Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Februari 2019

Daesung adalah member yang paling akhir bergabung dengan Big Bang. Namun, meskipun terbilang paling “bontot” bergabung dalam boyband tersebut, suara khas Daesung yang sangat merdu kini menjadi warna tersendiri di setiap lagu-lagu Big Bang.

Di antara keempat member Big Bang lainnya, mungkin Daesung terbilang paling jarang mendapat sorotan. Padahal, pria bernama asli Kang Dae-seong ini menyimpan sejumlah fakta yang menarik untuk disimak. Kalau kamu adalah VIP sekaligus fans Daesung, simak fakta mengenai dirinya yang telah Bacaterus rangkum ini, yuk!

10 Fakta Daesung Big Bang

1. Dipanggil “Smiling Angel

Dipanggil “Smiling Angel”

Di setiap kesempatan Daesung selalu berusaha tersenyum kepada semua orang. Bahkan, ketika ia merasa letih setelah menjalani serangkaian tur bersama Big Bang, ia tetap tersenyum ramah ketika bertemu dengan para fans.

Senyum Daesung yang amat manis ini membuatnya dapat julukan sebagai “Smiling Angel”, yang artinya malaikat tersenyum. Di samping itu, Daesung memang merupakan member Big Bang yang paling “royal” mengumbar senyuman.

2. Cita-citanya Jadi Seorang MC

Cita-citanya Jadi Seorang MC

Siapa yang menyangka jika sebelum bergabung dengan Big Bang, Daesung pernah memimpikan profesi sebagai MC? Selain menjadi MC, Daesung juga bercita-cita menjadi pemain bisbol dan pendeta, lho. Dari ketiga cita-cita tersebut, ia hanya pernah merasakan jadi MC. Ia penah menjadi pembawa acara di Music Core bersama Seungri pada tahun 2008. Bahkan, ia juga pernah menjadi MC di Night After Night.

3. Tidak Disetujui Orang Tua Berkarir di Dunia Musik

Tidak Disetujui Orang Tua Berkarir di Dunia Musik

T.O.P sempat ditolak oleh YG Entertainment karena dinilai overweight, sedangkan Seungri juga dieliminasi dua kali sebelum resmi bergabung dengan Big Bang. Lantas, apakah jalan Daesung bergabung dengan Big Bang terbilang mulus?

Daesung sempat tidak disetujui orang tuanya berkarir di dunia musik. Namun, keputusannya untuk tetap bergabung dengan Big Bang ternyata membuahkan hasil. Pria kelahiran 26 April 1989 ini menuai kesuksesan yang sangat besar dengan boyband-nya. Bahkan, Daesung juga didapuk menjadi vokal utama di Big Bang.

4. Pernah Menjadi “Unpretty Boy

Pernah Menjadi “Unpretty Boy”

Mendapat predikat sebagai “Unpretty boy” bisa membuat seorang idol jadi depresi. Julukan ini diberikan oleh masyarakat kepada idol yang dirasa memiliki wajah atau penampilan yang tidak menarik. Daesung sempat mendapatkan predikat “Unpretty boy” ini pada awal karirnya bersama Big Bang.

Akan tetapi, Daesung bukan orang yang mudah down. Ia justru menampilkan kualitas suaranya yang sangat baik. Karena kemmapuan vokalnya yang sangat baik, orang-orang yang semula menjadi haters jadi berbalik mengidolakan Daesung.

5. Sukses Berkarir Solo di Jepang

Sukses Berkarir Solo di Jepang

Semua member Big Bang mempunyai proyek solo, pun begitu dengan Daesung. Ia merilis tiga album dan beberapa singel non-album. Daesung juga memasarkan proyek solonya ini di negeri sakura. Hebatnya, lagu-lagu Daesung sangat disukai oleh masyarakat di Jepang.

Daesung merupakan member Big Bang pertama yang menggelar konser solo di Jepang. Fans-nya dari negeri sakura juga menghadiahi Daesung dengan nama “D-Lite”, salah satu nickname-nya yang paling terkenal.

6. Pernah Mengalami Kecelakaan Mobil

Pernah Mengalami Kecelakaan Mobil

Daesung pernah terlibat dalam dua kecelakaan yang membuat ia berada di titik terendah dalam hidup. Di tahun 2009, ketika ia berencana merilis singel bertajuk “Big Hit”, Daesung justru mengalami kecelakaan mobil yang membuat hidungnya patah.

Di tahun 2011, Daesung kembali terlibat kecelakaan di mana ia lah yang mengendarai mobil. Kecelakaan ini menewaskan satu orang korban. Namun, setelah dilakukan investigasi Daesung tidak terbukti bersalah. Akan tetapi, kecelakaan ini membuat aktivitas Daesung di Big Bang terhenti sejenak.

7. Rajin Merawat Kulit Wajah

Rajin Merawat Kulit Wajah

Publik mengenal Big Bang sebagai idol yang tidak melakukan operasi plastik seperti sebagian besar idol di Korea. Namun, Daesung punya tips tersendiri untuk menjaga kulit wajahnya tetap bersih, mulus, dan glowing.

Di antara kelima anggota Big Bang, Daesung adalah member yang paling rajin merawat kulit wajah. Ia memiliki serangkaian skin care yang dipakai sehari-hari. Alhasil, kulit wajah Daesung yang teramat mulus ini sempat membuat Ibunda G-Dragon terkagum-kagum, lho.

8. Sempat Mengalami Sakit yang Mengancam Karirnya

Sempat Mengalami Sakit yang Mengancam Karirnya

Apa aset berharga yang dimiliki oleh penyanyi? Sudah jelas suaranya. Akan tetapi, Daesung sempat didiagnosa mengalami nodul atau tumor pita suara. Penyakit ini sangat menjatuhkan mental Daesung, bahka ia mengalami sociophobia.

Daesung mendapat dukungan dari personel Big Bang lainnya serta Gummy, rekan satu label rekamannya yang pernah mengalami penyakit serupa. Hampir setahun Daesung berjuarang untuk memulihkan kondisinya dan ia pun membaik menjelang perilisan album kedua Big Bang.

9. Penggemar Berat Doraemon

Penggemar Berat Doraemon

Dikenal sebagai sosok yang ramah dan cute, ternyata Daesung juga menyukai salah satu tokoh kartu Jepang yang tak kalah imut, yakni Doraemon. Daesung secara terang-terangan mengakui kecintaannya terhadap robot kucing sahabat Nobita itu. Jadi, kalau kamu ingin menghadiahi Daesung sesuatu, sebaiknya pilih benda yang bertema Doraemon, ya!

10. Punya Bakat Akting

Punya Bakat Akting

Selain T.O.P, member Big Bang lain yang sebenarnya memiliki bakat akting adalah Daesung. Cowok yang satu ini beberapa kali menunjukkan bakal aktingnya. Di tahun 2010, Daesung sempat terlibat dalam drama TV yang berjudul “What’s Up”. Daesung merasa bahwa merupakan suatu kehormatan bisa turut berakting dalam drama yang naskahnya ditulis oleh penulis naskah terkenal, Song Ji-na.

Selanjutnya, Daesung pun menjajal kemampuan aktingnya lagi dalam sebuah drama musikal “Cats”. Dalam drama produksi Korea ini, Daesung memperoleh peran sebagai Rum Tum Tugger.

11. Pria yang Sangat Religius

Pria yang Sangat Religius

Di tengah-tengah kesibukannya yang sangat padat, siapa sangka jika Daesung selalu meluangkan waktu untuk menjalankan kewajibannya beribadah sebagai umat nasrani. Ya, berita ini bukan sekadar isapan jempo belaka. Fakta mengenai kereligiusan Daesung sempat diulas dalam buku “K-Pop’s Christianity Conundrum” karangan Widney.

Ketaatannya dalam beribadah membuat Daesung menjadi pribadi yang lebih baik dan kuat. Terbukti setelah mengalami sejumlah ‘cobaan’ mulai dari penyakit sampai peristiwa kecelakaan, Daesung tetap kuat menjalani karir dan hidupnya sampai saat ini.

12. Motivator Terbaik yang Dimiliki Big Bang

Motivator Terbaik yang Dimiliki Big Bang

Daesung memiliki kepribadian yang cukup tertutup. Hal ini juga diakui oleh para anggota Big Bang lainnya. Namun, Daesung justru menjadi seorang motivator terbaik yang dimiliki Big Bang. Pria ini sering memotivasi orang-orang di sekitarnya dengan cara yang unik. Ia tak segan membuat orang lain tertawa dengan menularkan energi positif yang ia miliki..

Terbukti, Daesung selalu berhasil mengembalikan mood personel Big Bang lainnya maupun orang-orang di dekatnya. Para member Big Bang menobatkan Daesung sebagai orang paling ceria di dalam grup.

Dari sejumlah fakta mengenai Daesung ini kita jadi mengetahui bahwa Daesung adalah sosok yang kuat dan sangat inspiratif. Ia berhasil melewati pasang surut dalam hidupnya. Bahkan, bersama Big Bang ia berhasil memperoleh kesuksesan di usianya yang masih terbilang muda. Yuk, tunggu karya selanjutnya dari Daesung dan grupnya!