bacaterus web banner retina

10 Fakta Menarik Serial Anime Assassination Classroom

Assassination Classroom berkisah tentang kehidupan seorang makhluk berbentuk gurita yang punya kekuatan luar biasa. Ia bekerja sebagai guru di sebuah SMP di Jepang. Para murid berusaha membunuhnya demi melindungi bumi dari ancaman kehancuran. Mahluk misterius tersebut dinamai Koro sensei dan ia mengajar di kelas 3-E SMP Kunugigaoka.

Serial anime yang satu ini mempunyai kisah yang kompleks dan menarik. Bagi kalian yang menyukai cerita bergenre fantasi shounen, Assassination Classroom akan jadi rekomendasi yang tepat.

Anime dengan unsur laga ini diilustrasikan oleh Yusei Matsui dan sudah dibuat ke dalam dua musim. Lalu, seperti apa keseruan serialnya? Simak fakta-fakta menarik dari serial anime berikut ini!

1. Koro Sensei Adalah Guru Terbaik di Anime

fakta-assasination-classroom-1_

Dalam Assassination Classroom terdapat karakter utama seorang guru yang disebut dengan Koro Sensei. Ia adalah mahluk sejenis alien yang punya kekuatan Mach 20 atau setara dengan 2400 km/jam. Dari kekuatannya tersebut Koro Sensei dapat menghancurkan bulan sabit selamanya.

Setelah bulan, Koro sensei akan menghancurkan bumi dalam waktu satu tahun. Oleh sebab itu, muncul sayembara jika ada yang bisa membunuh Koro Sensei, maka akan diberi hadiah sebesar 10 milyar Yen.

Koro Sensei menjadi guru di SMP Kunugigaoka di kelas 3-E. Kelas tersebut adalah kelas yang berisi anak-anak berperingkat paling rendah. Mereka diasingkan dan belajarnya pun di pegunungan. Murid-murid tersebut diajari cara membunuh oleh Koro Sensei.

Dalam usaha membunuh Koro Sensei, murid-murid dibantu oleh Tadaomi Karasuma, agen dari Kementerian Pertahanan Jepang yang menyamar jadi guru olahraga. Yang menarik dari sosok Koro Sensei adalah sikapnya yang penuh kasih sayang. Koro Sensei hanya mau mengajar murid-murid ‘terbuang’ yang dianggap tidak punya masa depan.

Ia ingin memastikan sebelum dirinya meledak, Koro Sensei harus menjadikan murid-muridnya lebih berguna sebagai manusia. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Koro Sensei berhasil mengubah kelas 3-E menjadi kelas yang lebih unggul dari kelas 3-A.

2. Alasan Koro Sensei Mengajar di Kelas 3-E

fakta-assasination-classroom-2_

Koro Sensei sejatinya adalah seorang manusia. Sebelum ia berubah menjadi gurita berwarna kuning dengan kekuatan dahsyat, Koro Sensei adalah seseorang yang dilahirkan normal di lingkungan kumuh dan penuh kekerasan.

Ketika dewasa, Koro Sensei memutuskan untuk menjadi pembunuh bayaran dan kemudian terkenal sebagai pembunuh legendaris. Suatu hari, Koro Sensei dikhianati oleh muridnya sehingga ia bisa tertangkap dan dijadikan objek eksperimen oleh Kotaro Yanagisawa (Shiro).

Saat Yanagisawa melakukan eksperimen pada Koro Sensei, ia bertemu dengan Aguri Yukimura, seorang guru di kelas 3-E. Aguri Yukimura adalah kakak kandung Kaede Kayano. Suatu hari Koro Sensei melarikan diri karena tahu dirinya akan meledak pada bulan Maret.

Saat Aguri mencoba menghalangi Koro Sensei, Aguri terbunuh oleh jebakan yang dibuat untuk membunuh Koro Sensei.

Koro Sensei tahu bahwa Aguri adalah seorang guru yang sangat menyayangi murid-muridnya di kelas 3-E. Maka dari itu, ia ingin melanjutkan perjuangan Aguri mengajar murid-murid di kelas 3-E sebelum nantinya ia meledak. Ia ingin mewujudkan keinginan Aguri membimbing murid-murid agar mereka dapat hidup dengan baik.

3. Tugas Irina di Kelas

fakta-assasination-classroom-4_

Irina adalah satu dari murid-murid di Kelas 3-E. Ia adalah murid yang punya misi khusus di kelas tersebut. Irina sejatinya adalah seorang pembunuh bayaran yang punya kemampuan khusus menggoda para pria. Ia sengaja disewa oleh pemerintah untuk membunuh Koro Sensei.

Koro Sensei diketahui punya kelemahan, yaitu ia lemah terhadap wanita cantik dan tabiatnya memang mesum. Irina tahu persis hal itu, maka ia kerap menggoda Koro Sensei dengan keseksiannya.

Pada saat pertama kali Irina masuk ke kelas 3-E, ia memancing Koro Sensei untuk datang ke gudang yang telah dipenuhi jebakan dan orang-orang bersenjata. Sayangnya, rencana Irina gagal sebab Koro Sensei mencium bau yang tidak beres di gudang tersebut.

Ia yang terlahir di negara konflik perang, dapat dengan mudah membaca situasi yang mengancamnya.

4. Karakter Penting Lainnya dalam Assassination Classroom

fakta-assasination-classroom-5_

Jadi, karakter mana yang punya peran penting dalam serial anime ini? Pertanyaan ini sedikit kompleks dan tidak bisa dijawab dengan sederhana. Seperti yang kita tahu Koro Sensei secara teknis adalah karakter antagonis. Ia jelas punya tujuan datang ke bumi.

Namun, ia berjiwa penolong. Ia mengajar anak-anak yang punya peringkat buruk. Jadi, ia tidak jahat-jahat amat.

Di antara para murid-murid, ada satu karakter yang mencolok, dialah Nagisa Shiota. Ia melakoni peran sebagai narator dalam serial anime ini. Nagisa adalah seorang anak bertubuh kecil yang sering sakit-sakitan.

Tidak heran jika ia dianggap sebagai murid paling lemah di antara murid-murid di kelasnya. Bahkan dibandingkan dengan perempuan, Nagisa masih jauh lebih lemah.

Namun, di balik tubuhnya yang lemah, Nagisa menyimpan hasrat membunuh. Pada saat sesi latihan membunuh, Karasuma merasakan hasrat membunuh dalam diri Nagisa begitu kuat. Ia bahkan bisa mengalahkan Takaoka, teman Karasuma yang merupakan seorang tentara militer.

5. Punya Karakter Antagonis yang Lebih Kejam

fakta-assasination-classroom-6_

Jika dilihat-lihat pemeran antagonis dalam serial ini tidak hanya satu. Koro Sensei sendiri, meskipun pemeran utamanya, tapi ia punya tujuan jahat muncul di bumi ini. Lalu, murid-murid sekolah di kelas 3-E pun punya rencana-rencana jahat di kepala mereka untuk melenyapkan Koro Sensei.

Pemerintah memang tidak terang-terangan ingin menghabisi Koro Sensei. Mereka hanya mengirimkan orang-orang berkemampuan membunuh khusus untuk melenyapkan guru tersebut. Namun, ada pihak-pihak yang jauh lebih kejam dari pada pemerintah dan murid-murid sekolah.

Mereka adalah orang dari masa lalu Koro Sensei. Meskipun belum ada satu orang pun yang berhasil selangkah lebih dekat dalam menghabisi Koro Sensei, namun mereka tidak pernah berhenti memburu guru tersebut.

6. Dinilai Sebagai Penggambaran Paling Tepat dari Kehidupan Remaja

fakta-assasination-classroom-7_

Assassination Classroom berlatar kehidupan sekolah. Karakter yang dilibatkan dalam serial anime ini terdiri dari murid-murid sekolah baru berusia remaja, pengajar di SMP Kunugigaoka dan pihak pemerintah.

Demografi dari serial ini adalah remaja laki-laki yang berusia sekitar 12 tahun sampai 18 tahun. Dilihat dari kisahnya, serial anime ini mempunyai kisah yang sangat dekat dengan kehidupan remaja di rentang usia tersebut.

Pengemasan alur ceritanya dinilai menarik dan terasa dekat dengan para remaja. Itulah kenapa para remaja ini yang menganggap bahwa monster-monster dalam serial anime tersebut seperti orang-orang yang sering gagal dalam memahami mereka.

7. Dibuat Versi Live Action Film

fakta-assasination-classroom-8_

Kisah Assassination Classroom sudah begitu populer. Tidak perlu waktu lama serial ini diadaptasi ke dalam sebuah film. Serupa dengan serial animenya, Assassination Classroom versi film juga berhasil meraup keuntungan yang tidak sedikit.

Film ini berhasil menjadi film dengan pendapatan kotor paling tinggi ke-10 pada tahun 2015 dengan pendapatan sekitar 2,77 milyar Yen.

Versi film dari Assassination Classroom mempertahankan kisah aslinya dan sejumlah kisah tambahan yang membuat kisahnya lebih menarik. Film ini dirilis di Jepang pada 21 Maret 2015, sedangkan di Indonesia, film ini baru tayang bulan Oktober 2015.

Setahun kemudian, live action keduanya dirilis, tepatnya tanggal 25 Maret 2016. Film keduanya ini melibatkan karakter Dewa Kematian.

8. Muncul dalam Versi Video Game

fakta-assasination-classroom-9_

Tidak puas hanya terbit dalam versi manga dan serial anime serta film, Assassination Classroom hadir pula dalam format video game. Para pemain dapat berperan sebagai murid-murid SMP Kunugigaoka dan mencoba menangkap Koro Sensei.

Koro Sensei dan Karasuma akan menjadi narator yang mengarahkan para pemain dalam permainan itu. Nantinya pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain dan bekerja sama menangkap Koro Sensei. Setiap karakter mempunyai kemampuan dan senjata yang berbeda, seperti pisau, granat dan lain-lainnya.

9. Punya Banyak Sekuel

fakta-assasination-classroom-99_

Assassination Classroom punya premis yang unik dan aneh. Sederhananya, kisah dalam serial ini berputar pada misi penyelamatan bumi yang terancam hancur lantaran ada sesosok makhluk berjenis alien yang ingin menghancurkan bumi.

Demi mencegah hal itu terjadi, sekelompok murid diajari bagaimana caranya menggunakan senjata dan menyusun strategi untuk menangkap pria yang menjadi guru di sebuah SMP. Sekilas kisahnya tampak suram dan menegangkan. Namun, pada kenyataannya serial ini banyak mengandung unsur komedi dan karakter yang dibuat lucu.

Apakah para murid ini berhasil membunuh guru mereka yang dipanggil Koro Sensei? Kamu harus saksikan keseruan serialnya secara berurutan dimulai dari:

  • Assassination Classroom: Meeting Time (Spesial)
  • Assassination Classroom Season 1
  • Ansatsu Kyoushitsu: Jump Festa (Special)
  • Season 2: Assassination Classroom Second Season
  • Ansatsu Kyoushitsu 2nd Season: Kagaijugyou-Hen (ONA)
  • Koro-Sensei Quest! (ONA)
  • Koro-Sensei Q! (Movie)
  • Ansatsu Kyoushitsu: 365-Nichi No Jikan (Movie)

10. Karakter Koro Sensei yang Ikonik

fakta-assasination-classroom-10_

Tidak bisa dibantah lagi jika bagian yang membuat Assassination Classroom populer adalah karakter Koro Sensei. Alien berwarna kuning dengan tentakel ini menjadi karakter yang ikonik dalam karya yang diciptakan oleh Yusei Matsui.

Menilik karakternya, kita bisa menduga bahwa butuh kreativitas yang tinggi untuk menciptakan karakter seperti Koro Sensei. Ia berwujud monster yang mirip seperti gurita tapi punya kepribadian yang menarik seperti manusia. Meskipun punya kemampuan yang luar biasa, Koro Sensei juga punya titik lemah.

Penggambaran seperti ini mengandung makna tertentu yang jika diamati, akan memunculkan banyak penilaian yang beragam dari karakter Koro Sensei.

Nah, itulah 10 fakta menarik dari serial anime Assassination Classroom. Sejak pertama kali ditayangkan, serial anime ini banyak mendapatkan cinta dari para penonton, termasuk para pembaca yang sudah kadung jatuh cinta dengan kisahnya.

Meskipun sudah lama tamat, kisahnya masih tetap banyak peminatnya. Hal ini lantaran Assassination Classroom tidak hanya menarik dari segi alur cerita, tapi juga mengandung banyak makna-makna penting yang relevan dengan kehidupan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram