bacaterus web banner retina

9 Drama Terbaik yang Dibintangi Bintang Squid Game, Wi Ha Joon

Entah sudah menonton atau belum, sebagian besar dari kalian pasti pernah mendengar serial Netflix Original Korea, “Squid Game”. Serial satu ini sempat memuncaki posisi pertama Netflix di berbagai belahan dunia. Baik klip maupun meme dari drama ini pun mendominasi berbagai sosial media.

Demam “Squid Game” ini tentunya berimbas juga pada para aktornya, tak terkecuali Wi Ha Joon. Aktor di balik karakter detektif polisi yang menjadi “imposter” dalam permainan tersebut, berhasil membuat banyak penonton menolehkan perhatian padanya.

Wi Ha Joon ini sebenarnya sudah berkarir sebagai aktor sejak tahun 2015. Nah, untuk yang baru mengenalnya melalui “Squid Game” dan ingin tahu lebih lanjut drama apa saja yang pernah dimainkan oleh aktor Wi Ha Joon, yuk simak selengkapnya di bawah!

1. Squid Game

drama-wa-hi-joon-1_

“Squid Game” merupakan serial Original Netflix bertemakan survival yang disutradarai oleh Hwang Dong Hyuk. Dalam 9 episodenya, “Squid Game” mengisahkan sebuah kontes di mana 456 orang yang terlilit hutang besar menjadi partisipannya.

Dalam kontes tersebut mereka akan memainkan 6 babak permainan tradisional yang biasanya dimainkan oleh anak kecil. Hadiahnya pun tak main-main. Pemenang akan mendapatkan uang sebesar 45.6 miliar won. Namun apabila gagal, kematian akan menjadi tanggungannya.

Wi Ha Joon di sini tidak berpartisipasi peserta, melainkan seorang detektif polisi bernama Hwang Jun Ho. Dia menyelinap ke dalam kontes tersebut dan berpura-pura menjadi penjaga, karena ingin mencari tahu keberadaan kakaknya yang menghilang.

Dengan keberhasilan “Squid Game” yang menduduki posisi puncak serial Netflix yang paling banyak ditonton, karir Wi Ha Joon meroket tajam. Ia menjadi bintang yang dielu-elukan oleh publik.

Banyak penonton, terutama fans internasional menyukai karakternya. Pengikut Wi Ha Joon di Instagram pun yang awalnya hanya 300 ribu sekarang sudah mencapai lebih dari 9 juta.

2. Bad and Crazy

drama-wa-hi-joon-2_
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Action, Thriller, Mystery, Fantasy
  • Network: tvN, iQiyi
  • Produksi: Studio Dragon, Mink Entertainment
  • Sutradara: Yoo Seon Dong
  • Pemeran: Lee Dong Wook, Wi Ha Joon, Han Ji Eun
  • Jumlah episode: 12

Di penghujung tahun 2021, Wi Ha Joon berpartisipasi dalam serial iQiyi Original bertajuk “Bad and Crazy” bersama dengan aktor Lee Dong Wook. Drama laga ini ditulis oleh Kim Sae Beom, yang sebelumnya pernah melahirkan drama hits OCN yang berjudul “Uncanny Counter”.

“Bad and Crazy” ini mengisahkan tentang petugas kepolisian bernama Ryu Soo Yeol. Dia sebenarnya adalah sosok polisi yang kompeten. Hanya saja, Soo Yeol juga seorang oportunis yang rela melakukan hal melenceng demi keuntungan pribadi. Maka dari itu, karir Soo Yeol di kepolisian meningkat dalam waktu yang cukup singkat.

Akan tetapi, kehidupan Soo Yeol yang mulus terganggu dengan kehadiran “K”, tokoh yang dibawakan oleh Wi Ha Joon. K memiliki obsesi untuk menjadi pahlawan. Maka dari itu, dia sangat menjunjung tinggi keadilan dan rela melakukan apapun demi membela kebenaran. Akan tetapi, K juga memiliki persona yang bisa dikatakan “gila”.

3. 18 Again

drama-wa-hi-joon-3_

Siapa disini yang suka jatuh hati dengan karakter second lead? Kalo ya, drama Wi Ha Joon satu ini harus ada dalam daftar tontonan. Dalam drama ini, dia bertransformasi menjadi atlet baseball, Ye Ji Hoon yang terkenal akan prestasinya. Ketika Ji Hoon dipuja-puja oleh penggemar, bintang baseball ini justru jatuh hati pada announcer bernama Jung Da Jung.

Nah, kisah dari “18 Again” bermula dari Hong Dae Young, ayah yang berusia 37 tahun yang secara misterius kembali pada tubuhnya yang berusia 18 tahun, namun masih dengan mental umur 37 tahun. Untuk memperbaiki kesalahan hidupnya di masa lalu, Dae Young memulai hidup barunya sebagai remaja bernama Go Woo Young.

Dia pun kembali bersekolah di SMA Serim, tempat anak kembarnya bersekolah, yang kebetulan ia bersama mantan istrinya, Jung Da Jung bersekolah dulu.

Selama menjalani hidup barunya, dia tersadar akan alasan mengapa keluarganya menjadi hancur. Dia pun mencoba untuk mengatasi dengan selalu berada di sisi keluarganya, meskipun ia terjebak dalam tubuh mudanya.

4. Romance Is a Bonus Book

drama-wa-hi-joon-4_
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Romantic comedy
  • Network: tvN
  • Produksi: Story & Pictures Media
  • Sutradara: Lee Jeong-hyo
  • Pemeran: Lee Na Young, Lee Jong Suk
  • Jumlah episode: 16

“Romance is a Bonus Book” merupakan drama komedi romantis yang kisahnya berpusat pada Kang Dan Yi dan temannya sedari kecil, Cha Eun Ho. Setelah dia bercerai dengan suaminya, Dan Yi mencoba untuk kembali ke dunia kerja.

Meskipun dia pernah mempunyai karir yang bagus di dunia marketing sebagai copywriter, dia kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Lalu, ketika sebuah perusahaan penerbit membuka posisi pekerja kontrak di level entri, Dan Yi merombak pengalaman kerjanya dan melamar di sana.

Cha Eun Ho yang merupakan chief editor di sana, terkejut melihat Dan Yi. Namun pada akhirnya, Dan Yi mendapatkan pekerjaan itu dan Eun Ho setuju untuk menjaga rahasianya dari kantor. Dari situlah, hubungan mereka perlahan semakin berkembang.

Sementara itu, karakter yang diperankan oleh Wi Ha Joon, yakni Ji Seo Joon menjadi pria yang berada di tengah-tengah hubungan mereka. Dia adalah desainer buku lepas yang dikenal di industri penerbitan.

Suatu ketika, dia tak sengaja bertemu dengan Dan Yi, lalu berakhir menaruh perasaan padanya. Karena suatu alasan dan perasaannya pada Dan Yi, Seo Joon tidak memiliki hubungan yang baik dengan Eun Ho.

5. Something in the Rain

drama-wa-hi-joon-5_

Serial noona-romance ternama yang dibintangi Son Ye Jin bersama dengan Jung Hae In ini mengeksplorasi kisah antara Jin Ah dan Joon Hee dari yang hanya sekedar kenalan lama hingga menjadi sepasang kekasih.

Yoon Jin Ah merupakan seorang wanita berusia 30-an yang berprofesi sebagai supervisor di sebuah franchise kedai kopi. Sayangnya, Jin Ah tak memiliki nasib bagus dalam berkencan. Dia sering dicampakkan, karena alasan yang bermacam-macam.

Suatu ketika, muncullah Joon Hee, teman adiknya yang dulu pernah bertetangga dengannya. Dia baru saja kembali dari pekerjaannya di luar negeri dan sekarang berprofesi sebagai animator di sebuah perusahaan game developer.

Dulu, Jin Ah selalu mengingatnya sebagai anak kecil yang sering bermain dengan adiknya. Namun sekarang, pandangan Jin Ah pada Joon Hee mulai berubah.

Karakter yang menjadi adik dari Jin Ah dan sahabat Joon Hee ini adalah peran yang dibawakan oleh Wi Ha Joon, yakni Yoon Seung Ho.

Dia adalah pria pintar kebanggaan keluarga yang sedang menempuh pendidikan PhD di universitas bergengsi, KAIST. Meskipun kerap kali berselisih dengan kakaknya, ia sebenarnya sangat menyayangi sang kakak.

6. Matrimonial Chaos

drama-wa-hi-joon-6_
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Romantic comedy
  • Network: KBS
  • Produksi: Monster Union, The I Entertainment
  • Sutradara: Yoo Hyun Ki
  • Pemeran: Cha Tae Hyun, Bae Doona, Lee El, Son Seok Koo
  • Jumlah episode: 32

Nama Wi Ha Joon ternyata tertera dalam daftar pemain drama “Matrimonial Chaos”, yang digawangi oleh bintang besar Cha Tae Hyun dan Bae Doo Na. Drama ini menceritakan tentang hubungan pasangan suami istri Jo Seok Moo dan Kang Whee Roo yang berada di ujung perceraian.

Jo Seok Moo, sang suami merupakan pekerja di perusahaan penyedia jasa keamanan. Melalui pekerjaannya itu, dia bertemu dengan wanita yang sekarang menjadi istrinya, Kang Whee Roo. Seok Moo mencintai kebersihan dan kesunyian.

Ia tidak tahan dengan Whee Roo yang serampangan dan senang bersosialisasi.  Maka dari itu, Seok Moo ingin bercerai dengannya.

Namun, Whee Roo masih mencoba untuk menjaga keharmonisan rumah tangga mereka. Seok Mi dan Whee Roo lalu dipertemukan dengan pasangan suami istri lain yang juga sedang didera masalah, yakni Lee Jin Young dan Lee Jang Hoon. Dan kebetulan Lee Jang Hoo merupakan mantan kekasih Seok Moo.

Lalu Im Si Ho, karakter yang dibawakan oleh Wi Ha Joon juga hadir di antara pasangan utama. Ia adalah kenalan Kang Whee Roo, yang sama-sama memiliki sifat yang santai dan preferensi yang serupa. Karena alasan tersebut, Si Ho diam-diam mulai mengagumi Whee Roo. Namun, dari Si Ho lah Whee Roo mulai mengerti perasaan sang suami.

7. My Golden Life

drama-wa-hi-joon-7_
  • Tahun rilis: 2017-2018
  • Genre: Family, Drama
  • Network: KBS
  • Produksi: Studio Dragon
  • Sutradara: Kim Hyung-seok
  • Pemeran: Park Si Hoo, Shin Hye Sun, Lee Tae Hwan, Seo Eun Soo
  • Jumlah episode: 52

“My Golden Life” berpusat pada kisah dari seorang wanita bernama Seo Ji An, yang merupakan seorang pegawai magang di Haesung Group. Dia merupakan tipe pekerja keras yang rela melakukan pekerjaan apapun yang diperintahkan oleh atasannya.

Harapan Ji An untuk bisa mengantongi status pegawai tetap sangatlah besar, sayangnya dia tidak berhasil mendapatkannya.

Kemalangan merupakan bagian besar dari kisah hidup Ji An. Namun suatu ketika, keajaiban menghampiri hidupnya. Sayangnya, kebahagian itu seharusnya bukan menjadi miliknya. Ji An pun tak diberi kesempatan untuk mencicipi manisnya keajaiban tersebut lebih lama.

Dalam drama keluarga yang berhasil menembus rating lebih dari 40% ini, Wi Ha Joon berpartisipasi dengan membawakan peran bernama Ryu Jae Shin. Karakter ini merupakan supir sekaligus bodyguard tampan nan perhatian untuk putri dari keluarga konglomerat Haesung Grup, Choi Seo Hyun.

8. Goodbye Mr. Black

drama-wa-hi-joon-8_
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Thriller, Drama, Romance
  • Network: MBC
  • Produksi: Victory Contents
  • Sutradara: Han Hee, Kim Seong-wook
  • Pemeran: Lee Jin Wook, Moon Chae Won, Yoo In Young, Kim Kang Woo, Song Jae Rim
  • Jumlah episode: 20

“Goodbye Mr. Black” merupakan serial thriller adaptasi dari komik berjudul serupa, karya Hwang Mi Na, yang terinspirasi dari novel Prancis bertajuk “The Count of Monte Cristo”.

Kisah drama ini dibuka oleh Cha Ji Won, anggota angkatan laut yang seketika mengalami banyak kejadian yang menjungkirbalikkan hidupnya. Ayahnya ditemukan tewas di Thailand.

Lalu, ketika mencari kebenaran di balik kejadian itu, Ji Won justru dituduh sebagai pembunuh. Kondisi diperparah ketika Ji Won menemukan fakta bahwa sahabatnya lah yang mengkhianatinya.

Ji Won akhirnya kabur, lalu menyusun rencana balas dendam. Kemudian, dia datang kembali dengan identitas baru dan seorang istri palsu bernama Swan yang ia nikahi untuk menyempurnakan rencananya.

Nah, “Goodbye Mr. Black” ini merupakan debut Wi Ha Joon pada serial televisi. Dia memulai debutnya dengan memerankan peran minor bernama Ha Joon. Dalam kisahnya, ia adalah seorang reporter dari sebuah perusahaan media. Di situ, dia juga menjadi rekan kerja dari karakter sentral yang dimainkan oleh Moon Chae Won dan Song Jae Rim.

9. Soul Mechanic

drama-wa-hi-joon-9_
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Medical, Psychological, Drama, Romance
  • Network: KBS
  • Produksi: Monster Union, Imagine Asia
  • Sutradara: Yoo Hyun Ki
  • Pemeran: Shin Ha Kyun, Jung So Min
  • Jumlah episode: 32

“Soul Mechanic” merupakan drama bertemakan psikologi yang diperankan oleh Shin Ha Kyun bersama dengan aktris Jun So Min. Kisahnya berpusat pada seorang psikiater eksentrik, Lee Shi Joon yang kerap menggunakan metode-metode tak biasa untuk menangani pasiennya. Di balik keprofesionalannya, Shi Joon juga bergelut dengan traumanya sendiri.

Suatu ketika, ia bertemu dengan seorang aktris musikal populer bernama Han Woo Joo, yang sebenarnya memiliki isu dengan emosinya. Lalu pada akhirnya, aktris tersebut menjadi pasien yang ditangani oleh Shi Joon.

Dalam drama ini, Wi Ha Joon diundang sebagai cameo. Ia menjadi seorang pemain sepak bola dari tim nasional Korea Selatan bernomor punggung 11. Kala itu, dia dilarikan ke ruang gawat darurat karena mengalami gangguan somatik.

Lalu, tokoh utama Shi Joon lah yang menanganinya. Nah, untuk yang ingin melihat penampilan Wi Ha Joon dalam drama ini, kalian bisa menengok episode 1 dan 4.

Itulah kumpulan drama serial yang pernah dibintangi oleh Wi Ha Joon. Jika kalian terpesona dengan penampilan dalam serial “Squid Game”, drama-drama di atas dijamin akan membuat kalian semakin jatuh dalam pesonanya.

Meskipun sejauh ini ia belum banyak mendapatkan kesempatan menjadi pemeran utama dan karirnya belum begitu lama terbangun, namun dia sudah mampu membuktikan kualitas aktingnya.

Wi Ha Joon adalah aktor muda dengan potensi besar yang sudah dipastikan akan menjadi aktor yang jauh lebih bersinar lagi nantinya. Jadi, bagaimana? Tertarik untuk menonton drama Wi Ha Joon lainnya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram