Bacaterus / KPOP / 8 Fakta Menarik E’Dawn ex Pentagon, Dancing King Bertalenta

8 Fakta Menarik E’Dawn ex Pentagon, Dancing King Bertalenta

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Kabar mengenai E’Dawn (이던), salah satu member boy group Pentagon, yang “ketahuan” pacaran mengehbohkan dunia per-Kpop-an. Bahkan yang bukan fans Pentagon saja mengetahui kabar ini. Bagaimana tidak, E’Dawn ternyata menjalin kasih dengan Hyuna, seorang solois asal Korea Selatan yang sangat terkenal dan fenomenal.

Nama E’Dawn pun semakin dikenal publik, terutama setelah dia keluar dari grupnya, dan mengkonfirmasi hubungannya dengan Hyuna. Karena skandal ini juga, kedua sejoli itu keluar (atau bisa dibilang, didepak) dari manajemen CUBE Entertainment dan bergabung dengan PNation (agensi milik PSY).

Jika Hyuna sudah lebih dulu debut kembali sebagai dirinya sendiri, Dawn (던) baru resmi debut sebagai solois pada 5 November, 2019, dengan single “Money”.

Nama asli Dawn adalah Kim Hyo-jong (김효종). Dia kelahiran 1994, tepatnya pada tanggal 1 Juni. Tingginya 173 cm dan beratnya 60 kg. Selain data diri ini, Bacaterus akan memberi tahu Anda fakta-fakta tentang Dawn yang menarik lainnya di bawah ini.

1. Aquaphobia

* sumber: clearcomfort.com

Aquaphobia adalah fobia yang spesifik. Sebenarnya, ini adalah ketakutan irasional terhadap sesuatu yang tidak menyebabkan bahaya yang besar. Penderita aquaphobia akan menemukan sumber air atau apa pun yang ada airnya mengerikan. Seperti danau, sungai, laut, kolam renang, bahkan bathtub! Penderita akan merasa cemas dan takut berada di sekitar tempat seperti itu.

Nah, Dawn sempat punya Aquaphobia. Dia takut air dan tidak mau berenang untuk waktu yang lama. Tapi, nampaknya dia telah mengatasi masalah ini. Bisa dilihat dari update-an Instagramnya yang berada di atas perahu bersama kekasihnya, Hyuna.

2. Dance King

Dulu di Pentagon sebagai E’Dawn, dia memiliki posisi sebagai main dancer, vokalis, rapper dan juga face of the group. Jadi, jangan kaget kalau ternyata Dawn ini jago menari, ya! Dawn adalah penari hebat yang dikenal karena popping dance-nya. Dia menjadi orang yang berbeda ketika menari. Dia mengatakan bisa menari seolah-olah “kepala dan tubuhnya terpisah”.

3. Awal Karir

  • Pentagon (2016)

Pada tahun 2016–2018, Hyojong masih di CUBE Entertainment. Dia debut bersama Pentagon dengan nama panggung E’Dawn pada tanggal 10 Juli 2016. Posisinya di grup berisi 10 orang tersebut adalah sebagai rapper, dancer dan face of group.

Tapi, Anda mungkin mengenal E’Dawn dan anggota Pentagon lainnya sebelum tanggal debut, karena mereka sebelumnya dibentuk melalui acara variety bernama “Pentagon Maker”.

Uniknya, Hyojong sempat tersingkir pada program televisi ini, loh! Tapi, ia tetap masuk ke line up member grup pada detik-detik terakhir, bersama dengan dua member lainnya yaitu Yan An dan Shinwon.

E’Dawn berkontribusi pada EP debut grup Pentagon sebagai penulis lagu dan lirik untuk lagu “Lukewarm” dan “Organic Song”. Dia juga turut serta memberikan kontribusi musik untuk lagu-lagu Pentagon selanjutnya, termasuk “Runaway” dan “Shine” sampai akhirnya dia hengkang.

  • Triple H (2017)

Selama di CUBE Entertainment, selain aktif bersama grup Pentagon, E’Dawn juga berpartisipasi dalam grup bernama Triple H. Grup ini merupakan co-ed alias campuran antara laki-laki dan perempuan. Anggotanya adalah E’Dawn, Hui Pentagon dan Hyuna (solois).

Karena nama mereka semua dari H, Hui sendiri nama aslinya adalah Lee Hoe-taek sedangkan Hyuna nama aslinya adalah Kim Hyun-ah. makanya nama grupnya jadi Triple H.

Pada tanggal 4 April 2017, diumumkan bahwa Triple H akan debut. Mereka akan mengisi acara baru yang berjudul “Triple H Fun Agency”. Lalu, pada 1 Mei 2017, barulah Triple H memulai debut mereka dengan EP berjudul “199X”. E’Dawn sekali lagi berlaku sebagai penulis lagu. Dia menulis semua lagu termasuk lead single yang menjadi hits besar, “365 Fresh”.

Album ini mencapai posisi #4 di Gaon Album Chart dan #10 di Billboard World Albums Chart. Pada 2018, Triple H merilis EP lanjutan berjudul “Retro Futurism” dengan single utama berjudul sama. Album ini berisi empat track yang ear-catchy.

  • Keluar dari Grup & Agensi (2018)

Setelah E’Dawn mengumumkan hubungannya dengan Hyuna pada Agustus 2018 (ya, mereka ternyata berpacaran selama ini!), CUBE Entertainment mengumumkan E’Dawn akan absen dari EP Pentagon yang akan rilis berjudul “Thumbs Up!”, meskipun dia masih akan dikreditkan sebagai penulis lagu untuk “Naughty Boy” dan “Skateboard”.

Pada 13 September 2018, CUBE mengumumkan telah mengakhiri kontrak eksklusif dengan E’Dawn dan Hyuna, dengan alasan bahwa mereka tidak dapat mempertahankan kepercayaan dengan agensi, alias dipecat secara sepihak karena telah melanggar aturan.

Pada 14 November 2018, CUBE mengonfirmasi kepergian E’Dawn dari Pentagon dan dari agensi. Tentu saja grup co-ed Triple H juga ikut bubar, karena Hyuna telah lebih dulu meninggalkan agensi pada Oktober 2018.

4. Karir Terkini

Hyojong memulai lembaran baru untuk karirnya dari tahun 2019–sekarang. Setelah resmi hengkang dari CUBE, Hyojong dan Hyuna sempat free terlebih dahulu sebelum bergabung dengan P Nation (label milik PSY). Tepatnya pada 23 Januari 2019, Hyojong dan Hyuna resmi menandatangani kontrak dengan label P Nation.

Lalu, pada tanggal 18 Oktober, diumumkan bahwa E’Dawn akan debut kembali sebagai solois dengan nama “Dawn”, membawakan single baru berjudul “Money” pada tanggal 5 November lalu. Sedangkan Hyuna sudah kembali aktif terlebih dahulu sebelum Hyojong, karena sebelumnya nama Hyuna sudah lebih dikenal dan fandomnya juga sudah kuat.

5. Kisah Cinta

Tentu kita tidak bisa melupakan kisah cintanya. Pada 2 Agustus 2018, Hyojong mengungkapkan bahwa dia telah berkencan dengan Hyuna sejak Mei 2016. Berita ini sempat menghebohkan dunia per-Kpop-an, ada yang tidak setuju tapi banyak yang mendukung ketika Hyojong dan Hyuna mengkonfirmasi hubungan mereka.

Malah banyak sekali kpop-ers yang menyayangkan keputusan CUBE, karena Hyojong dan Hyuna adalah permata di agensi tersebut. Jadi, yang rugi bukan Hyojong dan Hyuna, melainkan CUBE. Sebenarnya bandmate Hyojong juga ada yang ketahuan berkencan, yaitu Hui.

Dia pernah memiliki hubungan spesial dengan Soojin (G)I-DLE. Tapi, mereka memutuskan mengakhiri hubungan dan tetap aktif di grup masing-masing. Mungkin mereka tidak mau dikeluarkan oleh CUBE juga, kali, ya.

6. Pernah Berhubungan di TV Sebelum Ketahuan Pacaran

Setelah kejadian, baru fans menyadari kalau selama ini Hyojong dan Hyuna sudah menebar isyarat kalau mereka dekat. Kitanya saja yang tidak sadar, menganggap mereka dekat sebagai sunbae-hoobae saja. Inilah beberapa interaksi Hyojong dan Hyuna yang terekam kamera dan disiarkan secara luas. Yang, tanpa disadari siapapun, ternyata mereka sudah pacaran di sini.

  • Menelepon HyunA di Reality Show

Setelah berita Hyojong dan Hyuna telah berkencan selama lebih dari dua tahun, penggemar pun akhirnya connecting the dots. Mereka menemukan beberapa momen yang telah terekam kamera yang sekarang disadari “Oh, ternyata selama ini Hyojong dan Hyuna sudah umbar-umbar, toh..”.

Petunjuk dan momen manis hubungan couple HyuDawn dapat ditemukan baik dari promosi mereka bersama dengan Hui sebagai unit Triple H hingga beberapa momen dalam karir terpisah mereka.

Salah satunya adalah ketika di acara Pentagon Maker. Beberapa member ada yang memiliki tugas untuk memasak. Lalu, tiba-tiba saja Hyojong berpikir untuk meminta tolong Hyuna. Hyojong pun menelepon Hyuna untuk meminta nasihat tentang memasak.

Bisa dilihat sendiri di video, kalau member Pentagon agak awkward ketika Hyojong menelepon Hyuna. Mungkin sepertinya karena mereka tahu hubungan rahasia dua sejoli tersebut, hihi.

  • Featuring di Lagu Hyuna

Pada tahun 2017, HyunA merilis lagu berjudul “Purple” featuring E’Dawn. Setelah ditelaah, fans pun merasa malu karena tidak menyadarinya dari dulu. Karena, lagu “Purple” ini benar-benar menjeritkan kalau mereka berpacaran! Hihi. Liriknya seperti ini:

You and I, our color is purple
Sometimes, it changes to yellow
Kids who listen to this song won’t understand
Oh well, I don’t care

It’s repetitive to say but I think I’m crazy
There’s no one who can give you this feeling, nobody
I wanna tell this to my parents
Then I’ll swear eternity in front of the Lord

From now on, I’ll make a lot of money
So we can go wherever we want

Hey, you always need to be cautious
There’s too many pretty girls outside
I need to tell everyone, can’t share you
Every day, I have to be the happiest

No, really love you
So much, I can give you my liver
Just remember one thing

Even if I get mad sometimes and not trust you
Just know that it’s because I’m a good-for-nothing
If you thought all guys were the same
It’s alright, I started with you too

These days, everything is yellow around me
My face got better because of you these days
I’m glad I didn’t do anything bad in life
I like you so much, love you so much

Jadi, gimana? Mereka sudah mengkonfirmasi hubungan ini dari dulu. Fans saja yang tidak ngeh, kalau ini ungkapan terdalam dari hati mereka. Haha.

7. Pertama Muncul Sebagai Kekasih di “Knowing Bros”

Setelah go public, kita semua bisa melihat kemesraan Hyuna dan Hyojong di Instagram mereka. Tapi, berbeda dengan cara kerja entertainment di negeri kita yang kalau pacaran langsung diundang ke acara talkshow atau acara gosip, entertainment Korea lebih tertutup begitu pula dengan artis-artisnya.

Hingga November 2019, akhirnya kedua sejoli ini hadir sebagai pasangan di reality show bernama “Knowing Bros”. Di sana, mereka membocorkan fakta menarik tentang hubungan mereka. Seperti kapan pertama kali bertemu, siapa yang confess duluan, hingga akhirnya memutuskan untuk mengaku ke fans kalau mereka berpacaran dan meninggalkan agensi lama mereka.

8. E’Dawn & Hyuna Tak Pernah Berantem

Percayakah Anda, kalau kami mengatakan mereka tak pernah bertengkar dalam 4 tahun hubungan pacaran? Mungkin itu terdengar tidak mungkin, tapi itu kenyataannya. Kata mereka, karakter E’Dawn itu orang yang tidak bisa marah. Jadi, walaupun ketika Hyuna sering kesal karena hal kecil, E’Dawn akan menenangkannya dan menyelesaikan permasalahan mereka tanpa lewat bertengkar.

Cukup fenomenal ya, Dawn ini? Nah, kalau kamu punya fakta seru lainnya soal Dawn, yuk ceritakan di kolom komentar! Dan, tetap dukung Dawn, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *