Bacaterus / AKB48 / 10 Fakta Menarik AKB48, Grup Musik Terbesar di Dunia

10 Fakta Menarik AKB48, Grup Musik Terbesar di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Lagu Heavy Rotation yang dinyanyikan oleh sekelompok gadis cantik dan menggemaskan, meledak di pasaran. Khususnya Jepang dan Indonesia. Sekelompok gadis cantik tersebut adalah AKB48. Mereka memang terkenal dengan kecantikan, kelincahan serta suara yang merdu.

Beberapa waktu lalu bahkan hingga sekarang, penampilan para boyband atau girlband ditunggu para penggemarnya. Luwes menyanyi sambil menari dengan lincah, siapa yang tidak tertarik? Apalagi tampilan mereka menggemaskan dengan bajunya yang berwarna-warni.

Girlband AKB48 dibentuk pada 2005 lalu oleh Yasushi Akimoto. Konsep AKB48 adalah idola yang dapat kamu temui. Interaksi yang akrab dan erat antara anggota girlband dengan penggemarnya adalah budaya yang dipertahankan oleh AKB48.

Sebab pendirinya menginginkan AKB48 harus berbeda dengan kelompok idola kebanyakan yang hanya konser dan tampil di televisi sesekali. Maka dari itu, setiap harinya mereka tampil di sebuah teater. Semakin ramai penggemar, tiket penampilan AKB48 pun menjadi tidak dijual bebas melainkan melalui sistem undian.

AKB48 dibagi menjadi beberapa tim. Mengingat mereka tampil setiap hari, masing-masing tim tersebut menghibur secara bergantian. Tim A dikonsep mewakili sebuah kebebasan, tim K dikonsep sebagai tim yang kuat, sementara tim B dikonsep menjadi idola sesungguhnya dengan kostum-kostum yang lebih imut dan menggemaskan.

Semula anggota setiap tim berjumlah 16 orang, sehingga jika tiga tim tersebut digabung menjadi satu, jumlah total anggota adalah 48. Namun, seiring berjalannya waktu, jumlah anggota meningkat lebih dari dua kali lipat. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan anggota baru atau trainee yang sengaja ditempa untuk menggantikan anggota grup yang lulus.

Jika Anda penggemar girlband yang satu ini, beberapa fakta AKB48 pasti tidak lagi terlalu mengejutkan. Namun, apakah Anda yakin sudah mengetahui semua faktanya? Coba kita tengok fakta-fakta di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. Teater AKB48 Berada di Sebuah Toko

Teater AKB48 Berada di Sebuah Toko

* sumber: www.tokyo-go.asia

Fakta AKB48 yang pertama dan menarik adalah kenyataan bahwa teater tempat mereka tampil merupakan sebuah toko diskon yang cabangnya tersebar di lebih 160 lokasi di Jepang. Toko tersebut bernama Don Quijote atau dikenal juga dengan nama Donki.

Teater tempat AKB48 tampil ini menyediakan berbagai produk mulai dari bahan makanan, pakaian hingga elektronik. Meski sebuah toko, Donki bukan toko sembarangan. Ia sudah berdiri sejak 1980. Tidak heran jika ia terkenal di seantero Jepang karena memang sudah sangat legendaris bagi masyarakatnya.

Toko diskon yang sekaligus menjadi teater anak-anak AKB48 ini juga bukan hanya berjaya di Jepang. Mereka membuka cabang di negara-negara lain, seperti 2 toko di Hong Kong, 2 toko di Thailand, 2 toko di Hawaii dan 10 toko di Singapura. Teater AKB48 berada di lantai 8 gedung toko ini.

2. Teater Pertama Dihadiri Tujuh Penonton

Teater Pertama Dihadiri Tujuh Penonton

AKB48 dibentuk pada 2005 lalu oleh Yasushi Akimoto. Dia lantas mengaudisi sekitar 7.924 peserta. Dari ribuan peserta audisi, terpilih 24 sebagai anggota kelompok generasi pertama. Pada awal bulan Desember di tahun yang sama, tepatnya tanggal 8, kelompok pertama sebagai Tim A memulai debutnya.

Debut pertama dilakukan di teater milik AKB40. Lagu yang dibawakan saat itu berjudul Party ga Hajimaru yo. Namun, ada yang menarik di sini. Apabila cerita debut selalu disambut dengan antusias, debut Tim A AKB48 kala itu sepertinya tidak. Pasalnya, konser pertama mereka hanya dihadiri tujuh penonton.

3. Penjualan Album Fenomenal

Penjualan Album Fenomenal

* sumber: japanesestation.com

AKB48 memang sebuah fenomenal. Jumlah peserta audisi kedua yang digelar pada bulan April 2005 bahkan naik menjadi 11.892. Dari belasan ribu, terpilih 19 dan 18 peserta. Mereka kemudian merilis independent-label single berjudul Sakura no Hanabiratachi pada bulan Februari 2006.

Meski konser pertama hanya dihadiri tujuh penonton, single mereka ternyata sukses di pasaran. Penjualan di minggu pertama menembus angka 22.011. sangat jarang untuk ukuran grup berlabel indie. Single tersebut juga masuk Top 10 mingguan Oricon.

Kesuksesan mereka semakin menggila dari tahun ke tahun. Pada 2012 lalu, rilisan rekaman DVD mereka menghasilkan 226 juta dollar. Prestasi yang sama-sama fenomenal terjadi pada 2019 lalu. Mereka berhasil menjual lebih dari 60 juta rekaman, termasuk lebih dari 6 juta album.

Bukan hanya itu, sebanyak 35 single terbaru AKB48 menduduki puncak lagu di Oricon Weekley Singles Chart. Bahkan 30 di antara 35 single terjual lebih dari satu juta copy.

4. Heavy Rotation Meraih Triple Platinum

Heavy Rotation

Salah satu single fenomenal AKB48 berjudul Heavy Rotation ini merupakan single ke-17. Lagu tersebut ditulis langsung oleh Yasushi Akimoto. Fakta lain yang lebih menarik dari lagu tersebut adalah, mendapatkan triple platinum dari penjualan 750 ribu copy di seluruh dunia.

Angka ratusan ribu tersebut mungkin terasa kecil. Namun, ia sudah sangat besar untuk musisi Jepang. Bahkan, lagu tersebut turut menasbihkan AKB48 sebagai idol grup Jepang terlaris.

5. 48 Family Grup Musik Terbesar Dunia

48 Family Grup Musik Terbesar Dunia

* sumber: www.insidejapantours.com

48 Family terus tumbuh di banyak negara di seantero Asia. Baru-baru ini bahkan diberitakan mereka akan “memasuki” Korea. Opini ini terlanjur bergulir akibat banyak mantan Produce 48 yang merupakan bagian dari 48 Group mulai dilirik beberapa agensi hiburan di Korea.

Bagaimana pun pendapat banyak orang, AKB48 dengan 48 Family terlanjur menjadi grup musik terbesar di dunia. Hingga saat ini 48 Family bisa ditemukan di beberapa negara di Asia.

Anda akan menemukan “member” atau sister group dari AKB48 di Asia yaitu JKT48 di Jakarta, BNK48 di Bangkok, MNL48 di Manila, SGO48 di Ho Chi Minh, Vietnam , SKE48 di Sakae, Nagoya, NMB48 di Namba, Osaka, HKT48 di Hakata, Fukuoka, AKB49 Team SH di Shanghai, CGM48 di Chiang Mai, Thailand, AKB48 Team TP untuk di Taipe, Taiwan. Bahkan 48 Family juga hadir di India, yaitu DEL48 di New Delhi dan MUB48 di Mumbai.

Baca juga: 9 Fakta Sumire Sato, Ex-AKB48 yang Punya Pop Up Store

6. Lulusan AKB48 Sukses di Dunia Hiburan

Lulusan AKB48 Sukses di Dunia Hiburan

Tidak berlebihan jika menyebut bahwa menjadi anggota AKB48 sama dengan membuka pintu masuk menuju dunia hiburan. Anggapan ini berlaku pada para anggota AKB48 yang semakin sukses setelah lulus.

Setidaknya ada lima lulusan AKB48 yang memiliki karir moncer setelah graduate. Lulusan yang pertama adalah tentu saja Yuko Oshima atau Oshima Yuko. Menjadi centre dalam MV Heavy Rotation adalah pencapaian istimewa.

Bagaimana tidak sebab untuk mengisi posisi tersebut, Yuko dipilih oleh banyak pihak yang masih berhubungan dengan AKB48. Termasuk fansnya dari seluruh dunia. Lulus dari AKB48 pada 2014 lalu, Yuko kemudian menjalani aktivitasnya sebagai aktris.

Bahkan melalui drama berjudul Yamegoku: Yakuza Yamete Itadakimasu, dia mendapatkan penghargaan sebagai aktris terbaik dalam 85th Television Drama Academy Award. Selain Yuko, ada juga Haruka Shimazaki, Tomomi Itano, Haruna Kojima dan Maeda Atsuko.

7. AKB48 Tercatat dalam Guiness World

AKB48 Tercatat dalam Guiness World

* sumber: tokyogirlsupdate.com

Pada 2012 lalu, AKB48 mencatatkan namanya di Guinness Word sebagai grup pop dengan anggota terbanyak. Setidaknya ada 77 anggota yang tergabung dalam grup idol ini. Termasuk anggota cadangan dan trainee.

Bisa bayangkan saat mereka berada dalam satu panggung? Selama ini pertunjukan sebagian besar hanya menampilkan AKB48 per tim. Meski begitu, mereka sudah cukup memenuhi panggung. Seperti apa jika seluruh member AKB48 dikumpulkan?

8. Memiliki Member Virtual

Memiliki Member Virtual

* sumber: www.jpopasia.com

Bukan hanya terkenal dengan member real yang menggemaskan, AKB48 juga ternyata memiliki member berbentuk virtual. Pada 2011 lalu, Eguchi Aimi secara resmi dikenalkan sebagai anggota AKB48.

Bedanya, Aimi merupakan hasil rekayasa komputer yang visualnya dibuat dari memadukan karakter fisik dari enam anggota AKB48, alias digital atau rekaan.

9. Fakta AKB48 dan Oshi

Fakta AKB48 dan Oshi

Para penggemar AKB48 memiliki “oshi” masing-masing. Mereka mengidolakan para member dengan sepenuh hatinya. Beberapa bahkan ada yang sangat fanatik. Tapi apakah Anda tahu mengenai asal-usul mengapa para member sampai disebut “oshi” oleh para penggemarnya?

Berdasarkan kata, “oshi” berasal dari “oishteru member” yang artinya anggota yang kamu suka atau dukung. Sebagian besar penggemar memiliki lebih dari satu oshi. Namun di antara oshi-oshi yang mereka sukai itu, ada satu oshi yang mendapat dukungan atau rasa cinta yang lebih. Member tersebut dinamakan “kami-oshi”.

Kata “kami” sendiri maknanya adalah dewa. Para penggemar akan lebih menyukai kami-oshi dibandingkan oshi-oshi biasa. Jika suatu saat penggemar mengubah kami-oshi-nya, mereka disebut “oshihening”.

10. Mantan AKB48 Menjadi Idol Kpop

Mantan AKB48 Menjadi Idol Kpop

* sumber: www.allkpop.com

Berkarya lintas negara sepertinya sebutan yang pas untuk para mantan AKB48 yang memutuskan beralih menjadi Idol Kpop. Tercatat ada beberapa mantan AKB48 yang terjun ke dunia hiburan Korea Selatan. Mereka mengikuti audisi hingga sukses menjadi bagian dari Idol Kpop.

Setidaknya ada tiga mantan anggota AKB48 yang sukses sebagai Idol Kpop atau mulai menancapkan karirnya di sana. Yaitu Takeuchi Miyu, Takahashi Juri yang membuat publik Korea tertarik berkat penampilannya di Produce48 dan Honda Hitomi yang sama-sama mendapatkan “pintu” dari program Produce48.

Fakta AKB48 yang disebutkan di atas, hanya sedikit dari kenyataan yang dimiliki grup musik terbesar ini. Meski sudah eksis di industri hiburan selama belasan tahun, AKB48 tetap besar hingga sekarang. Penggemarnya masih tetap setia menunggu karya idolanya tersebut. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda salah satunya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *