bacaterus web banner retina

10 Fakta Christoph Waltz, Aktor Langganan Peran Tokoh Villain

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 19 Juni 2021

Tak banyak aktor Jerman-Austria yang berhasil menembus Hollywood. Satu di antaranya yang berhasil melakukan hal itu adalah Christoph Waltz. Aktor kelahiran 4 Oktober 1956 ini sukses mencuri perhatian Hollywood setelah bermain di film Inglorious Basterds (2009) garapan Quentin Tarantino.

Di film itu, Waltz berhasil memerankan sosok Colonel Hans Landa dengan sangat apik. Saking apiknya, dia pun sampai berhasil mendapatkan Piala Oscar untuk kategori Best Supporting Actor pada 2010 silam.

Masih banyak fakta menarik di balik sosok suami dari Judith Holste ini. Beberapa di antaranya akan coba Bacaterus paparkan di artikel kali ini. Adapun beberapa fakta tersebut adalah sebagai berikut!

1. Memiliki Darah Seni Peran dari Leluhurnya

Memiliki Darah Seni Peran dari Leluhurnya

* sumber: www.forbes.com

Orangtua Fakta Christoph Waltz bukanlah seorang aktor. Ayahnya adalah seorang set designer asal Jerman, sedangkan ibunya adalah seorang desainer kostum asal Austria. Kendati begitu, Waltz masih memiliki darah seni peran dari leluhurnya.

Terutama, dari nenek kandung, kakek tiri, dan kakek buyutnya. Nenek kandung dan kakek tiri Waltz adalah aktris dan aktor film bisu. Kakek buyutnya juga merupakan aktor khusus panggung teater bisu.

2. Saudara Tiri Michael Haneke

Saudara Tiri Michael Haneke

* sumber: www.spiegel.de

Christoph Waltz rupanya adalah saudara tiri dari sutradara kondang Hollywood, Michael Haneke. Mereka menjadi saudara tiri setelah ibu Waltz menikah dengan Alecander Steinbercher.

Pernikahan tersebut berlangsung beberapa waktu setelah ayah kandung Waltz meninggal. Alexander sendiri merupakan ayah kandung dari Michael Haneke. Itulah mengapa mereka berdua bisa menjadi saudara tiri.

3. Lahir di Austria, Berkewarganegaraan Jerman

Lahir di Austria, Berkewarganegaraan Jerman

* sumber: www.vienna.at

Waltz sebetulnya lahir di Austria. Tepatnya, di kota Wina. Namun, dia memilih kewarganegaraan Jerman. Tempat di mana sebagian besar karier aktingnya dia bangun, serta tempat di mana sang ayah dilahirkan.

Waltz sendiri sebenarnya sudah tercatat sebagai warga Austria pada 2010 silam. Bahkan, Waltz menjadi warga Austria sekaligus Jerman. Namun, dia tetap memilih Jerman sebagai identitas negara asalnya. Kendati demikian, dia tetap merasa bangga dengan darah Austria yang dia miliki.

4. Sempat Ditawari Peran Sebagai Sigmund Freud

Sempat Ditawari Peran Sebagai Sigmund Freud

* sumber: vimeo.com

Dalam salah satu perjalanan kariernya di dunia akting, Waltz pernah ditawari peran sebagai Sigmund Freud di film A Dangerous Method. Namun, tawaran itu dia tolak, lantaran Waltz lebih tertarik bermain di film Water of Elephants.

Bicara soal Sigmund Freud, keluarga Waltz sebetulnya punya hubungan khusus dengan salah satu tokoh psikoanalisis ternama dunia itu. Kakek dari ibunya, Rudolf von Urban, dulunya adalah murid dari seorang Sigmund Freud. Sebelum akhirnya kakeknya itu bekerja sebagai seorang psikiater.

5. Sempat Ingin Menjadi Penyanyi Opera

Sempat Ingin Menjadi Penyanyi Opera

* sumber: www.nytimes.com

Sebelum menjadi aktor, Waltz sebetulnya menyukai opera dan menjadikan penyanyi opera sebagai cita-citanya. Ketertarikannya pada opera dimulai saat dia menonton opera bertajuk Turandot. Dia menonton opera itu saat usianya masih 10 tahun.

Semenjak itu, dia rajin menonton opera setiap dua kali seminggu. Puncaknya, dia memutuskan untuk belajar opera di salah satu universitas di Wina, Austria. Namun, saat belajar di sana, Waltz merasa suaranya tak cukup baik untuk seorang penyanyi opera. Waltz pun lantas mengurungkan niatnya menjadi penyanyi opera semenjak saat itu.

Pada 1970, Waltz memutuskan pindah ke New York untuk belajar akting di bawah asuhan Stella Adler dan Lee Strasberg. Waltz sangat suka cara mereka berdua dalam mengajar akting. Khususnya dalam menginterpretasi sebuah naskah film.

6. Ditemukan oleh Quentin Tarantino dalam Suatu Audisi

Ditemukan oleh Quentin Tarantino dalam Suatu Audisi

Bisa dibilang kalau Quentin Tarantino adalah orang yang paling berjasa bagi karier Waltz. Berkat dirinya, Waltz bisa dikenal luas, baik di Hollywood maupun dunia.

Tarantino berhasil menemukan Waltz saat melakukan audisi untuk pemeran Hans Landa di film Inglorious Basterds (2009). Sebetulnya, Tarantino sudah menentukan kalau Leonardo DiCaprio adalah aktor yang akan memerankan tokoh tersebut.

Namun, karena satu dan lain hal, Leo pun batal menjadi tokoh villain di Inglorious Basterds tersebut. Akhirnya, Tarantino pun melakukan audisi dan berhasil menemukan Christoph Waltz. Waltz dipilih karena mampu memahami dan memainkan sosok Hans Landa secara apik.

7. Mendapatkan Dua Oscar Lewat Dua Film Quentin Tarantino

Mendapatkan Dua Oscar Lewat Dua Film Quentin Tarantino

* sumber: www.itl.cat

Tak hanya mengenalkan Waltz ke Hollywood dan seluruh dunia, Tarantino juga berjasa terhadap prestasi Waltz. Terutama, pencapaiannya dalam meraih Piala Oscar.

Sejauh ini, Waltz telah berhasil mendapatkan dua Piala Oscar di kategori Best Supporting Role. Keduanya berhasil diraih lewat dua film Tarantino yang dia bintangi, yaitu Inglorious Basterds (2009) dan Django Unchained (2012).

Maka tak heran, bila Waltz selalu mengucapkan terima kasih kepada Tarantino saat menerima Piala Oscar. Bahkan, saat mendapatkan Piala Oscar keduanya, Waltz spontan mencari keberadaan Tarantino, dan mencium pipi sang sutradara gaek tersebut.

8. Menguasai Empat Bahasa

Menguasai Empat Bahasa

* sumber: www.greenscene.co.id

Boleh dibilang kalau Waltz merupakan aktor yang jago dalam beberapa bahasa. Tercatat, ada empat bahasa yang fasih dia ucapkan. Jerman, Inggris, Perancis, dan Italia adalah keempatnya.

Khusus untuk bahasa Italia, Waltz mengaku kalau dia sebetulnya tak jago-jago amat memakai bahasa tersebut. Adapun alasan dia mempelajari bahasa tersebut lantaran tuntutan perannya di film Inglorious Basterds.

Di film itu, Waltz diharuskan memakai bahasa Italia. Di mana, bahasa tersebut merupakan bahasa yang fasih dikuasai tokoh yang dia perankan (Hans Landa). Walau tidak terlalu fasih, Waltz cukup terampil memakai bahasa tersebut saat memerankan Hans Landa di Inglorious Basterds.

9. Aktor Pertama di Film James Bond yang Telah Mendapatkan Dua Piala Oscar

Aktor Pertama di Film James Bond yang Telah Mendapatkan Dua Piala Oscar

* sumber: www.slashfilm.com

Selain bermain di beberapa film Tarantino, Waltz juga pernah bermain di salah satu franchise film James Bond, Spectre (2015). Di film itu, Waltz berperan sebagan Ernst Stavro Blofeld.

Waltz menjadi aktor pertama di film James Bond yang mendapatkan dua Piala Oscar. Waltz juga tercatat sebagai aktor Jerman-Austria pertama yang meraih dua Piala Oscar hingga sejauh ini.

10. Merupakan Aktor yang Selalu Memerankan Tokoh Villain

Merupakan Aktor yang Selalu Memerankan Tokoh Villain

* sumber: www.goodfon.com

Di sepanjang karier keaktorannya, Waltz selalu memerankan tokoh villain. Tokoh-tokoh villain yang diperankan Waltz sendiri cukup bervariasi. Sebab, setiap tokoh villain yang dimainkannya selalu punya ciri khasnya tersendiri.

Di antara semua villain yang dia perankan, boleh dibilang kalau Colonel Hans Landa adalah tokoh villain paling lekat dengan dirinya. Hans Landa sendiri merupakan penjahat yang terlihat kalem, pandai berbicara dalam empat bahasa, serta punya siasat yang susah ditebak.

Tak banyak aktor Jerman-Austria yang berhasil menembus Hollywood. Satu di antaranya yang berhasil melakukan hal itu adalah Christoph Waltz. Aktor kelahiran 4 Oktober 1956 ini sukses mencuri perhatian Hollywood setelah bermain di film Inglorious Basterds (2009) garapan Quentin Tarantino.

Di film itu, Waltz berhasil memerankan sosok Colonel Hans Landa dengan sangat apik. Saking apiknya, dia pun sampai berhasil mendapatkan Piala Oscar untuk kategori Best Supporting Actor pada 2010 silam.

Masih banyak fakta menarik di balik sosok suami dari Judith Holste ini. Sepuluh di antaranya telah Bacaterus sampaikan. Mudah-mudahan kamu bisa mengenal lebih dekat sosok aktor berwajah kalem ini lewat fakta-fakta yang kami berikan.

Artikel Terkait :
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram