Bacaterus / Blackpink / 10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan

10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Mei 2019

BLACKPINK in your area~! Halo teman-teman BLINK (sebutan untuk fans BLACKPINK). Di hari yang berbahagia ini, author Bacaterus mau membahas sepuluh fakta BLACKPINK.

BLΛƆKPIИK (Hangul: 블랙핑크) adalah girl group yang berada di bawah naungan YG Entertainment. Senior BLACKPINK di YG Entertainment adalah Big Bang, 2NE1 (sudah bubar), PSY, iKON, Winner, dan masih banyak lagi. BLACKPINK debut pada 8 Agustus 2016 beranggotakan empat orang gadis cantik, yaitu Jennie, Rosé, Jisoo, dan Lisa. Sekarang, mari kita kenali BLACKPINK lebih dekat, yuk.

10 Fakta Unik BLACKPINK

1. Sudah Terkenal Bahkan Sebelum Debut

Sudah Terkenal Bahkan Sebelum Debut

Debut BLACKPINK sangat dinanti-nanti para peminat K-Pop khususnya yang suka girl group. Pasalnya, YG Entertainment sudah gembar-gembor mengenai bakal grup ini sejak tahun 2012. Dulu anggota fix-nya baru Jennie saja.

Sejak tahun 2012, Jennie sudah dikenalkan ke masyarakat sebagai bakal calon girl group YG, tapi belum diberi tahu nama grupnya apa, konsepnya seperti apa, dan berisikan berapa anggota.

Jennie juga sudah diberi proyek solo oleh YG. Sayangnya, tahun-tahun berlalu tanpa ada kabar. Padahal kata Yang Hyun-suk (pendiri YG Entertainment), Jennie akan segera debut. Dia hanya sedang menyeleksi gadis-gadis lainnya untuk ditempatkan di grup yang sama dengan Jennie. Akan tetapi, akhirnya BLACKPINK debut pada tahun 2016. Lama sekali, ya?

Pada awalnya, BLACKPINK hanya beranggotakan tiga member saja, yaitu Jennie, Jisoo, dan Lisa. Jennie dan Jisoo berasal dari Korea Selatan, sedangkan Lisa adalah orang Thailand. Namun, di detik-detik terakhir pembentukan grup, Rosé bergabung menjadikan BLACKPINK sebagai girl group dengan empat anggota. Rosé adalah orang Korea Selatan, tapi selama ini dia tinggal di Australia.

Saat akan debut, YG Entertainment merilis foto member BLACKPINK satu persatu dan juga merilis concept photo untuk debut. Orang-orang sangat menantikan bagaimana kiranya BLACKPINK ini, karena melihat foto-fotonya saja sudah sangat menarik dan unik. Setelah officially debut, lagu BLACKPINK langsung digemari dan popularitas mereka pun semakin meningkat.

2. Girl Group Kedua dari YG

fakta BLACKPINK Girl Group Kedua dari YG

Semua orang pasti tahu 2NE1, kan? Bahkan orang yang tidak suka K-Pop juga pasti pernah mendengar tentang 2NE1 atau lagunya 2NE1 seperti “I am the Best” dan “Lonely.” Orang-orang berpikir kalau YG akan mendebutkan girl group “pengganti” 2NE1, melihat dari porsi anggotanya yang sama berisikan empat orang gadis.

Fakta BLACKPINK, mereka adalah girl group ke-2 yang pernah YG debutkan. Pertama, yaitu 2NE1, dan yang kedua adalah mereka. YG memang terkenal lebih sering mendebutkan grup laki-laki daripada perempuan. Bahkan jangka waktu debut antara 2NE1 dan BLACKPINK saja sangat jauh, yaitu sekitar 7 tahun.

3. Makna Nama “BLACKPINK”

Makna Nama "BLACKPINK"

Kebanyakan girl group di Korea Selatan berkonsep unyu dan girlie. Ada juga yang konsepnya seksi, tapi tetap saja lebih banyak yang konsepnya imut dan inosen. Nah, BLACKPINK hadir dengan tema yang berbeda dari grup cewek kebanyakan.

Pada mulanya The Black Label (independent sub-label YG yang dikepalai oleh produser Teddy) mengadakan audisi untuk member grup ini pada tahun 2015 – 2016. The Black Label mengambil trainee dari daftar trainee YG. Jadi, bisa dibilang kalau konsep BLACKPINK ini merupakan campur tangan dua label, yaitu YG dan The Black Label.

Nama “BLACKPINK” merupakan kesatuan dari dua warna yang sifatnya bertolak belakang. Pink identik dengan sesuatu yang kecewek-cewekan banget, manis, imut, inosen, dan lain-lain. Sedangkan Black identik dengan sesuatu yang misterius, seksi, kuat, penuh emosi, dan sebagainya. Nah, BLACKPINK bermakna bahwa keempat cewek ini bisa jadi imut namun bisa jadi misterius juga.

4. Memenangkan Banyak Penghargaan

Memenangkan Banyak Penghargaan

* sumber: twitter.com

Fakta BLACKPINK yang selanjutnya adalah memenangkan banyak penghargaan dalam berbagai acara music award. Single debut mereka, Square One, yang berjudul “Whistle” dan “Boombayah” memuncaki tangga lagu digital di Gaon Chart, QQ Music, dan Billboard World Digital Songs.

Penampilan BLACKPINK yang perdana di televisi, yaitu di SBS Inkigayo menghasilkan juara pertama. Pada saat itu BLACKPINK memecahkan rekor yang dulu dipegang oleh Miss-A sebagai kemenangan girl group tercepat setelah debut (14 hari).

Begitu pula dengan single kedua BLACKPINK, yaitu Square Two, yang bertajuk “Playing with Fire” dan “Stay” mencuri perhatian banyak orang dan memenangkan posisi tertinggi di Mnet M!Countdown. Single selanjutnya (masih dalam album single Square Two), yaitu “Playing with Fire” juga memenangkan peringkat pertama di Billboards World Digital Songs Charts.

Hingga kini, BLACKPINK merupakan satu-satunya girl grup asal Korea Selatan yang lagunya diputar lebih dari 20 juta kali di Spotify. Keren banget, ya, kan?

5. Empat Anggota dengan Empat Pesona Berbeda

Seperti yang sudah Bacaterus katakan di awal, BLACKPINK terdiri dari empat anggota. Berikut adalah fakta singkat mengenai member-membernya:

  • Jisoo

Jisoo

Kim Jisoo (Hangul: 김지수) lahir 3 Januari 1995. Jisoo adalah member paling tua di BLACKPINK. Jisoo bergabung dengan YG Entertainment pada tahun 2011 saat dia berusia 16 tahun.

Sebelum debut dengan BLACKPINK, Jisoo sudah eksis di berbagai iklan televisi dan sebagai bintang video klip lagu seniornya di YG. Ciri khas Jisoo adalah bibirnya yang bergelombang dan kelakuannya yang mirip cowok.

Makanya kadang dia dipanggil oleh fans sebagai Jisoo oppa/hyungpanggilan untuk cowok, di mana seharusnya Jisoo eonni/noona—panggilan untuk cewek. Posisi Jisoo di BLACKPINK adalah vokalis.

  • Jennie

Kim Jennie (Hangul: 김제니) merupakan member BLACKPINK yang bisa dibilang paling terkenal. Pasalnya Jennie memang sudah dikenalkan ke publik sejak tahun 2012 oleh YG. Jennie berusia satu tahun lebih muda dari Jisoo, tanggal lahirnya adalah 16 Januari 1996 di Seoul.

Namun, selama kecil, Jennie tinggal di Auckland, Selandia Baru. Pada usia remaja (14 tahun), Jennie di-casting YG dan akhirnya pindah kembali ke Korea Selatan.

Sama seperti Jisoo, Jennie sering muncul sebagai bintang video klip sunbae-nya di YG seperti di lagu “That XX” milik G-Dragon Big Bang. Tidak hanya jadi figuran, Jennie juga sering berkolaborasi dengan artis YG lainnya (dia melakukan rap) di lagu “Special” milik Lee Hi, “Black” milik G-Dragon, dan “GG Be” milik Seungri. Jennie sendiri sebenarnya multi-talenta karena dia bisa nyanyi, rap, dan dance sekaligus.

  • Rosé

Member BLACKPINK selanjutnya adalah Rosé. Nama aslinya adalah Park Chaeyoung (Hangul: 박채영) atau Roseanne Park. Rosé termasuk maknae di BLACKPINK karena ia lahir pada 11 Februari 1997 di Selandia Baru. Namun selama ini Rosé tinggal di Melbourne, Australia.

Awal Rosé masuk YG adalah pada tahun 2012, dia mengikuti YG Public Audition di Australia. Pada waktu itu Rosé memenangkan juara pertama. Rosé menandatangani kontrak dengan YG sejak dia berusia 15 tahun.

Sama seperti member lainnya, sebelum debut di BLACKPINK, Rosé terlibat dalam salah satu lagu sunbae-nya yaitu G-Dragon yang berjudul “Without You.” Posisi Rosé di BLACKPINK adalah vokalis.

  • Lisa

Member BLACKPINK yang terakhir adalah Lisa. Nama lengkapnya adalah Pranpriya Manoban atau Lalisa Manoban (Thailand: ปราณปริยา มโนบาล). Lisa merupakan bungsu di BLACKPINK. Tanggal lahirnya adalah 27 Maret 1997 di Bangkok, Thailand.

Pada tahun 2010, Lisa menjuarai YG Audition in Thailand. Lisa bergabung di YG Entertainment semenjak usianya 14 tahun. Spesialisasi Lisa adalah dance, tapi dia juga menempati posisi rapper di BLACKPINK. Sebelum didebutkan, Lisa sering jadi model fashion line YG, yaitu NONA9ON.

6. Tidak Punya Leader

fakta BLACKPINK Girl Group Kedua dari YG

Hampir semua grup, baik cewek maupun cowok, terdiri dari posisi tertentu. Yang paling penting adalah posisi leader alias pemimpin. Tugas leader adalah memimpin grupnya ketika mempromosikan lagu mereka. Leader juga bertugas sebagai “penengah” antara manajemen dan grup.

Akan tetapi, BLACKPINK tidak ada posisi seperti itu. Ya, fakta BLACKPINK yang selanjutnya adalah mereka tidak memiliki leader. Alasan BLACKPINK tidak memiliki status seperti itu karena mereka semua sudah bersama sejak lama (me-refer pada saat training), sehingga mereka sudah merasa sangat dekat. Untuk itu, mereka memutuskan untuk tidak punya leader.

7. Belum Punya Album Full Version

Belum Punya Album Full Version

Ini, nih, fakta BLACKPINK yang sangat disayangkan oleh para BLINK. Hingga tahun ke-2 mereka debut, BLACKPINK belum punya album sama sekali! Selama ini album BLACKPINK hanya berupa single album yang tidak berwujud fisik (semuanya digital). Deretan albumnya adalah sebagai berikut:

  • Square One dengan lagu “Boombayah dan “Whistle” (휘파람)
  • Square Two dengan lagu “Playing With Fire” (불장난), “Stay”, dan “As if It’s Your Last”

Padahal para BLINK ingin banget, tuh, koleksi album fisik BLACKPINK. Karena biasanya album K-Pop itu sangat tebal karena berisi foto-foto artisnya. Jadi, selama ini BLINK hanya bisa berpuas diri dengan wujud album digital, itu pun bukan full album, tapi hanya single album.

8. MV dengan Like Terbanyak di YouTube

BLACKPINK menarik perhatian orang-orang tidak hanya dari negaranya sendiri tapi juga dari luar negeri. Dengan kepopulerannya inilah BLACKPINK memecahkan rekor sebagai music video grup cewek Korea Selatan yang paling banyak di-like di YouTube.

Sejauh ini MV BLACKPINK yang paling banyak di-like adalah “Boombayah” dan “As If It’s Your Last” yaitu sebanyak 2 juta like. BLACKPINK memecahkan rekor yang dulunya dipegang oleh grup asal SM Entertainment, yaitu Girl’s Generation (SNSD).

9. Membernya Jago Bahasa Asing

fakta BLACKPINK Membernya Jago Bahasa Asing

Karena tiga member BLACKPINK tinggal di luar negeri pada masa kecilnya, BLACKPINK dikenal sebagai grup bilingual. Semua membernya pandai berbicara dalam bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Cina, Jepang, dan Thailand. Sehingga dapat memudahkan mereka untuk berinteraksi dengan BLINK dari negara manapun.

10. Grup yang Paling Dinanti Comeback-nya

Grup yang Paling Dinanti Comeback-nya

Fakta BLACKPINK yang terakhir adalah, grup ini sangat ditunggu-tunggu comeback-nya. Lagu terakhir BLACKPINK yang berjudul “As If It’s Your Last (마지막처럼)” diliris pada 22 Juni 2017. Berarti sudah hampir satu tahun BLACKPINK tidak kembali dengan lagu baru.

Banyak BLINK yang mengungkapkan kekecewaannya pada Yang Hyun-suk (pemilik YG Entertainment) yang dinilai pilih kasih dan tidak memberikan jadwal comeback yang adil untuk artis-artisnya. Kabar baiknya, ada yang bilang kalau BLACKPINK bakal segera comeback di tahun 2018 ini. Kita tunggu saja semoga BLACKPINK kembali dengan membawa lagu atau bahkan album baru, ya!

Itu dia sepuluh fakta BLACKPINK versi Bacaterus. Girl group satu-satunya di YG Entertainment ini memiliki fandom yang besar, padahal jam terbang mereka di dunia musik bisa dihitung jari karena mereka jarang comeback. Semoga YG kedepannya dapat memberikan banyak waktu untuk BLACKPINK bermusik daripada melakukan photoshoot dan shooting reality show, ya.

Apakah kamu tahu fun fact lainnya dari BLACKPINK? Terus, member favorit kamu di BLACKPINK siapa dan kenapa? Kasih tahu author di kolom komentar, dong!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

8 pemikiran pada “10 Fakta Unik BLACKPINK, Girl Group yang Penuh Kejutan”

  1. Jisoo dan lisa
    Karena jisoo suaranya bagus
    Karena lisa rap nya fasih dan bagus

  2. Bikin fakta tentang jisoo dong thor.
    Aku suka bgt sm jisoo. Gatau kenapa yah. Padahal banyak temen aku yg nyaranin buat ngebiasin lisa/jennie, tapi ga srek aja gitu:v
    Aku udah scroll tentang fakta jisoo di bacaterus tapi gaada:'((
    Dan yg jelas pas aku baca” di blog lain malah faktanya beda”
    Respon ya thor

  3. Saya sih suka LISA why? Karena si lisa beda sama temen2nya yah mulai dari wajah sama negaranya plus aku suka dari lisa rapp nya bagus banget apalagi kalo soal dance, sungguh seksi

Tinggalkan komentar