Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Jenis Durian Lokal Paling Enak dari Berbagai Daerah

10 Jenis Durian Lokal Paling Enak dari Berbagai Daerah

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Durian, buah yang satu ini memang cukup ngangenin meskipun ada beberapa orang yang bisa “mabuk” hanya karena mencium aromanya. Terlepas dari aromanya yang menyengat, durian termasuk buah yang cukup favorit di Indonesia. Di mana ada pedagang durian pasti lapaknya segera diserbu oleh pembeli. Hal tersebut menunjukkan bahwa orang-orang Indonesia masih sangat menyukai buah berduri ini.

Kalau Malaysia punya Musang King sebagai varietas durian unggulan, Indonesia ternyata juga memiliki sejumlah jenis durian lokal paling enak, lho. Daripada membeli Musang King yang harganya selangit, coba durian lokal yang akan diulas satu persatu oleh Bacaterus ini, yuk!

10 Jenis Durian Paling Enak di Indonesia

1. Si Mimang

Si Mimang

* sumber: travel.kompas.com

Dari sekian banyak jenis durian lokal paling enak, Durian Si Mimang ini adalah jenis durian yang paling unggul. Varietas ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003. Kala itu, Si Mimang menjadi juara satu dalam kontes Festival Buah Unggul Nasional.

Semenjak saat itu, Si Mimang mulai dibudidayakan di Banjarnegara, Jawa Tengah. Jenis durian ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dengan diameter sekitar 15 cm. Daging Durian Si Mimang memiliki rasa manis dengan sedikit sentuhan rasa alkohol. Kadar air dalam daging Si Mimang terbilang sedikit dan buah ini cenderung mengandung serat yang cukup banyak.

2. Candimulyo

Candimulyo

* sumber: medium.com

Durian Candimulyo atau yang memiliki nama beken Durian Candy adalah durian lokal yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Durian ini memiliki ukuran yang cukup besar, tapi bijinya berukuran kecil. Ukuran durian seperti inilah yang banyak disukai konsumen karena biji buahnya tidak terlalu besar sehingga daging buahnya pun lebih tebal.

Rasa Durian Candimulyo ini sedikit unik karena memadukan rasa manis dan sedikit pahit. Meskipun demikian, rasa pahitnya tidak mengganggu dan tersamarkan oleh rasa manisnya. Candimulyo adalah varietas terbaik untuk diolah menjadi berbagai macam makanan karena rasanya tidak terlalu manis.

3. Bawor

Bawor

* sumber: toko.tipspetani.com

Bisa dikatakan bahwa Durian Bawor adalah KW-nya Durian Montong. Banyak oknum pedagang “nakal” yang menjual Bawor sebagai Durian Montong. Jika pembeli tidak terlalu jeli dan tidak memiliki pengalaman dalam membandingkan varietas durian, bisa-bisa mereka terkecoh membeli Durian Bawor yang disangkanya Montong.

Bawor adalah durian yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Daging buahnya berwarna orange cerah dengan tekstur daging yang tebal dan kulitnya tipis. Biji buah durian ini kecil, tapi rasanya berbeda dengan montong. Rasa durian bawor ini manis, tapi ada sedikit rasa getir dan alkoholnya. Berat Durian Bawor yang biasa dijual di pasaran adalah 6-9 kg, tetapi ada juga yang beratnya bisa mencapai 15 kg.

4. Perwira

Perwira

* sumber: www.kompasiana.com

Usut punya usut, jenis durian lokal paling enak berikut ini hanya ada di Majalengka, Jawa Barat. Jadi, kalau Anda sedang jalan-jalan di Majalengka, sempatkan diri untuk berburu Durian Perwira. Durian ini memiliki tampilan yang biasa-biasa saja dan tidak memiliki ciri khusus.

Walaupun tidak menarik dari segi tampilan, Perwira tergolong varietas durian lokal unggulan. Rasa daging buahnya manis tetapi tidak semanis Montong atau Musang King. Dagingnya nampak berwarna kuning pucat dan ketebalannya pun terbilang sedang.

5. Ajimah

Ajimah

Durian favorit Presiden Soekarno ini asalnya dari Ciomas, Bogor. Dulu, Presiden Soekarno sangat menyukai durian lokal yang satu ini. Sampai-sampai masyarakat juga menamakan Durian Ajimah sebagai Durian Bung Karno. Bentuk durian ini bulat dan ukurannya tidak terlalu besar. Bobot satu buah Durian Ajimah hanya sekitar 1,5 – 3 kg saja.

Kulit bagian luarnya berwarna hijau keabu-abuan. Durinya sangat jarang dan ukurannya besar-besar. Ketika dibelah, Anda akan menemukan daging buah berwarna kuning muda dan sangat tebal. Rasa daging buahnya manis walaupun ada sedikit rasa pahitnya. Namun, bijinya kecil sehingga Anda bisa mendapatkan ekstra daging buah ketika menyantap Ajimah.

6. Petruk

Petruk

Montong dan Musang King memang menjadi varietas durian idola di Indonesia. Akan tetapi, kalau berbicara mengenai jenis durian lokal paling enak, sudah jelas Durian Petruk lah juaranya. Durian asal Jepara ini telah merebut hati sebagian besar masyarakat Indonesia.

Durian Petruk memiliki ciri khas bentuk yang bulat seperti telur, di mana bagian ujungnya terlihat agak meruncing. Sementara untuk dagingnya tebal, ada sedikit serat halus dan tidak lembek. Rasa Durian Petruk memang manis, tapi ada sedikit sentuhan rasa pahit yang tidak terlalu mengganggu. Aroma Petruk tidak menyengat sehingga tidak terlalu memabukkan.

7. Putar Alam

Putar Alam

Jenis durian lokal paling enak tidak hanya berasal dari Pulau Jawa saja, lho. Ternyata ada juga varietas durian unggulan yang berasal dari Bandar Lampung, Lampung, yaitu Durian Putar Alam. Satu pohon durian jenis ini bisa menghasilkan 310 – 390 buah per tahun. Benar-benar hasil yang sangat fantastis, bukan?

Durian Putar Alam terbilang kecil karena bobotnya tidak melebihi 2 kg per buah. Akan tetapi, rasa daging buahnya dijamin manis dan tidak terasa pahit. Anda pasti langsung ketagihan setelah mencicipi Durian Putar Alam ini. Aroma durian ini juga tidak terlalu menyengat, sehingga Anda bisa membawanya untuk oleh-oleh.

8. Si Japang

Si Japang

Dinamakan Si Japang karena durian yang berasal dari daerah Awang Bangkal, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan ini dulunya merupakan jenis durian lokal yang paling disukai oleh orang-orang Jepang. Konon, ada sentuhan rasa alkohol di daging buah durian yang satu ini.

Si Japang berbentuk lonjong dengan duri yang terlihat jarang. Bobot satu buah Durian Si Japang hanya sekitar 1,5 – 2,5 kg saja. Daging buahnya sendiri berwarna kuning, kering, dan sedikit berserat. Rasa daging buahnya manis, sedikit gurih, dan memang terasa mengandung alkohol.

9. Salopa

Salopa

Primadona durian lokal dari Tasikmalaya ini memang pantas masuk ke dalam daftar jenis durian lokal paling enak. Salopa merupakan gambaran durian yang paling sempurna. Bagaimana tidak, varietas ini menawarkan daging buah yang tebal dan rasa yang manis legit. Boleh dibilang bahwa kualitas Salopa memang mendekati Montong dan justru lebih baik ketimbang Durian Bokor.

Sayangnya, popularitas Durian Salopa tidak seperti durian lokal lainnya. Masih banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan Durian Salopa. Padahal, durian ini memiliki kualitas daging buah yang sangat baik.

10. Ripto

Durian Lokal Paling Enak Ripto

Trenggalek memiliki hutan durian terbesar di dunia. Jadi, sangat wajar jika daerah tersebut mampu menghasilkan durian dalam jumlah banyak setiap tahunnya. Salah satu varietas durian unggulan dari Trenggalek adalah Durian Ripto.

Durian yang bobotnya hanya sekitar 1,5 – 2,1 kg ini memiliki daging berwarna kuning tua. Rasanya juga sangat manis dan tidak terasa pahit. Aroma buahnya tidak terlalu tajam sehingga tidak mengganggu indra penciuman.

Dari 10 jenis durian lokal paling enak, manakah jenis durian yang ingin segera Anda coba? Kenali juga jenis durian lain yang populer di Indonesia dalam artikel jenis durian paling enak dan terkenal di Indonesia.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment