7 Fakta Batman, Mulai dari Latar Belakang Hingga Para Musuhnya

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Tidak diragukan lagi bahwa Batman adalah salah satu superhero terpopuler yang dikenal oleh mayoritas penduduk bumi ini. Diciptakan oleh Bob Kane dan Bill Finger, karakter Batman pertama kali diperkenalkan di Detective Comics jilid 27 di tahun 1939. Sejak itu, kemunculan kisah terbaru Batman di dunia komik selalu dinanti oleh penggemar setianya.

Sosok Bruce Wayne, alter-ego Batman, yang lahir di kota Gotham dan tumbuh dengan perasaan dendam karena pembunuhan kedua orang tuanya, membuat nuansa kehidupan dan atmosfer kisahnya terasa kelam. Namun, di sinilah letak kekuatan pondasi cerita Batman yang terus berjuang menumpas kejahatan di kota yang dicintainya tersebut.

Kalian pasti sudah tahu banyak tentang Batman, baik dari komik, film dan serialnya, tapi dengan membaca artikel berikut kalian akan dibuat mengenal sang superhero dari dekat, bukan hanya sekedar tahu. Sudah siap semua? Langsung dibaca, yuk!

Baca juga: Pencinta Batman Wajib Tahu Daftar Urutan Film Batman Ini

1. Terlahir sebagai Orang Kaya

fkata batman_Terlahir sebagai Orang Kaya_

Bruce Wayne adalah pewaris tunggal kekayaan orang tuanya dan berhak duduk di kursi tertinggi Wayne Enterprise, sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi.

Bruce Wayne tidak pernah merasa kekurangan dari sisi harta sejak kecil. Dan ketika telah menjadi Batman, dia menggunakan kekayaannya untuk mendukung aksinya di malam hari.

Sebagai sosok pria bujangan yang flamboyan, Bruce Wayne mudah dekat dan didekati oleh para wanita. Dalam kisah komik, wanita yang pertama kali dekat dengannya adalah Julie Madison, sosialita yang sering menjadi target ancaman para penjahat. Dia tidak menyukai gaya playboy Bruce namun mengagumi sosok Batman.

Meski sering muncul di dalam komik, namun sosok Julie selalu berubah setiap masanya. Sehingga bisa dibilang dia bukanlah sosok cinta sejati Bruce. Di film Batman & Robin (1997), Julie Madison diperankan oleh supermodel cantik Elle Macpherson.

Selain dengan Julie, Bruce Wayne juga memiliki banyak hubungan spesial dengan beberapa wanita. Salah satunya Vicki Vale, seorang jurnalis yang seringkali mengungkap kebobrokan kota Gotham. Di film Batman (1989), Vicki Vale diperankan oleh Kim Basinger.

Lalu ada Kathy Kane, pewaris kekayaan keluarga Kane yang juga mantan pemain sirkus. Dia dekat dengan Bruce Wayne dan menjadi Batwoman bertepatan dengan isu homoseksualitas yang menyerang Bruce Wayne karena terlalu lama melajang.

Masih ingat dengan sosok wanita berkostum hijau yang memiliki kekuatan jahat yang beracun di film Batman & Robin (1997)? Ternyata sosok asli di balik kostum Poison Ivy, yaitu Dr. Pamela Isley, pernah menjalin hubungan romantis dengan Bruce Wayne.

Salah satu risetnya yang gagal pernah didanai oleh Wayne Enterprise. Dan ketika sudah menjadi Poison Ivy, dia mengagumi Batman karena hanya superhero ini yang tidak bisa dia pengaruhi. Di film Batman terburuk tersebut, Poison Ivy diperankan oleh Uma Thurman.

Karena berada di lingkaran konglomerat, Bruce Wayne sering bersinggungan dengan para sosialita. Silver St. Cloud adalah salah satunya.

Silver mengenal Bruce Wayne dari Dick Grayson dan menjadi satu dari sedikit orang yang mengetahui identitas asli Batman. Setelah pertarungan Batman dengan Joker, Silver memutuskan hubungannya dengan Bruce yang membuat patah hati sang superhero.

Bruce Wayne juga pernah membuat seorang pengawal kepercayaannya jatuh cinta padanya. Dia adalah Sasha Bordeaux yang merupakan orang kepercayaan Lucius Fox. Dia mengetahui identitas asli Batman dan pernah menjadi rekan sang superhero dalam aksi menumpas kejahatan.

Namun, di antara sekian banyak wanita, hanya ada dua yang benar-benar menjadi cinta sejatinya. Mereka adalah Selina Kyle sang Catwoman dan Talia al-Ghul, putri Ra’s al-Ghul. Dari Selina Kyle, Bruce memiliki seorang putri bernama Helena Wayne yang kelak menjadi The Huntress, salah satu anggota Birds of Prey.

Sedangkan dari Talia al-Ghul, Bruce Wayne memiliki dua putra, Terry McGinnis dan Matt McGinnis serta seorang putri Mary McGinnis. Namun, hanya Terry yang melanjutkan peran Batman dengan kostum baru sejak komik Batman Beyond di tahun 1999.

2. Bangkit dari Rasa Dendam

fkata batman_Bangkit dari Rasa Dendam_

Awalnya, Bruce Wayne hanyalah seorang anak laki-laki biasa yang hidup dalam limpahan harta mewah. Tapi setelah ayah dan ibunya dibunuh di depan matanya, Bruce tumbuh menjadi anak yang menyimpan rasa dendam.

Di usia muda, dia dilimpahkan warisan sebuah perusahaan yang masih belum bisa dipimpin olehnya, sementara dia mencoba untuk melampiaskan dendamnya dalam cara tersendiri.

Tentang sosok siapa pembunuh ayah dan ibu Bruce, sudah diungkap di dalam komik, yaitu Joe Chill. Namun, karakter serta motif pembunuhan yang dilakukannya memiliki banyak versi dan misteri dibaliknya.

Sebagian besar kisah asal mula Batman menampilkan Joe Chill hanyalah sebagai seorang penjahat kelas teri yang melakukan perampokan di gang gelap.

Namun, di beberapa pengembangan kisah selanjutnya, ada yang menyebutkan dia dibayar oleh pimpinan mafia bernama Lew Moxon yang tidak suka dengan cara Thomas dalam memperbaiki kota Gotham.

Di kisah lain, disebutkan juga bahwa Joe Chill ternyata adalah penjahat kelas kakap yang mencoba menghalangi kampanye Thomas dalam mencalonkan diri sebagai walikota.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram