bacaterus web banner retina

10 Rekomendasi Drama yang Mirip A Business Proposal (2022)

Drama A Business Proposal (2022) mendapat sorotan dan banyak disukai karena ceritanya sangat ringan. Walau cenderung cliché dan cheesy, nyatanya ia bisa menghibur banyak orang. Kisah bak fairy tale ketika seorang wanita pekerja biasa dicintai atasannya adalah formula lama, tapi ia membuktikan kalau cerita semacam itu masih banyak diminati.

Khusus untukmu yang sedang penat dengan plot-plot berat, drama mirip A Business Proposal (2022) berikut ini bisa jadi pilihan. Ceritanya tidak kalah ringan dan menyenangkan. Apa saja judul yang dimaksud? Berikut rekomendasinya!

Baca Juga: Sinopsis & Review Drama Komedi Romantis Business Proposal

1. Strong Woman Do Bong Soon

1.	Strong Woman Do Bong Soon
*

Butuh yang menggemaskan setelah menamatkan A Business Proposal (2022)? Drama Park Bo Young dan Park Hyung Sik bisa diandalkan! Strong Woman Do Bong Soon (2017) bercerita tentang seorang gadis imut yang memiliki kemampuan fantastis. Do Bong Soon punya kekuatan super yang membuat siapa pun terpana, termasuk Ahn Min Hyuk.

Ahn Min Hyuk adalah CEO di perusahaan gaming yang mengagumi kekuatan Bong Soon. Min Hyuk sampai menjadikan Bong Soon sebagai pengawal pribadinya.

Namun, Bong Soon sendiri ingin menghilangkan kekuatannya itu dan berubah jadi wanita biasa, terutama karena dia sudah lama menyukai In Guk Doo. Bisakah Bong Soon menghilangkan kekuatannya tersebut?

2. What’s Wrong With Secretary Kim

What’s Wrong With Secretary Kim
*

What’s Wrong With Secretary Kim? (2018) menjadi drama mirip A Business Proposal (2022) yang belakangan banyak disebut-sebut. Pasalnya karakter yang dibawakan Park Seo Joon dinilai sama persis dengan tingkah Kang Tae Moo.

Selain itu, keduanya punya satu kebiasaan yang unik. Drama yang turut dibintangi oleh Park Min Young ini bercerita tentang romansa antara atasan dan sekretarisnya.

Lee Young Joon kaget ketika sekretarisnya yang cakap dalam bekerja, Kim Mi So, berniat mengundurkan diri dari pekerjaan. Lee Young Joon tidak bisa membayangkan sekretaris yang sudah bekerja dengannya selama sembilan tahun harus berhenti kerja. Dia pun melakukan banyak cara untuk menggagalkannya.

3. Into the Ring

Into the Ring
  • Tahun Rilis: Juli 2020
  • Genre: Romantic, Comedy, Political
  • Produksi: Frame Media, Celltrion Entertainment
  • Sutradara: Hwang Seung Ki
  • Pemeran: Nana, Park Sung Hoon, Yoo Da In, Han Joon Woo
  • Jumlah Episode: 16

Goo Se Ra adalah seorang gadis miskin yang mencoba peruntungan bekerja di dinas sipil ketika mengetahui besaran gaji yang diterima. Se Ra berangkat tanpa uang dan pengalaman bekerja atau magang. Gadis ini hanya punya semangat.

Di sisi lain seorang pejabat publik kelas lima bernama Seo Kong Myung adalah pegawai negeri yang dingin, tidak ramah tapi tegas. Akibat satu masalah Kong Myung diturunkan dari jabatannya dan kini menjadi rekan kerja Se Ra. Dari sana interaksi dan hubungan keduanya mulai terjalin.

4. She Was Pretty

She Was Pretty

Drama mirip A Business Proposal (2022) yang lain karena suguhkan kekonyolan dan berakhir dengan manis adalah She Was Pretty (2015). Dibintangi Park Seo Joon dan Hwang Jung Eum, drama ini bercerita tentang dua teman masa kecil yang terpisah dan bertemu lagi dalam keadaan berbeda.

Kim Hye Jin yang semula merupakan putri keluarga kaya nan cantik, harus terima saat perusahaan ayahnya bangkrut. Perubahan ini juga berpengaruh pada penampilannya. Kim Hye Jin tidak percaya diri bertemu Ji Sung Joon, teman masa kecilnya. Rasa minder Hye Jin semakin besar karena Sung Joon tidak mengenali dirinya lagi.

5. The Secret Life of My Secretary

The Secret Life of My Secretary

Sama seperti Kang Tae Moo yang menjabat sebagai direktur, Do Min Ik juga pemimpin perusahaan yang cerdas. Jika Tae Moo banyak membutuhkan bantuan Sung Hoon untuk menyelesaikan masalahnya, Min Ik selalu membutuhkan Jung Gal Hee. Bedanya Gal Hee adalah seorang wanita, seorang sekretaris yang cekatan, lincah dan sangat blak-blakan.

Min Ik tidak hanya membutuhkan Gal Hee untuk menyelesaikan pekerjaan tetapi juga hal lain. Pasalnya setelah kehilangan kemampuan untuk mengenali wajah karena serangan yang menimpanya, Min Ik bisa mengetahui orang-orang yang berada di pihaknya atau bukan. Bersama Gal Hee keduanya memecahkan misteri hingga akhirnya saling jatuh cinta.

6. My Shy Boss

My Shy Boss_
  • Tahun Rilis: Januari 2017
  • Genre: Romantic, Comedy
  • Produksi: KBS Media
  • Sutradara: Song Hyun Wook
  • Pemeran: Yeon Woo Jin, Park Hye Su, Yoon Park, Gong Seung Yeon
  • Jumlah Episode: 16

My Shy Boss (2017) bercerita tentang seorang sekretaris bernama Chae Ro Woon yang bekerja di sebuah perusahaan public relations. Hwan Ki,CEO perusahaan tersebut cukup unik karena dia sangat pemalu. Saking pemalunya, para karyawan tidak mengenalnya dengan baik.

Ro Woon yang energik dan berprestasi di pekerjaannya penasaran dengan Hwan Ki. Gadis itu tertarik dan berencana membuat Hwan Ki menunjukkan jati diri sebenarnya. Bisakah Ro Woon memancing Hwan Ki menampilkan sisi lain di dirinya?

7. Jugglers

Jugglers_
  • Tahun Rilis: Desember 2017
  • Genre: Romantic, Comedy, Workplace
  • Produksi: Story TV
  • Sutradara: Kim Jung Hyun
  • Pemeran: Baek Jin Hee, Choi Daniel, Kang Hye Jung, Lee Won Keun
  • Jumlah Episode: 16

Memotret hubungan antara direktur perusahaan dan sekretarisnya, drama Jugglers (2017) tidak kalah menghibur seperti A Business Proposal (2022). Nonton drama ini kamu akan bertemu dengan Yoon Yi, seorang sekretaris yang pasif dan penurut. Namun, soal pekerjaan, Yoon Ji terkenal ahli dan banyak mendukung atasannya.

Yoon Yi bertemu Chi Won, bosnya yang terkenal judes dan tidak memedulikan orang lain. Semula Yoon Yi sama sekali tidak berminat bekerja pada Choi Won, lama-lama hubungan mereka berkembang.

Seiring berjalannya waktu keduanya semakin dekat dan kompak. Yoon Yi adalah partner yang tepat bagi Choi Won untuk menghadapi masalah yang menimpa perusahaannya.

8. Lucky Romance

Lucky Romance
  • Tahun Rilis: Mei 2016
  • Genre: Romance, Comedy, Workplace
  • Produksi: H. Brothers C&M
  • Sutradara: Kim Kyung Hee
  • Pemeran: Hwang Jung Eum, Ryu Jun Yeol, Lee Soo Hyuk, Lee Chung Ah
  • Jumlah Episode: 16

Drama mirip A Business Proposal (2022) karena sama-sama ringan satu ini dibintangi oleh Ryu Jun Yeol dan Hwang Jung Eum. Masih bercerita tentang kisah cinta seorang CEO, kali ini kamu akan bertemu dengan Je Soo Ho. Dia adalah CEO perusahaan pengembang game, Zeze Factory, yang jenius dan logis.

Soo Ho tidak punya kehidupan sosial yang baik hingga suatu hari seorang gadis bernama Shim Bo Nui datang. Bo Nui sangat bertolak belakang dengan Soo Ho, terutama mengenai kelogisan berpikir karena gadis ini percaya pada takhayul. Akankah mereka dapat bersatu di tengah perbedaan yang seperti itu?

9. Plus Nine Boys

plus Nine Boys
  • Tahun Rilis: Agustus 2014
  • Genre: Romance, Comedy
  • Produksi: -
  • Sutradara: Yoo Hak Chan
  • Pemeran: Oh Jung Se, Kim Young Kwang, Yook Sung Jae Choi Ro Woon
  • Jumlah Episode: 14

Kang Jin Gu berusia 29 tahun. Dia bekerja untuk sebuah agen perjalanan wisata. Karakternya cukup percaya diri sehingga Jin Gu terkenal di kalangan wanita. Namun, hidup yang rasanya baik-baik saja itu berubah ketika untuk pertama kalinya Jin Gu merasakan cinta sepihak.

Jin Gu menaruh hati pada teman sekaligus rekan kerjanya, Ma Se Young. Se Young gadis yang berasal dari kota kecil. Dia cenderung suka bicara blak-blakan dan terkesan kasar, tapi di satu sisi Se Young juga setia.

Kepribadian gadis ini rupanya juga menarik hati Park Jae Bum, yang tidak lain adalah sahabat Jin Gu sendiri. Akankah romansa teman satu pekerjaan ini akan berhasil?

10. Crazy Love

Review Crazy Love Episode 9-10_Perasaan Gojin yang Berkembang untuk Shin Ah_

Seorang CEO yang terkenal ‘No Manner’ mendadak amnesia karena kecelakaan. Sekretarisnya yang divonis kanker otak, diam-diam menaruh dendam karena merasa penyakitnya disebabkan oleh tekanan pekerjaan. Pembalasan dendam pun dilakukan dengan cara-cara yang kocak dan menggelikan.

Sama seperti A Business Proposal (2022) yang dimulai dengan perselisihan antara Tae Moo dan Shin Ha Ri, drama Crazy Love (2022) juga suguhkan formula yang sama. Kamu akan melihat perseteruan antara Noh Gojin dan Shin Ah yang konyol. Hubungan mereka yang semula seperti lawan pun perlahan berubah jadi menggemaskan.

Sepuluh rekomendasi drama mirip A Business Proposal (2022) dalam artikel ini semoga bisa membantumu yang kebingungan pasca tayangannya selesai.

Mereka semua punya cerita yang cenderung sama-sama ringan dan cukup klise tapi menyenangkan. Kesepuluh drama di atas akan jadi penyelamat hari-harimu yang berat! Pilih marathon yang mana dulu nih?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram