Bacaterus / Big Bang / 10 Fakta Seputar Big Bang, Boyband Legendaris di Korea

10 Fakta Seputar Big Bang, Boyband Legendaris di Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Maret 2019

Kalau kamu adalah penggemar K-Pop sejak awal tahun 2000, kamu pasti familiar dengan boyband-boyband legendaris seperti TVXQ, Super Junior, dan Big Bang. Dari ketiga boyband yang cukup mempengaruhi industri musik Korea tersebut, Big Bang merupakan boyband yang masih aktif hingga saat ini. Bahkan, tidak ada pergantian anggota sejak boyband ini memulai debutnya pada 2006 silam.

Beranggotakan lima cowok ganteng, yakni G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Seungri, dan Daesung, Big Bang tetap memiliki fans yang setia hingga saat ini. Lagu-lagu mereka selalu menjadi hits di berbagai negara. Seiring berjalannya waktu, formasi Big Bang semakin kuat dan comeback mereka selalu dinanti oleh para fans setianya.

Nah, kalau kamu adalah salah seorang VIP, entah itu sejak lama atau baru-baru ini, simak fakta unik Big Bang yang akan Bacaterus bahas di sini!

10 Fakta Seputar Big Bang

1. “Alive Tour” Konser K-Pop Terbaik Sepanjang Masa

“Alive Tour” Konser K-Pop Terbaik Sepanjang Masa

* sumber: mykpophuntress.com

Meskipun usia para member Big Bang sudah tak lagi belia, mereka tetap memiliki totalitas yang sangat tinggi di setiap penampilannya. “Alive Tour” adalah bukti bahwa performa dan kualitas Big Bang tidak kalah dengan para anggota boyband-boyband baru lainnya.

Konser “Alive Tour” yang digelar sepanjang tahun 2012 – 2013 tersebut dinobatkan sebagai “Konser K-Pop Terbaik Sepanjang Masa” oleh majalah legendaris, Rolling Stone. Konser ini juga sempat menyambangi Jakarta, lho. Apakah kamu sempat menonton aksi mereka di konser tersebut?

2. Semua Member Tidak Pernah Operasi Plastik

Semua Member Tidak Pernah Operasi Plastik

Operasi plastik selalu menjadi suatu hal yang dekat dengan para idol Korea. Hampir sebagian besar idol merombak tampilan wajahnya melalui operasi plastik. Namun, Big Bang adalah salah satu idol yang tampil dengan wajah apa adanya, alias tidak melakukan operasi plastik.

Jadi, kalau kamu terpikat dengan ketampanan salah satu anggota Big Bang, percayalah jika itu memang merupakan wajah asli mereka.

3. Semua Member Punya Proyek Solo

Semua Member Punya Proyek Solo

Kelima member Big Bang pernah membuat proyek solo. Tercatat bahwa G-Dragon dan Taeyang lah yang memiliki proyek solo paling banyak. Proyek solo yang mereka garap bisa berupa mini album, singel, sampai debut sebagai model maupun aktor.

Sebagai contoh, Taeyang merilis mini album pertamanya, “Hot”, di tahun 2008. Sementara G-Dragon menyusul karir solo Taeyang dengan merilis mini album “Heartbreaker” pada tahun 2009. T.O.P juga tak ketinggalan merilis singel solonya di tahun 2006 sekaligus memulai debutnya sebagai aktor di drama televisi “I am Sam” pada tahun 2008.

4. T.O.P Tertua, Seungri Termuda

T.O.P Tertua, Seungri Termuda

* sumber: www.soompi.com

Selalu tampil macho dan cool, kamu pasti bisa menebak bahwa T.O.P adalah member yang usianya paling tua. Ya, T.O.P adalah member yang usianya paling tua di antara keempat anggota lainnya. Pria yang memiliki bakat akting ini lahir di tanggal 4 November 1987.

Sementara untuk maknae alias member yang termuda, orang selalu memprediksi bahwa yang termuda adalah Daesung. Padahal, yang usianya paling muda di Big Bang ialah Seungri. Pria yang nampaknya bersahabat dengan salah satu aktris Indonesia, Raline Shah, ini lahir di tanggal 12 Desember 1990.

5. Sempat Dituduh Sebagai Agen Iluminati

Sempat Dituduh Sebagai Agen Iluminati

Bukan musisi Hollywood saja yang mendapat tuduhan sebagai musisi pemuja setan atau penganut iluminati. Sejumlah musisi K-Pop juga sempat mendapat tuduhan tersebut, termasuk Big Bang. Konspirasi yang dibuat oleh haters maupun fans tersebut mengarahkan pada suatu teori bahwa Big Band adalah agen iluminati.

Tuduhan sebagai iluminati ini berasal dari video klip mereka yang berjudul “Fantastic Baby”. Di dalam video ini, konon terdapat lambang-lambang yang kental dengan iluminati, seperti mata satu (all seeing eye) sampai singgasana berhias kepala kambing.

Selain “Fantastic Baby”, lagu “Monster” juga mendapat tuduhan sebagai lagu penyembahan setan. Menurut pembuat teori konspirasi ini, setiap member Big Bang tampil seperti makhluk kegelapan dalam video klip lagu tersebut.

6. Musisi Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

Musisi Berpengaruh Dunia Versi Forbes

* sumber: officiallykmusic.com

Puluhan tahun silam, industri musik dunia dikuasai oleh musisi-musisi Hollywood. Namun, di tahun 2000-an ini, para musisi K-Pop berhasil merambat masuk ke dalam industri musik dunia. Big Bang merupakan salah satu boyband yang berhasil diterima oleh penikmat musik dari berbagai negara.

Kesuksesan Big Bang membuat mereka menjadi artis Korea pertama yang masuk daftar Forbes’s Celebrity 100 dan 30 under 30 musisi berpengaruh di dunia pada tahun 2016 dan 2017.

Predikat yang berhasil diraih oleh Big Bang turut diperkuat dengan total penjualan album dan digital downloads mereka yang berhasil menembus angka 140 juta. Alhasil, mereka turut menjadi grup K-Pop dengan penjualan album tertinggi di Korea dan dunia.

7. EP Alive, Album Korea Pertama di Chart Billboard

EP Alive, Album Korea Pertama di Chart Billboard

Prestasi Big Bang seolah tidak ada habisnya. Boyband bentukan YG Entertainment ini selalu mengukir prestasi yang membuat para VIP (sebutan fans Big Bang) sangat bangga terhadap mereka.

EP Alive adalah satu-satunya album Korea pertama yang berhasil menembus tangga lagu Billboard. Album ini masuk ke dalam daftar Billboard 200 dan membuat Big Bang memperoleh sebutan sebagai “Kings of K-Pop”.

8. Keempat Anggota Pernah Terlibat Skandal

Keempat Anggota Pernah Terlibat Skandal

Selalu menuai kesuksesan bukan berarti boyband ini tidak pernah mengalami jatuh bangun. Big Bang sempat diterpa oleh berbagai masalah yang disebabkan karena skandal setiap anggotanya. Dari kelima anggota, hanya Taeyang lah yang tidak pernah terlibat skandal apapun.

Beberapa skandal yang pernah dialami Big Bang antara lain kasus G-Dragon dan T.O.P yang pernah terjerumus menggunakan obat-obatan terlarang, Seungri yang disebut-sebut pernah terlibat skandal seks dengan model asal Jepang, dan Daesung yang pernah mengalami kecelakaan hingga menewaskan korbannya.

9. Boyband K-Pop Pertama di Nominasi Worldwide Act MTV EMA

Boyband K-Pop Pertama di Nominasi Worldwide Act MTV EMA

* sumber: hindi.fansshare.com

Sebuah ajang penghargaan bergengsi, MTV EMA, menjadi salah satu tempat untuk membuktikan prestasi Big Bang di kancah dunia. Boyband ini menjadi boyband Korea pertama yang masuk dalam nominasi Worldwide Act di ajang penghargaan musisi Eropa pada tahun 2011 lalu. Tak tanggung-tanggung, Big Bang keluar sebagai pemenangnya!

10. Menganggap Fans Sebagai Orang Paling Penting

Menganggap Fans Sebagai Orang Paling Penting

Yang satu ini nampaknya benar-benar fakta. Big Bang adalah idol yang sangat menghargai para penggemarnya. Hal tersebut dibuktikan dengan panggilan bagi fandom mereka, yakni VIP yang artinya adalah important person. Para anggota Big Bang menyadari bahwa mereka tidak akan sepopuler sekarang jika tidak didukung oleh para VIP solid mereka.

Terlepas dari skandal maupun tuduhan sebagai agen iluminati, Big Bang tetap menjadi musisi K-Pop yang kualitas dan prestasinya sangat diakui di Korea maupun negara-negara lainnya. Bahkan, setelah banyak bermunculan boyband-boyband berprestasi lainnya, seperti EXO dan BTS, nama Big Bang tetap selalu mendapat tempat di hati para penggemarnya.

Ketika artikel ini ditulis, beberapa personel Big Bang tengah menjalani wajib militer. Bos YG Entertainment, Yang Hyun-suk, menjanjikan comeback Big Bang pada tahun 2020 atau 2021. Nah, kita tunggu saja comeback dari salah satu boyband legendaris Korea ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar