Bacaterus / AB6IX / 10 Fakta Menarik AB6IX, Grup Rookie Bertabur Bintang

10 Fakta Menarik AB6IX, Grup Rookie Bertabur Bintang

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Agustus 2019

Dunia Kpop kembali memiliki grup baru yang debut di tahun 2019 ini, mereka adalah AB6IX, grup beranggotakan 5 orang yang diasuh oleh agensi Brand New Music. Meski masih baru, grup ini sudah memiliki popularitas yang luar biasa di dunia hiburan. Siapa sebenarnya AB6IX? Dan kenapa mereka bisa sangat terkenal?

Nama AB6IX memang masih sangat baru di belantika musik Kpop, tapi sebenarnya grup ini beranggotakan wajah-wajah ‘lama’ yang sudah cukup dikenal publik, sebut saja Lim Youngmin, Kim Donghyun, Jeon Woong, Park Woojin, dan juga Lee Daehwi. Penasaran ingin tahu lebih banyak soal AB6IX? Bacaterus ingin mengajakmu mengenal 10 fakta-fakta menarik AB6IX berikut ini.

1. Jebolan Produce 101 Season 2

Jebolan Produce 101 Season 2

* sumber: www.soompi.com

Dari kelima member AB6IX, empat di antaranya merupakan mantan peserta Produce 101 Season 2 yang digelar tahun 2017 silam. Mereka adalah Donghyun, Youngmin, Woojin, dan Daehwi. Jeon Woong adalah satu-satunya member AB6IX yang tidak mengikuti Produce 101, namun ia pernah muncul di ajang survival Stray Kids dan menunjukkan keahliannya dalam menyanyi dan menari.

2. Mantan Member Wanna One

Mantan Member Wanna One

* sumber: www.koreaboo.com

Seperti yang diketahui, Woojin dan Daehwi merupakan dua trainee Brand New Music yang saat itu berhasil melaju ke babak final Produce 101 Season 2. Keduanya juga berhasil lolos menjadi pemenang, Daehwi berada di ranking 3 dan Woojin ada di posisi 6. Mereka kemudian debut bersama 9 pemenang lainnya sebagai member grup Wanna One.

Lewat Wanna One, Woojin dan Daehwi mendulang popularitas yang cukup tinggi. Jadi jangan heran bila AB6IX sudah terkenal lebih dulu walau belum resmi debut, pasalnya grup ini memang berisi wajah-wajah yang sudah tak asing lagi di dunia Kpop.

3. Mantan Member MXM

Mantan Member MXM

* sumber: kpop.fandom.com

Tak hanya Woojin dan Daehwi, Donghyun dan Youngmin juga punya popularitas yang tak bisa dianggap remeh sebelum debut bersama AB6IX. Keduanya juga merupakan alumni Produce 101 Season 2. Donghyun tereliminasi saat pemilihan 20 besar, sedangkan Youngmin sempat masuk ke babak final tapi gagal menjadi pemenang karena hanya mampu berada di posisi 15.

Setelah acara tersebut selesai, Donghyun dan Youngmin membentuk unit bernama MXM yang artinya Mix and Match atau More x More. Duo ini debut pada bulan September 2017 dan sempat meluncurkan beberapa album, mulai dari “Unmix”, “Match Up”, hingga “More Than Ever”.

4. Debut 22 Mei 2019

Debut 22 Mei 2019

* sumber: en.wikipedia.org

Debut AB6IX pertama kali diumumkan oleh pihak agensi pada akhir bulan Maret 2019. Saat itu Brand New Music memberi bocoran nama grup, logo, serta empat nama idol yang dipastikan akan jadi member grup, yaitu Donghyun, Youngmin, Woojin, dan Daehwi. Barulah pada awal bulan April, agensi mengumumkan bahwa Jeon Woong akan jadi member kelima AB6IX.

Setelah merilis serangkaian teaser dalam bentuk foto maupun video, AB6IX akhirnya resmi debut pada tanggal 22 Mei 2019. Grup ini merilis album bertajuk “B: COMPLETE” sekaligus meluncurkan video klip untuk lagu “Breathe”.

5. Arti Nama AB6IX

Arti Nama AB6IX

* sumber: www.omahkpop.com

Setiap nama grup pasti memiliki makna tersendiri, begitupun dengan AB6IX. Berdasarkan pernyataan dari pihak agensi, AB6IX merupakan singkatan dari Absolute Six. ‘AB’ mewakili kata absolute, sedangkan six merupakan lima member grup ditambah 1 fandom.

Menurut agensi, grup ini hanya akan jadi sempurna ketika kelima membernya bersatu dengan fandom mereka. Jadi secara tidak langsung, fans sudah diikutsertakan di dalam nama grup ini. Nama AB6IX juga bisa diartikan sebagai Above Brand New Six, yang maknanya berisi harapan bahwa kelima member dan fansnya akan membawa Brand New Music terbang menuju cakrawala baru.

6. Fans Bernama ABNEW

Fans Bernama ABNEW

AB6IX tidak mau mengulur-ulur waktu untuk memberi nama para penggemar mereka. Tepat di hari debutnya, grup ini juga mengumumkan nama resmi untuk fan club AB6IX. Namanya adalah ABNEW yang ternyata juga memiliki makna mendalam seperti nama grup mereka.

AB6IX mengungkapkan bahwa nama tersebut berarti para member dan fans akan bersatu sekaligus  meniti takdir mereka bersama-sama.

7. Bikin Lagu Sendiri

Bikin Lagu Sendiri

* sumber: gulfnews.com

Tidak semua grup mampu menciptakan lagu untuk mereka sendiri, dan AB6IX merupakan salah satu grup yang memiliki kelebihan tersebut. Kemampuan AB6IX dalam hal self producing pun sudah terbukti nyata di dunia musik.

Sebelum debut, AB6IX sempat menyuguhkan video klip lagu “Hollywood” yang sukses memukau penggemar. Bila kalian mengikuti acara Produce 101 Season 2, kalian pasti ingat kalau lagu tersebut pernah ditampilkan di babak evaluasi. Menariknya, lagu “Hollywood” merupakan ciptaan Daehwi yang saat itu baru berusia 16 tahun, sedangkan koreografinya diciptakan oleh Woojin. Keren, kan?

Daehwi memang sudah terbukti piawai dalam menciptakan lagu. Ia pernah membuat lagu “Airplane” untuk grup IZ*ONE, “Young 20” untuk Park Jihoon, hingga lagu “Breathe” yang merupakan lagu debut AB6IX.

Tapi tak hanya Daehwi saja yang punya bakat mumpuni dalam hal membuat lagu, semua member AB6IX juga memiliki talenta yang sama tingginya. Buktinya, semua anggota grup turun tangan langsung dalam pembuatan lagu-lagu di album “B: COMPLETE”.

8. Mantan Trainee Agensi ‘Big 3’

Mantan Trainee Agensi ‘Big 3’

* sumber: www.koreaboo.com

AB6IX saat ini bernaung di bawah agensi Brand New Music, tapi beberapa membernya pernah menjadi trainee di agensi-agensi besar. Jeon Woong misalnya, ia pernah menjadi trainee di JYP Etertainment dan YG Entertainment yang termasuk ke dalam agensi ‘Big 3’. Ia juga sempat masuk ke agensi Woollim Entertainment sebelum beralih ke Brand New Music.

Donghyun, Woojin, dan Daehwi rupanya juga tercatat pernah menjadi trainee di agensi JYP Entertainment. Karena alasan tertentu, mereka akhirnya keluar dari agensi tersebut dan masuk ke Brand New Music sebelum sama-sama mengikuti ajang Produce 101 Season 2.

9. First Win dalam Waktu Singkat

First Win dalam Waktu Singkat

* sumber: www.skanaa.com

Grup rookie alias yang baru debut biasanya susah sekali mendapatkan kemenangan di acara-acara musik, tapi hal ini tidak berlaku bagi AB6IX. Belum genap sebulan debut, grup ini sukses menjadi pemenang di acara The Show pada tanggal 4 Juni 2019. AB6IX mendapatkan skor tinggi dan menduduki posisi pertama setelah mengalahkan CLC dan Lovelyz.

Kemenangan AB6IX tidak terlalu mengejutkan meskipun diraih hanya dalam waktu sekitar 2 minggu setelah debut. Maklum saja, grup ini memang sudah memiliki popularitas yang tinggi bahkan sebelum mereka resmi debut.

10. Monster Rookie

Monster Rookie

* sumber: kpophit.com

AB6IX disebut-sebut sebagai monster rookie, alias grup baru yang popularitasnya benar-benar ‘mengerikan’. Dalam waktu singkat, grup ini sudah mendapatkan beberapa piala di sejumlah acara musik. Mereka juga sukses menjual habis tiket fan meeting pertama mereka yang digelar pada bulan Juli 2019.

Belum lagi skill bermusik para membernya yang tak bisa dipandang remeh, apalagi pihak agensi seolah memberikan kebebasan pada AB6IX untuk mengekspresikan talenta mereka. Wajar saja bila grup rookie yang satu ini cukup ‘ditakuti’ dan sangat diperhitungkan di dunia musik Korea Selatan.

Itulah beberapa fakta soal si monster rookie AB6IX yang kariernya melaju dengan sangat pesat. Kalian juga penggemar AB6IX dan punya banyak fakta lain soal grup ini? Yuk, tuliskan di kolom komentar dan saling berbagi dengan ABNEW lainnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar