bacaterus web banner retina

10 Fakta tentang Film The Conjuring 3: Devil Made Me Do It

The Conjuring 3 : The Devil Made Me Do It merupakan film horor garapan sutradara Michael Chaves. Film ini berkisah mengenai perjalanan demonologi terkenal asal Amerika Serikat, Ed dan Lorraine Warren dalam menyelesaikan kasus misterius yang melibatkan Arne Cheyenne Johnson. Selain menegangkan, kisah di balik film ini pun menjadi perbincangan hangat para penggemar.

Nah, apa yang membuat film ini wajib untuk ditonton? Yuk, simak beberapa fakta menarik tentang film The Conjuring 3 : The Devil Made Me Do It, yang akan Bacaterus bahas dalam artikel berikut ini!

Baca juga: Sinopsis & Review The Conjuring (2013), Kutukan Sekte Sesat

1. Diangkat dari Kisah Arne Cheyenne Johnson

Diangkat dari Kisah Arne Cheyenne Johnson

Salah satu hal yang menarik dari sekuel film The Conjuring ini adalah karena film tersebut diangkat dari kisah nyata yang melibatkan kembali demonologi terkenal, Ed dan Lorraine Warren. Film ini diangkat berdasarkan salah satu kasus pembunuhan misterius yang terjadi di Connecticut pada tahun 1981 oleh Arne Cheyenne Johnson.

Arne diketahui telah membunuh rekannya yang bernama Alan Bono. Anehnya, Arne sendiri mengaku tidak menyadari atas perbuatan yang telah dilakukannya. Hal inilah yang membuat kasus tersebut menjadi perhatian masyarakat hingga kemudian diangkat ke dalam film layar lebar.

2. Sempat Ditunda Penayangannya

2. Sempat Ditunda Penayangannya

Pada awalnya, film yang diproduksi oleh New Line Cinema ini dijadwalkan untuk rilis pada September 2020. Akan tetapi, karena pandemi COVID-19, jadwal untuk perilisan film tersebut sempat ditunda beberapa bulan hingga kemudian baru bisa dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2021 di Bioskop dan HBO Max.

Sebelumnya, para penonton sendiri sempat dihebohkan dengan dirilisnya trailer film The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It pada 22 April 2021 lalu. Di trailer berdurasi 2 menit 39 detik tersebut penonton dapat melihat beberapa potongan adegan menegangkan yang dialami oleh Ed dan Lorraine Warren.

3. Bermula dari Kasus David Glatzel

Bermula dari Kasus David Glatzel

Kasus yang dialami oleh Arne Cheyenne Johnson diduga memiliki kaitan dengan kasus kerasukan yang menimpa David Glatzel. Menurut Lorraine warren, anak laki-laki berusia 11 tahun tersebut sering melakukan banyak percobaan pembunuhan dan penusukan.

Kisahnya berawal saat David sering melihat penampakan makhluk menyeramkan hingga akhirnya sering mengalami kerasukan. Khawatir dengan sang anak, Debby Glatzel, selaku ibu dari David kemudian meminta bantuan pada Ed dan Lorraine Warren.

Saat melakukan ritual pengusiran oleh keduanya, Arne yang saat itu membantu proses pengusiran mengatakan pada iblis untuk menjauhi anak tersebut dan masuk ke dalam tubuhnya. Tindakan tersebut diduga menjadi pemicu perilaku aneh Arne Johnson.

4. Tewasnya Alan Bono

Tewasnya Alan Bono

Setelah kejadian kerasukan yang menimpa David, Arne dan Debbie kemudian memutuskan untuk pindah. Saat itu Debbie mendapat tawaran pekerjaan sebagai perawat anjing di Brookfield Pet Motel milik Alan Bono. Keduanya kemudian mendapat tawaran untuk tinggal di asrama miliknya.

Masalah mulai terjadi ketika Arne mulai menunjukkan perilaku aneh dan kerap mengeram seperti seekor binatang. Puncaknya, pada tahun 1981 terjadi insiden memilukan yang berujung pada tewasnya Alan Bono dengan banyak tikaman di tubuh. Sementara Arne ditemukan beberapa kilometer dari lokasi kejadian dengan kondisi bingung.

5. Kasus Pembunuhan Pertama Karena Kerasukan

Kasus Pembunuhan Pertama Karena Kerasukan

Kasus Arne Cheyenne Johnson menjadi salah satu kasus misterius yang terjadi di Connecticut, Amerika Serikat. Menurut James Wan, kasus yang menimpa Arne mungkin menjadi kasus pertama di dalam sejarah Amerika Serikat, dimana terduga perilaku menggunakan kerasukan sebagai alasan untuk menghabisi nyawa seseorang.

Akan tetapi, pembelaan berupa kesurupan yang diajukan Arne kemudian ditolak oleh pihak hakim dan juri karena kasus seperti itu tidak pernah terjadi sebelumnya. Pengadilan kemudian memutuskan Arne bersalah dan harus menjalani hukuman selama lima tahun penjara untuk kasus pembunuhan Alan Bono.

6. Penampilan Memukau Wilson dan Farmiga

Penampilan Memukau Wilson dan Farmiga

The Conjuring 3 : Devil Made Me Do It menjadi salah satu film box office dengan pendapatan yang cukup baik. Dari anggaran produksi sebesar $39 juta dolar. Film tersebut berhasil meraih pendapatan sekitar $202 juta dolar.

Selain pendapatan yang cukup baik, filmnya sendiri diketahui memiliki beragam kritikan positif dari para kritikus film, terutama untuk penampilan pasangan Patrick Wilson dan Vera Farmiga yang dianggap cukup memukau.

Beberapa situs film pun tidak luput dalam memberikan penilaian. Beberapa diantaranya seperti Metacritic, yang memberikan skor rata-rata 53 dari 100. Sementara CinemaScore memberi film ini dengan nilai rata-rata “B+” pada skala A+ hingga F.

Terakhir, PostTrak yang menyebut bahwa sebanyak 78% penonton memberikan skor positif, dimana 58% penonton merekomendasikan film tersebut.

7. Menggaet Joseph Bishara sebagai Komposer

Menggaet Joseph Bishara sebagai komposer

Skor film adalah musik orisinal yang ditulis khusus untuk mengiringi sebuah film. Skor film menjadi salah satu aspek yang cukup penting dalam sebuah film. Nah, untuk mengisi skor film, pihak rumah produksi sendiri menggandeng komponis Joseph Bishara untuk menjadi komposer The Conjuring 3.

Hal itu telah dikonfirmasi pihak rumah studio pada bulan Oktober 2019. Kolaborasi dengan James Wan sendiri membuat nama Bishara semakin dikenal luas di Industri perfilman.

Beberapa judul film yang sempat bekerja sama dengannya untuk mengisi skor musiknya antara lain seperti Insidious, 11-11-11, dan Dark Skies.

8. Meninggal Sebelum Film Dirilis

Meninggal Sebelum Film Dirilis

Arne Johnson dan Debbie Glatzel pada akhirnya menikah. Keduanya diketahui menjalankan pernikahan di penjara tahun 1984. Pada Januari 1986, Arne Johnson kemudian mendapatkan kebebasan karena perilakunya yang dianggap baik oleh pengadilan.

Arne dan Debbie kemudian menjalani hidup bersama sebelum akhirnya Debbie meninggal akibat penyakit kankernya. Debbie sendiri diketahui meninggal pada bulan Mei, sesaat sebelum film The Conjuring 3 mulai dirilis ke pasaran.

Kematian Debby diungkapkan langsung oleh sutradara The Conjuring 3, Michael Chaves pada saat interview dengan awak media.

9. Rekaman Exorcist David Glatzel

Rekaman Exorcist David Gtatzel

Salah satu hal yang cukup menarik dari film ini adalah bagian credit film. Bukan sesuatu yang aneh bila film yang diangkat berdasarkan kisah nyata kerap melampirkan potongan gambar atau video orang-orang yang terlibat di kisah aslinya. Hal serupa juga terdapat di film The Conjuring: The Devil Made Me Do It.

Menariknya, tidak hanya memunculkan foto asli, pihak produksi juga menampilkan rekaman eksorsisme yang dilakukan pada David Glatzel para bagian akhir kredit. Dalam rekaman suara tersebut terdengar percakapan antara iblis yang merasuki David Glatzel dan demonologi terkenal Warrens.

10. Film ke-8 di Conjuring Universe

Film ke-8 di Conjuring Universe

The Conjuring: The Devil Made Me Do It adalah film ketiga dalam seri aslinya, setelah The Conjuring (2013) dan The Conjuring 2 (2016). Akan tetapi, sebenarnya film The Conjuring 3 merupakan film kedelapan Warner Bros yang mereka sebut bagian dari The Conjuring Universe.

Pihak rumah studio memang berencana mengembangkan film dengan skala besar melalui beberapa spin-off seperti Annabelle (2014), Annabelle: Creation (2017), The Nun (2018), The Curse of La Llorona (2019), dan Annabelle Comes Home (2019).

Setelah The Conjuring: The Devil Made Me Do It, pihak rumah studio sendiri diketahui telah  menyiapkan sekuel untuk film The Nun, dan proyek Conjuring lainnya yang berjudul The Crooked Man.

Demikianlah 10 Fakta menarik tentang film The Conjuring 3 : Devil Made Me Do It, yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Jika kamu mengetahui fakta menarik lainnya tentang film ini, share hal tersebut dengan menulis komentar di kolom box yang ada di bawah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram