bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Fakta Fenomena Alam Midnight Sun, Saat Malam Tetap Terang

Fakta Fenomena Alam Midnight Sun, Saat Malam Tetap Terang

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 22 April 2021

Fakta fenomena alam Midnight Sun jadi informasi menarik bagi warga yang tinggal di kawasan Khatulistiwa, seperti Indonesia. Waktu terbit dan terbenam matahari yang cenderung tetap setiap harinya merupakan bagian dari rutinitas; sesuatu yang lumrah terjadi sebab Bumi berotasi. Namun, tidak untuk warga yang tinggal di Bumi bagian utara atau selatan.

Mereka mengenal istilah matahari tengah malam ketika musim panas tiba. Saat itu terjadi Anda akan terpesona dan ada rasa tidak percaya bahwa bagaimana mungkin matahari tetap bersinar saat malam datang? Semakin penasaran dengan Midnight Sun? Ulasan di bawah ini akan sedikit menjelaskannya kepada Anda. Simak yuk!  

1. Terjadi di Belahan Bumi Utara dan Selatan

Fakta fenomena alam Midnight Sun yang menarik diketahui adalah bahwa ia hanya terjadi atau berlangsung di Bumi bagian utara dan selatan, yaitu di Lingkar Artik atau Lingkar Antartika. Waktu terjadinya fenomena alam ini di dua kutub tersebut tidak sama. Dua kutub tersebut bergantian mengalaminya.

Menurut beberapa penelitian, di Bumi bagian utara, matahari tengah malam terjadi sekitar bulan Juni, sementara di Bumi bagian selatan, ia terjadi sekitar bulan Desember. Masing-masing saling bergantian setiap tahunnya. Bila utara sedang musim panas, selatan sedang mengalami musim dingin yang panjang. Sebaliknya jika selatan sedang panas, di utara sedang dingin.

2. Akibat Gerak Semu Tahunan Matahari

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa matahari adalah pusat tata surya. Sebagai salah satu planet yang ada di tata surya, Bumi berputar mengelilingi matahari berdasarkan orbitnya. Gerakan ini dikenali juga dengan istilah revolusi. Hal tersebut sekaligus membawa beberapa dampak bagi Bumi, salah satunya gerak semu tahunan matahari.

Gerak semu tahunan matahari ini tentu saja menjadi penyebab dari beberapa fenomena alam yang terjadi di Bumi. Fenomena alam yang paling terasa terjadi di Bumi bagian utara dan selatan. Ketika hal itu terjadi dan matahari sedang berada di belahan Bumi utara, di sana siang hari akan lebih panjang, sementara di selatan siang hari berdurasi lebih pendek.

Sebaliknya, ketika matahari tengah berada di belahan Bumi selatan, giliran utara yang mengalami siang hari lebih pendek dan malam lebih panjang. Akibat fenomena itu, hal menarik lain terjadi di dua wilayah tersebut, terutama yang dekat dengan wilayah Kutub Utara.

Hal menarik ini yang dikenali dengan fenomena alam Midnight Sun, yaitu saat malam hari tiba, Anda masih bisa melihat matahari di langit, sehingga satu hari rasanya hanya siang tanpa malam. Anda tidak akan bertemu dengan malam yang gelap saat Midnight Sun berlangsung.

3. Terjadi di Musim Panas dan Berlangsung Beberapa Bulan

Fakta fenomena alam Midnight Sun terjadi saat musim panas tiba. Di wilayah dekat Kutub Utara, matahari tidak akan pernah tenggelam sekitar akhir bulan Juni. Hal menakjubkan ini terjadi di banyak negara yang posisinya berada di bawah Lingkar Artik, antara lain Finlandia, Swedia, Rusia, Denmark, Alaska dan beberapa bagian utara Kanada.

Pada musim panas tersebut, matahari bertengger di atas langit selama berbulan-bulan. Salah satunya terjadi di Kepulauan Svalbard. Di sana, matahari tidak tenggelam sejak sekitar akhir April hingga mendekati penghujung Agustus setiap tahunnya atau sekitar 5 bulan. Fenomena ini bahkan bisa berlangsung hingga enam bulan, terutama di wilayah Norwegia bagian utara.

Baca juga: Waspada! 10 Macam Bencana Alam yang Sering Terjadi

4. Menjadi Daya Tarik Wisata

Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar garis Khatulistiwa, fenomena alam ini pasti jadi sesuatu yang membingungkan sekaligus membuat penasaran dan mengira-ngira apa yang akan terjadi bila sepanjang hari matahari tidak terbenam. Bukan kah rasanya aneh bila malam tidak gelap?

Rasa penasaran itu yang justru menjadi magnet tersendiri. Fakta fenomena alam Midnight Sun bahwa ia menjadi salah satu atraksi langka yang tidak bisa ditemukan di sembarang tempat, menarik banyak wisatawan untuk berlibur ke kawasan-kawasan tersebut setiap tahunnya.

Sekitar bulan Mei, angka kunjungan wisatawan dari Asia bahkan Eropa naik secara signifikan. Beberapa kota yang populer di kalangan turis untuk menyaksikan Midnight Sun adalah Hammerfest, Tromsø, Nordkapp dan Bodo. Selain kota-kota tersebut, kawasan Finlandia juga tidak kalah favorit.

Ketika berkunjung ke Finlandia untuk menyaksikan sendiri fenomena cantik ini, Anda bisa berkunjung ke Finnish Lapland. Di sana biasanya selalu digelar festival film Midnight Sun. Bukan itu saja, para turis biasanya juga akan diajak menikmati budaya lokal yang pastinya tidak terlupakan.

Jangan lupa juga untuk ikut menikmati pesta pertengahan musim panas yang secara tradisional digelar di Seurasaari, yaitu sebuah pulau di sebuah distrik di Helsinki, Finlandia. Anda harus menikmati pesta yang juga dikenal dengan nama The Magic of White Nights.

5. Kebiasaan Warga Setempat Saat Midnight Sun

Fakta fenomena alam Midnight Sun selanjutnya adalah betapa hal ini disambut dengan penuh suka cita oleh masyarakat setempat. Mereka yang terbiasa tinggal dalam iklim mendekati minus bahkan minus derajat, tentu merasa bahagia bisa bertemu dengan matahari sepanjang hari. Oleh karena itu, tidak ada kekhawatiran sedikit pun dari mereka.

Sebaliknya, warga setempat menyambutnya dengan riang gembira. Mereka akan lebih banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Sensasi hangat dari matahari yang jarang didapatkan jadi anugerah bagi mereka. Warga setempat tidak akan segan-segan berenang di malam hari, sauna hingga membangun sebuah pondok atau villa.

Pondok atau villa tersebut biasanya dibangun di pinggir danau. Air danau yang hangat, cahaya matahari yang juga hangat dan menenangkan membuat mereka betah. Pasalnya, penduduk sana, khususnya warga Finlandia sangat menyukai ketenangan.

Beberapa kegiatan lain yang biasanya dilakukan penduduk Finlandia adalah memancing, bermain kano, hiking atau golf. Kegiatan yang lumrah dilakukan siang hari, mereka lakukan malam hari. Bagi warga setempat, Midnight Sun sekaligus bermakna melakukan beberapa  aktivitas tambahan dan menyenangkan di malam hari.

Lalu bagaimana ketika mereka tidur? Bagaimana tubuh menyesuaikan dengan fenomena alam ini? Khusus bagi masyarakat yang tinggal di Norwegia Utara seperti Tromsø, rumah-rumah akan ditutup menggunakan tirai berwarna hitam pekat saat jam sudah menunjukkan malam hari. Jika masih belum cukup membantu, untuk bisa tidur mereka juga akan menggunakan sleep mask.

Kegiatan yang mereka lakukan tidak berdasarkan pergerakan matahari; apakah sudah gelap atau mulai terang, entah siang atau malam cahaya matahari pun tidak mengalami perubahan yang berarti. Sebab itu masyarakatnya terbiasa melakukan kegiatan berdasarkan jam saja.

Informasi mengenai fakta fenomena alam Midnight Sun sedikit banyak memberi gambaran atau penjelasan ilmiah mengapa hal demikian dapat terjadi. Ini sama sekali tidak berhubungan dengan sesuatu seperti musibah atau tanda-tanda mengerikan akan terjadi.

Jika masih heran dan kagum, tentu saja wajar sebab hal tersebut tidak ada di Indonesia dan banyak negara lainnya. Apakah Anda penasaran ingin merasakan langsung matahari tengah malam? Persiapkan segala sesuatunya dengan matang ya! Terutama mengenai budget liburan. Selamat menabung!

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram