bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Indonesia / 10 Fakta Film Keramat yang Menarik Diketahui Pecinta Film

10 Fakta Film Keramat yang Menarik Diketahui Pecinta Film

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 14 Januari 2021

Unik, setidaknya begitulah saat pertama kali menonton film Keramat. Keramat adalah film garapan sutradara kondang, Monty Tiwa yang dirilis pada tahun 2009. Keramat sendiri mengisahkan tentang perjalanan kru film yang mengalami kejadian mistis di tengah proses syuting.

Meskipun telah lama dirilis, namun film horor ini cukup menarik untuk ditonton. Selain memiliki jalan cerita yang menarik, proses syutingnya yang unik juga menjadi daya tarik tersendiri. Nah, jika kamu penasaran dengan filmnya, maka kali ini Bacaterus akan mengulas 10 kakta menarik tentang film Keramat. Apa saja itu? Berikut adalah ulasannya.

1. Film Tanpa Skenario

* sumber: acouchpotatoboy.wordpress.com

Skenario adalah salah satu unsur yang cukup penting dan berpengaruh dalam sebuah cerita. Jika pada umumnya sebuah film memiliki skenario, namun tidak untuk film yang satu ini. Monty Tiwa sendiri terbilang cukup berani menampilkan adegan tanpa skenario layaknya sebuah reality show.

Hal inilah yang membuat film Keramat tampak berbeda dengan film horor karya sineas Tanah Air lainnya. Meskipun tanpa skenario, namun Keramat sendiri berhasil menciptakan atmosfer yang cukup menakutkan bagi para penonton, terutama bagi para pecinta film horor.

2. Eksplorasi Tempat di Yogyakarta

* sumber: www.agoda.com

Salah satu yang membuat film menarik adalah lokasi tempat film dibuat. Sebagian besar pengambilan adegan dilakukan di Yogyakarta. Beberapa lokasi yang digunakan untuk pengambilan adegan pun memang cukup dikenal oleh masyarakat Tanah Air, seperti Candi Borobudur, Imogiri dan Pantai Parangtritis.

Selain tempat-tempat tersebut, rumah yang menjadi tempat tinggal mereka saat menjalani syuting pun tidak kalah menarik. Di lokasi tersebut, penonton dapat melihat unsur tradisional yang cukup kentara mulai dari segi bangunan sampai dengan properti yang ada di dalamnya.

3. Film Bergaya Dokumenter

* sumber: www.foundfootagecritic.com

Keramat memang bukan satu-satunya film bergaya dokumenter. Kita tentu masih ingat beberapa film luar yang mengusung tema serupa, seperti The Blair Witch Project, Cloverfield dan Paranormal Activity.

Film-film horor dengan gaya found-footage seperti itu memang cukup fenomenal pada masa tersebut. Maka dari itu tidak heran jika sineas Tanah Air pun ikut mengadaptasi tema tersebut ke dalam filmnya.

Hasilnya pun cukup mengesankan. Antusias penonton untuk film horor yang satu ini pun terbilang tinggi mengingat pada masa tersebut pendapat masyarakat mengenai film horor produksi sineas Tanah Air sangatlah memprihatinkan.

4. Menggunakan Nama Asli

* sumber: www.catchplay.com

Pemilihan nama karakter dalam sebuah cerita memang hal yang penting dan perlu dilakukan untuk mempermudah penonton mengenal setiap karakter yang dimainkan. Nama karakter sendiri biasanya dibuat semenarik mungkin serta mudah untuk diingat.

Nah, bila film lain memberikan nama untuk setiap karakter para pemain, maka di film Keramat hampir sebagian besar pemain menggunakan namanya sendiri. Sang sutradara sepertinya memiliki alasan tersendiri untuk hal tersebut. Nah, kira-kira bagaimana pendapatmu tentang hal ini?

5. Masuk ke dalam 33 Film Indonesia Terpenting

* sumber: id.scribd.com

Keramat adalah salah satu film horor yang telah sukses menarik perhatian para penonton sejak pertama kali dirilis. Monty Tiwa telah berhasil menyajikan tontonan yang menghibur dan berbeda dengan film-film horor tanah air sebelumnya.

Kehadiran film Keramat sendiri tak lepas dari tanggapan para kritikus Tanah Air. Salah satunya dari kritikus film senior, Ekky Imanjaya. Menurutnya, film Keramat telah berhasil membuat penonton merasa betah duduk di kursi penonton dan menyaksikan berbagai adegan menyeramkan dalam film.

Kramat sendiri diketahui menjadi salah satu film horor yang masuk ke dalam 33 Film Indonesia Terpenting 2000-2009 pilihan rumahfilm.org.

6. Tampil di Ajang Internasional

* sumber: sunnyjansen.com

Keramat merupakan salah satu film Tanah Air yang diketahui sempat diundang untuk sebuah festival yang diadakan di luar negeri. Kedua undangan tersebut adalah 4th CinemAsia Film Festival Netherlands pada tahun 2010 dan B-Movie, Underground & Trash Film Festival 2010 Breda, The Netherlands di tahun yang sama.

Hal itu tentu menjadi sebuah kabar yang cukup menarik bagi masyarakat Tanah Air. Mengingat pada masa tersebut tak banyak film horor berkualitas yang ditawarkan oleh para sineas kepada penonton dalam negeri dan berhasil menarik perhatian dari pihak luar.

7. Monty Tiwa sebagai Pemain

* sumber: www.catchplay.com

Monty Tiwa bukanlah nama asing di industri perfilman Tanah Air. Monty Tiwa sendiri dikenal sebagai salah satu sutradara yang cukup diperhitungkan di Indonesia. Masyarakat sendiri mengenalnya sebagai sutradara yang kerap membuat film bergenre komedi romantis.

Nah, khusus di film Keramat, selain bertindak sebagai seorang sutradara, ia juga berperan sebagai seorang kameramen. Jika para pemain menggunakan nama aslinya dalam film ini, maka dalam film ini Monty adalah satu-satunya pemain yang memakai nama panggilan lain, yaitu Cungkring.

8. Syuting di Lokasi Makam Para Raja

* sumber: wartawisata.id

Selain mengandalkan ekspresi para pemain untuk menciptakan ketakutan, lokasi tempat syuting yang misterius dan terlihat angker pun sedikit banyak membawa nuansa horor yang sangat mencekam bagi para penonton.

Salah satu lokasi yang cukup menarik tersebut adalah daerah Imogiri yang berada di sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Imogiri sendiri memiliki arti "gunung yang berkabut" dalam bahasa Jawa. Masyarakat sendiri mengenal lokasi tersebut sebagai lokasi tempat pemakaman para raja terdahulu.

9. Bukan Kisah Nyata

* sumber: issuu.com

Sejak perilisan perdana, film horor yang satu ini memang sempat membuat heboh para penonton Tanah Air. Beberapa orang berpendapat bahwa film tersebut diadaptasi dari kisah nyata, namun tidak sedikit pula yang menyebut bahwa film tersebut hanya sebuah cerita fiksi yang dikemas dengan sangat baik.

Pendapat-pendapat tersebut memang cukup beralasan mengingat pada bagian akhir sendiri ditampilkan potongan-potongan artikel dari surat kabar yang membuatnya terlihat lebih realistis. Meskipun demikian, film berdurasi sekitar satu jam dua puluh sembilan menit ini tidak terinspirasi dari kisah nyata.

10. Film Horor Pertama Poppy Sovia

* sumber: www.sulselsatu.com

Di antara para pemain film Keramat, Poppy Sovia adalah salah satu pemain yang cukup eksis. Sejak kemunculan perdananya di film 'Mengejar Mas-mas' pada tahun 2007, namanya memang semakin dikenal luas oleh masyarakat Tanah Air. Selain memiliki paras cantik, ia pun memiliki kemampuan yang baik dalam berakting.

Nah, film Keramat sendiri menjadi film horor pertama yang pernah dibintanginya. Kemampuannya dalam mengolah ekspresi memang cukup baik sehingga tak heran jika dirinya masih bisa kita temukan dalam sejumlah judul film.

Itulah 10 fakta menarik tentang film Keramat yang berhasil Bacaterus bahas untuk kamu. Meskipun terbilang film lawas, namun film ini cukup menarik untuk ditonton, terutama oleh kamu yang suka dengan film horor.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram