bacaterus web banner retina

11 Fakta Menarik Alicia Vikander, Sang Pemeran Lara Croft

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 19 Juni 2021

Tak banyak aktris asal Skandinavia yang berhasil menembus Hollywood. Alicia Vikander barangkali adalah satu di antaranya yang cukup beruntung. Aktris kelahiran Swedia ini sukses menembus Hollywood lewat sejumlah film.

Satu di antaranya yang bikin namanya naik adalah Tomb Raider (2018). Di film itu, dia menjadi sosok Lara Croft yang sebelumnya berhasil diperankan oleh Angelina Jolie. Ada sejumlah fakta menarik di balik sosok istri dari Michael Fassbender ini. Fakta-fakta tersebut bisa disimak sebagai berikut!

1. Bakat Akting Turunan dari Sang Ibu

Bakat Akting Turunan dari Sang Ibu

* sumber: mediaindonesia.com

Selain dari hasil belajar secara formal, bakat akting Alicia sendiri secara tak langsung turun dari sang ibu. Ibu Alicia sendiri dulunya adalah seorang aktris panggung teater.

Adapun sang ayah sendiri bekerja sebagai seorang psikiater. Alicia sendiri punya lima orang saudara, serta pernah tinggal di sebuah desa di Swedia semasa dia kecil.

2. Pernah Belajar Tari Balet

Pernah Belajar Tari Balet

* sumber: www.hungertv.com

Sebelum terjun ke dunia seni peran, Alicia terlebih dulu belajar balet sejak usianya masih 9 tahun. Saat itu, dia berlatih balet di bawah asuhan Svenska Balettskolan I Goteborg.

Menginjak usia 15, Alicia pun pindah ke Gothenburg untuk memperdalam ilmu baletnya. Alicia juga bahkan sempat berlatih di American Academy of Ballet di New York.

Sayangnya, Alicia tak dapat melanjutkan pendidikan tari baletnya. Hal itu disebabkan karena cedera. Walau demikian, ilmu yang didapatkan Alicia di ranah balet masih dipakai saat menjadi aktris. Hal itu terbukti saat dia berperan sebagai penari di film The Rain.

3. Warga Swedia Mengenalnya Sebagai Jossan Tegebrandt Bjorn

Warga Swedia Mengenalnya Sebagai Jossan Tegebrandt Bjorn

Di kampung halamannya (Swedia), Alicia dikenal sebagai sosok Jossan Tegebrandt Bjorn. Jossan sendiri merupakan tokoh yang Alicia perankannya di Andra Avenyn. Sebuah serial TV Swedia yang mengisahkan beberapa keluarga yang tinggal di pinggiran kota Gothenburg.

Adapun Jossan sendiri adalah salah satu karakter di dalamnya. Jossan sendiri merupakan tokoh yang awalnya tinggal di pinggiran Gothenberg, namun pindah ke Boston karena satu dan lain hal.

4. Jago Main Catur

Jago Main Catur

* sumber: www.vulture.com

Di sesi truth or dare dengan Marie Claire, Alicia mengaku kalau dia tak hanya mengikuti sekolah balet saja. Melainkan, juga melakoni sekolah catur selama tiga tahun lamanya.

Hal itu bikin Alicia tergolong mahir bermain catur. Alicia menjadi satu di antara aktor Hollywood yang andal bermain catur. Adapun aktor lainnya yang juga jago main catur adalah mendiang Heath Ledger.

5. Aktris Swedia Kedua yang Telah Mendapatkan Piala Oscar

Aktris Swedia Kedua yang Telah Mendapatkan Piala Oscar

Sepanjang sejarah Piala Oscar, Alicia Vikander adalah aktris asal Swedia kedua yang berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang film itu. Adapun aktris Swedia pertama yang berhasil melakukannya adalah Ingrid Bergman.

Alicia berhasil meraih Piala Oscar pada 2016 untuk kategori Best Actress in Supporting Role. Dia berhasil mendapatkannya setelah bermain apik sebagai Gerda Wegener di film The Danish Girl (2015).

Selain meraih Piala Oscar, The Danish Girl juga bikin Alicia memperoleh sejumlah penghargaan bergengsi lainnya. Mulai dari BAFTA, SAG Awards, hingga Golden Globe.

6. Menjadi Robot di Ex Machina (2014)

Menjadi Robot di Ex Machina (2014)

* sumber: www.duluthnewstribune.com

Bukan hanya Peter Weller saja yang pernah menjadi robot dalam sebuah film, tetapi juga Alicia Vikander. Adapun sosok robot yang diperankan oleh Alicia adalah Ava yang ada di film Ex Machina (2014).

Ava sendiri merupakan robot yang memiliki wajah manusia, namun memiliki kecerdasan artifisial. Di Ex Machina, Ava berjumpa dengan sosok manusia bernama Caleb, dan tertarik dengannya. Pertemuan Ava dengan Caleb itu nantinya akan memunculkan sejumlah konflik di film Ex Machina.

7. Si Nyonya Google

Si Nyonya Google

* sumber: www.independent.co.uk

Di lingkungan teman-temannya, Alicia dijuluki sebagai Nyonya Google. Hal ini disebabkan kebiasaan Alicia yang selalu mengetik sesuatu di Google secara cepat.

Alicia sendiri memang sering memakai Google untuk kepentingan apa pun. Dia bahkan mengaku bisa menemukan jawaban apa pun yang dia butuhkan lewat Google. Selain jago dalam memakai Google, Alicia juga pandai dalam merencanakan suatu perjalanan.

8. Jadi Warga London Sejak 2015, serta Ingin Berkolaborasi dengan Tarantino

Jadi Warga London Sejak 2015, serta Ingin Berkolaborasi dengan Tarantino

Walau lahir dan tumbuh di Swedia, Alicia kini tidak tinggal di sana. Kini, dia tinggal di Inggris, khususnya London. Saat ini dia tinggal di sana bersama sang suami, Michael Fassbender. Kebetulan, Fassbender sendiri merupakan warga London yang sudah tinggal di sana sejak 1996.

Ada banyak sutradara dunia yang ingin diajak kerja sama oleh Alicia. Salah satunya adalah Quentin Tarantino. Alicia sangat berharap bisa bekerja sama dengan sutradara nyentrik itu satu saat nanti. Selain Tarantino, Von Trier dan Terrence Malick adalah dua sutradara lainnya yang ingin diajak kerja sama oleh Alicia.

9. Pemeran Lara Croft Terbaru, Penerus dari Angelina Jolie

Pemeran Lara Croft Terbaru, Penerus dari Angelina Jolie

* sumber: www.businessinsider.com

Saat ini, Alicia telah mengikuti jejak Angelina Jolie untuk berperan sebagai Lara Croft. Lara Croft sendiri merupakan tokoh utama dari film yang diangkat dari serial gim, Tomb Raider. Lara Croft versi Alicia sendiri punya satu perbedaan dibanding versi Angelina Jolie.

Menurut penuturan Alicia, Lara Croft versi dirinya jauh lebih muda dibanding versi Angelina Jolie. Lara Croft versinya memiliki sifat yang mandiri dan cerdas, namun tak memiliki tujuan yang jelas. Alicia sendiri masih dipercaya untuk memerankan Lara Croft di sekuel Tomb Rider nanti. Sekuel tersebut kabarnya masih dalam tahap praproduksi.

10. Pertama Kali Berjumpa Sang Suami di Lantai Dansa

Pertama Kali Berjumpa Sang Suami di Lantai Dansa

* sumber: www.glamour.com

Banyak yang mengira kalau Alicia dan suaminya pertama kali bertemu di The Light Betwen Oceans (2016). Film yang notebene dibintanginya bersama Fassbender sang suami.

Padahal, sebelum itu, keduanya di sebuah lantai dansa. Tak hanya berjumpa, mereka juga menjadikan lantai dansa sebagai tempat mereka melakukan lamaran. Alicia dan Fassbender sendiri sudah resmi menikah pada 2017 silam. Pesta pernikahan keduanya dilangsungkan secara privat di Lisbon, Portugal.

11. Sempat Ingin Menjadi Penjual Bunga

Sempat Ingin Menjadi Penjual Bunga

Saat kecil, Alicia sempat berpikir bahwa dia ingin menjadi penjual bunga. Namun, saat usianya menginjak angka 8, sang ibu mengajaknya untuk mengikuti kompetisi lip sync talent show di Swedia.

Di kompetisi itu, dia berhasil menjadi juara pertama. Sejak saat itu, sang ibu meyakini kalau Alicia bakal menjadi aktris (dan mungkin penyanyi) pada suatu saat nanti.

Tak banyak aktris asal Skandinavia yang berhasil menembus Hollywood. Alicia Vikander barangkali adalah satu di antaranya yang cukup beruntung. Aktris kelahiran Swedia ini sukses menembus Hollywood lewat sejumlah film.

Satu di antaranya yang bikin namanya naik adalah Tomb Raider (2018). Di film itu, dia menjadi sosok Lara Croft yang sebelumnya berhasil diperankan oleh Angelina Jolie. Ada sejumlah fakta menarik di balik sosok istri dari Michael Fassbender ini. Sebelas di antaranya sudah disampaikan di atas. Semoga fakta-fakta itu bisa bikin kamu mengenal aktris asal Swedia ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram