bacaterus web banner retina

10 Fakta Daniel Day-Lewis, Aktor dengan Raihan 3 Piala Oscar

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 19 Juni 2021

Salah satu aktor legendaris di kancah perfilman dunia adalah Daniel Day-Lewis. Aktor kelahiran London ini dikenal selalu menggunakan teknik method acting di setiap peran yang ia mainkan.

Method acting sendiri merupakan teknik yang mengharuskan setiap aktor untuk betul-betul menjadi karakter yang mereka perankan secara presisi. Tidak banyak aktor yang sanggup memakai teknik tersebut secara konsisten. Ada sejumlah fakta menarik dari aktor yang juga akrab disapa DDL ini. Fakta-fakta itu bisa kamu simak sebagai berikut!

1. Anak dari Seorang Penyair Ternama

Anak dari Seorang Penyair Ternama

* sumber: www.thetimes.co.uk

Daniel Day-Lewis merupakan salah satu anak dari penyair ternama Inggris, Cecil Day-Lewis. DDL sendiri merupakan anak dari hasil pernikahan Cecil dengan seorang aktris bernama Jill Balcon.

Daniel Day-Lewis memiliki seorang kakak perempuan bernama Tamasin Day-Lewis. Kakaknya tersebut kini berprofesi sebagai television chef sekaligus kritikus di ranah kuliner.

2. Mempunyai Dua Kewarganegaraan

Mempunyai Dua Kewarganegaraan

* sumber: khachilife.com

Pada mulanya, Daniel Day-Lewis merupakan warga negara Inggris. Namun, setelah dia mendapatkan ketenaran di negara asalnya, Day Lewis merasa privasinya mulai terganggu.

Hal itu bikin dia pindah ke negara tetangga Inggris, Irlandia. Di sana, dia telah resmi mendaftarkan diri menjadi warga negara tersebut sejak 1997. Hal itu bikin Day-Lewis punya dua kewarganegaraan sekaligus, Inggris dan Irlandia.

3. Memulai Karier Akting Sejak 14 Tahun

Memulai Karier Akting Sejak 14 Tahun

Seperti aktor kebanyakan, Daniel Day-Lewis juga memulai karier aktingnya di usia muda. Aktor berzodiak Taurus ini mendapatkan kesempatan akting pertamanya di usia 14 tahun.

Sunday Bloody Sunday (1971) adalah film pertamanya saat itu. Di film itu, dia berperan sebagai seorang berandalan yang merusak mobil di depan gereja. Menurut sejumlah sumber, Daniel hanya mendapatkan upah 2 poundsterling saja dari film tersebut. Kendati demikian, Daniel menganggap film tersebut sebagai pengalaman pertama yang berkesan buatnya.

4. Mulai Dikenal Luas Lewat Film My Left Foot

Mulai Dikenal Luas Lewat Film My Left Foot

* sumber: desispeaks.com

Nama Daniel Day-Lewis mulai dikenal luas setelah sukses bermain di film My Left Foot (1989). Di film itu, dia memerankan tokoh nyata bernama Christy Brown. Seorang pujangga ternama Irlandia penderita cerebral palsy yang hanya bisa memakai kaki kirinya saja untuk beraktivitas.

Daniel begitu total memerankan tokoh tersebut. Sampai-sampai, tiga tulang rusuknya patah selama memerankan tokoh tersebut. Walau demikian, pengorbanan Day-Lewis tidak sia-sia.

Berkat totalitasnya, dia mulai dikenal luas, serta mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satunya adalah Piala Oscar untuk kategori Best Actor in a Leading Role.

5. Konsisten Menerapkan Method Acting di Setiap Film yang Dia Mainkan

Konsisten Menerapkan Method Acting di Setiap Film yang Dia Mainkan

* sumber: www.news1.news

Sepanjang karier keaktorannya, Daniel Day-Lewis selalu konsisten memakai teknik method acting. Sebuah teknik yang mengharuskan sang aktor untuk memerankan karakternya secara presisi. Sehingga, ketika mereka menjadi seorang tokoh, orang betul-betul melihat mereka sebagai tokoh, bukan sebagai diri mereka sendiri.

Method acting sering kali menuntut penggunanya untuk melakukan hal-hal diluar dugaan. Walau diluar dugaan, hal-hal tersebut bisa membantu si aktor untuk menghayati karakter yang dia mainkan.

Hal itu berlaku untuk Daniel Day-Lewis. Hampir di setiap tokoh yang dia mainkan, dia selalu melakukan hal-hal tak terduga, demi bisa memerankan tokoh tersebut.

Tokoh Hawkeye alias Nathaniel Poe adalah salah satu contohnya. Demi bisa memerankan tokoh di film The Last of Mohicans itu, Daniel Day-Lewis rela tinggal di hutan selama tiga bulan.

Tanpa membawa bekal makanan, serta hanya bermodalkan alat-alat seadanya. Hawkeye sendiri merupakan tokoh suku Indian yang kesehariannya tinggal di hutan.

6. Selalu Selektif dalam Memilih Film

Selalu Selektif dalam Memilih Film

* sumber: www.imdb.com

Bisa dibilang kalau Daniel Day-Lewis merupakan aktor yang amat selektif. Terutama, dalam memilih film yang hendak dia bintangi. Ini bisa dilihat dari jumlah film yang dibintanginya begitu sedikit, jika dibanding aktor-aktor lain yang seumuran dengannya.

Sikap selektif itu tak lepas dari prinsip yang dianut oleh Daniel Day-Lewis. Baginya, akting bukanlah untuk mendapatkan uang dan popularitas. Melainkan, untuk bisa menciptakan tokoh di tiap filmnya. Day-Lewis juga lebih memerhatikan kualitas film dibanding kuantitasnya.

7. Pernah Memerankan Sosok Abraham Lincoln

Pernah Memerankan Sosok Abraham Lincoln

Salah satu tokoh yang pernah diperankan Daniel Day-Lewis adalah Abraham Lincoln. Salah seorang mantan presiden Amerika Serikat yang dikenal lewat kontribusinya dalam membebaskan perbudakan.

Dia memerankan sosok kharismatik itu di film Lincoln (2012) karya Stephen Spielberg. Spielberg sendiri memilih Daniel Day-Lewis setelah mendapatkan saran dari Leonardo Di Caprio.

Awalnya Daniel Day-Lewis menolak peran tersebut. Namun, berkat bujukan Spielberg, dia pun akhirnya mau memerankan sosok presiden Amerika Serikat ke-16 tersebut.

Banyak cara ditempuh Day Lewis untuk bisa memerankan Abraham Lincoln. Salah satunya adalah membaca seluruh buku yang ditulis Abraham Lincoln, atau buku yang membahas tentang sosok karismatik itu.

Hasilnya tidak sia-sia. Daniel Day Lewis betul-betul berhasil memerankan Lincoln secara sempurna. Hal itu membuatnya mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak. Salah satunya adalah piala Oscar untuk kategori Best Actor in a Leading Role.

Baca juga: Melihat Dunia Politik dari 10 Film Tentang Presiden Ini

8. Peraih Oscar Terbanyak untuk Satu Kategori Saja

Peraih Oscar Terbanyak untuk Satu Kategori Saja

* sumber: www.digitalspy.com

Sejauh ini, Daniel Day-Lewis tercatat sebagai pemenang piala Oscar terbanyak untuk satu kategori saja. Total, dia berhasil mendapatkan 3 Piala Oscar untuk kategori Best Actor in a Leading Role saja. Ketiga piala itu diraihnya pada 1990, 2008, serta 2013.

Jumlah piala yang diraih Day-Lewis sebetulnya sama dengan yang diraih Meryl Streep dan Jack Nicholson. Hanya saja, Meryl dan Nicholson mendapatkan tiga Piala Oscar itu dari dua kategori berbeda.

Meryl Streep mendapatkan 3 Piala Oscar dari kategori Best Actress in a Leading Role, serta Best Actress in a Supporting Role. Sedangkan Nicholson mendapatkannya dari kategori Best Actor in a Leading Role, serta Best Actor in a Supporting Role.

9. Meraih Gelar Bangsawan oleh Pangeran William

Meraih Gelar Bangsawan oleh Pangeran William

* sumber: news.sky.com

Konsistensinya di dunia akting membuatnya mendapat gelar bangsawan dari Pangeran William. Sang Pangeran memberikan gelar tersebut pada 14 November 2014 silam.

Selain konsistensinya, gelar itu dia dapatkan lantaran DDL adalah satu-satunya aktor yang sejauh ini bisa mendapatkan 3 piala Oscar untuk kategori best Actor in a Leading Role. Terkait gelar bangsawan yang diraihnya, DDL mengaku merasa senang sekaligus bangga.

10. Pensiun Setelah Film Phantom Thread

Pensiun Setelah Film Phantom Thread

* sumber: www.businessinsider.com

Usai bermain di film Phantom Thread (2017), DDL membuat keputusan yang mengejutkan. Aktor kelahiran 29 April 1957 itu memutuskan untuk pension dari dunia film yang membesarkannya.

Hal itu tentu bikin kaget semua pihak. Termasuk Paul Thomas Anderson selaku sutradara Phantom Thread. DDL sendiri tidak menjelaskan secara detail alasannya untuk pensiun. Namun, dia merasa bahwa sekarang dia merasa kalau sudah saatnya dia berhenti dari dunia seni peran.

Daniel Day-Lewis adalah salah satu aktor legendaris Hollywood. Konsistensinya memakai method acting serta raihan Piala Oscar yang dia dapat membuat dia begitu disegani. Sayangnya, aktor yang kini berusia 60-an tahun itu telah pensiun. Dan untuk mengenangnya, mari kita baca sejumlah fakta-fakta menarik yang sudah Bacaterus sampaikan di atas!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram