Bacaterus / EXO / WE ARE ONE! Inilah 10 Fakta EXO yang Menarik untuk Diketahui

WE ARE ONE! Inilah 10 Fakta EXO yang Menarik untuk Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Agustus 2019

WE ARE ONE, Annyeonghaseyo EXO imnida! Begitulah sapaan member EXO ketika menyambut para fansnya ataupun para penonton. EXO adalah salah satu boy band yang paling terkenal saat ini. Boy group asuhan SM Entertainment ini juga mampu mencuri hati non-KPOPers dari seluruh dunia lho.

Wajar sangat terkenal, selain karena debut di bawah naungan agensi yang besar di Korea, EXO juga punya talenta dan keunikan sendiri. Nah, jika kamu penasaran dengan keunikan dan talenta yang dimiliki oleh EXO, bisa langsung baca ulasan ini sampai akhir, ya, chingu!

10 Fakta Unik EXO

1. Terkenal Sebelum Debut

Terkenal Sebelum Debut

Pada Mei tahun 2011, Lee Sooman, selaku CEO dari SM Entertainment sudah memikirkan untuk membentuk sebuah boy group lanjutan dari Super Junior. Semenjak ide Lee Sooman itu muncul ke permukaan maka netizen, terutama KPOPers, sangat tidak sabar untuk menantikan grup baru tersebut.

Setelah beberapa bulan dibuat heboh dengan rumor grup baru, akhirnya SM Entertainment pun mulai memperkenalkan EXO ke pada publik, tepatnya tahun 2012, dengan memunculkan teaser setiap member-nya. Baru saja satu teaser muncul, kala itu EXO sudah menjadi topik hangat karena memiliki konsep yang unik lho.

2. Arti Nama EXO

arti nama exo

Hayo, para EXO-L, tahukah kamu bahwa arti nama EXO adalah outsider? Kira-kira apa maksudnya, nih? Jadi, bisa kalian tahu sendiri bahwa EXO dari awal punya konsep super power yang berasal dari planet lain, namanya EXOPLANET. Hal tersebut juga dikaitkan dengan member EXO yang diceritakan bukan berasal dari bumi melainkan dari luar bumi yakni EXOPLANET, makanya diartikan outsider.

Tapi, ada juga yang mengartikan dengan membentuk huruf E dengan dua tangan dan tiga jari di setiap tangannya, dan diartikan sebagai 6 anggota dari EXO-K. Sedangkan, jika menyilangkan dua tangan dan dua jari setiap tangannya maka menjadi huruf X. Hal tersebut menandakan EXO-M yang memiliki 4 anggota China dan 2 lainnya dari Korea.

Lalu, huruf terakhir O dibentuk dengan menyatukan kedua tangan dan semua jari membentuk bulatan seperti huruf O. Nah, simbol tersebut menandakan baik EXO-K dan EXO-M akan bersatu dalam lingkaran yang sama. Sweet banget, kan? Nah, kalau kamu mengartikan EXO seperti apa, nih?

3. Debut dengan 12 Member dan 2 Sub-Grup

debut dengan 12 member

Kemunculan EXO dengan teaser yang unik dan bikin penasaran, ternyata dinyatakan bahwa EXO debut dengan 12 anggota yang terdiri dari 2 sub-grup. Jadi, 12 member tersebut dibagi lagi menjadi dua grup, yakni EXO-K dan EXO-M.

Sebenarnya, dua sub-grup tersebut punya lagu-lagu yang sama, hanya saja untuk EXO-K dikhususkan dengan lagu-lagu Korea. Sedangkan EXO-M dikhususkan dengan lagu-lagu Mandarin atau China. Nah, untuk member di EXO-K semuanya berasal dari Korea, yakni Suho, Baekhyun, Chanyeol, Kyungsoo, Kai, dan Sehun.

Tapi, kalau untuk EXO-M ada empat anggota yang berasal dari China dan dua berasal dari Korea, yakni Kris, Tao, Luhan, Lay, Chen, dan Xiumin. Namun sayangnya, tiga member dari China saat ini sudah keluar dari EXO karena alasan pribadi. Anggota yang sudah tidak lagi di EXO adalah, Kris, Tao, dan Luhan.

4. Debut dengan Teaser Paling Banyak

Jika biasanya sebuah grup hanya memiliki 1 sampai 3 teaser saja, namun saat EXO mau debut justru mengeluarkan video teaser hingga 23 video lho! Nah, setiap video teaser-nya itu memperkenalkan anggota-anggota EXO beserta lagu di album pertamanya.

Lalu, konsep dari video teaser-nya ini selalu menampilkan kekuatan super dari setiap anggota EXO. Selain itu, di tiap videonya juga ditampilkan talenta dari setiap anggotanya. Misalnya, pada saat video teaser_3 – Tao, menampilkan Tao yang sedang melakukan atraksi wushu yang memang menunjukan bahwa Tao punya talenta dalam bidang matrial arts

Yang menariknya lagi, di sini Kai menjadi yang paling disorot. Sebab, hampir semua video teaser yang ada, pasti menampilkan Kai. Makanya, pada saat itu Kai dinobatkan sebagai teaser king.

5. Debut dengan Konsep Unik

Konsep pada saat EXO diperkenalkan ke publik memang sangat unik, makanya tidak heran jika banyak yang langsung jatuh hati dengan EXO. Konsep debut yang dimiliki EXO berupa kekuatan super. Jadi, setiap anggota EXO punya kekuatan super sendiri.

Nah, kekuatannya berupa, Xiumin – Frost; Luhan – Telekinesis; Kris – Flight (Dragon); Suho – Water; Lay – Healing (Unicorn); Baekhyun – Light; Chen – Lighting; Chanyeol – Flame; Kyungsoo – Earth/Force; Tao – Time Control; Kai – Teleportation; dan Sehun – Wind. Sangat unik, kan?

6. Punya Logo Grup Terbanyak

exo logo

Keunikan lain yang dimiliki EXO yang jarang ditemui oleh grup lain adalah, menggonta-ganti logo grup setiap kali merilis album baru. Ya, EXO ini dikenal punya banyak logo karena setiap logo pada album yang dirilis pun berbeda-beda.

Jika diamati, mulai album MAMA hingga sekarang ini, EXO sudah berkali-kali mengonsep dan mengganti logo grupnya. Tapi, logo yang dibuat itu sangat unik dan EXO banget! Mereka membuat logo dengan desain yang menunjukan ciri khas grup EXO. Nah, kamu sudah pernah lihat semua logo EXO, belum?

7. EXO Couple

exo couple

Seperti kebanyakan grup KPOP lainnya, EXO juga punya couple alias bromance sendiri lho. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan shipper yang paling populer di kalangan fans maupun non-fans. Adapun couple official yang dibuat oleh fans adalah, SuLay (Suho & Lay), KrisTao (Kris & Tao), HunHan (Sehun & Luhan), CenMin (Chen & Xiumin), ChanBaek (Chanyeol & Baekhyun), dan terakhir KaiSoo (Kai & Kyungsoo).

Couple yang dibuat ini bukan berdasarkan keinginan dari member, tapi fans melihatnya sebagai kedekatan dari setiap member. Jadi, pasangan yang disebutkan tadi adalah yang paling dekat. Contohnya bisa dilihat, memang kenyataannya Chanyeol dan Baekhyun sangat dekat.

Tapi, couple yang disebutkan tadi bisa saja berganti karena sebenarnya semua member EXO dekat satu sama lain. Misalnya, Sehun yang sangat apet dengan Kai, maka disebutlah couple SeKai/KaiHun. Nah, kalau kamu lebih suka couple yang mana, nih, EXO-L?

8. Arti Nama EXO-L

EXO-L

Bukan hal aneh lagi jika setiap grup di Korea pasti punya nama kesayangan untuk fansnya. Nah, EXO juga menyebut fansnya sebagai EXO-L dan nama tersebut akhirnya dijadikan sebagai official fandom-nya EXO. Namun, apakah kamu tahu makna EXO-L itu sendiri?

Jadi, kalau menurut EXO WIKI, EXO-L bisa diartikan EXO-LOVE. Dan juga, EXO-L ini posisinya berada di tengah-tengah, di antara EXO-K dan EXO-M. Nah, makanya EXO mengartikan sebagai dukungan cinta terbaik dari fans, EXO-L (EXO-LOVE). Bisa dibilang juga sebagai kesayangannya member EXO, dengan slogan We Are One atau Fan Are One.

9. Aktif di Sosial Media

exo sosmed

Kalau kamu ingin berinteraksi dengan para member EXO, maka bisa follow semua akun sosial medianya EXO. Adapun official account-nya adalah:

Tapi, kalau kamu mau follow akun social media pribadinya para anggota EXO juga bisa, kok. Mereka juga aktif di Instagram. Berikut adalah akun-akun Instagram para member EXO:

10. Prestasi EXO

presatasi exo

Popularitas dan talenta yang dimiliki oleh setiap member EXO sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut juga bisa dibuktikan dengan penghargaan dan setiap prestasi yang diraih oleh EXO, mulai dari zaman debut hingga saat ini. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa penghargaan yang pernah diraih EXO:

  • 2013: Album of the Year – 3rd & 4th Quarter
  • 2014: Album of the Year – 2nd Quarter
  • 2015: Album of the Year – 1st, 2nd, & 4th Quarter
  • 2016: Album of the Year – 2nd, 3rd, & 4th Quarter
  • 2017: Song of the Year – July
  • 2018: Fandom Award

Dan masih banyak lagi sejumlah prestasi yang sudah diraih oleh EXO. Nah, kamu juga boleh melengkapi setiap penghargaan yang sudah diraih EXO, ya!

Selesai sudah pembahasan dari 10 fakta EXO yang harus kamu ketahui. Dari kesepuluh fakta di atas, bisa kita simpulkan kalau EXO memang grup yang bukan hanya populer saja, tapi juga punya talentar yang tidak bisa diremehkan. Punya fakta seru lainnya tentang EXO? Ayo, beri tahu kami dan KPOPers lainnya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar