bacaterus web banner retina

10 Drama Mirip The Raincoat Killer, Teror Pembunuh Berantai

Tayangan docuseries Netflix berjudul The Raincoat Killer: Chasing a Predator in Korea (2021) menunjukkan kisah nyata pihak kepolisian menangkap Yoo Young Chul, seorang pembunuh berantai yang menewaskan kurang lebih 20 orang dalam waktu satu tahun. Sasarannya adalah orang-orang kaya yang sudah berusia senja dan wanita yang menjajakan tubuhnya.

Dalam membunuh, Yoo Young Chul menghabisi korbannya menggunakan godam hingga membuat kepala korban hancur. Dia juga memutilasi para korban wanitanya. Kengerian dari kasus-kasus pembunuhan berantai seperti ini banyak diadaptasi jadi sebuah drama. Bagi pecinta genre thriller, beberapa rekomendasi drama mirip kasus The Raincoat Killer ini pertontonkan ketegangan saat mengusut kasus tentang pembunuhan berantai. Apa saja drama yang dimaksud?

1. Flower of Evil (2020)

Flower of Evil

Flower of Evil (2020) adalah sebuah drama yang menyandingkan ketegangan dari kasus pembunuhan berantai dengan drama dari konflik keluarga antara suami dan istri. Dimainkan oleh Lee Joon Gi dan Moon Chae Won, keduanya berperan sebagai pasangan suami istri. Selama menjalani hidup sebagai suami, Lee Joon Gi atau Baek Hee Sung ternyata menggunakan identitas palsu.

Identitas yang dia pakai adalah milik putra dari Gong Mi Ja dan Baek Man Woo. Baek Hee Sung sendiri bernama asli Hyun Do. Dia adalah putra dari pembunuh berantai bernama Do Min Seok. Do Min Seok terobsesi menjadikan Hyun Do seperti dirinya tapi tak pernah berhasil. Dia pun bertemu Baek Hee Sung yang asli dan ‘menurunkan’ sifat psikopat padanya.

Keadaan bertambah runyam kala istri Hyun Do atau Baek Hee Sung adalah seorang detektif. Cha Ji Won mendapat petunjuk yang mengarah bahwa suaminya adalah pembunuh berantai. Bagaimana kesalahpahaman yang rumit ini dapat diurai? Akankah Cha Ji Won tetap percaya pada suaminya?

2. Beyond Evil (2021)

Beyond evil

Drama mirip kasus The Raincoat Killer yang menghebohkan Korea bisa juga kamu tonton dalam karya garapan sutradara Shim Na Yeon ini. Berjudul Beyond Evil (2021), drama ini memiliki alur cerita yang penuh teka-teki dan dikemas secara rapi. Pantas jika ia dinobatkan sebagai Best Drama dalam 57th Baeksang Arts Awards. 

Beyond Evil (2021) bercerita tentang kehebohan penduduk Desa Manyang, desa yang akan direlokasi, setelah mengetahui salah satu warga mereka adalah pembunuh berantai yang meresahkan. Kasus ini membawa Han Joo Won tertarik untuk memecahkannya. Dia lantas mencurigai Lee Dong Sik, anggota kepolisian Manyang yang mencurigakan. Benarkah Lee Dong Sik pelaku dari semua pembunuhan yang berlangsung sejak 20 tahun lalu?

3. Mouse (2021)

Mouse Lee Seung Gi

Ingin melihat Lee Seung Gi berperan sebagai psikopat? Kamu harus nonton Mouse (2021)! Adu akting bersama Lee Hee Joon, Park Ju Hyun dan Kyung Soo Jin, Lee Seung Gi bermain sebagai Jung Ba Reum; putra seorang psikopat yang dijuluki head hunter karena menyasar kepala para korbannya. Jung Ba Reum mewarisi gen tersebut dan menutupinya dengan hidup normal sebagai anggota kepolisian.

Jung Ba Reum terkenal sebagai anggota kepolisian teladan yang ringan tangan membantu orang lain. Dia membunuh orang-orang tak bersalah yang cenderung bersikap baik. Baginya, sifat baik adalah dosa yang harus mendapat hukuman. Suatu hari Jung Ba Reum mendapat transplantasi otak dari Sung Yo Han, semenjak itu naluri pembunuhnya “terganggu”. Dia yang semula berhati dingin saat membunuh orang-orang mendadak tersiksa dengan nalurinya.

4. Defendant (2017)

Innocent Defendant

Drama selanjutnya yang bercerita tentang pembunuh berantai adalah Innocent Defendant (2017). Dibumbui drama, serial yang tayang sebanyak 18 episode ini mengisahkan kehidupan pilu seorang jaksa yang dikagumi karena kemampuannya bernama Park Jung Woo. Jung Woo memiliki seorang istri bernama Yoon Ji Soo dan putri cantik bernama Park Ha Yeon. Usai merayakan ulang tahun putrinya, Jung Woo kaget bukan kepalang karena terbangun di penjara dan sebagai tahanan.

Jung Woo yang hilang ingatan akhirnya mengetahui kalau dia dituduh membunuh istri dan anaknya sendiri. Sementara itu seorang ambisius bernama Cha Min Ho, saudara kembar Cha Seon Ho, membunuh seorang gadis. Perbuatan Cha Min Ho terendus Park Jung Woo. Alih-alih sadar pria ini malah membunuh saudara kembarnya dan berpura-pura menjadi dirinya. Dia juga membunuh orang-orang yang berupaya membantu Jung Woo untuk mengungkapkan fakta sebenarnya.

5. Tunnel (2017)

Tunnel

Drama mirip kasus The Raincoat Killer selanjutnya adalah Tunnel (2017). Ia bercerita tentang kehebohan yang terjadi di Desa Hwayang pada tahun 1986 akibat pembunuhan berantai wanita-wanita muda yang dilakukan seorang psikopat. Guna menyelidiki kasus tersebut Park Kwang Ho diperintahkan menyelesaikannya. Namun, keterbatasan peralatan membuat sang pelaku sulit ditangkap.

Suatu malam saat sedang berpatroli Kwang Ho melihat sosok yang diduga si pembunuh berada di sebuah tempat. Pengejaran pun dilakukan hingga melintasi sebuah terowongan. Anehnya terowongan tersebut membawa Kwang Ho ke masa depan di tahun 2017. Di sana Kwang Ho kembali berhadapan dengan pembunuh berantai yang sama. Dia kembali melakukan aksinya setelah 30 tahun.

6. Voice Season 1-4 (2017-2021)

Voice

Voice series jadi salah satu drama Korea tentang pembunuhan berantai yang paling terkenal. Hingga musim ke empat, ketegangan yang disuguhkan masih sama. Serial ini dibintangi Lee Ha Na yang berperan sebagai Kang Kwon Joo, seorang polisi wanita yang bertugas di call center. Dia punya kemampuan spesial dapat mengidentifikasi suara sampai yang paling kecil dan detail.

Menggunakan kemampuannya bersama tim Golden Time Lee Ha Na harus berhadapan dengan pelaku kejahatan, salah satunya pembunuh berantai yang meresahkan. Setiap musim pembunuh berantai yang dihadapi Kang Kwon Joo berbeda-beda. Di musim ke empat dia bekerja sama dengan Derek Jo dari LAPD yang kehilangan adiknya karena dibunuh si pembunuh bayaran.

7. Train (2020)

Train

Drama mirip kasus The Raincoat Killer selanjutnya adalah berjudul Train (2020). Bedanya sebagai bentuk karya fiksi, Train (2020) membumbui jalan ceritanya dengan fantasi, dalam hal ini dunia paralel. Seo Do Won merupakan seorang detektif yang tak punya takut. Dia tangguh dalam menyelesaikan kasus terberat sekalipun.

Namun, suatu hari kekuatannya seperti hilang kala wanita yang dia cintai jadi korban terbaru dari seorang pembunuh berantai. Secara misterius Do Won bisa masuk ke dunia lain, dunia paralel. Dia dihadapkan pada situasi membingungkan karena kemungkinan wanita yang dicintainya itu masih hidup di dunia lain. Bagaimana kelanjutan ceritanya?

8. Memorist (2020)

Memorist

Yoo Seung Ho berperan sebagai Dong Baek; seorang detektif yang punya kemampuan istimewa. Dia bisa membaca ingatan orang lain hanya dengan menyentuh orang tersebut. Kemampuan Dong Baek awalnya dianggap sebagai pelanggaran hak privasi, tapi ketika serangkaian pembunuhan terjadi dia tak bisa tinggal diam.

Bekerjasama dengan seorang criminal profiler, Han Sun Mi, keduanya berusaha menghentikan jatuhnya korban baru. Namun, saat mereka sedang mengejar pembunuhnya, kebenaran mengenai masa lalu masing-masing yang bermasalah, mulai terungkap. Pengejaran dan penyelesaian kasus pembunuh bayaran jadi semakin rumit.

9. Hello Monster (2015)

Hello Monster

Selanjutnya, drama mirip kasus The Raincoat Killer karena bercerita tentang pembunuhan berantai adalah Hello Monster (2015). Dibintangi Seo In Guk dan Park Bo Gum, ia menyuguhkan sebuah cerita tentang seorang criminal profiler dari Amerikabernama Lee Hyeon yang kembali ke Korea karena menerima email misterius.

Setelah menyelesaikan beberapa kasus, ingatan Lee Hyeon tentang masa lalu perlahan kembali, termasuk petunjuk tentang keberadaan adik laki-lakinya, yang dia cari, yang dia duga sudah meninggal dunia. Di masa lalu ayah Lee Hyeon, Lee Jung Min, adalah seorang psikolog yang sedang meneliti seorang pembunuh berantai. Dari penelitian itu dia merasa Lee Hyeon punya ciri-ciri sebagai psikopat. Benarkah kecurigaan Lee Jung Min pada anak pertamanya itu

10. Suspicious Partner (2017)

Suspicious Partner

Berjumlah 40 episode, drama Suspicious Partner (2017) menyuguhkan sebuah cerita yang panjang antara Bong Hee dan Ji Wook. Bong Hee bersama kekasihnya Hee Joon, magang di lembaga yudisial yang sama. Ji Wook sendiri adalah seorang jaksa. Suatu hari Bong Hee mendapati Hee Joon berselingkuh dengan wanita lain.

Suatu hari Bong Hee menemukan Hee Joon dibunuh oleh seseorang. Bong Hee menjadi tertuduh atas kejahatan tersebut dan Ji Wook menjadi jaksanya. Mereka bekerja sama membuka sebuah kasus misterius yang melibatkan seorang pembunuh psikopat yang licik.

Itu dia sepuluh drama tentang kasus pembunuhan berantai atau drama mirip kasus The Raincoat Killer yang menggemparkan Korea di awal tahun 2000-an lalu. Tragedi mengenai serial murder jelas meresahkan. Cerita tentang psikopat, selalu mengerikan. Sensasi itu yang coba diambil lalu dibuat menjadi sebuah karya fiksi dalam bentuk drama. Gimana? Tertarik merasakan ketegangannya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram