bacaterus web banner retina

Inilah 6 Fakta Menarik tentang Drama Hellbound (2021)

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 22 November 2021

Rilis pada 19 November 2021, Hellbound (2021) memuncaki ranking Netflix global sehari setelahnya. Serial dari Korea Selatan berjumlah 6 episode ini disebut-sebut siap menyalip ketenaran Squid Game (2021). Bertindak sebagai sutradara adalah Yeon Sang Ho yang beberapa tahun lalu menghebohkan dengan Train to Busan (2016).

Hellbound (2021) dibintangi jajaran aktor berkualitas yang kemampuan aktingnya tak perlu dipertanyakan. Salah satunya Yoo Ah In yang bermain sebagai pemimpin sekte yang tenang dan misterius.

Menariknya Hellbound (2021) merupakan drama Korea Selatan pertama yang tayang di beberapa festival internasional. Penasaran dengan fakta Hellbound (2021) selengkapnya? Simak uraian berikut ini yuk!

Baca juga: Sinopsis dan Review Drama Korea Hellbound

Karya Sutradara Train to Busan (2016)

Karya Sutradara Train to Busan (2016)

Fakta Hellbound (2021) yang pertama adalah serial ini merupakan karya orisinal dari sutradara Yeon Sang Ho yang sukses dengan Train to Busan (2016).

Train to Busan (2021) yang dibintangi Gong Yoo diakui menjadi tolok ukur kesuksesan film-film bertema zombie di Korea Selatan karena sebelumnya, beberapa film zombie yang tayang di negara tersebut terhitung gagal.

Berkat Train to Busan (2016) Yeon Sang Ho mendapatkan penghargaan Best New Director dalam ajang Baeksang Arts Awards di tahun 2017 lalu. Dia juga mendapat anugerah dari KOFRA sebagai Best Discovery of the Year, serta Best New Director dalam Korea Film Actor’s Association Top Star Awards.

Selain Train to Busan (2016), Sang Ho juga menjadi sutradara untuk Peninsula (2020), Pyschokinesis (2018) dan serial The Cursed (2020). Berbekal pengalaman Yeon Sang Ho mengarahkan film atau serial bernuansamenegangkan, Hellbound (2021) siap jadi tontonan yang tak kalah bikin deg-degan.

Diadaptasi dari Webtoon Karya Sang Sutradara

Diadaptasi dari Webtoon Karya Sang Sutradara

Sejauh ini sudah cukup banyak film atau serial Korea Selatan yang diadaptasi dari cerita webtoon. Hellbound (2021) menambah panjang daftar tersebut. Ceritanya memang merupakan hasil adaptasi dari sebuah webtoon berjudul Jiog atau dalam bahasa Korea berarti Neraka. Menariknya, penulis webtoon tersebut adalah Yeon Sang Ho sendiri.

Pada 2002 lalu, Yeon Sang Ho menyuguhkan cerita Jiog ke dalam bentuk short animation berdurasi sekitar 11 menit. Berangkat dari ide cerita yang sama, beberapa tahun kemudian Jiog menjelma jadi salah satu serial Korea Selatan yang banyak dibicarakan.

Dalam merangkai cerita Jiog, Yeon Sang Ho dibantu oleh illustrator bernama Choi Kyu Seok, yang diketahui pernah menulis untuk drama Awl (2015). Sebagai karya adaptasi, adegan-adegan yang ada di Hellbound (2021) versi live action dibuat sama persis dengan versi webtoon

Persamaannya terlihat dari scene yang menampilkan kemunculan makhluk dari neraka, scene saat Bae Young Jae menemui istrinya yang baru melahirkan hingga scene yang menampilkan para anggota eksekutif dari sekte Kebenaran Baru yang bertopeng.

Yoo Ah In Muncul 3 Episode Saja

Yoo Ah In Muncul 3 Episode Saja

Hellbound (2021) merupakan drama terbaru Yoo Ah In setelah beberapa tahun absen. Terakhir, namanya mejeng sebagai pemeran dalam drama Chicago Typewriter (2017). Dengan alasan itu penampilannya di Hellbound (2021) jelas sangat ditunggu-tunggu. Apalagi Yoo Ah In memegang peran penting di serial berjumlah 6 episode ini.

Sayang, penampilannya hanya bisa kamu saksikan pada tiga episode awal, tiga episode sisanya, Yoo Ah In menjadi sosok yang diagungkan dalam bentuk patung dan lukisan.

Yoo Ah In diceritakan berperan sebagai ketua sekte yang menyebarkan ajaran tentang cara hidup sesuai kehendak Tuhan. Sosoknya tenang dan misterius.

Tidak ada yang menyangka bahwa ketua sekte yang menggembar-gemborkan tuntunan hidup tanpa dosa ini ternyata tetap ditakdirkan masuk neraka. Karakter Yoo Ah In pun diceritakan tewas dengan cara yang sama seperti pendosa lainnya di akhir episode 3.

Selanjutnya, sosok ketua sekte tersebut dikenang sebagai tokoh suci yang berperan besar dalam menjaga keadaan tetap aman dan terkendali.

Sutradara dan Judul, Alasan Yoo Ah In Bintangi Hellbound

Sutradara dan Judul, Alasan Yoo Ah In Bintangi Hellbound

Bagi seorang aktor, menerima tawaran membintangi film atau serial, tidak semudah itu. Mereka mempertimbangkan banyak hal. Khusus bagi Yoo Ah In, alasannya menerima tawaran bermain dalam Hellbound (2021) adalah karena serial ini disutradarai oleh Yeon Sang Ho.

Bagi aktor kelahiran 1986 ini, Yeon Sang Ho punya gaya penyutradaraan yang mengagumkan. Yeon Sang Ho dinilai Yoo Ah In mampu menyampaikan pesan-pesan yang ingin disampaikan. Di sisi lain sifat humoris Yeon Sang Ho juga jadi daya tarik. Dalam proses syuting, Yeon Sang Ho berhasil menciptakan suasana yang menyenangkan.

Menurut Yoo Ah Ih, sang sutradara bisa tetap profesional mengembangkan ide dan memperbaiki yang kurang tanpa kehilangan selera humor.  

Selain Yeon Sang Ho yang menyenangkan, alasan Yoo Ah In menerima Hellbound (2021) adalah karena judulnya. Sejak awal ditawari Hellbound (2021) Yoo Ah In sudah tertarik hanya dengan membaca judul yang menurutnya sangat kuat. Ia berhasil menarik rasa penasaran Yoo Ah In untuk ikut terlibat dalam cerita bertema dosa dan neraka tersebut.

Tampil di Festival Film Internasional

Tampil di Festival Film Internasional

Rilis di Netflix pada 19 November 2021, Hellbound (2021) sudah lebih dulu wara-wiri tayang di berbagai festival film internasional. Serial yang dibintangi oleh jajaran aktor dan aktris berkualitas ini melakukan screening di Toronto International Film Festival, BFI London Film Festival dan Busan International Film Festival.

Penampilan di festival-festival film internasional jadi prestasi tersendiri karena baru Hellbound (2021) serial pertama yang melakukannya. Walau hanya tiga episode pertama yang diputar, penonton yang hadir dalam screening menunjukkan reaksi menyenangkan.

Menurut pengakuan Yoo Ah In, salah satu penonton di Busan International Film Festival bahkan rela menahan keinginan untuk buang air kecil karena tenggelam dalam ceritanya.

Sementara itu menurut Kim Hyun Joo yang berperan sebagai Pengacara Hye Jin, dia mengaku mendengar komentar dari seorang kritikus film berisi pujian terhadap Hellbound (2021).

Kritikus itu disebut gak sabar untuk nonton episode empat dan seterusnya. Dia memuji tiga episode pertama Hellbound (2021) dan memprediksi kalau serial ini akan jadi favoritnya.

Sosok Monster Terinspirasi Penggambaran di Masa Lalu

Sosok Monster Terinspirasi Penggambaran di Masa Lalu

Wujud dari tiga makhluk misterius pencabut nyawa dalam serial ini rupanya terinspirasi dari penggambaran malaikat pencabut nyawa dan neraka di masa lalu. Sang sutradara mengaku ide menciptakan bentuk makhluk misterius tersebut didapat dari bayangan mengenai sosok pencabut nyawa yang tertanam sejak zaman nenek moyang.

Yeon Sang Ho mengira-ngira bayangan tersebut termasuk bayangan terhadap siksa neraka lalu membuatnya sedemikian rupa.

Gambaran siksa neraka yang membuat para pendosa hangus di Hellbound (2021) diakui bertujuan untuk memberikan perasaan ngeri yang ekstrem, sehingga saat menonton, pemirsa berpikir tentang penderitaan yang berasal dari neraka.

Beberapa fakta Hellbound (2021) di atas rasanya cukup untuk menambah rasa penasaran bagi siapa pun yang belum nonton drama ini. Apalagi ia dibintangi oleh Yoo Ah In serta digarap oleh tangan dingin Yeon Sang Ho.

Dari segi cerita, Hellbound (2021) juga cukup gila karena ia tak segan menyuguhkan tema tentang dosa dan neraka. Apakah sudah semakin tertarik? Serial ini bisa kamu saksikan di Netflix!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram