Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Mitos atau Fakta, Adakah Buah Durian Paling Besar di Dunia?

Mitos atau Fakta, Adakah Buah Durian Paling Besar di Dunia?

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Kalau sedang musim durian, ada banyak pedagang kaki lima yang menjual buah tersebut di pinggir jalan. Apalagi jika daerah tempat tinggal Anda termasuk daerah penghasil durian, seperti Trenggalek atau Jombang, tentu saja Anda bisa dengan mudah menemukan pedagang durian ketika sedang musimnya.

Berbicara soal durian, ada beberapa foto yang viral di media sosial mengenai buah durian paling besar di dunia. Kebenaran mengenai foto tersebut masih dipertanyakan lantaran sampai saat ini belum ada rekor khusus yang mencatat adanya penemuan durian terbesar di dunia.

Lantas, adakah buah durian terbesar di dunia? Apakah hal tersebut termasuk mitos atau fakta? Bacaterus akan menjawab kebenaran seputar keberadaan durian paling besar di dunia di sini.

Durian Paling Besar Dunia, Mitos atau Fakta?

Durian Paling Besar Dunia Durian Paling Besar Dunia

Berbicara mengenai durian paling besar di dunia ternyata ada sejumlah foto yang menunjukkan bahwa ada beberapa durian dengan ukuran yang tak lazim. Namun, foto tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Jadi, foto-foto tersebut bisa terbilang hoax atau hanya sekedar editan belaka.

Sampai saat ini belum ada rekor dunia yang mencatat adanya buah durian dengan ukuran yang sangat jumbo sehingga layak mendapat predikat durian paling besar di seluruh dunia. Dapat dikatakan bahwa keberadaan durian terbesar di dunia hanyalah mitos yang tidak perlu diambil pusing.

Durian Terbesar di Setiap Negara

Meskipun belum ada catatan yang menunjukkan tentang durian paling besar di dunia, tetapi ada beberapa negara yang memiliki durian dengan ukuran yang sangat besar. Tak hanya satu buah saja, varietas durian dari beberapa negara ini memang “biasa” tumbuh dengan ukuran yang tidak lazim. Biar Anda nggak penasaran, simak ulasan mengenai varietas durian terbesar dari beberapa negara berikut ini:

1. D24

D24

Yang satu ini adalah varietas durian terbesar dari Malaysia. Ciri-ciri durian D24 bisa dilihat dari warna kulitnya yang hijau kekuningan cerah. Ukurannya cukup besar dan daging buahnya pun banyak. Daging buahnya tebal, tapi rasa manisnya sedikit bercampur dengan rasa pahit yang tidak terlalu mengganggu.

Walaupun ukuran luarnya terlihat besar, daging buah durian D24 ini tergolong dalam ukuran medium. Meskipun begitu, daging buahnya yang tebal ini memiliki tekstur yang lembut dan creamy. Tak hanya soal ukuran saja, D24 juga banyak diburu di Malaysia karena daging buahnya sangat ideal untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan.

2. Udang Merah

Udang Merah

Masih membahas durian terbesar dari Malaysia, kali ini ada varietas durian udang merah. Jenis durian ini memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang jenis durian lainnya. Bentuk buahnya agak memanjang sehingga tampak besar dan sedikit lonjong.

Ketika dibelah, daging buah durian udang merah nampak berwarna kuning kemerahan. Ukuran daging buahnya pun besar dengan tekstur yang tebal. Saat digigit, daging durian udang merah ini terasa lembut dan tidak berserat. Rasa manisnya yang legit membuat Anda pasti jatuh hati saat pertama kali menyantapnya.

3. Sầu Riêng RI6

Sầu Riêng RI6

Kalau Anda mencari durian paling besar di dunia, nampaknya Anda harus berkunjung ke Vietnam. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil durian yang cukup besar di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, jumlah produksi durian di Vietnam tidak kalah dengan Thailand, Indonesia, dan Malaysia.

Di beberapa kesempatan, Vietnam juga kerap kali menggelar festival durian untuk memamerkan hasil durian dengan ukuran yang abnormal. Namun, di antara semua itu ternyata ada varietas durian terbesar di Vietnam, namanya Sầu Riêng RI6.

Jenis durian ini juga merupakan jenis durian unggulan favorit masyarakat dan wisatawan. Ukurannya terbilang jumbo jika dibandingkan dengan jenis durian lainnya. Saat dibelah, nampak daging buahnya berwarna kuning cerah. Rasa daging buahnya sangat manis dan tebal. Walaupun tekstur daging buah durian Sầu Riêng RI6 terbilang lembut, tapi masih ada serat-serat halus pada daging buahnya.

4. Kan Yao

Kan Yao

Beralih ke Thailand, ada varietas durian yang cukup digemari di Thailand, namanya adalah durian Kan Yao. Satu buah durian kan yao bisa mencapai bobot 2 – 4,5 kilogram. Ciri-ciri dari durian ini bisa dikenali lewat bentuknya yang bulat dan batangnya yang cukup panjang.

Kan yao memiliki ukuran 3-4 kali lebih besar dibanding jenis duran lokal Thailand lainnya. Hal tersebut membuat kan yao menjadi salah satu jenis durian terbesar di Thailand yang cukup diminati.

Berbicara soal daging buah, kan yao memiliki daging buah yang besar, tapi karena bagian bijinya saja yang besar. Daging buah yang membalut kulit durian ini sejatinya tidak terlalu tebal. Walaupun demikian, kan yao menawarkan rasa manis yang bikin ketagihan.

5. Mon Thong

Mon Thong

Mon thong atau durian montong sebenarnya bukan durian yang berasal dari Thailand. Jenis durian ini bisa tumbuh di Indonesia dan penanamannya sudah merata di seluruh Nusantara. Hanya saja, durian mon thong ini memiliki ukuran yang lebih jumbo di Thailand.

Durian mon thong di Indonesia beratnya bisa mencapai 2 – 4 kilogram. Sementara di Thailand, durian ini beratnya bisa mencapai bobot 6 kilogram per buah. Soal daging buah, mon thong terkenal memiliki rasa yang manis dengan daging yang tebal membalut kulit buahnya.

Di Indonesia, durian montong termasuk jenis durian paling favorit. Durian ini banyak dicari oleh masyarakat di Indonesia karena harganya tidak semahal durian musang king dan rasanya pun enak. Apakah Anda juga termasuk salah satu penggemar durian montong?

Hutan Durian Terbesar Ada di Indonesia

Hutan Durian Terbesar Ada di Indonesia

* sumber: geotimes.co.id

Meskipun tidak memiliki durian paling besar di dunia, ternyata Indonesia mempunyai hutan pohon durian terbesar di dunia, lho. Bahkan, di negara lain tidak ada lahan durian sebesar yang dimiliki di Indonesia.

Hutan Durian Internasional berada di Desa Sawahan, Trenggalek, Jawa Timur. Hutan tersebut diklaim sebagai hutan durian terbesar di seluruh dunia. Luas hutan ini adalah 600 hektar. Pemerintah setempat berencana membekali petani di desa tersebut dengan bibit-bibit durian unggul agar mereka mampu menghasilkan durian berkualitas yang diminati oleh konsumen.

Kalau Anda sedang jalan-jalan ke Trenggalek, jangan lupa untuk mampir ke hutan durian terbesar di dunia. Walaupun negara kita tidak berhasil mencatat rekor durian paling besar di dunia, setidaknya kita punya lahan hutan durian terbesar di dunia, lho.

Itulah ulasan mengenai durian paling besar di dunia. Kesimpulannya, sampai saat ini masih belum ada jenis durian yang mendapat predikat yang terbesar di dunia. Nah, kalau Anda ingin membeli durian dengan ukuran yang besar sah-sah aja, cermati artikel cara memilih durian yang matang ini agar Anda tidak salah pilih durian.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment