bacaterus web banner retina

7 Fakta Drama Grid (2022) yang Menarik untuk Diketahui

Drama berjudul Grid (2022) karya sutradara Lee Khan yang bekerjasama dengan penulis Lee Soo Yeon meninggalkan kesan unik bagi para penonton setianya.

Selama sepuluh minggu ke belakang kita diajak memasuki sebuah cerita genre science fiction dengan bumbu time traveler mengenai sesosok wanita misterius dan Grid.

Grid atau perisai Bumi berhasil dia aktifkan sehingga seluruh umat manusia dapat selamat dari terpaan angin matahari yang membinasakan.

Drama yang tayang secara resmi di Disney Hotstar ini punya beberapa fakta menarik. Salah satunya terkait isu lingkungan. Apa lagi fakta drama Grid (2022) yang menarik diketahui?

1. Garapan Penulis Drama Stranger (2017)

Garapan Penulis Drama Stranger (2017)_

Tahun 2017 lalu, penikmat drama Korea disuguhi sebuah tontonan seru tentang seorang jaksa yang tidak memiliki kemampuan merasakan emosi di dalam hidupnya karena alasan medis.

Alhasil jaksa bernama Hwang Si Mok itu terkenal dengan sikapnya yang dingin, kaku dan tidak memiliki kemampuan bersosialisasi.

Namun, integritas dan kemampuannya dalam menyelesaikan kasus-kasus tidak perlu diragukan. Bekerjasama dengan Han Yeo Jin dia mengusut kasus pembunuhan yang membawanya pada rahasia besar.

Rangkuman cerita dari drama Stranger (2017) tersebut mendapat apresiasi cukup besar. Ia bahkan memenangkan kategori Best Screenplay di ajang Baeksang Arts Award 2018. Kualitas yang ditawarkan drama Stranger (2017) tersebut lahir dari seorang penulis jenius bernama Lee Soo Yeon.

Jika kamu mengagumi kualitasnya sebagai seorang penulis Stranger (2017), besar kemungkinan kamu juga akan suka dengan drama Grid (2022). Pasalnya, dua drama tersebut sama-sama ditulis oleh Lee Soo Yeon.

2. Drama Terakhir Seo Kang Joon Sebelum Wamil

2. Drama Terakhir Seo Kang Joon Sebelum Wamil

Sudah sebuah kewajiban bagi pria Korea Selatan yang dewasa dan sehat untuk menjalani wajib militer. Para penikmat drama pasti sudah hafal rasanya ditinggal aktor kesayangan selama dua tahun. Kali ini, giliran Seo Kang Joon yang pergi menunaikan kewajibannya.

Fakta drama Grid (2022) selanjutnya adalah drama ini merupakan penampilan terakhir Seo Kang Joon sebelum absen dua tahun ke depan karena kewajibannya tersebut.

Seo Kang Joon yang lahir tahun 1993 memulai Wajib Militernya pada November 2021 dan akan menyelesaikannya di bulan Juni 2023. Aktor pemilik mata indah ini akan mengikuti Wajib Militer sebagai tentara aktif.

3. Grid Bukan Judul Awal

3. Grid Bukan Judul Awal

Penggunaan Grid sebagai judul drama yang dibintangi Seo Kang Joon ini rupanya bukan pilihan pertama. Menurut pengakuan Lee Soo Yeon, semula judul yang akan dipakai adalah ‘O’.

Filosofinya ada pada bentuk lingkaran yang menandakan bahwa waktu dan ruang tidak memiliki awal dan akhir. Ia juga menyimbolkan bahwa waktu dan ruang tidak berjalan linear.

Namun, ide menggunakan lambang ‘O’ sebagai judul berubah karena terlalu singkat sehingga khawatir dapat membingungkan banyak orang.

Lee Soo Yeon beranggapan bahwa sebuah judul setidaknya harus berupa satu kata. Setelah pertimbangan matang dia pun memilih ‘Grid’; sesuai dengan elemen yang diangkat dalam drama ini.

4. Seo Kang Joon dan Lee Si Young Dipilih oleh Penulis

Seo Kang Joon dan Lee Si Young Dipili

Menyaksikan drama Grid (2022) sebanyak sepuluh episode, kamu pasti akan tertarik dengan karakter utamanya. Kim Sae Ha atau Kwon Sae Ha merupakan seorang pria yang menyimpan luka dalam waktu lama sehingga membuatnya cukup emosional.

Untuk memerankannya, diperlukan seorang aktor dengan kriteria-kriteria tertentu. Tidak semua aktor dinilai dapat menyampaikan emosi yang mendalam tersebut. Namun Lee Soo Yeon langsung jatuh cinta begitu melihat Seo Kang Joon.

Baginya Seo Kang Joon meninggalkan kesan Je Ne Sais Quoi atau perasaan yang sulit diungkapkan karena terlalu kagum, terharu dan bangga. Kesan tersebut dibutuhkan untuk menghidupkan karakter Sae Ha.

Intuisi seorang penulis naskah yang terbiasa berhadapan dengan banyak aktor memang tidak bisa dibohongi. Pilihan Lee Soo Yeon atas Seo Kang Joon terbukti memuaskan.

Soo Yeon menilai aktor tersebut berhasil membawakan karakter Sae Ha dengan luar biasa. Selain Seo Kang Joon, aktris Lee Si Young juga langsung dipilih oleh penulis Lee Soo Yeon.

Lee Si Young sudah ditaksir untuk memerankan karakter Ghost sejak awal. Beruntung tawaran yang diberikan padanya disambut dengan baik. Penampilan Lee Si Young sebagai Ghost pun tidak mengecewakan Soo Yeon.

Sang penulis bahkan berencana bekerjasama lagi dengan Lee Si Young di proyek mendatang, khususnya proyek yang membutuhkan banyak adegan laga.

5. Singgung Isu Lingkungan

Singgung Isu Lingkungan

Fakta Grid (2022) selanjutnya yang menarik adalah drama genre sci-fi ini mengangkat tema lingkungan, khususnya isu Bumi yang terancam oleh angin matahari. Jika kamu nonton dramanya, di episode pertama diperlihatkan bahwa Bumi terancam oleh terpaan angin matahari yang dapat membinasakan manusia.

Sekelompok orang terlihat sibuk mengaktifkan Grid atau pelindung Bumi sehingga umat manusia dapat selamat dari bencana. Grid atau pelindung Bumi dalam drama ini menjadi konflik utama.

Ia sangat dibutuhkan untuk melindungi kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi sampai-sampai membuat orang-orang terobsesi.

Pada salah satu episodenya, terlihat Sae Ha berhasil berteleportasi ke dunia tanpa Grid. Di sana yang terlihat hanya kehancuran. Orang-orang harus mengenakan pakaian khusus agar terlindung dari terpaan udara atau cahaya, jika tidak tubuh akan mengalami kerusakan.

Gambaran mengerikan tentang kerusakan lingkungan yang menimpa Bumi tidak sekadar jadi pelengkap di dalam dramanya, melainkan penting untuk plot. Pasalnya ia menjadi alasan kuat bagi Sae Ha untuk merelakan obsesi pribadinya.

Bagian ini terasa sensitif dan menyentil. Ia memperlihatkan bahwa satu-satunya cara menyelamatkan Bumi adalah menekan ego yang hanya menguntungkan diri sendiri.

6. Drama Sci-fi dan Time Traveler dengan Open Ending

6. Drama Sci-fi dan Time Traveler dengan Open Ending

Drama dengan bumbu perjalanan waktu memang berisiko membuat penontonnya bingung. Setiap timeline waktu yang berubah harus dicermati dengan baik karena tersimpan banyak clue di sana.

Belum lagi drama ini juga ber-genre science fiction sehingga banyak terdengar istilah-istilah rumit. Hal-hal memusingkan itu bisa kamu nikmati saat menonton Grid (2022).

Sayang, cerita di episode terakhir terasa belum tuntas. Penonton yang sudah dibuat bingung selama sembilan episode, pada episode terakhir malah disuguhi open ending yang multitafsir.

Ada banyak hal yang terasa tiba-tiba dan perlu penjelasan lebih lanjut. Gak heran banyak penonton menginginkan Grid (2022) berlanjut ke season 2.

7. Hadirkan Min Ho “The Maze Runner” Sebagai Cameo

7. Hadirkan Min Ho “The Maze Runner” Sebagai Cameo

Fakta drama Grid (2022) satu ini cukup menggemparkan karena secara mengejutkan Ki Hong Lee dihadirkan sebagai cameo di episode terakhir.

Ki Hong Lee yang terkenal melalui perannya sebagai Min Ho di film The Maze Runner (2014) didapuk berperan sebagai Ghost lain; entitas yang sama-sama misterius seperti Ghost yang diperankan Lee Si Young.

Kemunculan Ki Hong Lee di episode terakhir adalah untuk menyelamatkan Ma Nok. Namun, sampai ceritanya selesai, motif dia melakukan itu tidak terungkap secara jelas.

Meski sebentar dan membingungkan, penampilan Ki Hong Lee di episode terakhir asyik sekali, terutama scene ketika dia harus melakukan adegan laga dengan Lee Si Young.

Itu dia beberapa fakta drama Grid (2022); drama science fiction bercampur time traveler yang bisa kamu saksikan melalui OTT Disney+ Hotstar.

Fakta-fakta tersebut jadi hiburan lain setelah dramanya berakhir, terutama bagi kaum-kaum gagal move on. Lantas di antara fakta di atas, mana yang lumayan mengejutkan? 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram