bacaterus web banner retina

10 Fakta Pengabdi Setan, Salah Satu Film Horror Terseram

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 25 September 2021

Pengabdi Setan adalah salah satu remake film horor klasik yang sukses  mencuri perhatian penonton pada tahun 2017 silam. Selain berhasil ditonton oleh jutaan penonton paska perilisannya, film garapan Joko Anwar ini juga menyimpan sejumlah fakta menarik yang wajib diketahui oleh para penonton.

Nah, apa saja itu? Yuk, intip ulasan yang akan Bacaterus sajikan untuk kamu dalam artikel di bawah. Berikut adalah pemaparannya.

1. Kerjasama dengan CJ Entertainment

Kerjasama dengan CJ Entertainment

* sumber: www.trans7.co.id

Pengabdi setan adalah satu dari sekian film Joko Anwar yang berhasil menarik perhatian para penonton dalam dan luar negeri. Menariknya film yang telah sukses ditonton oleh lebih dari 4 juta penonton ini merupakan kolaborasi antara rumah produksi Rafi Film dan salah satu rumah produksi terkemuka di Korea Selatan, yaitu CJ E&M Entertainment.

Nah, dalam beberapa kesempatan pihak rumah produksi CJ Entertainment sendiri sempat menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian yang diperoleh oleh film Pengabdi Setan.

2. Syuting di Rumah Tua

Syuting di Rumah Tua

* sumber: www.99.co

Salah satu hal yang cukup menarik dari film horor yang satu ini adalah rumah tua yang menjadi tempat syuting dalam film tersebut. Selain memiliki kesan angker, rumah yang berlokasi di daerah perkebunan teh tersebut pun cukup ikonik hingga dijadikan tempat objek wisata horor yang menarik oleh pengelola.

Rumah yang sempat direnovasi untuk keperluan syuting film Pengabdi setan tersebut merupakan milik PTPN VIII. Kini, rumah berusia tua yang berada di daerah wisata perkebunan Pangalengan tersebut pun kerap dikunjungi para wisatawan yang penasaran dengan keunikan bangunan rumah tua tersebut.

3. Tidak Menggunakan Efek CGI

Tidak Menggunakan Efek CGI

* sumber: cinemapoetica.com

Jika beberapa sineas film kerap menggunakan CGI untuk memberi kesan horor dan menakutkan, maka dalam film Pengabdi setan tidak menggunakan efek CGI tertentu. Dalam film ini, Joko Anwar lebih memfokuskan pada Praktikal efek seperti penggunaan make up yang meyakinkan untuk menciptakan atmosfer horor yang menakutkan dan juga terlihat lebih realistis.

Nah, kepiawaian sutradara asal Medan ini dalam membangun suasana mencekam dalam film tersebut memang cukup mengesankan. Meskipun tanpa dibumbui spesial efek yang biasa digunakan di dalam film horor, namun hasil yang diperlihatkan pada penonton pun cukup memuaskan.

4. Melibatkan Aktor Malaysia

Melibatkan Aktor Malaysia

* sumber: kr8tifexpress.com

Pengabdi Setan memang menjadi salah satu film horor yang cukup fenomenal. Nah, kesuksesan film ini pun tak luput dari peran sosok ayah yang diperankan oleh aktor Bront Palarea. Melalui kemampuan aktingnya yang memukau, salah satu aktor senior di Negeri Jiran, Malaysia ini memang telah berhasil memikat perhatian para penikmat film tanah air.

Aktor senior pemilik paras rupawan ini sendiri diketahui telah lama berkecimpung di industri hiburan Malaysia. Dengan karisma kuat yang dimilikinya, Bront pun berhasil memerankan karakter ayah dengan sangat baik.

5. Peraih Penghargaan di Popcorn Frights Film Festival

Peraih Penghargaan di Popcorn Frights Film Festival

Kesuksesan film Pengabdi setan memang cukup membanggakan. Selain menjadi salah satu film horor terlaris yang ada di tanah air, film ini juga diketahui telah diikutsertakan ke dalam sejumlah festival film dalam dan luar negeri.

Nah, salah satu penghargaan yang berhasil diraih oleh film Pengabdi setan adalah sebagai film horor paling seram di Popcorn Frights Film Festival 2018 yang diadakan di Florida, Amerika Serikat. Hal tersebut tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat tanah air.

6. Film Perdana Ayu Laksmi

Film Perdana Ayu Laksmi

* sumber: lokadata.id

Salah satu pemain yang juga sempat mencuri perhatian masyarakat tanah air dalam film ini adalah sosok ibu misterius. Meskipun karakternya cukup menakutkan, namun tidak sedikit pula yang mengidolakan sosoknya. Sosok ibu memang diperankan dengan sangat baik oleh seniman asal Bali, Ayu Laksmi.

Ayu Laksmi sendiri dikenal sebagai pemain teater, penulis, penyanyi dan juga seorang penari sebelum debutnya sebagai seorang aktris peran. Meskipun Pengabdi setan adalah film perdananya sebagai seorang aktor, namun ia sendiri berhasil memukau para penonton dengan kemampuannya memainkan ekspresi wajah sertu gestur tubuhnya.

7. Lonceng Berusia 127 Tahun

Lonceng Berusia 127 Tahun

Selain rumah, salah satu properti yang juga cukup ikonik dalam film ini adalah kehadiran lonceng yang diklaim berusia 127 tahun oleh sang sutradara. Suara khas yang dikeluarkan oleh lonceng tersebut memang kerap berhasil membuat penonton merinding.

Konon lonceng yang telah ada sejak tahun 1800 tersebut merupakan lonceng yang sama yang kerap digunakan oleh orang yang akan meninggal. Nah, lonceng tersebut juga diketahui pernah tiba-tiba raib dari kediaman sang sutradara. Beruntung kemudian ditemukan di rumah salah satu penulis sekaligus bintang stand up comedy terkenal, Raditya Dika.

8. Tara Basro Penakut

Tara Basro

* sumber: www.fimela.com

Tara Basro adalah salah satu aktris yang kerap bekerja sama dengan Joko Anwar. Kemampuan akting dari wanita cantik yang memiliki kulit eksotis ini memang tak bisa diragukan lagi. Wanita yang  memulai karier sebagai model ini memang berhasil mengukuhkan namanya di industri perfilman tanah air.

Hal itu dibuktikan dengan berhasil meriah sejumlah penghargaan berkat kemampuan aktingnya yang memukau. Nah, meskipun kerap digandeng sebagai pemain utama dalam film bergenre horor, namun Tara Basro diketahui adalah orang yang sangat penakut.

9. Berbeda dengan Film Lawasnya

Berbeda dengan Film Lawasnya

* sumber: mubi.com

Pengabdi setan adalah remake film berjudul sama yang berhasil meraih banyak pujian. Film Pengabdi setan karya Joko Anwar ini memang berbeda dengan film lawasnya. Hal itu dapat dilihat dari segi jalan cerita, karakter, hingga penamaan.

Nah, bila dalam versi film lawasnya penonton diteror dengan kehadiran sosok antagonis yang cukup ikonik bernama Darminah dari awal hingga akhir film, maka di film terbarunya sosok tersebut hanya muncul sekilas pada akhir film.

Hal tersebut tentu berhasil mengundang rasa penasaran para penonton. Meskipun menampilkan banyak perbedaan, namun tidak mengurangi esensinya sebagai film horor paling mencekam di tanah air.

10. Soundtrack Lagu yang Unik


Jika kamu berpikir soundtrack lagu berjudul 'Kelam malam' merupakan cover dari lagu lawas, maka kamu salah besar. Seperti yang kita ketahui lagu 'Kelam Malam' kerap kali dikaitkan dengan lagu  'Di Keheningan Malam' yang cukup sukses di era tahun 1960-an.

Padahal faktanya, kedua lagu tersebut memang berbeda satu sama lain. 'Kelam malam' merupakan lagu ciptaan Tony Merle dan Aimee Saras yang tergabung dalam Duo The Spouse untuk soundtrack film tersebut.

Lagu ‘Kelam Malam' sendiri memang diketahui terinspirasi dari lagu 'Di Keheningan Malam'.  Hal itulah yang membuat feel kedua lagi tersebut tampak sama meski dari segi lirik dan irama sangat berbeda.

Itulah 10 Fakta menarik film Pengabdi  yang telah berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Kehadiran film horor berkualitas seperti film Pengabdi Setan memang cukup dinantikan oleh pecinta film tanah air. Nah, kira-kira fakta menarik apa lagi yang kamu ketahui tentang film ini? Tulis komentar di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram