6 Fakta Tak Terduga di Balik Bola Naga dalam Dragon Ball

Ditulis oleh Siti Hasanah

Dalam serial dan manga Dragon Ball dikisahkan ada tujuh bola naga yang menjadi incaran Goku dan musuh-musuhnya. Tujuh bola ini terbuat dari kristal yang kabarnya punya kekuatan istimewa. Bola yang dinamai Dragon Ball itu masing-masing bola punya bintang di dalamnya. Apabila seseorang berhasil mengumpulkan seluruh Bola Naga, maka akan muncul seekor naga besar.

Sang naga akan mengabulkan permintaan orang yang telah mengumpulkan Bola Naga tersebut. Namun, mengumpulkan Bola Naga bukan perkara mudah. Ada banyak rival dan tantangan yang harus dihadapi oleh para pemburu Bola Naga. Nah, apa sih Bola Naga dan mengapa kehadirannya begitu diperebutkan oleh banyak pihak? Berikut ini fakta-fakta menarik dari Bola Naga!

1. Punya Batasan Kekuatan

Fakta Bola Naga dalam Dragon Ball_Punya Batasan Kekuatan_

Bola Naga adalah benda yang punya kekuatan luar biasa. Benda ini merupakan benda paling kuat di seluruh jagat anime, lambang pemenuhan keinginan dan dengan mengumpulkan benda ini, seekor naga hijau yang sangat besar akan muncul. Ketujuh bola tersebut punya warna oranye dan terbuat dari kristal yang indah.

Kekuatan yang dikandung Bola Naga menciptakan petualangan seru di Bumi dan planet-planet lainnya. Tidak jarang demi memperebutkan Bola Naga, para tokoh harus bertarung dan saling menunjukkan kekuatannya.

Meski punya kekuatan yang sangat besar, namun kekuatan Bola Naga terbatas, terutama berkaitan dengan intensitas penggunaannya. Naga yang dipanggil ketika tujuh bola terkumpul merupakan binatang buas yang akan mengabulkan permintaan pemiliknya.

Namun, bentuk permohonan yang dikabulkan bergantung keinginan sang naga. Mereka tidak punya wewenang mengatur. Hal ini dapat dilihat ketika Piccolo meminta agar ia kembali muda.

Sang Naga membuat Piccolo menjadi muda tapi tidak bisa mengatur seberapa muda Piccolo dibuatnya. Naga tersebut juga dapat memberikan kekuatan luar biasa kepada mereka yang memohon kepadanya. Setelah itu, Bola Naga akan menjadi non-aktif selama satu tahun.

2. Tidak Bisa Dihancurkan

Fakta Bola Naga dalam Dragon Ball_Tidak Bisa Dihancurkan_

Pada sebagian serial anime ini disebutkan bahwa Bola Naga adalah benda yang sangat kuat dan nyaris tidak dapat dihancurkan. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kolonel Silver dari Red Ribbon Army. Cerita tentang Bola Naga memang tidak bisa dibuktikan kebenarannya sebab berasal dari cerita rakyat.

Menariknya, jika pemilik Bola Naga tewas, maka bola tersebut akan menjadi batu dan kekuatannya hilang. Satu-satunya jalan keluar untuk menghidupkan kembali pemiliknya adalah dengan meminta Namekian lain mengembalikan Bola Naga tersebut. Saat Bola Naga menjadi batu, jika ia dihancurkan, maka selamanya bola tersebut tidak akan berfungsi kembali.

Hal ini berarti bahwa Bola Naga bisa memiliki kekuatan yang luar biasa tapi jika sudah berada dalam bentuk batu, ia akan rentan hancur dan kehilangan kekuatannya. Selain itu, Bola Naga kemungkinan bisa kalah oleh kekuatan tertentu yang lebih besar daripada yang dimiliki oleh pencipta Bola Naga.

3. Dapat Membuat Pemiliknya Abadi

Fakta Bola Naga dalam Dragon Ball_Dapat Membuat Pemiliknya Abadi_

Konon Bola Naga akan membuat pemiliknya kekal, seperti yang selalu ditunjukkan dalam manga, anime dan film Dragon Ball. Karena inilah banyak yang ingin mendapatkan Bola Naga agar ia dapat menjadi makhluk abadi yang berkuasa, terutama para tokoh jahat yang punya rencana khusus menguasai dunia agar mereka dapat memiliki kekuasaan tidak terbatas.

Hal ini terjadi pada Garlic Jr. Ia adalah sosok villain yang menggunakan Bola Naga untuk membuatnya tidak terkalahkan dan dapat hidup kekal. Selain itu, Future Zamasu juga mendapatkan keabadian melalui Bola Naga Super.

4. Hal yang Tidak Bisa Dilakukan Bola Naga

Fakta Bola Naga dalam Dragon Ball_Hal yang Tidak Bisa Dilakukan Bola Naga_

Nasib sial pernah menimpa Goku dan Gohan saat Bola Naganya tidak bisa mengabulkan keinginan mereka. Hal ini karena Bola Naga tidak bisa mengabulkan permintaan yang sama untuk kedua kalinya. Sang naga juga hanya akan mengabulkan permintaan membangkitkan satu orang saja.

Bola Naga tidak bisa diperintah untuk membunuh tokoh yang lebih kuat dari orang yang telah menciptakan Bola Naga. Jadi, Majin Buu dan musuh-musuh lainnya akan sangat sukar dikalahkan oleh Piccolo.

Shenron, naga hijau yang keluar dari Bola Naga biasanya akan mengabulkan permintaan tepat saat ia keluar. Namun, ia juga tetap akan mengabulkan permintaan siapa pun di menit-menit terakhir. Ini terjadi pada Oolong yang melontarkan permintaan di saat waktu hampir habis. Hal lain yang tidak bisa dilakukan oleh Bola Naga adalah ia tidak bisa mengubah Android 17 dan 18 menjadi manusia.

Meski mempunyai batasan, namun sejatinya kekuatan Bola Naga sangat besar. Ia dan pemiliknya akan menjadi kombinasi yang sempurna yang membuat keinginan pasti terwujud. Dan siapa pun yang memilikinya dapat membangunkan naga yang hidup dalam Bola Naga.

5. Kekuatan Bola Naga Semakin Bertambah

Fakta Bola Naga dalam Dragon Ball_Kekuatan Bola Naga Semakin Bertambah_

Shenron adalah naga pertama di Bumi yang muncul dalam serial Dragon Ball. Ketika tujuh Bola Naga terkumpul, maka Shenron-lah yang akan keluar dan mengabulkan permohonan. Shenron adalah naga yang diciptakan oleh Dewa Bumi dan makhluk pertama yang dibuat oleh Kami. Naga ini sekarang sudah bergabung dengan Piccolo.

Sejak semula, Shenron hanya mampu mengabulkan satu permintaan saja. Setelah seseorang memanggilnya, ia akan mengabulkan permohonan, lalu setelahnya ia akan tertidur kembali. Namun, sejak Dende menggeser Kami, Shenron kini semakin kuat dan dapat mengabulkan tiga permintaan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram