bacaterus web banner retina

10 Fakta Bae Doo-Na, Aktris Korea yang Terkenal di Luar Negeri

Bae Doo-na adalah aktris Korea Selatan yang sukses merebut perhatian sineas luar negeri. Sejumlah film telah berhasil diperankan aktris yang sempat mengenyam pendidikan di Universitas Konkuk dengan jurusan Seni Film tersebut. Selain di negeri asalnya, Korea Selatan, Doo-na sendiri telah sukses melebarkan sayap aktingnya hingga Negeri Paman Sam. 

Jika kamu salah satu penggemar aktris cantik ini, simak deretan fakta menarik tentang Bae Doo-na yang telah Bacaterus rangkum khusus untuk kamu. Seperti apa sosoknya? Berikut adalah ulasan lengkapnya:

Fakta Bae Doo na__
  • Nama lengkap: Bae Doo-na
  • Nama panggung: Bae Doo-na
  • Posisi: Actress, Fotografer, Model
  • Tempat dan tanggal lahir: Seoul, Korea Selatan 11 Oktober 1979
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiac: Libra
  • Tinggi badan: 172 cm
  • Golongan darah: O
  • Instagram: @doonabae

1. Debut dalam Drama Angel's Kiss

Fakta Bae Doo na_Debut dalam Drama Angel's Kiss_

Bae Doo-na adalah aktris terkenal asal Korea yang mulai dikenal luas di industri perfilman dunia. Aktris yang memiliki hobi fotografi ini diketahui telah bermain dalam sejumlah drama dan film baik di dalam dan luar negeri. Doo-na sendiri diketahui mulai menapaki karier aktingnya dengan bermain sebagai cameo di drama Angel's Kiss karya sutradara Jeon-san. 

Drama berjumlah 18 episode tersebut diketahui telah tayang perdana pada tahun 1998. Angel's Kiss merupakan serial drama yang dibintangi oleh sederet aktor ternama seperti Cha Seung Won, Jo Min Ki, dan Han Seol Hwa. 

2. Populer Lewat Film Sympathy for Mr. Vengeance

Fakta Bae Doo na_Populer Lewat Film Sympathy for Mr. Vengeance_

Doo-na adalah satu dari sekian banyak aktris yang berhasil mendulang sukses di kancah internasional. Film Sympathy for Mr. Vengeance yang telah tayang pada tahun 2002 silam memang menjadi salah satu tonggak popularitasnya di industri perfilman. Berbagai penghargaan telah diraih oleh aktris cantik tersebut. 

Selain kerap didapuk menjadi salah satu pemeran di berbagai drama dan film produksi Korea Selatan, wanita kelahiran 1979 tersebut juga kerap membintangi sejumlah film luar negeri. Mulai dari negara Jepang, Inggris, Amerika, hingga Jerman. Kemampuan aktingnya yang di atas rata-rata membuat namanya kian melambung di industri perfilman dunia. 

3. Bermain di Film Bong Joon-ho

Fakta Bae Doo na_Bermain di Film Bong Joon-ho_

Popularitas Doo-na di industri hiburan mulai meningkat saat ia mendapat tawaran bermain sebagai pemeran utama wanita di film komedi Barking Dogs Never Bite karya sutradara terkenal, Bong Joon-ho pada tahun 200 silam. 

Film tersebut merupakan adaptasi dari novel yang cukup populer di Asia Tenggara berjudul A Dog of Flanders yang dirilis pada tahun 1872. Pada tahun 2006, ia kembali bermain dalam film Bang Joon-ho berjudul The Host.

Doo-na berperan sebagai Park Nam-joo, seorang atlet panahan peraih medali emas yang kehilangan salah satu anggota keluarganya. Di film tersebut, Doo-na sendiri beradu akting dengan Song Kang-ho, aktor yang populer lewat film Parasite.

4. Beradu Akting dengan Gong Yoo

Fakta Bae Doo na_Beradu Akting dengan Gong Yoo_

Tahun 2021, Doo-na sendiri telah disibukan dengan kegiatan syutingnya untuk serial terbaru Netflix berjudul The Silent Sea. Di serial terbarunya, aktris yang juga seorang model tersebut beradu akting dengan dua bintang besar lainnya seperti Gong Yoo, dan Lee Joon. 

The Silent Sea sendiri merupakan serial dengan genre fiksi ilmiah horor thriller yang mengambil latar waktu di masa depan. Di serial tersebut Doo-na memerankan karakter sebagai Dr. Song Ji Ahn, seorang ahli astrobiologi di stasiun penelitian. Sementara Gong Yoo berperan sebagai Han Yoon Jae, pemimpin sebuah tim dalam misi mengambil sampel penting di stasiun penelitian.

Penasaran dengan film ini? Simak Sinopsis dan Review Drama Korea The Silent Sea (2021) ini ya!

5. Debut Internasional 

Fakta Bae Doo na_Debut Internasional_

Sebelum berperan dalam sejumlah serial televisi Amerika Serikat, wanita yang sempat menjalin hubungan dengan aktor James Strugess ini bermain untuk sebuah film fiksi ilmiah Jerman berjudul Cloud Atlas pada tahun 2012 karya Lana Wachowski, Tom Tykwer, dan Andy Wachowski. Cloud Atlas sendiri menjadi film debut internasional pertamanya. 

Selain itu, pada tahun 2015, Doo-na kembali mendapat bagian di salah satu film fiksi fantasi asal Amerika Serikat, Jupiter Ascending. Dimana di film tersebut, ia harus beradu akting dengan dua bintang besar asal Hollywood seperti Mila Kunis dan Channing Tatum. 

6. Bermain Film Dokumenter

Fakta Bae Doo na_Bermain Film Dokumenter_

Pada tahun 2016, Doo-na sempat muncul dalam sebuah film dokumenter yang berjudul Red Carpet Dream. Film berdurasi 90 menit tersebut merupakan kolaborasi pertamanya dengan sang kakak, yaitu sutradara komersil, Bae Doo-han. Film dokumenter tersebut sempat ditayangkan di 20th Busan International Film Festival pada tahun 2015. 

Red Carpet Dream merupakan film biografi yang mengisahkan tentang perjuangan dirinya dalam meraih mimpi menjadi seorang aktris besar saat usia belia, serta menampilkan kilas balik perjalanan kariernya di industri hiburan yang telah dilewatinya lebih dari dua dekade. 

7. Berakting Tanpa Dibayar

Fakta Bae Doo na_Berakting Tanpa Dibayar_

Doo-na pertama kali muncul sebagai seorang model saat masih berstatus mahasiswa jurusan Teater dan Film di Universitas Hanyang pada tahun 1998. Kecintaan wanita kelahiran Seoul, Korea Selatan ini pada dunia akting memang sangat besar. 

Doo-na kerap mendapat bayaran yang cukup fantastis untuk setiap penampilannya dalam serial televisi dan film. Tetapi saat awal-awal karirnya sebagai seorang aktris, Doo-na diketahui sempat berakting tanpa mendapat bayaran sedikitpun dalam filmnya yang bertajuk A Girl at My Door. Anggaran yang terbatas menjadi salah satu alasan hal tersebut terjadi. 

Meski demikian, Doo-na sendiri bersikap profesional untuk tetap menyelesaikan film yang telah tayang pada tahun 2014 silam tersebut dan berhasil menyabet penghargaan sebagai aktris terbaik.

8. Tampil Berani 

Fakta Bae Doo na_Tampil Berani_

Seorang pemain peran memang dituntut untuk bisa melakukan berbagai adegan untuk kebutuhan jalan cerita. Hal tersebut terkadang menjadi salah satu tantangan sendiri bagi para aktor maupun aktris. Doo-na sendiri menjadi satu dari sekian aktris Korea Selatan yang cukup profesional dalam bekerja. 

Selain kerap melakoni banyak adegan berbahaya dan penuh risiko, Doo-na sendiri kerap tampil dengan adegan yang cukup menantang dalam sejumlah film dan serial televisi seperti di film Plum Blossoms, Cloud Atlas, dan juga serial populer Sense8 yang tayang di Netflix. 

9. Mendapat Pujian dari Tom Hanks

Fakta Bae Doo na_Mendapat Pujian dari Tom Hanks_

Pada tahun 2012, Doo-na berhasil menunjukkan tajinya di dunia internasional dengan bermain dalam film Cloud Atlas. Film yang dibintangi oleh sederet aktor papan atas dunia seperti aktor kawakan Tom Hanks, Halle Berry, James Sturgess, dan Hugh Grant tersebut menjadi langkah awal bagi aktris cantik tersebut untuk mengepakkan sayap aktingnya di dunia internasional. 

Selain mendapat pujian dari sutradara film tersebut, aktris yang kerap mengisi sampul majalah terkenal dunia tersebut juga sempat dipuji oleh aktor senior peraih Oscar, Tom Hanks untuk perannya yang cukup baik di film Cloud Atlas

10. Peraih Best Actress

Fakta Bae Doo na_Peraih Best Actress_

Mendapatkan penghargaan adalah impian setiap aktor yang ada di dunia. Sebagai aktris yang telah lama berkecimpung di industri perfilman, Doo-na sendiri diketahui telah meraih banyak penghargaan untuk kualitas aktingnya yang baik. 

Mulai dari Best New Actress untuk perannya di film Barking Dogs Never Bite karya Bong Joon-ho, hingga meraih penghargaan sebagai Best Actress untuk perannya dalam film A Girl at My Door di ajang Asian Film Awards

Pada 2018 sendiri, Doo-na sempat meraih gelar Best Couple Award untuk perannya dalam drama Matrimonial Chaos. Hal itu tentu menjadi bukti bahwa Bae Doo-na adalah salah satu aktris Korea yang cukup diperhitungkan di industri perfilman. 

Demikianlah 10 Fakta Bae Doo-na, aktris Korea yang terkenal di luar negeri, yang berhasil Bacaterus rangkum. Kerja keras memang tidak akan mengkhianati hasil. Meski pada awal karirnya ia harus mendapat banyak hambatan, tetapi kesabaran, Doo-na pun berhasil menuai hasil dari kecintaannya pada dunia akting. 

Kalau kamu salah satu penggemar Bae Doo-na maka jangan lewatkan artikel Film Terbaik yang Dibintangi oleh Bae Doona ini ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram