bacaterus web banner retina

Dapat Gelar The Next Leader, Inilah 10 Fakta Grup ENHYPEN

Ditulis oleh Arrin Nur Fitriani - Diperbaharui 25 Juni 2021

Enhypen merupakan satu lagi boy group asal Korea Selatan yang berhasil menarik banyak perhatian fans di berbagai belahan dunia. Bagaimana tidak, boy group ini dibentuk melalui ajang survival show dimana para penonton dapat memberi voting untuk member favorit mereka. Ini membuat penonton ikut berdebar mengikuti perjalan peserta dari awal hingga berhasil debut.

Enhypen beranggotakan tujuh orang member, mereka adalah final member yang berhasil memenangkan acara survival I-LAND. Meskipun terbilang boy group baru di industri musik, namun kontribusi dan prestasi mereka patut diperhitungkan lho.

Daripada menerka-nerka dan semakin penasaran dengan Enhypen, simak 10 faktanya Enhypen versi Bacaterus dibawah ini, yuk!

1. Lahir dari Survival Show I-LAND

Di Korea Selatan, khususnya industri entertainment, mengadakan ajang pencarian bakat termasuk survival show bukanlah hal baru. Begitu juga I-LAND, survival show yang diadakan oleh BigHit Entertainment dan CJ E&M Entertainment. 

Dibawah naungan Belift Lab, audisi ajang ini diadakan mulai bulan Maret 2019 di Seoul, Amerika Serikat, Taiwan, Jepang, dan sekitarnya untuk trainee pria yang lahir antara tahun 1997 dan 2008. Survival ini mulai ditayangkan oleh Mnet dari 26 Juni hingga 18 September 2020. 

I-LAND menampilkan 23 trainee laki-laki yang saling berkompetisi untuk meraih mimpi mereka debut sebagai penyanyi. Acara ini juga didistribusikan secara internasional di saluran YouTube milik BigHit Entertainment. 

2. Arti Nama Enhypen

fakta enhypen_Arti Nama EnhypenSumber: kpoplover.it

Selama mengikuti ajang survival, peserta dan penonton sama-sama dibuat penasaran dengan nama apa yang akan diberikan untuk debut boy group baru tersebut. Pada episode terakhir I-LAND, rasa penasaran pun hilang saat nama ‘ENHYPEN’ diperkenalkan melalui siaran langsung.

Nama ‘ENHYPEN’ diambil menurut etimologi dari symbol Hypen (-), dengan memberi makna dan arti ‘Connection, Discovery, & Growth’. Dimana artinya dilihat dari bagaimana tanda hubung menyatukan kata yang berbeda untuk menemukan arti baru. 

Jadi, Enhypen memiliki visi untuk bersatu dan terhubung, menemukan satu sama lain, dan tumbuh bersama untuk membuat sesuatu yang baru, tindakan yang baru. 

3. Member ENHYPEN

Meet the seven members with their own charming, menjalani trainee dan berkompetisi satu sama lain tak membuat mereka menjadi lawan tetapi kawan. Setelah mengenal Enhypen kamu pasti akan tahu pesona tiap member yang menjadikan mereka unik.

Ketujuh member tersebut adalah Leader Yang Jungwon (lahir 9 Februari 2004), Lee Heeseung (lahir 15 Oktober 2001), Jay (lahir 20 April 2002), Jake (lahir 15 November 2002), Sunghoon (lahir 8 Desember 2002), Sunoo (lahir 24 Juni 2003) dan Maknae Niki (lahir 9 Desember 2005).

Berhasil memenangkan ajang I-LAND, tentunya membuat kemampuan para member dalam bermusik tidak perlu diragukan lagi. Mereka memiliki ciri khas suara masing-masing yang menarik. Selain itu bakat para member dan peran mereka di grup menjadi hal penting bagaimana Enhypen akan dilihat publik kedepannya.

4. ENGENE for ENHYPEN

Nama fandom Enhypen sudah diresmikan bahkan sebelum mereka debut. Diumumkan pada tanggal 9 Oktober 2020, nama Engene menjadi pilihan Enhypen untuk official fan club mereka. Sebelumnya nama fandom ini juga merupakan hasil voting di aplikasi Weverse, platform komunitas penggemar yang dibuat BigHit Entertainment.

Engene sendiri memiliki dua arti, yaitu penyebutan nama Engene yang mirip dengan engine atau mesin yang berarti fans sebagai pendorong dan sumber energi untuk Enhypen. Kemudian, ‘en’ dari Enhypen dan Gene berarti gen dimana Enhypen berharap mereka dan fans dapat saling terhubung dan tumbuh bersama.

5. Album Musik Pertama

fakta enhypen_Album Musik PertamaSumber: dbkpop.com

Debut dengan mini album ‘Border: Day One’, album ini menceritakan ketidakpastian dan emosi kompleks dari ketujuh member yang tengah berdiri di perbatasan dua dunia yang kontras. Album ini menyampaikan kisah dimana mereka akhirnya mengambil langkah pertama menghadapi dunia baru di depan mereka.

Album ini berisikan enam lagu berurutan yaitu ‘Intro: Walk the Line’, ‘Given-Taken’ sebagai title track, ‘Let  Me In (20 CUBE)’, ’10 Months’, ‘Flicker’, dan ‘Outro: Cross the Line’. Album terbagi dalam dua versi ‘Dusk’ dan ‘Dawn’, yang mengejutkan adalah pre-order album telah melampaui lebih dari 150.000 hanya dalam dua hari.

6. Music Video

Menandai debutnya, Enhypen merilis Music Video untuk title track mereka ‘Given-Taken’. Lagunya sendiri memiliki dinamika dengan berbagai emosi dengan lo-fi hip-hop vibes sampai pop-powered dynamic dibagian bridge dan chorus. 

Semua itu dituangkan dalam music video berkonsep gelap dan misterius seperti pengambilan gambar naratif terinspirasi dari horror. Namun paduan antara suara dengan koreo yang halus dan energik sangat cocok dan berhasil ditampilkan dengan baik. 

Video diakhiri dengan Jungwon yang memperlihatkan taringnya sekilas sebagai isyarat bahwa transformasi vampire telah dimulai. Konsep ini terbilang cukup berani dan menampilkan sisi baru dari Enhypen. Tak hanya itu, mereka juga meluncurkan MV dari Beside track mereka ‘CUBE’. 

Dalam MV ini para member membawa kesan remaja yang sedang mencari jati diri. Visualisasi dan sinematografi yang apik ditunjukkan dalam MV ‘CUBE’. Style tiap member juga diperhatikan dengan baik, membuat penampilan mereka lebih karismatik namun masih dengan kesan yang manis.

Selain itu, sinkronisasi koreografi dalam lagu ini juga patut diacungi jempol. Ekspresi yang diperlihatkan Enhypen juga berhasil membuat keseluruhan MV terasa sangat hidup. 

7. Prestasi dan Penghargaan

fakta enhypen_Prestasi dan PenghargaanSumber: kpopmap.com

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Enhypen terbilang grup baru yang prestasinya patut diperhitungkan. Mulai dari album yang bersertifikat Platinum di KMCA (Korean Music Copyright Association) hingga chart musik dunia dan ajang Award tahunan. 

Permulaan yang baik didapatkan Enhypen yang memenangkan Gaon Chart Music Awards di kategori ‘New Artist of The Year - Physical’ untuk album mereka ‘Border: Day One’. Dalam ajang Golden Disc Awards 2021, mereka masuk nominasi pada tiga kategori dan berhasil membawa pulang ‘Rookie Artist of the Year’.

Begitu pun di ajang Seoul Music Awards 2021, penghargaan sebagai ‘Rookie of the Year’ berhasil didapatkan. Tak sampai disitu, Enhypen rupanya berhasil membawa penghargaan dari ajang The Fact Music Awards 2020 untuk kategori ‘Next Leader Awards’. 

8. Hyung Line dan Maknae Line

fakta enhypen_Hyung Line dan Maknae LineSumber: allkpop.com

Kata line sendiri biasa diartikan sebagai tahun kelahiran yang biasanya diambil dari dua angka belakang tahun kelahiran. Hyung line ini berarti kelompok member-member tertua dalam grup, sedangkan maknae line adalah kebalikannya, berisikan member-member termuda dalam grup.

Enhypen memiliki tujuh member dengan Heeseung, Jay, Jake, dan Sunghoon yang mengisi posisi hyung line, lalu Sunoo, Jungwon, dan Niki yang termasuk dalam maknae line. Yap, leader Enhypen termasuk dalam maknae line, hal ini juga cukup membuat fans terkejut dengan terpilihnya Jungwon yang berarti menjadi leader di usianya yang baru menginjak 16 tahun.

9. Konten Variety Show

fakta enhypen_Konten Variety ShowSumber: woke.id

Di urutan pertama ada variety show bertajuk ‘ENHYPEN & Hi’, acara ini dibuat sebagai kejutan untuk para penggemar yang telah menunggu debut Enhypen setelah acara I-LAND berakhir. Terdiri dari 4 episode, penggemar jadi tahu proses sebelum Enhypen debut dan pembuatan album mereka. 

Lalu ada ‘PLAYGROUND’ dibintangi oleh Tomorrow X Together (TXT) dan Enhypen yang dibuat untuk merayakan liburan tahun baru Imlek. Variety show ini diproduksi oleh Big Hit Tree Sixty untuk menunjukkan energi positif dari kedua grup melalui berbagai permainan. 

Enhypen juga punya konten menarik lainnya dalam channel Youtube mereka seperti ‘ENHYPEN Episode’, ‘EN-CORE’, ‘EN-TER key’, dan lainnya. Nah, yang wajib kamu tunggu adalah ‘ENHYPEN & Hi Season 2’ kamu bisa mulai menontonnya karena teaser dan episode satu sudah tersedia lho, yuk! 

10. Media Sosial

Setelah tahu fakta-fakta Enhypen diatas, buat kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang mereka, Enhypen memiliki cukup banyak sosial media. Kamu bisa mengikuti semua sosial media Enhypen sehingga tidak perlu khawatir akan tertinggal kabar baru dari mereka. 

Kamu hanya perlu memilih sosial media mana yang ingin kamu ikuti untuk tahu kabar aktivitas Enhypen, ini dia daftar sosial media Enhypen:

               Asyik, sudah semakin kenal, kan, dengan Enhypen? Semoga kedepannya Enhypen menambah banyak karya dan prestasi yang bisa membuat para fans bangga. Sebelum itu, pastinya membuat musik yang terus bisa dinikmati dan menginspirasi banyak orang. 

Semoga kamu suka dengan artikelnya ya, Bacaterus juga punya artikel tentang fakta member TXT yang merupakan 'kakak grup' dari Enhypen ! Kamu juga boleh tulis komentar dan share artikel ini untuk dibaca bersama.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram