Bacaterus / KPOP / 10 Fakta Chungha, eks-I.O.I yang Sukses Bersolo Karier

10 Fakta Chungha, eks-I.O.I yang Sukses Bersolo Karier

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Juli 2019

Chungha adalah salah satu mantan anggota girlgroup yang sukses kala bersolo karier. Sebelum mantap bersolo karier, perempuan bernama asli Kim Chung-ha ini memulai debut solonya pada awal 2017 lalu. Chungha sendiri memiliki sejumlah fakta menarik yang sayang bila dilewatkan. Fakta-fakta itu adalah sebagai berikut:

1. Lahir di Seoul dan Pernah Tinggal di Amerika Serikat

Lahir di Seoul dan Pernah Tinggal di Amerika Serikat

Chungha lahir di Seoul pada 9 Februari 1996. Walaupun lahir di Seoul, Chungha rupanya sempat tinggal di Amerika Serikat. Tepatnya, di daerah Dallas, Texas. Dia pernah tinggal di sana bersama keluarganya selama delapan tahun lamanya.

Karena pernah tinggal di AS, Chungha pun jadi bisa berbahasa Inggris, selain jago berbahasa Korea tentunya. Setelah delapan tahun lamanya di sana, dia pun kembali ke negara asalnya untuk mengejar cita-citanya sebagai penyanyi.

2. Pernah Audisi di YG Entertainment, serta Trainee di JYP Entertainment

Pernah Audisi di YG Entertainment, serta Trainee di JYP Entertainment

Sebelum menjalani debut bersama I.O.I, Chungha sempat mengikuti audisi di YG Entertainment. Meski menjalani audisi di YG, Chungha justru malah direkrut oleh JYP Entertainment. Di JYP, dia pun menjalani trainee selama beberapa waktu.

Chungha menjadi trainee di JYP hanya untuk waktu yang singkat. Sesudahnya, dia pun bergabung ke M&H Entertainment. Di M&H, Chungha menjalani masa trainee selama tiga tahun lamanya. Dan setelahnya, dia pun menjalani debut bersama I.O.I.

3. Nyaris Berhenti Belajar Dance

Nyaris Berhenti Belajar Dance

Selain pandai bernyanyi, Chungha juga amat pandai menari (dance). Maka tak heran, sebagian orang menjulukinya sebagai “Dance Machine”. Tapi tahukah kamu, Chungha sempat berhenti belajar dance sewaktu kecil?

Hal itu diakui sendiri oleh Chungha. Saat itu, Chungha ingin berhenti belajar dance lantaran kondisi keuangan keluarganya. Namun, Chungha berubah pikiran dan tetap ingin terus belajar dance. Dia pun sampai memohon-mohon agar keluarganya tetap mengizinkannya untuk belajar dance.

Kepada keluarganya, dia berkata kalau dance adalah bidang kesukaannya. Dia sangat percaya diri bisa menggeluti bidang itu suatu saat nanti. Dan pada akhirnya, keluarganya tetap mengizinkan Chungha belajar dance.

4. Pernah Hidup Susah dan Bekerja Paruh Waktu

Pernah Hidup Susah dan Bekerja Paruh Waktu

Sebelum sesukses sekarang, hidup Chungha sangatlah jauh dari kata mapan. Saat itu, keluarganya hidup saat miskin dan cukup kerepotan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kehidupannya yang jauh mapan itu tidak membuat hati Chungha ciut. Hal itu justru memicunya untuk sukses suatu saat nanti.

Sebelum eksis seperti saat ini, Chungha pernah mencari nafkah secara paruh waktu. Sejumlah pekerjaan paruh waktu telah dilakoninya di masa lalu. Mulai dari pelayan di kafe dan restoran cepat saji hingga penjaga toko hewan, banyak yang sudah pernah dia lakoni.

5. Pernah Menjadi Penari Latar di Grup Lain, Serta Pandai Membuat Koreografi

Pernah Menjadi Penari Latar di Grup Lain, Serta Pandai Membuat Koreografi

Seperti yang disebutkan di poin nomor 3, Chungha memiliki bakat menari (dance) yang sangat baik. Bahkan menurut beberapa sumber, Chungha bisa menari secara spontan begitu musik dimainkan. Selain pernah menjadi dancer di I.O.I, Chungha rupanya juga pernah menari untuk beberapa grup lain.

Tercatat, Chungha pernah menjadi penari latar untuk Teen Top, B1A4, dan Ulala Session. Tak hanya jago menari, Chungha pun juga sangat mahir membuat koreografi. Buktinya, dia pernah menjadi salah satu penata koreografi di MV I.O.I: “Whatta Man”.

6. Pernah dipuji Leeteuk Super Junior

Pernah dipuji Leeteuk Super Junior

Dalam sebuah konferensi pers yang dihelat pada 27 Oktober 2007, Leeteuk Super Junior memberikan pujian kepada Chungha. Menurutnya, Chungha tak hanya sekadar jago nyanyi dan menari. Chungha juga dianggap memiliki pesona yang khas dan menakjubkan.

Mendengar pujian tersebut, Chungha hanya bisa membalasnya secara rendah hati. Chungha berujar kalau dia masih perlu banyak belajar. Tak hanya membalas komentar Leeteuk, Chungha juga memberikan pujian kepada salah satu member Suju itu. Wanita kelahiran 9 Februari 1996 itu mengatakan kalau Leeteuk memperlakukannya dengan amat baik.

7. Memiliki Reality Show­-nya sendiri

Memiliki Reality Show-nya sendiri

Pada 22 November 2017, Chungha resmi memiliki program reality show-nya. Program tersebut bernama “Chung Ha’s Free Month”. Program reality show itu dibuat Chungha mengalami masa rehat, sebelum kembali melanjutkan karier solonya.

Program tersebut menampilkan sejumlah kehidupan pribadi yang dijalani Chungha. Program tersebut tentu membuat para penggemar bisa mengenal lebih dalam sosok Chungha. Reality Show Chung Ha’s Free Month sendiri bisa ditonton via YouTube atau NaverTV.

8. Pernah Menjadi Cameo dan Endorser

Pernah Menjadi Cameo dan Endorser

Selain aktif bernyanyi dan merilis album, Chungha juga pernah menjadi cameo. Tercatat, Chungha pernah menjadi cameo untuk beberapa serial TV. Salah satunya adalah entourage yang disiarkan di TvN. Di serial itu, dia menjadi cameo bersama dengan penyanyi Korsel lainnya, Lim Na-young.

Chungha pun juga sempat menjadi endorser untuk sejumlah jenama (brand). Debutnya di ranah endorsement terjadi kala dia dan Lim Na-young menjadi endorser untuk Hitenjinro. Hitenjinro merupakan sebuah perusahaan Korea Selatan yang produktif menghasilkan produk soju.

Terbaru, Chungha didaulat sebagai model untuk Summer 2019 Dive in Sprite Campaign. Chungha menjadi model untuk jenama tersebut bersama dengan seorang aktor Korsel, Jang Ki-young.

9. Karier Solonya Sejauh Ini

Karier Solonya Sejauh Ini

Selama berkarier sebagai solois, Chungha tercatat telah merilis empat EP. EP pertamanya sendiri adalah Hands On Me yang diirilis 7 Juni 2017. Mengandalkan single “Why Don’t You Know”. EP perdana tersebut berhasil menarik perhatian penggemar, serta mampu menduduki peringkat 8 tangga musik Korea Selatan. EP terbarunya adalah Flouring yang sudah rilis 24 Juni 2019 lalu.

Selain rutin merilis EP, Chungha juga tercatat pernah berkolaborasi dengan Samuel Kim. Bersama penyanyi Korea Selatan tersebut, Chungha berhasil merilis lagu bertajuk “With U”. Tak hanya berkolaborasi dengan penyanyi lain, Chungha pun juga sempat menyanyikan dua kali menyanyikan soundtrack serial TV.

Yang pertama adalah “Snow in This Year” yang merupakan OST. My Fair Lady part 6. Lagu tersebut dia nyanyikan bersama Heo Jung-eun dan Ooon HALO. Adapun lagu yang kedua adalah “Pit-a-Pit” yang dipakai sebagai OST “Strong Woman Do Bong-soon part 4.

10. Ikut dalam Konser Reuni I.O.I

Ikut dalam Konser Reuni I.O.I

Fakta yang terakhir ini mungkin bisa menjadi kabar baik bagimu. Apalagi, jika kamu adalah salah satu penggemar setia I.O.I. Adapun fakta tersebut adalah: Chungha adalah satu di antara eks-I.O.I yang terlibat dalam konser reuni girlgroup itu.

Dalam salah satu wawancaranya dengan radio MBC, Chungha mengaku kalau dia mengikuti reuni I.O.I dengan senang hati. Malahan, dia amat senang bisa bereuni dengan mantan rekan-rekannya di girlgroup tersebut.

Sayangnya, Chungha agak menyesali ketidakhadiran Somi dan Yeoujung pada konser reuni nanti. I.O.I sendiri rencanan bakal melakukan konser reuni pada Oktober 2019 nanti. Bagaimana, kamu tertarik untuk menonton konsernya tidak?

Itulah sejumlah fakta dari salah satu eks-I.O.I yang telah sukses bersolo karier, Chungha. Semoga bermanfaat untuk kalian semua ya. Kamsahamnida.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar