Bacaterus / Puasa / 15 Minuman Es untuk Buka Puasa yang Segar Banget

15 Minuman Es untuk Buka Puasa yang Segar Banget

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbuka puasa memang paling enak dengan yang segar-segar. Beberapa minuman segar untuk buka puasa, seperti es dawet, es selendang mayang, dan es kopyor memang selalu menjadi pilihan. Namun, jika bosan beberapa minuman segar tersebut, Anda bisa mencoba minuman es yang lainnya karena ada banyak pilihan es segar yang nikmat sekali disantap saat buka puasa.

Nah, kali ini Bacaterus ingin merekomendasikan 10 pilihan es untuk buka puasa yang super segar! Beberapa pilihan es ini mungkin jarang dipilih untuk takjil buka puasa. Namun, tak ada salahnya jika mulai saat ini Anda memilih 15 es ini untuk membatalkan puasa Anda saat adzan maghrib berkumandang.

1. Es kelapa muda

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Pagi Hari

Es kelapa muda pasti selalu jadi primadona saat bulan puasa. Wajar saja, karena es kelapa ini memang sangat segar untuk disantap melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Selain segar, es kelapa muda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa es kelapa muda bisa mengembalikan ion dan cairan di tubuh yang hilang saat berpuasa.

Nah, kebanyakan es kelapa muda hanya disajikan biasa tanpa menambahkan topping apapun selalin gula. Namun, ada beberapa penjual yang mengkreasikan es kelapa muda menjadi minuman lebih segar, entah ditambah cincau, agar-agar, bahkan sirup. Kalau Anda lebih suka minum es kelapa muda dengan cara apa?

2. Es campur

Es campur

Tak sulit untuk menemukan pedagang es campur di pinggir-pinggir jalan. Bahkan, minuman es untuk buka puasa ini juga bisa dijumpai dengan mudah di restoran bintang lima.

Sesuai dengan namanya, es ini memang mencampurkan beberapa bahan-bahan tertentu. Yang harus ada di dalam es campur adalah cincau hitam, kolang-kaling, potongan roti tawar, dan sisanya adalah potongan buah-buahan sesuai selera (umumnya adalah alpukat, kelapa, dan nangka).

Semua bahan diletakkan di dalam mangkuk, lalu diberi susu kental manis dan sirup. Terakhir, mangkuk tersebut akan diberi es batu yang sudah diserut. Sebelum makan, aduk dulu es campur agar susu kental manis dan sirupnya tercampur dengan bahan-bahan lainnya.

3. Es puter

Es puter Es untuk Buka Puasa

Duh, siapa yang bisa menolak kesegaran yang ditawarkan es puter. Apalagi es puter hadir dengan rasa-rasa yang menggugah selera, seperti coklat, vanila, kopyor, durian, alpukat, sampai dengan dragon fruit alias buah naga. Es puter adalah es krim khas dari Indonesia.

Dinamakan es puter karena mesin pembuatnya terus berputar-putar seperti mesin cuci. Di samping itu, es puter memang mudah sekali ditemukan, mulai dari di pedagang kaki lima sampai dengan restoran mewah. Dewasa ini, sudah banyak penjual es puter yang menyediakan beragam topping untuk memberi variasi yang berbeda.

4. Es doger

Es doger

* sumber: infokuliner.com

Berpuasa di saat cuaca panas memang membuat kita merasa semakin dahaga. Namun, ketika adzan maghrib terdengar, kita bisa membatalkan puasa dengan minuman es yang segar-segar, seperti es doger. Sama seperti es campur, es doger ini sebenarnya sangat mudah dijumpai. Isi dari es doger adalah mutiara, nangka, alpukat, tape ketan hitam, dan daging kelapa muda.

Setelah semua bahan diletakkan di dalam gelas, tambahkan dengan sirup homemade yang berbahan dasar santan, gula, garam, dan sedikit pewarna makanan berwarna merah. Namun, sebelumnya bekukan sirup homemade tersebut di dalam freezer terlebih dahulu, ya!

5. Es cincau

Es cincau

Cincau adalah makanan sehat yang dapat melancarkan pencernaan. Bila Anda memiliki tanaman daun cincau di rumah, maka Anda bisa membuat puding cincau sendiri. Sebenarnya es cincau ini bisa dibuat dari cincau hijau, es batu, dan sirup coco pandan saja.

Akan tetapi, kali ini Bacaterus ingin memberi sedikit variasi yang berbeda, yakni dengan membuat es cincau yang dicampur santan dan gula merah cair. Meskipun sedikit mirip dengan es dalimun, yang membedakan hanyalah es cincau ini tidak dilengkapi dengan kolang-kaling. Rasanya tidak kalah segar dengan es cincau biasa yang hanya dicampur dengan sirup coco pandan, lho.

6. Es cendol

es cendol

Kalau orang di Tanah Sunda pasti sudah tidak asing dengan minuman es yang satu ini. Namanya es cendol yang dibuat dari tepung hunkwe. Namun, beberapa orang juga membuat cendol dari tepung beras. Setelah cendolnya selesai dimasak, lalu diberi potongan es dengan diguyur gula merah cair. Agar rasanya tidak terlalu manis, tambahkan cairan santan di atasnya. Pasti segar diminum saat buka puasa!

7. Es oyen

cara membuat es oyen istimewa

Sejatinya, es dari Bandung ini memang sedikit mirip dengan es campur pada umumnya. Tapi bila Anda merasakannya lebih lama, es ini memiliki citarasa berbeda dengan es campur. Ada tambahan santan di dalam es oyen. Selain itu, ada tambahan pacar cina yang tidak Anda temukan di dalam es campur.

Selebihnya isi es oyen ini mirip dengan es campur, yakni nangka, kelapa muda, dan alpukat. Yang membedakan tidak ada cincau hitam dan kolang-kaling di dalam es oyen.

8. Es alpukat kerok

Es alpukat kerok

* sumber: biakaputeri.blogspot.co.id

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat? Buah yang dagingnya berwarna hijau kekuningan ini memang serbaguna. Anda dapat mengolah alpukat menjadi jus, es krim, sampai dimakan begitu saja juga nikmat. Jika Anda ingin membuat es untuk buka puasa yang mudah dan tidak ribet, buatlah es alpukat kerok.

Kerok daging buah alpukat, lalu tempatkan di dalam mangkuk. Tambahkan sedikit air minum dan es batu. Kemudian, taburkan susu bubuk coklat (biasanya Milo) di atas alpukat yang sudah dikerok tersebut. Es alpukat yang manis dan segar ini siap untuk dinikmati. Nah, cara membuatnya sangat mudah, bukan?

9. Es mega mendung

Es mega mendung

* sumber: jelasbeda.blogspot.co.id

Minuman es yang satu ini juga pasti bisa melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Adalah es mega mendung yang cara membuatnya sangat mudah dan rasanya pun sangat familiar di lidah orang-orang Indonesia.

Pertama, Anda harus menyediakan gelas berukuran besar. Selanjutnya, tuangkan susu kental manis dengan rasa vanilla atau cokelat sesuai selera. Tuangkan satu botol coca cola berukuran sedang ke dalam gelas tersebut, lalu aduk-aduk hingga berbuih.

Setelah itu, lanjutkan dengan menambahkan es batu yang sudah diserut ke dalam gelas. Tambahkan topping berupa susu kental manis, meses cokelat, dan buah ceri agar rasa es mega mendung yang Anda buat lebih segar.

10. Es selendang mayang

Es Selendang Mayang

Kalau es yang satu ini sangat populer di Jakarta. Wajar saja, pasalnya es selendang mayang memang minuman es khas Betawi. Untuk pembuatannya, Anda memerlukan tepung hunkwe yang dicampur dengan air dan sagu tani. Jika adonannya sudah beres, lalu berikan pewarna makanan agar terlihat semakin menarik.

Sedangkan untuk kuahnya, Anda hanya perlu air rebusan pandan, disertai dengan santan dan gula merah. Panaskan bahan-bahan tersebut sampai semuanya tercampur dengan sempurna. Setelah itu, diamkan hingga dingin dan sajikan bersama adonan tepung hunkwe tadi.

11. Es pallu butung

Es pallu butung

* sumber: ireport.cnn.com

Es pallu butung atau yang lebih dikenal dengan nama es pisang ijo adalah pilihan es yang segar untuk berbuka puasa. Sekilas potongan buah pisang dalam es ini nampak seperti pisang dengan daging buah berwarna hijau.

Akan tetapi, sebenarnya pisang tersebut sudah dibungkus dengan adonan yang dibuat dari tepung beras dan daun pandan. Kemudian, pisang yang sudah dibungkus adonan dikukus dan dipotong-potong.

Es pallu butung disajikan dengan kuah kental dari campuran tepung beras dan air rebusan pandan. Rasanya sangat segar dan tidak terlalu manis, sehingga tidak membuat Anda jadi cepat haus.

12. Es teler

Es teler

Es untuk buka puasa berikutnya sudah diresmikan sebagai minuman asli Sukoharjo. Adalah es teler yang merupakan minuman segar yang sebenarnya bisa Anda temukan di berbagai kota di Indonesia. Cara membuat es teler ini begitu mudah karena bahan-bahan yang diperlukan juga sangat sederhana.

Hanya dengan alpukat, kelapa muda, nangka, dan sedikit cincau, Anda sudah bisa membuat es teler yang nikmat. Jangan lupa untuk turut menambahkan es batu serut dan susu kental manis vanilla agar rasanya semakin maknyus!

13. Es blewah

Es Blewah

Anda tahu buah blewah? Nah, itulah bahan utama dari minuman es ini. Pembuatannya sangat gampang, Anda hanya perlu memotong daging buah blewah dengan ukuran kecil. Lalu, masukan ke dalam wadah yang sudah dicampur dengan es batu.

Kemudian, campurkan sirup rasa apapun, biasanya rasa cocopandan. Terakhir, beri susu kental manis agar rasanya semakin segar. Mau tambahkan topping? Boleh, bisa taburi selasih di atas es blewah. Makin segar! Simpel banget, kan?

14. Es kacang merah

Es kacang merah

* sumber: espisangijoasli.com

Mau minuman es yang sehat dan segar? Cobalah membuat es kacang merah. Minuman es khas Bangka ini sangat mudah. Apalagi bahan utamanya adalah kacang merah yang bisa menjadi sumber protein yang sehat.

Anda hanya perlu merendam kacang merah sampai empuk, lalu tambahkan gula, vanili, dan sedikit garam ke dalam kacang merah itu. Untuk membuat kuah es kacang merah, gunakan santan, susu kental manis, dan sedikit tepung maizena. Sajikan kacang merah dan kuahnya di dalam mangkuk, tambahkan es serut dan susu kental manis cokelat.

15. Es soda gembira

es soda gembira

Mau yang lebih segar dengan sentuhan rasa soda? Kalau begitu, Anda harus coba minuman es soda gembira. Minuman ini punya highlight di bagian sodanya. Namun, sodanya ini diberi sirup dan susu kental manis. Lalu, disajikan dengan air es yang diberi potongan es. Gampang banget, kan?

Oh iya, untuk sodanya bisa soda apa saja, ya. Tapi biasanya menggunakan soda tanpa rasa agar rasanya tidak saling bertabrakan dengan rasa manis dari susu kental manis dan sirup.

Wah, 15es untuk buka puasa ini bikin kita jadi haus, ya! Tunggu apalagi, segera pilih es favorit Anda untuk berbuka puasa dan segera beli atau buat sendiri sebagai takjil Anda dan keluarga.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *