Bacaterus / Selebriti / 10 Fakta Alan Walker, DJ Hits Idola Muda-Mudi Masa Kini

10 Fakta Alan Walker, DJ Hits Idola Muda-Mudi Masa Kini

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lagu-lagu Alan Walker sudah sangat familiar di telinga muda-mudi masa kini. Sekalipun kamu bukan pendengar musik elektronik, kamu pasti pernah mendengar lagu Walker diputar di radio, cafe atau bahkan saat kamu berkunjung ke sebuah minimarket. Ya, Alan Walker memang menjadi DJ kondang di usianya yang masih terbilang muda.

Popularitas Alan Walker membuatnya menuai kesuksesan dalam waktu yang terbilang cepat. Kejeniusannya dalam menciptakan musik membuat lagu-lagunya selalu berada dalam puncak tangga lagu dunia. Ingin tahu semua hal seputar DJ yang kerap kali menggunakan penutup sebagian wajah dan hoodie berwarna hitam ini? Bacaterus sudah merangkum fakta-fakta Alan Walker khusus buatmu.

Biodata

  • Nama Lengkap: Alan Olav Walker
  • Nama Panggung: Alan Walker
  • Nama Panggilan: DJ Walkzz, Walkzz
  • Tempat/Tanggal Lahir: Northampton, 24 Agustus 1997
  • Zodiak: Virgo
  • Kewarganegaraan: British, Norwegia
  • Tinggi: 180cm
  • Instagram: @alanwalkermusic
  • Twitter: @IamAlanWalker

1. Alan Walker Adalah Nama Aslinya

Alan Walker Adalah Nama Aslinya

* sumber: www.standard.co.uk

Banyak yang menyangka bahwa “Alan Walker” adalah nama panggung dari pria kelahiran Northampton, 24 Agustus 1997 ini. Namun, ketahuilah bahwa nama tersebut adalah nama aslinya. Nama lengkapnya adalah Alan Olav Walker, di mana ia menyingkatnya menjadi “Alan Walker” saja.

Pada mulanya, pria yang berprofesi sebagai DJ sekaligus produser ini menggunakan nama panggung “DJ Walkzz”. Namun, ia segera mengganti nama panggungnya dengan nama aslinya. Hmm.. Mungkin Walker merasa bahwa nama panggungnya tersebut sedikit alay, ya? Hehehe

2. Tidak Punya Background Sebagai Musisi

Tidak Punya Background Sebagai Musisi

* sumber: wallpapercave.com

Melihat kepiawaian Walker dalam menciptakan lagu, tentu tak sedikit yang menyangka bahwa Walker memiliki background sebagai musisi. Walker menegaskan bahwa dirinya tidak punya latar belakang sebagai musisi. Ia justru tertarik pada dunia digital sehingga fokus untuk menjadi desainer grafis dan programmer.

Akan tetapi, mengingat Walker sendiri merupakan generasi milenial, ia pun juga suka mendengarkan musik layaknya anak-anak muda pada umumnya. Ketertarikannya pada musik membawa Walker untuk belajar membuat musik sendiri dengan bermodalkan tutorial dari Youtube.

Alih-alih masuk ke sekolah musik atau sekolah DJ, Walker justru berkutat membuat musik dengan laptop pribadinya dengan mengandalkan software sederhana. Siapa sangka jika pria yang dulunya hanya membuat musik di dalam kamar tidurnya kini menjadi line up yang selalu ditunggu di setiap acara-acara besar?

3. Berdarah Campuran

Berdarah Campuran

* sumber: 7thstreettavern.com

Lahir di Inggris, ternyata Alan Walker bukan sepenuhnya berdarah Inggris. Walker adalah pria yang terlahir dengan darah campuran. Ibu Walker berasal dari Norwegia, sedangkan ayahnya berasal dari Inggris.

Percaya atau tidak, Alan Walker tak hanya terbiasa hidup dengan dua budaya yang berbeda. Walker bahkan memiliki dua kewarganegaraan, lho. Wah, asyik banget, kan?

4. Namanya Melambung Berkat “Faded”


Where are you now.. Atlantis.. Under the sea.. Under the sea..

Kamu pasti pernah mendengar lagu ini, kan? Lagu berjudul “Faded” inilah yang mengantarkan Alan Walker berada di puncak kesuksesannya saat ini. Usut punya usut, “Faded” juga merupakan salah satu lagu yang awalnya ia ciptakan di dalam kamar tidurnya.

Setelah dirilis, lagu ini sempat menduduki puncak berbagai tangga lagu dunia selama beberapa bulan. Bahkan, meskipun tak lagi berada di puncak, “Faded” masih mengisi jajaran Top 10.

Kesuksesan lagu “Faded” juga tak lepas dari sosok yang menyanyikan lirik lagunya. Walker justru memilih Iselin Solheim, penyanyi yang mungkin tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, untuk menyanyikan lagunya. Mungkin saja lagu “Faded” nggak bakal seterkenal ini jika bukan Iselin Solheim yang menyanyikan, ya?

5. Mendesain Sendiri Logonya

Mendesain Sendiri Logonya

Kamu pernah melihat sejumlah orang mengenakan hoodie atau T-shirt dengan logo seperti di gambar ini? Ya, logo ini adalah logo Alan Walker, di mana logo tersebut adalah penggabungan antara huruf ‘A’ dan ‘W’.

Mengingat dirinya memiliki basic sebagai desainer grafis, tentu Walker sendiri lah yang merancang logo tersebut. Tak disangka-sangka, logo tersebut menjadi sangat terkenal dan banyak orang yang ingin memiliki merchandise dengan logo Alan Walker.

6. Cita-citanya Tidak Pernah Tercapai

Cita-citanya Tidak Pernah Tercapai

* sumber: vaaju.com

Menjadi DJ terkenal di seluruh dunia jelas bukan cita-cita Walker. Ia bahkan tidak pernah membayangkan akan terjun dan memiliki penghasilan besar dari dunia musik.

Semasa kecil, Walker sangat ingin menjadi anggota militer. Ketika usianya menginjak usia remaja, Walker mengikuti pendaftaran menjadi militer. Namun, di tengah-tengah proses pendaftaran, Walker teringat dengan lagu “Faded” yang belum pernah diunggahnya ke publik. Akhirnya, Walker memutuskan untuk pulang dan tidak mengikuti pendaftaran militer.

Dari sini, kita bisa melihat bahwa Walker menyadari bahwa passion-nya di bidang musik lebih besar ketimbang menggapai cita-cita masa kecilnya. Jika ia tetap melanjutkan pendaftaran militer tersebut, kemungkinan besar ia tidak menjadi seterkenal dan sesukses seperti sekarang.

7. Punya Ciri Khas Tampilan ala Hacker

Punya Ciri Khas Tampilan ala Hacker

* sumber: www.insomniac.com

Apa yang terbesit dalam benakmu ketika melihat tampilan Alan Walker yang kerap kali mengenakan masker penutup setengah wajah dengan hoodie yang terlihat menutup rambutnya? Ya, penampilan Walker memang mirip banget dengan hacker anonymous.

Walaupun terlihat kerap kali menutup setengah bagian wajahnya, Walker tidak semisterius itu kok. Walker kerap kali tampil tanpa penutup wajah. Bahkan, di VLOG pribadinya dan video klip “On My Way”, DJ ini juga tampil tanpa mengenakan maskernya.

Namun, penampilan yang mirip hacker anonymous ini sudah menjadi ciri khas Alan Walker. Mungkin rasanya agak sedikit aneh kalau melihat Alan Walker tampil tanpa pakaian ciri khasnya ini.

8. Berkolaborasi dengan Musisi KPOP

Berkolaborasi dengan Musisi KPOP

* sumber: www.billboard.com

Sukses di kancah internasional tidak membuat Walker picky dalam memilih partner untuk bekerja sama. Di saat sejumlah DJ-DJ ternama menggandeng penyanyi kenamaan Hollywood, seperti Selena Gomez dan Ariana Grande, Walker justru membuka peluang berduet dengan musisi asal negeri ginseng.

Tercatat Walker pernah berkolaborasi dengan Lay EXO lewat lagu “Sheep (Alan Walker Relift). Ia bahkan sempat tampil bersama dengan Lay di festival musik Lollapalooza 2018.

Selain Lay, Alan Walker juga menggandeng Seungri (ex Bigbang) untuk bernyanyi dalam lagu “Ignite”. Tentu saja kerja sama antara Walker dan Seungri ini dilakukan sebelum Seungri terjerat skandal yang membuatnya keluar dari grup yang telah membesarkan namanya, Bigbang.

9. Dikontrak oleh PUBG Mobile

Dikontrak oleh PUBG Mobile

PUBG Mobile adalah game terlaris sejak tahun 2018. Game besutan Tencent Games ini dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pada Maret 2019, PUBG Mobil resmi bekerja sama dengan Alan Walker. Walker dikontrak untuk membuat lagu yang nantinya menjadi backsound dalam permainan PUBG Mobile.

“On My Way” adalah lagu yang dibuat Walker sebagai theme song PUBG Mobile pada season 6. Lagu hasil kolaborasi dengan Sabrina Carpenter dan Farukko ini bisa didengar saat kamu berada di lobby atau ketika mengendarai mobil dan buggy yang terdapat dalam PUBG Mobile.

Tak hanya itu saja, Tencent Games juga memunculkan sejumlah merchandise Alan Walker dalam game tersebut. Kerja sama juga nampaknya masih berlanjut karena lagu “Live Fast” hasil kerja sama dengan A$AP Rocky juga bisa didengarkan di lobby PUBG Mobile pada season 7.

10. Membuat Konsep Video Musik Bersambung

Membuat Konsep Video Musik Bersambung

Tak dapat dipungkiri bahwa Alan Walker memang seorang produser yang jenius. Selain mampu membuat lagu-lagu yang memuncaki tangga lagu dunia, Walker juga pernah membuat video klip dengan konsep bersambung. Jika kamu perhatikan, video musik “Faded”, “Sing Me To Sleep”, dan “Alone” memiliki cerita yang berkesinambungan.

11. Punya Banyak Penggemar di Indonesia

Lagu-lagu Alan Walker dikenal di berbagai negara. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa pendengar Alan Walker sebagian besar berasal dari Indonesia? Jika diperhatikan, lagu-lagu Walker memang sering didengarkan oleh semua kalangan dan usia.

Alan Walker mengakui bahwa 20 persen dari followers Instagram-nya berasal dari Indonesia. Ia pun memantau bahwa di sejumlah aplikasi musik seperti Spotify, lagu-lagunya selalu ada dalam chart Top Country di Indonesia.

Walker pun tak malu mengakui jika ia mencintai Indonesia dan seluruh penggemarnya di sini. Bahkan, setelah beberapa kali manggung di tanah air, Walker mengatakan bakal kembali menyapa penggemarnya di Indonesia di waktu yang akan datang.

Itulah 11 fakta mengenai Alan Walker. Kalau kamu adalah salah satu penggemar Alan Walker, lagu Walker manakah yang paling kamu sukai? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

Oh iya, selain bahas tentang penyanyi terkenal, kami juga pernah membahas soal pegulat terkenal yang juga menjadi aktor. Yuk, cari tahu Fakta John Cena!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *