Bacaterus / Entertainment / Film Asia / 10 Drama Hits TVN yang Mendapatkan Rating Premier Tertinggi

10 Drama Hits TVN yang Mendapatkan Rating Premier Tertinggi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Mr. Sunshine, Goblin, What’s Wrong with Secretary Kim adalah drama-drama nge-hits yang tayang di stasiun TV kabel TVN. Jika dulu drama-drama Korea dengan rating tertinggi umumnya tayang di stasiun TV publik seperti MBC, KBS atau SBS, kini TVN muncul sebagai pesaing.

TVN yang dulu bernama Channel M berhasil menyaingi MBC atau KBS dalam hal rating. Drama-drama yang ditayangkan di televisi dengan slogan Content Trend Leader tersebut sukses menarik perhatian para penonton setia drama Korea.

Tak ayal lagi, drama-drama andalan TVN pun beberapa kali meraih rating tertinggi, seperti Mr. Sunshine dan yang terbaru adalah 100 Days My Prince. Berikut ini adalah 10 drama yang tayang di TVN dengan rating premier tertinggi. Yuk, simak daftar berikut.

10 Drama Hits TVN

1. Sunshine

Mr. Sunshine

* sumber: www.koreandrama.org

Drama yang episode terakhirnya selesai di ujung bulan September ini berhasil menduduki puncak rating tertinggi di tiap episodenya. Di penanyangan perdananya, Mr. Sunshine berhasil “nongkrong” di peringkat pertama sebagai drama dengan rating tertinggi, yaitu 8.852%. Tak hanya edisi perdananya yang berhasil meraih rating tertinggi, tapi juga episode terakhirnya, yaitu 18,129%.

Mr. Sunshine merupakan drama bertema sejarah karya penulis cerita terkenal Kim Eun Sook yang sukses menghasilkan drama-drama hits, di antaranya Goblin dan Descendant of the Sun. Drama ini bercerita tentang Kapten Eugene Choi (Lee Byung Hun) yang sempat dibawa ke Amerika ketika kecil, kemudian dia kembali ke Korea setelah mejadi seorang tentara.

Diceritakan, Choi Yoo Jin atau Eugene Choi bertemu dengan perempuan bernama Go Ae Shin (Kim Tae Ri), seorang aktivis kemerdekaan anggota Righteous armies. Keduanya berakhir saling jatuh cinta. Sayang, di akhir episode, Yoo Jin diceritakan tewas demi menyelamatkan Ae Shin.

2. Goblin

Goblin

Drama yang dibintangi oleh Gong Yoo, Lee Dong Wook, Kim Go Eun, Yoo In Na, dan Yook Sung Jae ini berhasil menyedot perhatian penggemar drakor. Goblin bercerita tentang Kim Shin (Gong Yoo), seorang goblin yang ingin mengakhiri hidup abadinya dan akhirnya jatuh cinta dengan seorang perempuan bernama Ji Eun Tak (Kim Go Eun).

Goblin, drama bergenre romantis dibubuhi fantasi ini berhasil meraih rating sebesar 6.322%, yang menjadikannya masuk dalam jajaran drama dengan rating perdana tertinggi kedua setelah Mr. Sunshine. Tak hanya rating premier-nya, rating episode terakhirnya pun berhasil bertengger di puncak tertinggi kedua setelah Reply 1988 dengan angka 18.680%.

Selain keberhasilan meraih rating tertinggi, Goblin juga sukses menjadi sebuah fenomena budaya di Korea Selatan. Kesuksesan Goblin menular pada penjualan barang yang melekat pada para bintangnya.

3. Reply 1988

* sumber: www.koreandrama.org

Reply 1988 adalah bagian dari trilogi reply sebelumnya, yaitu reply 1997 dan reply 1994. Drama Reply 1988 berhasil menjadi salah satu drama tersukses di Korea di tahun penayangannya. Raihan rating perdananya, yaitu 6.118%, sukses membuat Reply 1988 masuk dalam deretan ketiga drama TVN dengan rating premier tertinggi.

Drama yang ber-setting di tahun 1988 ini masih membahas isu pertemanan, keluarga, dan percintaan. Reply 1988 memilih setting tahun yang dianggap monumental di Korea, yaitu 1988. Pada tahun itu digelar Olimpiade musim panas di Seoul yang membuat dunia tahu tentang kemajuan yang diraih kota Seoul.

Reply 1988 dibintangi oleh Park Bo Geum, Lee Hyeri, Go Kyung Pyo, Ryu Joon Yul, dan Lee Dong Hwi. Ceritanya berpusat pada kisah lima orang teman masa kecil yang tinggal di daerah Ssangmun-dong. Selain meraih kesuksesan, Reply 1988 juga menuai kritik karena akhir ceritanya yang di luar dugaan para penonton. Bahkan sempat muncul petisi untuk membuat ending alternatif.

4. What’s Wrong with Secretary Kim

* sumber: www.koreandrama.org

What’s Wrong with Secretary Kim (WWWSK) adalah drama yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Jung Kyung Yoon. Novel ini kemudian dibuat menjadi serial webtoon. Drama ini sukses meraih rating yang bagus. Rating premier drama WWWSK berkisar di 5.757% sehingga membuat drama ini menduduki peringkat keempat drama TVN dengan raihan premier tertinggi.

WWWSK digemari tak hanya di dalam, tapi juga di luar Korea. Banyaknya fans luar yang menyukai drama ini membuat aktor Park Seo Joon dan aktris Park Min Young  terpilih sebagai top selebritis Korea  bulan Juli 2018 versi fans drama Korea dari luar negeri.

Drama yang bergenre komedi romantis ini bercerita tentang seorang wakil direktur utama bernama Lee Seon Joon (Park Seo Joon) yang narsistik dan perfeksionis. Dia memiliki seorang sekretaris yang pekerja keras bernama Kim Mi So (Park Min Young). Cerita berlanjut dengan terkuaknya misteri yang melatarbelakangi kedekatan Seo Joon dan Mi So.

5. Signal

* sumber: www.koreandrama.org

Signal adalah drama bergenre kriminal, thriller, dan fantasi yang sukses diperankan oleh tiga aktor utamanya, yaitu Lee Je Hoon, Jo Jin Woong, dan Kim Hye Soo. Yang menarik dari drama ini adalah keaslian kasus-kasus kejahatan yang diangkat, contohnya kasus pembuhunan berantai Hwaseong dan runtuhnya Jembatan Seongsu.

Unsur fantasi dalam drama ini diwakili oleh walkie-talkie yang berasal dari masa lalu. Berkat walkie-talkie itu Lee Jae Han (Jo Jin Woong, Park Hae Young (Lee Je Hoon), dan Cha Soo Hyun (Kim Hye Soo) berhasil memecahkan kasus-kasus yang mereka hadapi.

Walaupun di awal sempat tak mendapatkan perhatian dari penonton, akhirnya drama ini sukses meraih rating tertinggi dalam sejarah TV kabel. Pada penayangan pertamanya, Signal meraih rating 5.415%. Rating itu cukup untuk membuat signal bertengger di posisi lima drama TVN dengan rating premier tertinggi.

6. A Korean Odyssey

* sumber: www.koreandrama.org

Masih ingat dengan Son Go Kong, Kera Sakti yang menemani perjalanan Biksu Tong Sam chong? Nah, A Korea Odyssey adalah sitkom yang diadaptasi dari novel klasik Cina, Journey to the West tersebut. Hong Sisters, sebagai penulis naskah, membawa novel ini ke dunia masa kini. Son Go Oh, Kera Sakti (Lee Seun Gi) dihukum dengan cara diasingkan ke dunia manusia karena korupsi.

A Korean Odyssey mendapat penerimaan yang cukup bagus dari penonton dengan meraih rating di penayangan pertamanya sebesar 5.290%. Untuk keberhasilannya ini, A Korean Odyssey menduduki peringkat enam sebagai drama TVN dengan rating premier tertinggi.

7. Lawless Lawyer

Lawless Lawyer

* sumber: www.koreandrama.org

Lee Jun Ki kembali beraksi setelah berhasil mengaduk-aduk hati para penggemarnya ketika berperan sebagai Wang So dalam drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Kali ini Lee Jun Ki berperan sebagai seorang pengacara bernama Bong Sang Pil. Drama berbergenre hukum dan action ini menceritakan Bong Sang Pil yang jago menggunakan celah hukum dan tinjunya dalam menangani kasus hukum.

Dikisahkan juga bagaimana Bong Sang Pil berusaha mengungkap orang yang memerintahkan pembunuhan ibunya. Didampingi oleh asistennya yang bernama Ha Jae Yi (Seo Ye Ji), yang awalnya membencinya, Bong Sang Pil berjuang keras membalaskan dendam ibunya.

Lawless Lawyer sukses meraih rating sebanyak 5.275% di awal penayangannya. Drama ini berada di peringkat ketujuh sebagai drama TVN yang sukses meraih rating tertinggi di tampilan pertamanya.

8. Dear My Friends

Dear My Friends

* sumber: www.koreandrama.org

Dear My Friends mungkin tidak terlalu terkenal di kalangan penggemar asing karena para pemain yang membintangi drama ini kurang familiar di kalangan mereka. Namun, kehadiran bintang tamu seperti Daniel Henney, Jo In Sung, dan Lee Kwang Soo cukup membuat mereka tertarik untuk melirik drama ini.

Drama Dear My Friends berkisah tentang pertemanan para ibu rumah tangga yang berusia lebih dari 30-an. Drama yang bergenre keluarga dan pertemanan ini bertutur tentang permasalah yang umum dihadapi orang usia lanjut, seperti anak-anak, pikun, konflik dalam keluarga, dan kesepian.

Rating yang diraih Dear My Friends di awal penayangannya adalah sebesar 4.895%. Raihan itu cukup untuk membawa drama ini di posisi kedelapan sebagai drama TVN dengan rating perdana tertinggi.

9. Prison Playbook

* sumber: www.koreandrama.org

Mengusung genre komedi, drama, dan pertemanan, Prison Playbook adalah drama yang menceritakan kehidupan para napi di balik jeruji besi, keluarganya, serta para petugas yang bekerja di penjara tersebut. Cerita pertemanan, “Bromance”, di antara para tokoh yang didominasi para pria tersebut menjadi salah satu daya tarik narasi yang disuguhkan drama ini.

Dibintangi oleh Ju Kyung Ho, Lee Do Hyun, Park Hae Soo, dan Lee Tae Soon drama Prison Playbook sukses meraih rating sebesar 4.638% pada episode pertamanya. Prison Playbook menduduki posisi kesembilan dalam jajaran drama TVN yang sukses mendapatkan rating premier tertinggi.

10. Live

* sumber: www.koreandrama.org

Drama yang mengisahkan kehidupan para polisi ketika bertugas ini sangat asyik untuk ditonton. Dalam hal penggambaran kisahnya, Live hampir mirip dengan drama Misaeng. Walaupun dibumbui unsur romantis, tapi fokus drama ini lebih pada realitas kehidupan para polisi. Kisahnya sangat menyentuh dan layak untuk masuk dalam daftar drama favorit.

Drama Live juga menyajikan pahit getir, suka duka, dan perjuangan hidup para polisi junior sebelum akhirnya bekerja sebagai polisi. Live dibintangi oleh Lee Kwang Soo yang berperan sebagai Yeom Sang Soo, Jung Yoo Mi sebagai Hang Jung Oh, Bae Sung Woo sebagai Oh Yang Chon, dan Bae Jong Ok sebagai Ahn Jang Mi.

Seperti halnya Misaeng, drama Live pun dianggap sebagai drama yang terlalu serius karena menampilkan realitas kehidupan yang hampir terlalu nyata. Walaupun begitu, Live sukses meraih rating premier tertinggi, sebesar 4.337% dan duduk di peringkat ke-10 sebagai drama TVN dengan rating perdana tertinggi.

Keberhasilan sebuah drama dalam meraih rating tertinggi tentu saja tak lepas dari kesuksesan penulisan naskah dan kehebatan akting para pemainnya. Itu tadi 10 drama TVN yang sukses meraih rating tertinggi pada penayangan pertamanya. Apakah drama favoritmu termauk dalam jajaran drama yang disebutkan tadi?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Siti Hasanah
Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

Leave A Comment