Bacaterus / AB6IX / Inilah 10 Fakta Kim Donghyun AB6IX, ABNEW Harus Tahu!

Inilah 10 Fakta Kim Donghyun AB6IX, ABNEW Harus Tahu!

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Agustus 2019

Grup baru AB6IX kini ikut meramaikan dunia hiburan Korea Selatan. AB6IX yang baru merilis lagu bertajuk “Breathe” ini disebut-sebut sebagai monster rookie karena berpotensi jadi grup paling top di masa mendatang.

Julukan monster rookie pun sepertinya tidak terlalu berlebihan mengingat AB6IX memang digawangi oleh idol-idol yang sudah terkenal, salah satunya adalah Kim Donghyun. Donghyun sendiri sebelumnya sudah dikenal lewat acara Produce 101 Season 2 sekaligus personel grup duo MXM.

Kim Donghyun lahir pada tanggal 17 September 1998 di Daejeon, Korea Selatan. Idol yang satu ini tidak hanya mahir dalam urusan menyanyi, tapi ia juga punya bakat dalam hal menciptakan lagu. Nah, kalau kalian ingin tahu lebih banyak soal Donghyun, Bacaterus telah mengumpulkan 10 fakta Kim Donghyun khusus untuk kalian.

1. Peserta Produce 101 Season 2

Peserta Produce 101 Season 2

* sumber: www.kpopscene.com

Bersama dengan Lim Youngmin,Park  Woojin, dan Lee Daehwi, Donghyun juga pernah mencoba peruntungannya di dunia musik dengan mengikuti acara Produce 101 Season 2 di tahun 2017 lalu. Seperti rekan-rekannya yang lain, Donghyun termasuk trainee yang mencuri perhatian banyak orang karena kemampuannya dalam menyanyi, ia bahkan nyaris masuk ke babak final saat itu.

Tapi perjuangan Donghyun di Produce 101 Season 2 harus terhenti di episode 10, tepatnya ketika pemilihan 20 besar. Sedangkan ketiga rekanNya, Youngmin, Woojin, dan Daehwi terus melaju hingga ke babak akhir.

2. Member MXM

Member MXM

* sumber: kavenyou.com

Usai mengikuti Produce 101 Season 2, Donghyun harus ‘menunggu’ Woojin dan Daehwi menyelesaikan kontrak mereka di Wanna One. Saat itulah Brand New Music memberi kesempatan debut kepada Donghyun dengan membentuk grup duo bernama MXM bersama Youngmin.

Berbekal talenta yang mereka punya, ditambah popularitas berkat mengikuti Produce 101, Donghyun dan Youngmin debut sebagai MXM pada tanggal 6 September 2017. Grup ini memiliki banyak penggemar dan sudah merilis beberapa lagu yang cukup populer, seperti  “I’m The One” dan “Ya Ya Ya”.

Meski saat ini Donghyun resmi menjadi member AB6IX, bukan berarti MXM bubar. Donghyun pernah mengungkapkan bahwa bila ada kesempatan, ia dan Youngmin akan berkarya lagi di bawah nama MXM.

3. Pernah Debut dengan Grup YDPP

Pernah Debut dengan Grup YDPP

* sumber: kpopkstyle.com

Sama dengan Youngmin, Donghyun pun pernah debut bersama grup YDPP pada bulan April 2018 lalu. YDPP sendiri merupakan grup hasil kerja sama antar dua agensi, yaitu Brand New Music dan Starship Entertainment.

YDPP adalah singkatan dari Youth Dream Passion Purity dan memiliki 4 orang member, yaitu Donghyun, Youngmin, serta Jung Sewoon dan Lee Gwanghyun yang berasal dari agensi Starship.

4. Mahir Main Gitar

Mahir Main Gitar

* sumber: aminoapps.com

Sebagai salah satu vokalis utama di AB6IX, Donghyun memiliki suara yang lembut, tapi daya tarik Donghyun tidak hanya terletak pada suaranya. Idol yang satu ini rupanya juga sangat mahir memainkan alat musik gitar.

Ia sering tampil menyanyi secara live sambil bermain gitar dan sukses memukau siapapun yang mendengarnya. Uniknya, Donghyun memiliki 2 buah gitar favorit yang ia beri nama Remi dan Little Donghyun.

5. Ahli Menciptakan Lagu

Ahli Menciptakan Lagu

* sumber: www.kpopmap.com

Donghyun memiliki bakat yang jarang dimiliki oleh orang lain, yaitu kemampuan menciptakan lagu. Di usianya yang masih muda, Donghyun diketahui sudah berhasil menulis sejumlah lagu, salah satunya lagu “I Just Do” yang masuk ke dalam album MXM. Ia juga diketahui berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu “Shining Star” yang dibawakan oleh AB6IX.

Bicara tentang inspirasi, Donghyun mengungkapkan bahwa ia sering mendapatkan inspirasi dari banyak hal, mulai dari film, acara TV, hingga buku-buku yang pernah ia baca.

6. ‘Ibunya’ AB6IX

‘Ibunya’ AB6IX

Tampaknya hampir semua grup pasti memiliki anggota yang mewakili sosok ‘ayah’ dan ‘ibu’, tak terkecuali dengan AB6IX. Donghyun sendiri sering disebut-sebut sebagai ‘ibunya’ AB6IX, pasalnya Donghyun memiliki sifat perhatian dan sangat peduli dengan member lainnya.

Sang leader Youngmin pernah mengungkapkan bahwa ia dan Donghyun sudah seperti orangtua bagi AB6IX. Menurut Youngmin, Donghyun sangat perhatian layaknya seorang ibu, karena itu Youngmin menganggap Donghyun sebagai ‘ibu’, sedangkan dirinya lebih mewakili sosok ‘ayah’ bagi AB6IX.

7. Punya Saudara Kembar Bernama Taehyun

Punya Saudara Kembar Bernama Taehyun

* sumber: aminoapps.com

Bukan rahasia lagi bila Donghyun memiliki saudara kembar bernama Taehyun, tapi Donghyun menungkapkan kalau ia dan saudara kembarnya memiliki kepribadian yang jauh berbeda. Menurut Donghyun, saudaranya tergolong introvert.

Donghyun juga bercerita bahwa dalam hal komunikasi, orang pertama yang berinisiatif untuk menelepon lebih dulu adalah dirinya, sedangkan yang lebih dulu mengakhiri percakapan adalah Taehyun.

Fakta menarik lainnya, Donghyun dan Taehyun rupanya memiliki couple ring yang merupakan hadiah dari orangtua mereka. Donghyun mengatakan kalau ia tidak pernah melepas cincin itu, bahkan ketika ia sedang tidur.

8. Redakan Stres dengan Bersantai

Redakan Stres dengan Bersantai

* sumber: kpop.sepositif.com

Setiap idol pastinya memiliki cara tersendiri untuk meredakan stres akibat pekerjaan yang padat. Donghyun sendiri memilih untuk bersantai atau tiduran di ranjang untuk melepas lelah sehabis latihan. Ia juga mengaku sering menonton film atau drama untuk menghilangkan penat. Kalau tidak, ia lebih suka bermain game untuk mengembalikan mood-nya.

9. Bangga Bisa Jadi Idol

Bangga Bisa Jadi Idol

* sumber: mujigae.izoneindonesia.com

Debut dan meraih kesuksesan di dunia musik pasti jadi suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang idol, Donghyun pun mengakui hal tersebut. Saat dirinya debut bersama MXM, Donghyun mengungkapkan kalau keluarganya ikut bangga dan sering membicarakan dirinya. Tak hanya itu, ibu, bibi, dan juga neneknya jadi sering mencari berita-cerita soal Donghyun di media sosial.

Rasa bangga Donghyun semakin melonjak ketika ia mendapatkan royalti dari hasil kerja kerasnya. Hari saat dirinya pulang ke rumah dengan membawa uang pertamanya adalah memori yang tak akan terlupakan bagi Donghyun.

Waktu itu Donghyun sempat membelikan tas untuk ibunya baju tidur untuk sang ayah, bahkan memberikan uang saku kepada saudara kembarnya yang saat itu hendak berangkat wajib militer. Donghyun berharap keluarganya bisa terus merasa bangga terhadapnya, karena itu Donghyun bekerja keras dan berusaha menjadi idol yang lebih baik lagi.

10. Penggemar Seventeen

Penggemar Seventeen

* sumber: koreanindo.net

Seperti kebanyakan orang, Donghyun juga memiliki sosok idola yang sangat ia kagumi. Di antara sekian banyak idol di Korea Selatan, Seventeen merupakan grup yang paling Donghyun sukai. Ya, ternyata Donghyun termasuk Carat alias penggemar berat Seventeen!

Donghyun juga pernah mengungkapkan kalau Seventen adalah boy group pertama yang ia sukai, dan baru Seventeen saja yang membuat Donghyun merasa sangat excited. Sebagai fanboy, Donghyun sudah pasti tahu koreografi lagu-lagu Seventeen, dan tubuhnya pasti otomatis bergerak untuk menari saat mendengarkan lagu dari seniornya tersebut.

Demikian fakta-fakta seputar Donghyun yang didapuk sebagai salah satu vokalis utama di AB6IX. Bicara soal karier Donghyun di dunia musik, apakah menurut kalian Donghyun akan terus bersinar bersama grupnya yang sekarang?  Yuk, share pendapat kalian di kolom komentar. Temukan fakta lain seputar AB6IX dalam artikel fakta menarik AB6IX ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar