Gandalf

Sean Connery Menolak Peran Gandalf

Karakter lain yang juga berhasil mencuri perhatian para penonton adalah sosok penyihir putih bernama Gandalf. Gandalf adalah seorang penyihir yang membantu Frodo melewati berbagai rintangan untuk menghancurkan cincin Sauron di Gunung Doom yang berada di Mordor.

Nah, sebelum Ian McKellen didapuk sebagai pemeran Gandalf. Peran penyihir sakti ini pun sempat ditawarkan pada aktor kawakan, Sean Connery. Hanya saja karena Sean Connery kesulitan memahami jalan cerita dari karakter yang diperankannya tersebut. Ia pun memilih untuk menolak peran tersebut.

Itulah 10 Fakta the Lord of the Rings, film sukses sepanjang masa yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Jika kamu salah satu penggemar film petualangan fantasi, maka LOTR bisa menjadi salah satu tontonan yang cukup menghibur di akhir pekan. Nah, kalau kamu memiliki fakta menarik lainnya mengenai film ini, maka kamu bisa share itu di kolom komentar yang ada di bawah.

Artikel Terkait :
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram