Bacaterus / ATEEZ / 9 Fakta Menarik ATEEZ, Si Monster Rookie di Dunia Kpop

9 Fakta Menarik ATEEZ, Si Monster Rookie di Dunia Kpop

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 September 2019

ATEEZ termasuk salah satu grup baru yang ikut meramaikan dunia musik Kpop. Debut di tahun 2018 lalu, grup ini beranggotakan 8 orang member yang penuh talenta. ATEEZ bahkan sudah memiliki banyak penggemar dan memiliki sejumlah prestasi yang membanggakan.

ATEEZ sendiri memiliki perjalanan yang cukup panjang sebelum akhirnya debut sebagai grup. Penasaran ingin tahu lebih banyak soal ATEEZ? Simak 9 fakta yang akan Bacaterus beberkan di bawah ini.

1. Jebolan MIXNINE

Jebolan MIXNINE

Fun fact pertama dari grup ATEEZ adalah semua membernya pernah mengikuti MIXNINE, sebuah program survival yang  digelar oleh agensi YG Entertainment. Tapi dari 8 anggota ATEEZ, hanya 4 orang yang waktu itu lolos audisi MIXNINE, yaitu Hongjoong, Mingi, Wooyoung, dan Jongho. Jadi sebelum debut pun, member ATEEZ sebenarnya sudah cukup dikenal oleh publik.

2. Dulunya Bernama KQ Fellaz dan Punya 9 Member

Dulunya Bernama KQ Fellaz dan Punya 9 Member

* sumber: kpop.sepositif.com

Sebelum debut, ATEEZ dulunya lebih dikenal sebagai KQ Fellaz. Agensi KQ Entertainment membuat serial YouTube bertajuk “KQ Fellaz USA Training”, di mana para member ATEEZ saat itu bepergian ke Los Angeles, California.

Pihak agensi juga memperkenalkan seorang trainee bernama Lee Junyoung yang rencananya akan menjadi member ke-9. Saat itu semua member KQ Fellaz dilatih untuk membuat lagu, sekaligus berlatih koreografi di Studio Movement Lifestyle dan Millenium Dance Complex.

Pada tanggal 3 Juli 2018, KQ Fellaz sempat meluncurkan sebuah lagu berjudul “From”. Di waktu yang bersamaan, agensi mengumumkan bahwa Lee Junyoung batal menjadi anggota ke-9 dan tidak akan debut bersama member KQ Fellaz lainnya.

3. Debut Tanggal 24 Oktober 2018

Debut Tanggal 24 Oktober 2018

* sumber: channel-korea.com

Sukses dengan YouTube series-nya, agensi KQ Entertainment kembali meluncurkan reality show untuk KQ Fellaz sekaligus mengumumkan nama resmi grup, yaitu ATEEZ. Reality show bertajuk “Code Name is ATEEZ” ini tayang perdana pada tanggal 20 Juli 2018 di stasiun televisi Mnet.

Setelah beberapa bulan, ATEEZ akhirnya dikonfirmasi akan segera debut sekaligus merilis foto teaser pertama mereka pada awal Oktober 2018. Barulah pada tanggal 24 Oktober, grup dengan 8 member ini resmi debut dengan album “Treasure EP.1: All To Zero”.

ATEEZ juga meluncurkan dua video klip berjudul “Pirate King” dan “Treasure”. Mereka merayakan debut dengan menggelar showcase yang dihadiri oleh ratusan penggemar. Sementara itu, album perdana ATEEZ saat itu sukses menduduki posisi 7 di Gaon Chart.

4. Arti Nama ATEEZ

Arti Nama ATEEZ

* sumber: www.billboard.com

ATEEZ bukanlah sembarang nama dan memiliki makna tersendiri. ATEEZ merupakan singkatan dari A TEEnager Z. Nama grup ini juga bisa diartikan sebagai ‘A to Z’, yang artinya mereka (member ATEEZ) bertujuan untuk menjadi sebuah grup yang akan disukai oleh semua orang/remaja dari A sampai Z.

5. Punya Fans Bernama ATINY

Punya Fans Bernama ATINY

* sumber: www.whatthekpop.com

Meski baru debut, ATEEZ sudah memiliki cukup banyak penggemar saat itu. Popularitas mereka melonjak berkat adanya serial YouTube KQ Fellaz dan reality show yang dirilis oleh pihak agensi. Dan seperti grup-grup Kpop pada umumnya, ATEEZ juga memiliki nama fandom yang cukup unik.

Belum genap satu bulan setelah debut, ATEEZ mulai mengumumkan nama fandom resmi mereka lewat platform VLive. Mereka mengungkapkan bahwa ada 5 kandidat nama yang sebelumnya sudah dikirimkan oleh para penggemar, yaitu AZEET, Treasure, ZEETA, ZTEEZ, dan ATINY.

Dari kelima nama tersebut, ATEEZ akhirnya memutuskan untuk memilih nama ATINY sebagai nama resmi fandom. Seperti halnya ATEEZ, nama ATINY juga memiliki makna tersendiri, yaitu gabungan dari kata ATEEZ dan destiny. Artinya, ATEEZ dan para penggemar memang ditakdirkan untuk bertemu.

6. Beranggotakan 8 Member Berbakat

ATEEZ memiliki 8 orang member dengan skill bermusik yang tak bisa dianggap remeh. Siapa saja mereka?

  • Kim Hongjoong
Kim Hongjoong

* sumber: channel-korea.com

Hongjoong merupakan leader ATEEZ sekaligus menempati posisi rapper. Idol ganteng yang satu ini juga punya kemampuan membuat lagu, ia bahkan sudah menciptakan puluhan lagu untuk grupnya sendiri. Lagu “From” yang dirilis KQ Fellaz adalah salah satu contoh lagu karya Hongjoong.

  • Park Seonghwa
Park Seonghwa

* sumber: channel-korea.com

Sebagai seorang vokalis di dalam grup, kemampuan Seonghwa dalam urusan menyanyi sudah tidak perlu diragukan lagi. Idol kelahiran 3 April 1998 ini juga mahir menari dengan ekspresi wajah yang sangat cool.

  • Jeong Yunho
Jeong Yunho

* sumber: www.allkpop.com

Selain menyanyi, Yunho juga dikenal memiliki kemampuan menari yang sangat baik, dan ia merupakan salah satu idol yang dulunya pernah masuk ke Joy Dance – Plug In Music Academy yang dijalankan oleh Seungri. Karena kemampuan menarinya yang jempolan, idol berwajah cute ini pun dipercaya menjadi salah satu dancer utama ATEEZ.

  • Kang Yeosang
Kang Yeosang

* sumber: www.kpopmap.com

Yeosang memiliki wajah dan penampilan menawan yang pasti membuat banyak penggemar ‘meleleh’. Jadi jangan heran kalau Yeosang selalu disebut-sebut sebagai visual-nya ATEEZ. Sementara itu, keahlian Yeosang yang paling menarik perhatian adalah skill menarinya yang memukau.

  • Choi San
Choi San

* sumber: www.picdove.net

San memiliki kemampuan vokal yang mumpuni sehingga ia pun dipercaya untuk menempati posisi vokalis utama di ATEEZ. Tapi tak hanya menyanyi, San ternyata juga sangat mahir menari, lho!

  • Song Mingi
Song Mingi

* sumber: aminoapps.com

Mingi merupakan penyanyi rap di dalam grup. Ia memiliki karisma seorang rapper dan mampu menguasai panggung ketika menyanyi. Sama seperti rekan-rekannya yang lain, Mingi juga cukup lihai dalam menari dan mengikuti koreografi lagu.

  • Jung Wooyoung
Jung Wooyoung

* sumber: aminoapps.com

Wooyoung memiliki vokal yang cukup khas dan mampu menyanyi dengan sangat baik. Tapi di ATEEZ, kemampuannya yang paling menonjol adalah soal tarian. Wooyoung bisa menari dengan gerakan yang begitu luwes, ia juga mampu mengikuti koreografi lagu dengan sangat sempurna.

  • Choi Jongho

Choi Jongho

Yang terakhir adalah si maknae Jongho yang merupakan idol kelahiran 12 Oktober 2000. Meski usianya paling muda, Jongho memiliki vokal yang cukup powerful. Jongho menempati posisi vokalis di ATEEZ, tapi sudah jadi rahasia umum kalau ia juga cukup mahir dalam menyanyi rap.

7. First Win

First Win

* sumber: www.allkpop.com

Salah satu impian grup Kpop yang baru debut adalah menang di acara-acara musik. ATEEZ sendiri mendapatkan piala pertama mereka di acara M! Countdown pada tanggal 20 Juni 2019. Saat itu para member ATEEZ tampak tidak percaya kalau mereka bisa menang lewat lagu “Wave”, beberapa member bahkan terlihat menangis karena terlalu senang.

Tapi kemenangan ATEEZ sempat menuai cibiran dari sebagian netizen, pasalnya saat itu ATEEZ sukses mengalahkan nama-nama besar seperti Lee Hi. Rupanya ada segelintir orang yang merasa kalau kemenangan ATEEZ telah direkayasa, padahal faktanya ATEEZ memang mendapat skor tinggi dalam semua kategori, mulai dari penjualan album, media sosial, hingga voting.

8. Melebarkan Sayap ke Amerika

Melebarkan Sayap ke Amerika

* sumber: www.forbes.com

Meski usianya belum genap satu tahun, ATEEZ sudah mulai melebarkan sayap kariernya ke Amerika. Grup ini menggelar tur di negeri Paman Sam yang kemudian berlanjut ke Eropa. ATEEZ juga sempat menggelar fansign event untuk menyapa para penggemar di Amerika. Sedangkan pada awal bulan Juli 2019, ATEEZ tampil sebagai bintang tamu di acara Good Day New York.

ATEEZ sendiri tidak mau setengah-setengah dalam hal promosi ke Amerika. Tak hanya tur atau tampil di acara-acara TV, grup ini diketahui sudah bergabung dengan RCA Records yang merupakan salah satu label mayor di Amerika.

9. Hidup Berkecukupan Sebagai Rookie

Hidup Berkecukupan sebagai Rookie

* sumber: www.allure.com

Kebanyakan grup rookie biasanya memiliki kehidupan yang pas-pasan, bahkan tak sedikit yang kemampuan finansialnya masuk kategori menyedihkan. Tapi hal ini sepertinya tidak terjadi pada ATEEZ. Dalam sebuah acara variety, grup pelantun “Say My Name” ini pernah mengungkapkan kalau mereka tinggal di sebuah apartemen yang cukup luas dan nyaman.

ATEEZ juga mengaku tidak kesulitan dalam hal uang dan makanan. Hal ini memang cukup mengejutkan, tapi para penggemar merasa sangat lega karena itu artinya agensi KQ Entertainment benar-benar memperhatikan para member ATEEZ dan memperlakukan mereka dengan sangat baik.

Nah, sekarang kalian sudah makin kenal, dong, dengan grup ATEEZ yang super berbakat ini. Apa kalian puas dengan fakta-fakta di atas? Atau kalian punya info menarik lagi soal ATEEZ? Ayo bagikan di kolom komentar agar ATINY lainnya jadi tahu dan makin sayang dengan grup ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar