bacaterus web banner retina

10 Fakta Menarik Death Note yang Jarang Diketahui Penggemar

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 16 Juni 2021

Death Note adalah salah satu manga terkenal karya Tsugumi Ohba dan ilustrator, Takeshi Obata. Death Note bercerita mengenai orang-orang jenius pemilik buku catatan kematian yang diturunkan Shinigami. Death Note sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2003 dan mulai diadaptasi ke dalam bentuk anime sebanyak 37 episode pada tahun 2016.

Jika kamu salah satu penggemar Death Note, maka kamu harus tahu fakta-fakta menarik yang ada di balik anime ini. Apakah kamu sudah siap untuk mengetahuinya? Yuk, kita simak artikel yang telah Bacaterus rangkum untuk kamu di bawah. Berikut adalah ulasannya.

1. Karya Penulis Misterius

*

Meski hampir sebagian besar penggemar mengetahui bahwa Tsugumi Ohba merupakan penulis asli dari Death Note, namun banyak dari penggemar tidak mengetahui sosok aslinya. Keberadaan sang penulis sendiri dikenal sangat misterius. Hal itu memang cukup beralasan, mengingat identitas asli dari penulis anime ini memang sengaja disembunyikan.

Banyak dari penggemar sendiri yang cukup penasaran dengan sosok Ohba. Meskipun demikian, tidak ada sedikit catatan mengenai Ohba yang ada di internet. Nah, saking misteriusnya, para penggemar bahkan tidak mengetahui identitas gender dari Ohba yang sebenarnya.

2. Dua Karakter Utama yang Bertolak Belakang

*

Death Note memiliki dua karakter utama yang cukup tangguh. Meski kedua karakter utama dalam anime ini dikenal sangat jenius, namun keduanya diketahui memiliki latar belakang serta sifat yang sangat berbeda satu sama lain. Hal tersebut bisa penggemar lihat dari cara penampilan mereka yang berbeda satu sama lain.

Light adalah putra seorang polisi yang berusaha menumpas keadilan dengan membunuh para penjahat di dunia. Sementara L sendiri adalah anak yang terlahir di panti asuhan. Ia kerap membantu detektif untuk memecahkan kasus pembunuhan yang dilakukan Light.

3. Terinspirasi Sherlock Holmes

*

Sherlock Holmes adalah salah satu karakter detektif yang cukup terkemuka di dunia. Jika kamu melihat banyak adegan yang mengejutkan dan membuat kamu kagum di anime Death Note, maka hal tersebut bukanlah sesuatu yang mengherankan.

Pada saat menghadiri acara New York Comic Con pada tahun 2014 silam, Takeshi Obata yang merupakan ilustrator dari Death note pun mengatakan bahwa Sherlock Holmes adalah salah satu karakter yang menginspirasi mereka dalam membuat cerita.

Sherlock Holmes sendiri merupakan karakter fiksi yang kerap membuat orang lain berdecak kagum ketika memecahkan misteri yang sangat rumit.

4. Memiliki Banyak Karakter Shinigami

*

Karena bercerita tentang buku kematian, maka kehadiran sosok dewa pencabut nyawa sendiri menjadi daya tarik tersendiri untuk dibahas. Meskipun Shinigami Ryuk adalah salah satu yang cukup berpengaruh dalam perkembangan cerita, namun kamu harus tahu bahwa di Death Note Universe terdapat 15 Shinigami yang memiliki bentuk, sifat yang unik dan berbeda satu sama lain.

Beberapa bahkan diketahui sangat menyukai manusia dan buah-buahan yang ada di dunia. Beberapa juga kerap berperilaku buruk seperti malas dan tukang judi.

5. Shinigami Bisa Lenyap

*

Sosok Shinigami yang muncul di Death Note memang cukup menarik. Meski mereka memiliki kemampuan untuk hidup lama, namun Shinigami atau dewa kematian pun bisa lenyap jika mereka sendiri melanggar aturan yang telah ditetapkan di dunia Shinigami.

Kematian juga berlaku pada Shinigami yang telah menyelamatkan nyawa manusia. Seperti yang kita ketahui. Shinigami memiliki kewajiban untuk mencabut setiap nyawa manusia. Hal tersebut tentu sangat bertentangan dengan tugasnya.

6. L Menguasai Bela Diri Capoeira

*

L adalah salah satu karakter yang cukup menarik untuk diketahui. Pria yang kerap duduk dengan sikap yang aneh diketahui memiliki kemampuan yang cukup unik. Meskipun ia terlihat aneh, namun ia sendiri memiliki kemampuan bertarung yang dapat membuat orang kagum.

L pun sempat menunjukan gerakan bela diri dari salah satu seni beladiri yang berasal dari Brazil, yaitu Capoeira. Pada awalnya, Tsugumi Ohba sendiri memang tidak berniat memasukkan beladiri tersebut sebagai salah satu kemampuan L.

Hanya saja, karena antusias penggemar terhadap hal tersebut cukup besar sehingga akhirnya ia mau tak mau harus memasukkan bela diri tersebut sebagai salah satu kemampuan L.

7. Dibuatkan Game

*

Popularitas anime Death Note memang sangat besar. Selain terkenal di negeri Sakura, anime satu ini pun dikenal luas di berbagai negara yang ada di dunia. Melihat antusiasme terhadap anime cukup besar membuat salah satu developer game membuatnya dalam sebuah game berjudul Death Note: Kira Game.

Di dalam game ini kamu bisa memilih karakter yang kamu suka. Tugas kamu hanya menyelesaikan misi dengan menemukan identitas asli L dan Kira. Nah, di game ini juga terdapat fitur pertarungan Jump Super Stars dan Jump Ultimatum Stars, di mana kamu bisa memilih karakter yang ada di komik lain.

8. Puncaki Film Box Office Jepang

*

Kehadiran Death Note di tengah para pecinta anime memang membawa angin segar. Setelah sukses merilis seri manga dan seri animenya, pada tahun 2016 Death Note juga merilis film versi live action yang berjudul "Death Note Light Up The New World".

Film ini diketahui berhasil meraih kesuksesan, bahkan menempatkannya di posisi puncak box office Jepang. Hal itu pun berpengaruh pada popularitas karakter yang ada di dalamnya.

Nah, Shinigami Ryuk yang dikenal cukup ikonik di film ini pun sempat memparodikan tarian PPAP yang diketahui sempat menarik perhatian di seluruh dunia.

9. Karakter Akane Misa yang Unik dan Sulit Digambar

*

Akane Misa adalah salah satu karakter wanita yang ada di seri Death Note. Ia digambarkan sebagai seorang idol yang terobsesi pada Kira. Akane Misa sendiri dikenal sebagai sosok yang licik dan sangat kejam.

Meski dikenal sebagai salah satu karakter penting di Death Note, namun menurut Takeshi Obata, Amane Misa adalah karakter yang sangat unik dan sulit untuk digambarkan. Sifat dan ekspresinya yang kerap berubah-ubah membuat dirinya cukup kesulitan untuk merealisasikannya pada sebuah gambar.

10. Merilis Death Note One Shot

*

Setelah cukup lama menghibur para penggemar dengan setiap serinya, pada tahun 2020 para pengguna seri Death Note dibuat heboh dengan kehadiran 'Death Note' dalam bentuk one-shot. Death Note terbarunya sendiri terdiri dari 87 halaman.

Seri ini mengambil latar waktu berselang 14 tahun setelah seri pertamanya berakhir yaitu pada tahun 2006. Di sini Ryuk kembali ke dunia dan bertemu dengan Tanaka Minoru, seorang siswa SMP cerdas. Cukup menarik, bukan!

Demikianlah fakta menarik mengenai Death Note yang harus diketahui penggemar. Anime yang satu ini memang dikenal cukup ikonik dengan karakter dan jalan ceritanya yang menarik.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram