10 Drama Korea Terbaik Besutan Sutradara Lee Eung Bok

Ditulis oleh Suci Maharani R

Keberhasilan sebuah drama tidak hanya ditentukan dari siapa pemeran dan penulis skenarionya saja lho. Peran seorang sutradara juga sangat penting. Pasalnya orang inilah yang harus bertanggung jawab untuk mengarahkan semua divisi.

Sutradara harus bisa mengendalikan para staf, aktor, penulis skenario hingga kameramen agar bisa bekerjasama dan membuat drama yang sempurna.

Salah satu sutradara yang terkenal piawai banget dalam menggarap berbagai drama populer di Korea Selatan adalah Lee Eung Bok. Sutradara kelahiran 1969 ini, telah membuat beberapa drama populer seperti Dream High (2011) hingga Descendants of the Sun (2016).

Bahkan, Lee Eung Bok kerap langganan masuk dalam nominasi sutradara terbaik di berbagai ajang penghargaan di Korea Selatan.

Selain dua drama diatas, Bacaterus akan membagikan beberapa drama yang pernah digarap oleh tangan dingin sutradara Lee Eung Bok. Pasti pada penasaran dong? Untuk mengetahui jawaban lebih lengkapnya, kamu bisa membacanya dibawah ini.

1. Guardian: The Lonely and Great God (Goblin)

drama-lee-eung-bok-1_

Guardian: The Lonely and Great God (2016) atau yang lebih dikenal dengan nama Goblin, bisa dikatakan sebagai drama terbaik dari Lee Eung Bok. Drama yang dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal ini, berhasil mendapatkan rekor rating hingga 18,6 persen.

Selain itu, drama yang ditayangkan oleh tvN ini juga berhasil bertengger di posisi ketiga sebagai drama Korea dengan rating tinggi sepanjang masa.

Drama ini mengisahkan Kim Shin, yang hidupnya abadi sebagai goblin yang tertusuk oleh pedang di jantungnya. Untuk terbebas dari kutukan, satu-satunya orang yang bisa mengakhiri kutukan ini hanyalah pengantin Goblin. Sayangnya sang pengantin sedang diburu oleh malaikat maut, karena telah mencurangi usia kehidupannya beberapa tahun lalu.

2. Descendants of the Sun

drama-lee-eung-bok-2_

Sebelum sukses dengan Goblin (2016), Lee Eung Bok juga berhasil menggarap Descendants of the Sun (2016) di tahun yang sama. Dramanya ini telah memecahkan banyak rekor penayangan, salah satunya adalah meraih rating hingga 33 persen di episode akhirnya.

Selain itu, drama ini juga melahirkan couple yang paling dipuja pada masanya yaitu pasangan Song Jong Ki dan Song Hye Kyo.

Adapun drama ini mengisahkan hubungan asmara antara seorang kapten tentara bernama Yoo Si Jin dan seorang dokter bernama Kang Mo Yeon. Keduanya kembali dipertemukan, saat Kang Mo Yeon dikirim ke Uruk dalam misi penjaga perdamaian. Di tempat ini mereka bisa lebih mengenal satu sama lain dan melalui banyak rintangan berbahaya bersama.

3. Dream High

drama-lee-eung-bok-3_

Bagi para penggemar K-Pop lawas, pasti sudah tidak asing lagi dengan drama remaja satu ini. Dream High (2011) yang dibintangi oleh banyak idol dan penyanyi muda ini, ternyata salah satu karya Lee Eung Bok.

Drama ber-genre musikal ini, menjadi salah satu drama tersukses yang pernah dibintangi oleh idol. Bahkan nama IU dan Kim Soo Hyun semakin diperhitungkan di industri hiburan Korea Selatan.

Drama ini mengisahkan perjuangan enam siswa di Kirin High School yang bercita-cita menjadi idol K-pop. Memiliki kepribadian yang berbeda-beda, setiap anak mengalami pasang surut dan ujian yang sangat berat. Bahkan mereka harus merasakan yang namanya pengkhianatan dan rusaknya persahabatan demi menuju posisi puncak.

4. Mr. Sunshine

drama-lee-eung-bok-4_

Drama Lee Eung Bok lainnya yang berhasil masuk dalam jajaran drama dengan rating tertinggi sepanjang masa adalah Mr. Sunshine (2018).

Meski menimbulkan pro dan kontra mengenai keakuratan cerita hingga tuduhan “Pro Jepang”, drama ini berhasil meraih rating hingga 18 persen. Bahkan drama ini berhasil membawa pulang banyak piala penghargaan di berbagai ajang penghargaan bergengsi lho.

Adapun dramanya mengisahkan mengenai dendam seorang anak yang melihat kedua orang tuanya dibunuh. Eugene Choi sengaja kembali ke Korea sebagai tentara dan bertemu dengan Go Ae Shin, putri dari keluarga terpandang Joseon.

Ternyata, Ae Shin adalah seorang agen rahasia yang ingin membebaskan Korea dari tangan Jepang. Apakan Eugene akan membantu Ae Shin?

5. Sweet Home

drama-lee-eung-bok-5_

Drama yang ditayangkan oleh Netflix ini berhasil membuat banyak orang merinding ketakutan saat menontonnya. Sweet Home (2020) adalah salah satu drama populer yang disutradarai oleh Lee Eung Bok dan dua sutradara terkenal lainnya. Diadaptasi dari webtoon populer karya Kim Carnby, drama ini berhasil ditonton hingga 2.1 miliar kali.

Adapun dramanya mengisahkan sekumpulan orang yang terjebak di apartemen pasca terjadinya sebuah tragedi misterius. Mereka terjebak di apartemen dengan monster yang bisa berubah bentuk menjadi manusia. Kekurangan bahan makanan dan diteror oleh monster yang menyeramkan, bisakah mereka menyelamatkan diri?

6. Jirisan

drama-lee-eung-bok-6_

Sejak awal penayangannya, Jirisan (2021) memang berhasil mencuri perhatian banyak penonton. Namun mereka terbagi menjadi dua kubu, ada yang menyukai dan ada yang mengkritik.

Drama besutan sutradara Lee Eung Bok ini memang selalu bertengger di puncak rating setiap episodenya. Di sisi lain banyak juga orang yang memberikan kritik, bahwa drama ini memiliki efek visual yang sangat amatir.

Jirisan (2021) mengisahkan para penjaga hutan dan karyawan Taman Nasional Jirisan melakukan pencarian seorang pendaki yang hilang. Dalam misi ini, ditemukan berbagai misteri mengenai para pengunjung gunung yang berniat untuk bunuh diri atau membunuh seseorang. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram