Bacaterus / DAY6 / My Day, Sudah Tahu 10 Fakta DAY6 yang Unik dan Menarik Ini?

My Day, Sudah Tahu 10 Fakta DAY6 yang Unik dan Menarik Ini?

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Maret 2019

Dalam dunia industri hiburan di Korea Selatan bukan hanya sebatas pada boyband dan girlband saja. Pasalnya, Negeri yang dikenal sebagai penghasil Ginseng ini juga punya beberapa band yang populer dan karya musiknya pun sangat diperhitungkan, baik di dalam negerinya sendiri maupun di kancah internasional.

Nah, salah satu band yang cukup dikenal luas di internasional dan kalangan KPopers adalah DAY6. Band bentukan pada 7 September 2015 silam ini merupakan satu-satunya band yang debut di bawah naungan JYP Entertainment. Pada awalnya, DAY6 terdiri dari 6 orang anggota, namun sayangnya 1 orang anggotanya hengkang karena alasan pribadi.

Meskipun kehilangan 1 anggota, hal tersebut tidak membuat DAY6 lantas menjadi down. Dengan 5 orang anggota, mereka satu sama lain saling bahu-membahu untuk terus mengembangkan dan mengasah kemampuan mereka dalam bermusik.

Bahkan, hampir semua lagu diproduksi oleh mereka sendiri dan cukup disenangi oleh masyarakat luas lho. Tapi, tentu saja bukan hanya masalah musik, karena DAY6 punya rahasia tersembunyi yang menarik untuk diketahui para Kpopers, terutama My Day (sebutan fans DAY6). Penasaran, kan, dengan fakta-fakta DAY6? Kira-kira bagaimana personality setiap membernya, ya? Baca terus di artikel berikut ini, ya!

10 Fakta DAY6 yang Unik dan Menarik

1. Park Sungjin

park sungjin

Dibuka dengan fakta DAY6 Sungjin, di mana cowok kelahiran Busan 16 Januari 1993 ini merupakan pemimpin, vokalis, dan gitaris dari grup DAY6. Bakatnya menjadi seorang pemimpin dan mampu mengayomi member DAY6 lainnya sangat diakui oleh pihak JYPent. Bagaimana tidak, Sungjin ini dikenal sebagai pribadi yang cukup bijak dan senang membantu sesama membernya.

Namun, yang lucu dari Sungjin, ketika ia melihat Wonpil tidur tanpa menanyakan hal apapun padanya maka ia merasa lega dan senang. Pasalnya, Sungjin ini kadang merasa lelah ketika Wonpil mulai menanyakan hal aneh. Wonpil pernah menanyakan: “apakah kamu seorang beruang?” Sungjin tidak akan menjawab pertanyaan dari Wonpil dan Sungjin hanya akan langsung pergi meninggalkannya.

Karena pertanyaan Wonpil tadi, ada beberapa My Day yang memanggilnya bear atau beruang. Tapi, memang Sungjin ini punya postur tubuh yang berisi seperti beruang. Jadi, disebutlah ia sebagai “beruang”-nya DAY6.

Lain halnya dengan Jae, justru ia lebih suka memanggil Sungjin dengan sebutan “Bob.” Menurutnya, Sungjin ini sangat mirip dengan karakter animasi Bob the Builder. Tapi, YoungK tidak mau kalah untuk memberikan ‘nama panggilan sayang’ untuk hyungnya ini, Mosquito Head Hunter. Bagi YoungK, Sungjin ini seperti pembunuh nyamuk karena ia sering membunuh nyamuk dalam jumlah yang tidak sedikit.

Banyak banget, ya, sebutan untuk Sungjin? Bahkan setiap member punya sebutannya masing-masing untuk Sungjin. Nah, kalau kamu suka manggil Sungjin dengan sebutan apa, nih?

2. Park Jae Hyung

Park Jae Hyung

Nah, ini dia sang kamus Bahasa Inggrisnya DAY6, Park Jae Hyung, atau lebih akrab disapa dengan Jae. Member kelahiran 15 September 1992 ini juga spesialis dalam hal vokal, seperti Sungjin. Namun, selain memegang posisi sebagai vokal, Jae ini juga bertanggung jawab sebagai Lead Guitarist.

Ada hal lucu ketika pembagian posisi di DAY6. Jadi, Jae ini sempat rebutan posisi sebagai gitaris di DAY6 dengan Young K. Pada awalnya, baik Jae maupun Young K tidak ada yang mau mengalah, karena memang keduanya ingin menjadi gitaris. Namun, karena Jae ini sangat menginginkan posisi gitaris, akhirnya Young K pun mengalah dan memberikan posisi gitaris pada Jae.

Karena moment itu juga, justru membuat Jae dan Young K menjadi semakin dekat. Kalau istilah Kpop-nya sih “Bromance (brother romance).” Ya, saking dekatnya Jae dengan Young K, tak jarang juga mereka bertengkar masalah hal kecil di dorm, dan itu membuat Sungjin pusing, hahaha. Kedekatan Jae dengan Young K pun membentuk sebuah shipper yang disebut Jaehyungparkian.

Uniknya lagi, sebutan Jaehyungparkian (sebutan kedekatan Jae dengan YoungK) ini dibuat sendiri oleh Jae. Sebab, biasanya sebutan shipper di Korea itu sering dibuat oleh para fans. Namun kali ini, Jae sendirilah yang membuatnya. Oh iya, Jae ini sangat aktif di medsos Twitter lho, tak jarang juga ia sering membalas cuitan dari fansnya. Ingin dinotis Jae? Follow twitter @Jae_Day6 atau di Youtube JAESIX.

Tapi, kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang chicken-nya DAY6 ini, langsung saja kepoin artikel 10 Fakta Jae DAY6 ini, yuk!

3. Young K

Young K

Agak berbeda dengan dua member sebelumnya, fakta DAY6 kali ini adalah tentang Young K. Ya perbedaannya adalah ia tidak menggunakan nama aslinya saat di panggung, ia punya sebutan “Young K” untuk nama panggungnya. Nama ini juga punya makna dari nama aslinya, yakni Kang Younghyun. Dikarenakan menyebut Kang Younghyun terlalu panjang, maka disingkat jadi Young K.

Yap, karena ia awalnya ingin jadi gitaris tapi mengalah untuk Jae, maka cowok kelahiran 19 Desember 1993 ini ditempatkan sebagai Bassist, Lead Vocalist, dan Rapper. Bisa dibilang juga kalau Young K ini salah satu member yang punya suara dengan nada-nada tinggi. Setiap nada tinggi di lagu DAY6, terkadang dilahap habis oleh Young K.

Bukan hanya sebatas bakat bernyanyi saja, ia juga dikenal sebagai rapper terbaiknya di DAY6. Yang hebatnya lagi, Young K ini adalah sang master pembuat lagu di DAY6 lho. Hampir semua lagu di DAY6 digarap oleh Young K, dan terbukti lagu-lagunya pun cukup banyak dikenal oleh Kpopers!

Nah, kalau kamu mau galau-galau sambil dengerin lagu, bisa dengerin lagu-lagu DAY6 karena memang deretan lagu buatan Young K ini memiliki tema galau. Bahkan, Young K ini mengaku kalau lagu-lagu ciptaannya itu berdasarkan pengalaman pribadi bersama mantan pacarnya dulu. Jadi menurutnya, ketika membuat lagu galau maka akan lebih mudah ketika dia merasakannya langsung. Jangan patah hati, ya, My Day!

Fakta DAY6 Young K yang seru lagi adalah, dia paling tidak suka ketika dipanggil “Brian.” Ketika fans menyebutnya “Brian” maka Young K akan langsung menjawab: Who’s Brian? I am Young K! Sedikit informasi saja, Brian adalah nama panggilannya saat ia berada di Kanada. Jadi, jangan panggil Young K sebagai “Brian” lagi kalau nggak mau diambekin Young K, ya! Hahaha.

4. Wonpil

Wonpil

Lanjut dengan member ke-4, Kim Wonpil, atau lebih sering disebut dengan Wonpil saja. Ia merupakan salah satu member maknae line (member termuda) di DAY6. Kalau sudah masuk dalam kategori termuda, biasanya paling jahil, ya? Tidak, Wonpil tidak sejahil yang dipikirkan, hanya saja ia terkadang mengajukan pertanyaan-pertanyaan aneh, terutama kepada sang leader, Sungjin.

Di balik pertanyaan anehnya, cowok kelahiran 28 April 1994 ini punya bakat vokal yang sangat kuat. Makanya, tak heran jika Wonpil ini diposisikan sebagai Lead Vocalist. Sama seperti Young K, nada-nada tinggi pun sering ‘disantap’ oleh Wonpil.

Selain berbakat dalam hal bernyanyi, Wonpil juga jago dalam bermain musik. Jadi, di DAY6 ini ada yang memainkan alat musik keyboard dan synthesizer, itulah dua alat musik yang sering dipegang dan dimainkan oleh Wonpil.

Beralih ke personality Wonpil, meskipun bukan yang paling muda di grupnya, tapi Wonpil sangat ahli melakukan aegyo (berperilaku imut). Bahkan, Wonpil ini disebut juga sebagai member yang paling jago gombal lho. Tak jarang para member DAY6 pun sering kena gombalan dari Wonpil, terutama Dowoon. Yang lucunya, meski ia terlihat jago aegyo, Wonpil ini cukup pemalu jika bertemu dengan orang baru.

Dengan kepribadian Wonpil seperti tadi, nggak heran kalau Wonpil ini disebut sebagai member 4D alias member teranehnya DAY6. Tapi, meskipun aneh, banyak juga lho fans yang jatuh hati pada Wonpil, dan itu membuat Jae kesal karena ia merasa kalah dari Wonpil! Ada-ada saja, ya?

5. Dowoon

Dowoon

Member terakhir, sang maknae alias member termuda di DAY6, Yoon Dowoon. Sebagai member termuda, tak heran jika semua member DAY6 sangat memanjakan Dowoon. Tak jarang, Dowoon ini sering diperlakukan seperti baby oleh para hyungnya. Bisa dibilang, semua member DAY6 ini suka dibuat gemas dengan tingkah laku Dowoon yang terkadang melakukan aegyo.

Meski terlihat imut dan menggemaskan, Dowoon ini merupakan member dengan suara yang besar, alias punya suara yang sangat nge-bass banget! Jadi, banyak My Day yang meleleh karena suara seksinya sang maknae. Jangan kira dengan suara bass-nya Dowoon jago nyanyi, karena sebenarnya ia tidak bisa nyanyi sama sekali!

Lantas, kalau tidak bernyanyi, apa yang Dowoon lakukan? Tentu saja bermain drum, Dowoon ini drummer specialist-nya DAY6. Ia bisa langsung bermain drum meskipun lagunya baru didengarkan satu kali. Nah, pihak agensi JYP sadar kalau memang Dowoon punya skill bernyanyi yang kurang baik, makanya saat ini Dowoon harus menghadiri kelas bernyanyi.

Terbukti, dengan beberapa kali mengikuti kelas bernyanyi, kini Dowoon bisa bernyanyi meskipun tidak sebagus member DAY6 lainnya. Oh iya, cowok kelahiran Busan pada 25 Agustus 1995 ini hobi banget main game. Kalau bisa dibilang, sih, dia adalah game master-nya di DAY6, makanya ia sering main dengan Mark GOT7.

Kalau dia mulai dipuji-puji berkat bakat ngegamenya, atau dia mulai merasa malu, maka telinganya akan berubah menjadi sangat merah. Makanya, hyung di DAY6 suka godain Dowoon karena tingkah laku saat Dowoon sedang malu sangat imut dan menggemaskan. Setuju, nggak?

6. Arti Nama DAY6

fakta DAY6 Arti Nama DAY6

Fakta DAY6 yang mungkin jarang diketahui adalah arti nama grup ini. Ya, seperti yang sudah dikatakan, pada awalnya DAY6 mempunyai 6 orang anggota. Namun di tahun 2015, salah satu anggotanya terpaksa hengkang karena masalah pribadi. Nah, saat memiliki 6 anggota, DAY6 ini merepresentasikan 6 hari sebagai 6 anggota member DAY6, sedangkan hari ketujuhnya adalah fans mereka, My Day.

Semenjak hengkangnya satu member, maka DAY6 pun bisa diartikan sebagai 5 hari merepresentasikan 5 orang anggota DAY6, satu hari untuk fans, dan satu harinya lagi untuk para anggota DAY6 beristirahat.

7. Arti Nama Fandom “My Day”

Arti Nama Fandom “My Day”

Setiap grup di Korea Selatan pasti memiliki nama fandom khusus. Sama halnya dengan DAY6, grup band ini juga punya nama fandom alias sebutan untuk fansnya, My Day. Bukan tanpa arti, justru nama My Day dipilih berdasarkan hasil voting di tahun 2017 silam. Banyak fans DAY6 yang memilih “My Day” sebagai nama fandomnya.

Di balik hasil voting, ternyata My Day sendiri punya arti yang sangat mendalam. Jadi, DAY6 ingin lebih dekat dengan fans dan ingin fans mereka menjadi milik mereka seutuhnya. Maka dari itulah, disebutlah My Day, yang merepresentasikan “My” sebagai kepemilkan dan “Day” dari nama grup band DAY6. Sweet banget, kan?

8. Debut Sebagai 5LIVE

Debut Sebagai 5LIVE

Jauh sebelum diperkenalkan sebagai DAY6, sebenarnya pihak agensi JYP sudah merencanakan untuk mendebutkan sebuah band bernama 5LIVE. Sesuai dengan namanya, 5LIVE ini seharusnya ada 5 orang anggota yang terdiri dari Sungjin, Young K, Wonpil, dan Dowoon.

Sayangnya, tidak ada yang tahu member ke-5 dari former 5LIVE ini. Banyak yang menantikan grup band JYP ini. Tapi sayangnya, JYP hanya memberikan pengumuman belaka karena 5LIVE tidak pernah debut sampai kapanpun.

9. Nama Gitar DAY6

Nama Gitar DAY6

Bisa dibilang ini fakta DAY6 yang unik sekaligus sedikit kocak. Pasalnya, DAY6 memang sebuah grup band bukan boyband, jadi tak heran jika beberapa anggotanya selalu membawa gitar kemanapun. Karena hal itu juga membuat beberapa anggota DAY6 yang memainkan gitar, menjadi sangat sayang sama gitarnya.

Bahkan, gitar yang mereka gunakan pun diberi nama lho. Misalnya saja seperti gitarnya Young K, ia memberi nama “Jane” karena sudah seperti kekasihnya sendiri. Sedangkan untuk Jae, ia memberi nama gitarnya “Merry.” Lalu, Sungjin memberi nama gitarnya “Atom.” Wah, sama gitar aja sayang banget, apalagi sama kamu, My Day? Hihihi.

10. Grup Band Multitalenta

Grup Band Multitalenta

Last but not least, memang sebuah grup band seperti DAY6 tidak jago dalam hal menari. Meskipun begitu, DAY6 ini sangat diperhitungkan karena bakat lainnya yang luar biasa. Selain jago nyanyi, mereka juga disebut sebagai band “mandiri” yang artinya, hampir semua lagu DAY6 dibuat dan diproduseri oleh anggota DAY6 sendiri.

Ya, mulai dari pembuatan lagu, lirik, hingga pembuatan lirik untuk rapper pun dibuat sendiri oleh DAY6. Bahkan, DAY6 ini juga jago untuk memainkan banyak alat musik. Jadi, mereka tidak hanya bisa memainkan gitar atau drum saja, karena beberapa anggota DAY6 juga jago dalam memainkan piano, keyboard, juga synthesizer.

Yang uniknya lagi, DAY6 ini bahkan bisa membuat lagu dalam waktu hitungan menit saja lho. Hal tersebut dibuktikan oleh DAY6 dalam acara Weekly Idol ketika sang MC meminta DAY6 untuk langsung membuatkan lagu mengenai JYP.

Dengan waktu hanya beberapa menit, bahkan detik saja, mereka langsung menyelaraskan nada dan Young K langsung bernyanyi dengan lirik yang dibuat secara spontan! Hebat, banget, kan? Kamu bisa cek video DAY6 saat membuat lagu secara singkat di Youtube melalui link ini.

Oh iya, DAY6 juga jago melakukan cover lagu. Masih dengan acara yang sama, Weekly Idol, sang MC meminta DAY6 untuk menyanyikan setiap lagu hits dari setiap grup usungan JYP. Tentu saja, DAY6 bisa dengan mudah melakukannya. Ingin tahu keseruan DAY6 saat menyanyikan lagu-lagu JYP yang hits? Tonton videonya di link ini. 

Seperti itulah beberapa fakta DAY6 yang berhasil dirangkum oleh Bacaterus. Sebenarnya, masih banyak fakta DAY6 yang unik dan wajib diketahui para My Day. Nah, jika kamu seorang My Day atau kamu punya fakta lainnya tentang DAY6, ayo bagikan di kolom komentar, ya!

Bagi kamu JYP Stan, bisa kenalan lebih dekat dengan GOT7 dan TWICE melalui artikel 10 Fakta GOT7 dan 10 Fakta TWICE yang pernah dirangkum oleh Bacaterus.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar