bacaterus web banner retina

Inilah 7 Fakta Menarik dari Film Armageddon yang Perlu Diketahui

Armageddon (1998) adalah sebuah film fiksi-ilmiah yang berhasil mendapatkan nominasi Academy Awards tahun 1998. Film yang dibintangi oleh Bruce Willis, Ben Affleck, Liv Tyler, Billy Bob Thornton pasti sudah tidak asing bagi para pecinta film.

Alasannya karena film ini sering sekali diputarkan di salah satu chanel televisi nasional pada akhir pekan atau musim liburan.

Lucunya, bagi Michael Bay, premis film ini terasa sangat konyol. Namun ia kaget ketika banyak orang yang menyukai film ini.

Film ini juga mendapatkan kesuksesan besar dengan meraup hingga $201 juta untuk box office domestik dan jadi film berpengaruh tahun 90-an. Bahkan setelah bertahun-tahun berlalu, ternyata masih banyak fakta menarik dari film Armageddon (1998) yang hits banget.

Kira-kira fakta menarik apa saja yang perlu diketahui dari film Armageddon (1998)? Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, baca terus sampai habis ya!

1. Totalitas Bruce Willis di Hari Pertama Shooting

fakta-armageddon-1_

Ingat dengan adegan terakhir ketika Bruce Willis mengucapkan selamat tinggal pada putrinya? Ternyata adegan emosional ini tidak mudah untuk dilakukan oleh Bruce Willis.

Pertama, adegan ini diambil pada hari pertama shooting, sehingga sulit untuk memberikan bonding yang dalam untuk adegan ini. Tapi sikap profesional sang aktor memang patut diacungi jempol. Pria ini sangat berusaha totalitas dengan perannya.

Demi bisa memberikan emosi yang mendalam, Bruce Willis memutuskan jalan yang benar-benar menyakitkan. Ia memilih untuk memasuki ruang personalnya, pria ini memutuskan untuk melihat foto-foto putri kandungnya di dunia nyata.

Ia membayangkan sedang mengucapkan selamat tinggal pada sang putri untuk terakhir kalinya, hingga emosi yang luar biasa ini berhasil mengalir hingga ke penonton.

2. Mitos Armagedon Jadi Film Program Pelatihan NASA

fakta-armageddon-2_

Armageddon (1998) dengan NASA memang memiliki kaitan yang sangat dalam dan jelas banget. Film ini mengisahkan sekelompok orang yang dikirim ke luar angkasa oleh NASA untuk menghancurkan Asteroid. Premis ini katanya dimanfaatkan oleh NASA untuk membantu para anggota baru mereka dalam Program Pelatihan Manajemen.

Mau tahu tugas apa yang diberikan oleh NASA pada para manajer barunya? NASA menyuruh para anggotanya untuk menemukan berbagai kesalahan dalam filmnya yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Hal yang cukup mengagetkan karena ternyata ada lebih dari 168 kesalahan ilmiah yang ditemukan dari film ini. Dikutip dari Nesw.co.au, salah satu karyawan NASA membantah dan mengatakan hal ini hanya berita tidak mendasar.

3. Dukungan NASA Selama Proses Syuting

fakta-armageddon-3_

Memiliki premis patriot yang sangat tinggi, ternyata film ini mendapatkan dukungan penuh dari NASA. Hal ini tidak lepas dari usaha para produser filmnya yang berusaha membujuk pihak NASA agar mereka mengizinkan Michael Bay syuting di sana.

Seperti yang diketahui, NASA adalah departemen yang tertutup dan selalu membatasi kerjasama dengan pihak luar. Hebatnya, film ini berhasil mendapatkan dukungan penuh dari NASA dengan berbagai macam kebebasan selama syuting.

Mereka diperbolehkan untuk menggunakan laboratorium daya apung netral, memakai kolam sedalam 40 kaki, hingga menggunakan pakaian luar angkasa senilai $10 juta. Lebih kerennya lagi, mereka menggunakan landasan pacu bersejarah dari bencana Apollo 1.

4. Billy Bob Thornton Hampir Jadi Astronot di Dunia Nyata

fakta-armageddon-4_

Masih ingat dengan peran Dan Truman yang diperankan oleh Billy Bob Thornton? Ternyata aktor Amerika kelahiran 1955 ini merasakan takdir berbeda saat bermain di Armagedon (1998).

Dikutip dari IMDb, Thornton mengutarakan bahwa ia adalah aktor terbaik untuk memerankan Truman. Thornton membagikan kisah masa lalunya, saat ia hampir saja bergabung dengan NASA sebagai seorang astronot.

Sayangnya semua ini berakhir menjadi sebuah mimpi yang tidak pernah bisa terjadi. Alasannya karena Thornton harus berbesar hati menerima bahwa ia tidak bisa menjadi astronot.

Pria ini didiagnosa mengalami kerusakan saraf yang membuatnya lumpuh di usia muda. Uniknya, kisah ini dimasukan kedalam film oleh Michael Bay yang mengacu pada kisah logam yang ada di kaki Truman.

5. Hubungan Bruce Willis Dan Michael Bay Yang Rumit

fakta-armageddon-5_

Jauh setelah Armagedon (1998) berlalu, ternyata film ini meninggalkan kesan mendalam bagi pemeran utama dan sang sutradara.

Dikutip dari News.co.au, ternyata Bruce Willis menaruh rasa kecewa pada Michael Bay selama syuting. Pria ini mengutarakan “sutradara yang berteriak tidak membuat pengalaman set yang menyenangkan".

Ternyata hal ini membuat Michael Bay kaget dan sedih, pasalnya pria ini mengaku hubungannya dengan sang aktor sangat baik. Tapi mendengar pernyataan dari Bruce Willis, Michael Bay merasa sedih karena sang aktor tidak cukup jantan untuk mengutarakan hal ini langsung padanya.

Padahal ketika mereka bertemu dalam sebuah pesta, Bruce Willis bersikap baik dan mereka mengobrol selama 20 menit lamanya.

6. Hal-Hal Yang Tidak Realistis Dari Armageddon

fakta-armageddon-6_

Meski mendapatkan kesuksesan yang luar biasa, ternyata Armageddon (1998) tidak lepas dari kritikan lho. Hal ini berasal dari beberapa orang yang bekerja meneliti antariksa dan lainnya, yang mengatakan bahwa film ini memiliki banyak unsur yang tidak masuk akal.

Bahkan sang aktor utamanya Bruce Willis juga mengkritik filmnya. Ia mengungkapkan asteroid itu terlalu besar untuk dibor di dunia nyata.

Dalam filmnya, Bruce harus membuat lubang dan menanamkan bom, untuk menghancurkan asteroid yang lebarnya diperkirakan sekitar 1000 km. Asteroid seukuran Texas ini mustahil bisa diatasi oleh belasan orang.

Apalagi upaya meledakkan secara ilmiah sangat tidak masuk akal. Bahkan dari sudut pandang NASA, mendaratkan orang ke asteroid menjadi tindakan yang sangat tidak efisien.

Menurut NASA, untuk mendaratkan manusia di luar angkasa bukanlah perihal yang mudah. Untuk menerbangkannya saja sudah membutuhkan biaya yang sangat besar dan pengorbanan yang luar biasa. Belum lagi untuk membuat mereka tetap hidup dalam waktu yang panjang sehingga hal ini terlalu mustahil.

7. Memakai Pesawat Luar Angkasa Nyata

fakta-armageddon-7_

Melihat gambaran pesawat ulang-aling yang digunakan dalam film ini, pernahkah kamu berpikir kalau pesawat tersebut nyata? Dikutip dari Ranker.com, ternyata Michael Bay benar-benar memakai pesawat luar angkasa asli untuk pembuatan filmnya. Tentu saja hal menjadi salah satu privilege dari kerjasama mereka dengan NASA selama proses syuting.

Apalagi pesawat ulang-aling yang digunakan dalam syuting memang benar-benar akan diluncurkan. Hanya berbeda beberapa hari saja setelah syuting, NASA berniat akan menerbangkan pesawat tersebut.

Makanya selama syuting ada beberapa peringatan kepada para kru untuk tidak mendekati lampu atau peralatan suara dekat pesawat. Bahkan ketika Ben Affleck mencoba untuk masuk, aktor ini malah dimarahi habis-habisan.

Kalau dilihat-lihat ternyata Armageddon (1998) bisa mendapatkan keberhasilan karena dukungan dari NASA.

Meski banyak hal yang di luar nalar, tapi beberapa penggambaran dalam film ini berhasil membuat penonton jatuh hati. Apalagi film ini memiliki kisah perjuangan yang sangat menyentuh, tak heran kalau film ini sukses banget di tahun 1998.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram