Bacaterus / Film Artis Korea / Catat! Inilah 10 Drama Terbaik Si Cantik Jung So Min

Catat! Inilah 10 Drama Terbaik Si Cantik Jung So Min

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2019

Jung So Min adalah aktris cantik yang memulai debutnya pada 2010 melalui sebuah peran kecil di drama Bad Guy. Berkat aktingnya yang memukau, ia memenangkan Best New Artist For TV di 18th Korean Culture and Entertainment Awards. Kemenangan itu membuat aktris kelahiran 16 Maret 1989 ini dinobatkan sebagai pemeran utama drama Mischievous kiss atau Playful Kiss.

Setelah berhasil memerankan perannya dengan baik, ia lantas tidak langsung berpuas diri. Ia memutuskan untuk istirahat sejenak dan menyelesaikan pendidikannya di Korea National University of Arts. Pada tahun 2012, ia mulai aktif kembali di dunia seni peran hingga sekarang.

Sejak 2010 hingga saat ini, Jung So Min telah membintangi 14 judul drama. Jung So Min hanya menjadi cameo di 4 drama dan 10 drama ia menjadi pemain utama. Nah, berikut ini adalah 10 drama terbaik Jung So Min yang telah dirangkum oleh Bacaterus.

1. Mischievous Kiss/Playful Kiss

Playful Kiss (Copy)

Playful Kiss atau Mischievous Kiss adalah drama yang diadaptasi dari sebuah komik Jepang berjudul Itazura Na Kiss milik Takada Kaoru. Drama Playful Kiss bergenre komedi romantis. Drama ini bercerita tentang seorang gadis SMA lugu, cantik dan manis, namun tidak terlalu pintar yang bernama Oh Ha Ni (Jung So Min).

Ha Ni menyukai Baek Seung Jo (Kim Hyun Jong) siswa pintar nan tampan dengan IQ 200 yang popular di Sekolahnya. Meski pintar, Baek Seung Jo memiliki sifat yang tertutup, kaku dan dingin. Sifat Baek Seung Jo justru membuat ia dikira sombong oleh orang di sekitarnya.

Sebenarnya, Seung Jo sudah mengetahui perasaan Oh Ha Ni. Ia mengetahui hal tersebut dari surat cinta yang diberikan Ha Ni padanya. Alih-alih senang dengan surat pemberian Ha Ni, Seung Jo malah mengoreksi dan mengembalikan surat tersebut pada Ha Ni di depan teman-temannya. Hal itu tentu saja membuat Ha Ni kesal dan malu tapi ia tetap cinta pada Seung Jo meski kesal.

Ha Ni kemudian mengajukan perjanjian dengan Baek Seung Jo. Perjanjian tersebut berisi; jika ia bisa masuk peringkat 100 besar di sekolahnya maka Seung Jo harus menggendongnya.

Setelah perjanjian dibuat, Ha Ni pun mulai berusaha keras agar rankingnya bisa naik. Melalui usaha-usaha tersebut Ha Ni malah bisa selalu dekat dengan Seung Jo. Ha Ni yang selalu merusuh/mengganggu Seung Jo justru perlahan-lahan menarik perhatian Seung Jo.

2. Standby

Standby (Copy)

Standby adalah sebuah sitkom (sinetron komedi) berlatar di sebuah ruangan yang telah diatur dan ditata sedemikian rupa sesuai dengan cerita. Karena merupakan sebuah sitkom, drama Standby memiliki banyak penulis, banyak pemain utama, dan memiliki banyak episode (113 episode). Jung So Min adalah salah satu pemain utama dalam drama ini.

Jung So Min berperan sebagai Jung So Min—ya, ia memerankan karakter dengan nama aslinya. Jung So Min adalah seorang gadis yang berasal dari desa kecil dengan mimpinya yang besar yakni menjadi seorang koki pasta dan mendirikan restorannya sendiri. Mimpi besarnya itu membuat So Min berani ke Seoul.

Di Seoul, Jung So Min bekerja paruh waktu, ia menghemat dan menabung untuk bisa melanjutkan belajar ke luar negeri. Jung So Min sendiri merupakan karakter yang baik, ramah, serta murah hati namun sedikit ketinggalan jaman dalam berbusana. Ia juga sedikit aneh dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain hingga membuat orang lain yang diajak bicara bingung dengan yang disampaikannya.

3. Can We Get Married?

Can We Get Married (Copy)

“Can We Get Married?” adalah sebuah drama bertema keluarga. Di dalamnya bercerita tentang perjuangan pasangan yang hendak melanjutkan hubungan mereka ke jenjang yang lebih serius—menikah. Selain itu, drama ini juga memberikan pemahaman bagi penonton bahwa menikah itu bukan hanya tentang dua insan dengan cinta, keyakinan dan mimpi yang berkumpul mengesahkan hubungan dan membangun kehidupan baru, saja.

Menikah juga berkaitan dengan dua keluarga yang berbeda budaya, kebiasaan, aturan dan sudut pandang untuk dapat disatukan, saling terhubung dan saling percaya hingga ajal memisahkan kelak. Jung So min berperan sebagai Hye Yoon dalam drama ini.

Hye Hyo adalah seorang guru untuk anak usia dini yang selalu bekerja dengan baik dan stabil di setiap hal yang dikerjakan. Hye Yoon memiliki kekasih bernama Jung Hoon (Seung Joon)—seorang pegawai biasa namun berasal dari keluarga kaya. Hye Yoon dan Jung Hoon telah berpacaran selama tiga tahun.

Merasa yakin dengan perasaannya, Jung Hoon pun berani mengajak Hye Yoon untuk menikah—melamarnya. Konflik, masalah dan cekcok pun dimulai sejak saat itu. Dalam proses menuju pelaminan dan dari masalah-masalah yang ada membuat mereka makin banyak belajar tentang memahami dan mengenal satu sama lain secara lebih dalam.

Selain itu, Hye Yoon dan Jung Hoon juga belajar memahami diri mereka sendiri serta keinginan dan tujuan apa saja yang ingin mereka capai kedepannya ketika bersama setelah menikah. Proses inilah yang menjadikan keduanya paham satu sama lain dan tumbuh menjadi lebih baik bagi diri sendiri, pasangan maupun keluarga.

4. Big Man

Big Man (Copy)

Big Man bergenre melodrama, romantis dan keluarga. Bercerita tentang kebohongan sebuah keluarga kaya raya Hyungsung. Kebohongan tersebut bersumber dari penyakit jantung kronis anak mereka yang harus segera mendapatkan transfusi jantung. Seorang pria—bukan pendonor—memiliki kecocokan untuk mendonorkan jantung kepada anak keluarga Hyungsung. Pria tersebut bernama Kim Ji Hyuk (Kang Ji Hwon).

Ji Hyuk diajak masuk ke dalam keluarga Hyungsung dengan kebohongan bahwa dia adalah anak tertua dari keluarga Hyungsung yang telah lama hilang. Jung So Min berperan sebagai Kang Jin Ah seorang gadis keturunan chaebol yang manja egois dan sombong.

Semua keinginan Jin Ah harus dituruti dan harus terpenuhi. Jika tidak, maka ia bisa dan akan melakukan berbagai cara agar keinginannya tersebut bisa terpenuhi. Meskipun berkelakuan buruk, di dalam hatinya Jin Ah adalah gadis yang baik hati. Perubahan drastis terjadi pada Jin Ah setelah ia jatuh hati pada sosok Kim Ji Hyuk.

Cinta Kang Jin Ah pada Kim Ji Hyuk tidak terbalaskan—bertepuk sebelah tangan. Jin Ah tidak dapat melakukan apapun agar Ji Hyuk cinta juga padanya karena cinta tidak bisa dipaksakan. Cinta Jin Ah pada Ji Hyuk tak berbalas karena Ji Hyuk sudah memiliki wanita yang ia cintai, wanita tersebut bernama So Mi Ra (Lee Dae Hee).

5. D-day

D-day (Copy)

D-day adalah drama fiksi yang bercerita tentang hancurnya Seoul akibat guncangan gempa yang dahsyat. Memiliki genre bencana, pengobatan dan romantis. Kisahnya dimulai dari seorang dokter ahli bedah bernama Lee Hae Sung (Kim Young Kwang) yang bekerja di rumah sakit amal di Kota Seoul. Hee Sung adalah karakter yang sangat baik hati serta sangat berdedikasi pada pekerjaanya.

Hee Sung kemudian bertemu dan tertarik dengan dokter cantik dari Busan bernama Jung Ddol Mi (Jung So Min) yang magang di rumah sakit tempat ia bekerja. Setelah Hae Sung dan Ddol Mi saling kenal dan menjalin hubungan hingga saling percaya, bencana gempa berskala besar menghancurkan Seoul dan isinya. Rumah sakit amal tempat Hae Sung dan Ddol Mi pun terkena dampaknya.

Di tengah tegangnya suasana gempa, keduannya harus fokus pada pekerjaan mereka. Hae Sung dan Ddol Mi harus mengevakuasi semua pasien keluar dari rumah sakit, dan memastikan tidak ada yang tertinggal. Proses penyelamatan inilah yang menjadi inti cerita dari drama D-day.

6. The Red Teacher

The Red Teacher (Copy)

The Red Teacher adalah drama terpendek dan tersingkat yang pernah dibintangi oleh Jung So Min. Saking pendeknya, The Red Teacher hanya memiliki satu episode dan merupakan sebuah drama khusus. Drama ini dibuat dengan latar di tahun 1985an.

Jung So Min berperan sebagai gadis SMA bernama Soon Duk. Ia ditemani oleh Lee Dong Hwi yang berperan sebagai Tae Nam seorang guru di sekolah khusus perempuan tempat Soon Duk bersekolah. Tae Nam terkenal sangat galak sehingga siswi-siswi tidak menyukainnya. Suatu Hari, Tae Nam menemukan buku erotis dari sebuah toko buku.

Buku yang ditemukan oleh Tae Nam sebenarnya dilarang peredarannya, namun buku tersebut justru tersebar di kalangan siswi di sekolah tempat ia mengajar. Siswi yang telah mengetahui isi buku tersebut mulai penasaran dengan kelantujan ceritanya.

Karena tidak memiliki lanjutan cerita, Soon Duk pun berinisiatif untuk membuat kelanjutan kisah buku erotis itu untuk teman-temannya. Tanpa disadari, dengan membuat lanjutan cerita, Soon Duk justru mendatangkan masalah untuk dirinya sendiri.

7. The Sound of Your Heart

The Sound of Your Heart (Copy)

The Sound of Your Heart adalah drama yang diadaptasi dari webtoon dengan judul Sound of Heart oleh kreator Jo Suk. Drama ini bergenre komedi, keluarga dan menceritakan tentang keseharian seorang kreator Jo Suk. Kisah “The Sound of Your Heart” diambil dari kehidupan nyata sang kreator yang berprofesi sebagai seorang webtoonist.

Meskipun besumber dari kisah nyata, penulis tidak secara pure menjelaskan kehidupannya dalam cerita. Alurnya juga telah dibumbui dengan sedikit fiksi dan komedi agar lebih menarik untuk ditonton. The Sound of Your Heart juga dikemas dengan sangat sederhana, penuh dengan referensi yang merujuk pada drama lain dan yang pasti penuh dengan kelucuan yang akan mengundang gelak tawa.

Dibintangi oleh aktor dan aktris yang sangat mahir dalam memerankan perannya. Salah satu aktrisnya adalah Jung So Min yang berperan sebagai Choi Ae Bong—istri Jo Suk. Ae Bong adalah tipe istri yang setia dan mau menemani Jo Suk berjuang meraih mimpinya menjadi webtoonist sukses.

8. My Father is Strange

My Father is Strange (Copy)

My Father is Strange bercerita tentang kehidupan sebuah keluarga yang dikepalai oleh Byun Han Soo (Kim Young Chul). Byun Han Soo dan istrinya Na Young Sil (Kim Hae Sook) dan empat anak mereka; si sulung Byun Jong Young (Min Jin Woong) dan tiga adik perempuannya; Byun Hye Young (Lee Yu Ri), Byun Mi Young (Jung So Min) dan Byun Ra Young (Ryu Hwa Young) tinggal dengan damai di pinggiran Kota Seoul.

Keluarga Byun Han Soo hidup bahagia dan harmonis hingga datangnya Ahn Jong Hee (Lee Joon). Jong Hee mengaku sebagai bagian dari keluarga dan anak dari Byun Han Soo yang telah lama hilang. Sejak saat itu, Ahn Joong Hee pun mulai tinggal bersama dengan keluarga Byun Han Soo.

My Father is Strange bertema keluarga yang dibalut dengan kisah romantis dan komedi. Dalam drama ini, Jung So Min berperan sebagai Byun Mi Young anak ke tiga di keluarga Byun Han Soo. Mi Young adalah mantan atlit Judo, ia berhenti karena memiliki cedera bahu yang parah. Setelah berhenti dari Judo, ia pun mulai terpuruk namun berhasil bangkit kembali dan dengan semangat melanjutkan hidupnya lagi.

9. Because It’s My First Life

Because It’s My First Life (Copy)

Because It’s My First Life bercerita tentang Yoon Ji Hoo (Jung So Min) seorang penulis naskah drama yang secara tidak langsung terusir dari tempat tinggalnya. Saat sedang berusaha mencari tempat tinggal, ia diberitahu oleh temannya bahwa ada seorang pria dingin bernama Nam Se Hee (Le Min Ki) seorang web designer yang sedang mencari penyewa untuk mengisi kamar kosong di apartemennya sekaligus membantu Se Hee merawat kucingnya.

Tertarik dengan tawaran temannya tersebut, Yoon Ji Hoo langsung menghubungi Nam Se Hee melalui chat. Setelah mengkonfirmasi untuk tinggal, Ji Hoo kemudian pindah ke apartemen Se Hee. Karena jam kerja Se Hee yang pergi pagi dan pulang malam bentrok dengan jam kerja Ji Hoo, menyebabkan keduannya tidak bisa bertemu secara langsung.

Timbulah spekulasi dari Ji Hoo yang mengira Se Hee adalah seorang perempuan dan sebaliknya Se Hee pun mengira Ji Hoo adalah seorang pria. Semua berjalan dengan baik hingga keduannya pun bertemu yang sontak membuat terheran. Pertemuan tersebut berlanjut dan diiringi dengan kejadian dan aspek lain yang membuat Se Hee dan Ji Hoo memutuskan untuk menikah kontrak.

Pernikahan kontrak ini diharapkan dapat menguntungkan bagi keduannya. Tentu saja yang namaya menikah kontak pasti ada ambang batas kadaluarsanya—akhir kontrak. Namun sebelum masa kontrak habis, keduannya mulai merasakan benih-benih cinta yang ditujukan kepada satu sama lain.

10. The Smile Has Left Your Smile

The Smile Has Left Your Smile (Copy)

The Smile Has Left Your Eyes adalah sebuah drama yang diadaptasi dan di-remake dari dorama—drama Jepang—dengan judul “Hundred Million Stars from the Sky” yang tayang di tahun 2002 lalu. Versi Jepang dari drama ini memiliki cerita yang gelap dan suram.

Sedangkan versi Korea dibuat sedikit lembut dan jelas—disesuaikan dengan karakter dari K-drama itu sendiri tanpa mengurangi intensitas dari ceritanya. Versi Korea dari drama ini bergenre melodrama, misteri dan romantis yang ditulis oleh Song Hye Jin.

Bercerita tentang kisah cinta rumit dan menyedihkan dari Yoo Jin Kang (Jung So Min) dengan Kim Moo Young (Seo In Gook). Sebenarnya, Jin Kang dan Moo Young sudah saling terhubung sejak kecil, suatu insiden terjadi dan membuat keduanya terpisah hingga lupa akan masa lalu masing-masing.

Yoon Jin Kang tumbuh dewasa bekerja mejadi designer logo dan menjadi adik dari seorang detektif bernama Yoo Jin Kook (Park Seung Woo). Sedangkan Kim Moo Young tumbuh seorang diri dan menjadi seorang pembuat bir. Jin Kang dan Moo Young akhirnya bertemu kembali di sebuah acara. Keduanya menjadi lebih dekat setelah Moo Young berpacaran dengan Baek Seung-a (Seo Eun Su) yang merupakan teman baik Jin Kang.

Kedekatan mereka semakin erat setelah terjadi beberapa insiden hingga keduanya menjalin hubungan. Namun, kedekatan Moo Young dan Jin Kang justru ditentang oleh Jin Kook yang merasa dan beranggapan bahwa Moo Young akan membawa dampak buruk dan membahayakan untuk Jin Kang.

Tanpa disadari, keterlibatan Jin kook pada hubungan Moo Young dan Jin Kang justru membuat keduannya perlahan-lahan mengingat masa lalu mereka yang kelam.

Demikianlah 10 drama terbaik dari aktris cantik Jung So Min. Cerita dari setiap drama sangat bervariasi, Jung So Min juga memerankan berbagai jenis karakter melalui 10 drama ini, lho. Nah buat yang sudah menonton, yuk bagi pendapat kalian di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *