bacaterus web banner retina

12 Drama Terbaik Seo Hyun Jin, Mantan Idol Jadi Ratu Romcom

Kalian penggemar drama Korea bergenre komedi romantis? Pastinya kalian pernah menonton setidaknya satu dari drama yang dibintangi oleh Seo Hyun Jin. Aktris cantik satu ini memang cukup sering membintangi serial komedi romantis populer hingga menyandang predikat sebagai “Ratu RomCom”.

Sebelum mendapatkan julukan tersebut, Seo Hyun Jin lebih dikenal sebagai vokal utama untuk sebuah grup idola generasi pertama asuhan SM Entertainment bernama M.I.L.K. Namun sayangnya, grup ini pada akhirnya memutuskan untuk bubar.

Selepas itu, Seo Hyun Jin melanjutkan studinya dan mencoba menjajaki dunia teater. Dari situlah, dia melebarkan sayapnya dalam dunia seni peran, termasuk drama serial.

Dan keputusan itu bukanlah pilihan yang salah untuknya. Seo Hyun Jin berhasil menikmati manisnya kesuksesan dan mendapatkan cinta dari publik berkat kemahiran aktingnya.

Nah, bagi yang ingin tahu bagaimana performa akting dari aktris cantik ini, kali ini Bacaterus akan merangkum 12 drama Seo Hyun Jin terbaik yang wajib untuk ditonton. Yuk, temukan jawaban selengkapnya di bawah!

1. Dr. Romantic

drama-seo-hyun-jin-3_

Sesuai dengan judul dramanya, dalam Dr. Romantic ini Seo Hyun Jin bertransformasi menjadi seorang dokter muda bernama Yoon Seo Jung. Dia adalah dokter bedah yang berdedikasi dan pekerja keras.

Dia melakukan segala hal untuk bertahan di rumah sakit dan kemampuannya diakui. Namun, Seo Jung sebenarnya terbebani akan sebuah trauma akibat kesalahan di masa lalu.

Kisah dari Dr. Romantic dimulai dari Boo Yong Joo, dokter bedah terkenal yang bekerja di sebuah rumah sakit besar di Seoul. Meskipun sedang berada di puncak karirnya, Yong Joo memutuskan untuk melepas semuanya dan memulai hidup barunya dengan nama Kim Sa Bu.

Sekarang, dia bekerja di rumah sakit kecil pinggiran bernama Doldam. Di sana, dia bertemu dengan dokter muda Yoon Seo Jung dan Kang Dong Jo. Pertemuan mereka ini perlahan mengubah hidup dan juga karir dari kedua dokter muda tersebut.

Selama masa penayangannya, Dr. Romantic mendapat penilaian positif dari publik hingga sempat menembus rating 27%. Performa Seo Hyun Jin pun tak luput dari pujian para penonton. Dia bahkan berhasil memenangkan Excellence Award, Actress dalam ajang tahunan SBS Drama Award.

2. Why Her?

drama seo hyun jin_Why Her_

Seo Hyun Jin berperan sebagai Oh Soo Jae, seorang pengacara lulusan SMA yang cerdas, tegas, dingin dan kharismatik. Hal-hal itu membuat dia dibenci banyak rekan kerja karena sebagian dari mereka dengki dengan kesuksesannya.

Akan tetapi, Soo Jae tidak ambil pusing bahkan tak peduli jika harus bertentangan dengan atasannya sendiri. Namun, sikap yang demikian sangat membahayakannya. Soo Jae harus menghadapi fitnah pembunuhan atas korban perkosaan yang bunuh diri.

Soo Jae juga diincar karena menyimpan dokumen penting milik sebuah perusahaan yang melakukan banyak kejahatan. Beruntung dia bertemu seorang pemuda bernama Gong Chan. Dia adalah mantan kliennya yang merasa berhutang budi lalu jatuh cinta. 

3. The Beauty Inside

drama-seo-hyun-jin-4_

Sebelum ditayangkan di JTBC sebagai drama serial, The Beauty Inside juga pernah rilis dalam bentuk film layar lebar di tahun 2015. Film tersebut dimainkan oleh aktris Han Hyo Joo dan juga Yoo Yeon Seok, yang kebetulan pernah menjadi lawan mainnya dalam drama Dr. Romantic.

Dalam kisah versi drama, tokoh yang dibawakan Seo Hyun Jin, Han Se Gye adalah seorang aktris papan atas yang terkenal akan perilaku dan rumor negatifnya. Di balik keglamoran hidupnya sebagai aktris, dia mengalami fenomena yang aneh. Setiap bulannya, dia akan terbangun dengan wujud yang berbeda selama satu minggu penuh.

Suatu ketika, Se Gye bertemu dengan pria bernama Seo Do Jae, seorang eksekutif perusahaan airline. Dari luar, pria itu terlihat seperti pria sempurna. Akan tetapi, sebenarnya dia menderita prosopagnosia yang membuat dirinya tidak bisa mengenali wajah.

Do Jae menyembunyikan hal itu dengan mengingat orang-orang dari perilaku dan kebiasaannya. Anehnya, Do Jae mampu mengenali Han Se Gye.

4. The King's Daughter, Soo Baek-hyang

drama-seo-hyun-jin-8_
  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Historical, Romance, Action
  • Network: MBC
  • Produksi: MBC
  • Sutradara: Lee San Yeob, Choi Joon Bae
  • Pemeran: Seo Hyun Jin, Seo Woo, Lee Jae Ryong, Jo Hyun Jae, Jun Tae Soo
  • Jumlah episode: 108

Selepas penampilannya dalam drama kolosal The Duo dan Goddess of Fire menuai pujian, akhirnya Seo Hyun Jin dipercayakan untuk menjadi pemeran utama dalam drama sageuk “The King’s Daughter, Soo Baek Hyang” sebagai Soo Baek Hyang alias Seol Nan.

Drama ini terinspirasi dari kejadian dalam era Kerajaan Baekje dengan mengambil sudut pandang Putri Soo Baek Hyang.

Dalam kisahnya, Baek Hyang merupakan putri dari Chae Hwa dan Muryeong, Raja Baekje ke-25. Namun, ia tak mengetahui identitas aslinya.

Dia tumbuh di kawasan bernama Gaya dengan nama Seol Nan bersama ibunya. Kemudian, ketika ibunya kembali menikah dengan pria yang menyelamatkannya, Seol Nan memiliki adik tiri bernama Seol Hee.

Tumbuh dewasa, adik tirinya ini mendengar bahwa Seol Nan sebenarnya adalah anak Raja. Seol Hee pun berusaha untuk merebut kedudukannya sebagai Putri. Namun, darah lebih kental daripada air. Seol Nan lah yang mewarisi jiwa patriot ayahnya.

Dia menjadi pemimpin kelompok pengintai yang membantu negara dalam peperangan dan meraih predikat pengintai wanita terbaik sepanjang sejarah Baekje.

5. Another Miss Oh

drama-seo-hyun-jin-2_
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Romance, Comedy, Drama
  • Network: tvN
  • Produksi: Chorokbaem Media, Studio Dragon
  • Sutradara: Song Hyun Wook, Lee Jong Jae
  • Pemeran: Eric Mun, Seo Hyun Jin, Jeon Hye Bin
  • Jumlah episode: 18 + 2 special

Another Miss Oh atau Another Oh Hae Young merupakan drama komedi romantis yang mempertemukan Seo Hyun Jin dengan sesama idola generasi pertama yakni, Eric Mun. Di sini, karakter yang dibawakan oleh Seo Hyun Jin berbagi nama dengan peran yang dimainkan oleh Jeon Hye Bin, yakni Oh Hae Young.

Narasi drama ini dibuka dengan Oh Hae Young yang dicampakkan oleh tunangannya di hari sebelum mereka menikah. Namun, Hae Young tidak bisa membeberkan alasan sebenarnya. Di rumah maupun di tempat kerja, Hae Young berpura-pura seperti tidak terjadi apa-apa, walaupun sebenarnya dia sangat terluka.

Sementara itu, sound director bernama Park Do Kyung mengalami nasib sama 1 tahun yang lalu. Setelah lama tak mendengar kabar, Park Do Kyung diberi tahu bahwa mantannya akan menikah dengan pengusaha bernama Han Tae Jin.

Tanpa ragu, Do Kyung menghancurkan bisnis Tae Jin. Namun ternyata, tunangan Tae Jin adalah gadis lain yang memiliki nama yang sama dengan mantannya, Oh Hae Young.

Pada masa penayangannya, Another Miss Oh sangatlah populer hingga sempat berada dalam daftar drama tv kabel dengan rating tertinggi. Seo Hyun Jin sebagai pemeran utama pun meraih banyak penghargaan, salah satunya piala sebagai Aktris Terbaik Baeksang Art Award ke-53 pada tahun 2017.

6. Black Dog: Being a Teacher

drama-seo-hyun-jin-6_
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Life, School, Drama
  • Network: tvN
  • Produksi: Urban Works Media
  • Sutradara: Hwang Joon Hyuk
  • Pemeran: Seo Hyun Jin, Ra Mi Ran, Ha Jun
  • Jumlah episode: 16

Mencari drama yang menyoroti kehidupan profesi para pengajar? Drama Seo Hyun Jin berjudul Black Dog ini wajib untuk disaksikan. Dalam drama ini, Seo Hyun Jin menjadi salah satu pemeran utama dengan memerankan karakter bernama Go Ha Neul, guru kontrak baru di sebuah sekolah swasta.

Ha Neul bermimpi untuk menjadi seorang guru, karena dahulu mendiang gurunya pernah rela menyelamatkan hidupnya. Sekarang, Ha Neul berhasil meraih mimpinya dengan menjadi guru sementara di SMA Daechi.

Perjalanan Ha Neul menjadi guru untuk pertama kalinya ternyata jauh dari kata mudah. Ha Neul menghadapi beragam macam masalah dari murid-muridnya. Namun dari situlah, Ha Neul berkembang sebagai guru maupun manusia. Perjalanannya ini ditemani dengan beberapa guru, terutama Park Seong Soon.

Beliau adalah guru senior yang menjabat sebagai Kepala Divisi Penasehat Perguruan Tinggi. Ia terkenal akan dedikasinya sebagai guru yang rela melakukan banyak hal demi murid-muridnya. Ha Neul belajar banyak dari Seong Soon dan menjadikannya mentor.

7. You Are My Spring

drama-seo-hyun-jin-1_

Dalam drama serial You Are My Spring, Seo Hyun Jin dipercayakan menjadi salah satu pemeran utama bersama aktor Kim Dong Wook. Peran yang dibawakan oleh Seo Hyun Jin adalah Kang Da Jeong.

Hari-hari, Da Jeong bekerja sebagai concierge manager di sebuah hotel bintang 5. Dibandingkan dengan kolega seangkatannya, karir Da Jeong tergolong menanjak cepat.

Namun dibalik itu, dia memiliki kenangan masa kecil yang buruk. Hal ini membuat Da Jeong yang berusia 34 tahun masih menyimpan jiwa anak berumur 7 tahun. Lalu, entah mengapa pria yang berhubungan dengannya memiliki kepribadian yang sama buruknya dengan sang ayah kandung.

Suatu hari, Da Jeong memutuskan pindah tempat tinggal untuk memulai hidup baru. Di situ, ia bertemu dengan seorang psikiater bernama Joo Young Do, yang ternyata sama-sama memiliki trauma. Lalu, keduanya dihadapkan dengan sebuah insiden yang membuat mereka harus bertarung dengan traumanya masing-masing. 

8. The Three Musketeers 

drama seo hyun jin_The Three Musketeers_
  • Tahun Rilis: Agustus 2014
  • Genre: Period Drama, Action, Romance
  • Produksi: Chorokbaem Media, JS Pictures
  • Sutradara: Kim Byung Soo
  • Pemeran: Jung Yong Hwa, Lee Jin Wook, Yang Dong Geun, Seo Hyun Jin
  • Jumlah Episode: 12

The Three Musketeers (2014) dibuat berdasarkan adaptasi bebas novel terbitan tahun 1844 yang terkenal karya Alexandre Dumas berjudul The Three Musketeers.

Secara garis besar, drama ini bercerita tentang Putra Mahkota So Hyeon dan dua pengawal setianya, Seung Po dan Min Seo yang berteman dengan Park Dal Yang. Mereka bergabung menjadi penyelamat Joseon dari serangan musuh serta peperangan.

Dalam drama ini Seo Hyun Jin berperan sebagai Putri Kang Yoon Seo. Dia adalah istri Putra Mahkota So Hyeon yang canggung dan tidak percaya diri. Namun, seiring bergulirnya cerita dia berubah menjadi sosok yang hebat dan berani. 

9. Let’s Eat 2

drama-seo-hyun-jin-7_
  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Romantic comedy
  • Network: tvN
  • Produksi: CJ E&M
  • Sutradara: Park Joon Hwa
  • Pemeran: Yoon Doo Joon, Seo Hyun Jin, Kwon Yul
  • Jumlah episode: 18

Seo Hyun Jin mengambil bagian utama dalam musim kedua drama bertemakan kuliner Let’s Eat, mendampingi Yoon Doo Joon yang sebelumnya berperan dalam musim pertama. Di sini, Seo Hyun Jin membawakan karakter Bae Soo Ji yang merupakan seorang penulis lepas.

Soo Ji merupakan wanita yang lucu dan ceria, tapi dibalik itu dia memiliki permasalahan dengan kepercayaan diri.  Hal ini berakar dari obesitas yang pernah ia alami dahulu hingga membuatnya hanya makan satu kali sehari.

Suatu ketika, dia bertemu dengan tetangga baru pindahan Seoul yang menempati kamar persis di seberangnya. Pria tersebut ternyata adalah Goo Dae Young, sales asuransi yang kebetulan teman satu SD-nya Soo Ji.

Keduanya menjadi semakin dekat ketika Soo Ji meminta tolong Dae Young untuk menjodohkannya dengan pegawai pemerintahan tampan bernama Lee Sang Woo. Namun, benang takdir justru mempersatukan mereka.

10. Temperature of Love

drama-seo-hyun-jin-5_
  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Romance, Melodrama
  • Network: SBS
  • Produksi: Pan Entertainment
  • Sutradara: Nam Geon
  • Pemeran: Seo Hyun Jin, Yang Se Jong, Kim Jae Wook, Jo Bo Ah
  • Jumlah episode: 40

Dalam melodrama SBS Temperature of Love, Seo Hyun Jin kembali dipertemukan dengan pemain Dr. Romantic, yakni aktor Yang Se Jong. Namun khusus drama ini, keduanya dipasangkan sebagai pemeran utama.

Karakter yang dibawakan oleh Seo Hyun Jin adalah Lee Hyun Soo. Ia memiliki impian untuk menjadi penulis naskah hingga rela meninggalkan pekerjaan tetapnya di perusahaan besar. Namun hingga saat ini, ia masih berada di posisi asisten penulis.

Suatu hari, dia bertemu dengan On Jung Sun, pemuda yang sedang berusaha keras untuk menjadi chef ternama dengan restoran sendiri. Mereka bertemu pertama kali melalui chat room, lalu pertemuan secara langsung pun tak bisa dikatakan baik.

Namun pada akhirnya, kedua insan ini saling jatuh cinta. Sayangnya, perjalanan cinta mereka dipenuhi oleh banyak lika-liku.

Karakter Lee Hyun Soo ini tentu dibawakan dengan sangat baik oleh Seo Hyun Jin. Penghargaan Aktris Terbaik pun berhasil ia bawa pulang melalui ajang 30th Grimae Awards.

11. Feast of the Gods

drama-seo-hyun-jin-9_

Feast of the Gods merupakan serial melodrama dengan tema kuliner yang sempat disiarkan pada tahun 2012 di MBC. Melalui drama ini, Seo Hyun Jin menguji kemampuan beraktingnya sebagai karakter antagonis untuk pertama kalinya.

Di sini, dia mengisi karakter bernama Ha In Joo yang merupakan anak dari Sung Do Hee, chef eksekutif dari sebuah restoran mewah dengan spesialisasi masakan ala Kerajaan Korea bernama Arirang. Saat ini, Arirang sedang mencari penerus baru. Sebagai anak dari penerus sebelumnya, tentu In Joo sangat berambisi untuk mendapatkan gelar tersebut.

Kemudian, dia menemukan bahwa saingannya adalah Go Joon Young, chef amatir berbakat tanpa latar belakang edukasi kuliner. Keduanya bersaing untuk menjadi yang paling pantas mengambil tahta di Arirang tanpa mengetahui bahwa ada rahasia besar mengenai latar belakang asli mereka.

Peran yang Seo Hyun Jin mainkan ini adalah karakter second lead. Akan tetapi, totalitas aktingnya dalam menghidupkan Ha In Joo yang digelapkan oleh ambisi ini mampu mengantarkannya meraih Excellence Award, Actress melalui MBC Drama Awards pada tahun 2012.

12. Goddess of Fire

drama-seo-hyun-jin-10_
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Historical, Drama, Romance
  • Network: MBC
  • Produksi: KPAX, MBC C&I
  • Sutradara: Park Sung Soo, Jung Dae Yoon
  • Pemeran: Moon Geun Young, Lee Sang Yoon, Kim Bum
  • Jumlah episode: 32

Keberhasilan Seo Hyun Jin membawakan peran antagonis, membuat dirinya kembali ditawari peran serupa. Namun berbeda dengan sebelumnya, peran yang dibawakannya di sini merupakan wanita era Dinasti Joseon bernama Shim Hwa Ryung.

Peran antagonisnya ini bahkan kembali membawa Seo Hyun Jin memenangkan penghargaan Excellence Award, Actress di ajang 6th Korea Drama Awards.

Dalam kisahnya, Hwa Ryung ini merupakan teman sedari kecil dari sang tokoh utama Yoo Jung Yi. Namun, pertemanan mereka berubah menjadi pahit akibat kecemburuan Hwa Ryung terhadap Jung Yi.

Hwa Ryung memiliki perasaan cinta pada pria bernama Tae Do, yang justru mencintai mantan sahabatnya. Jiwa pendendam yang bersarang pada hatinya semakin menjadi ketika ia mendapatkan uang dan kekuasaan.

Goddess of Fire ini terinspirasi dari kisah nyata dari seorang tokoh bersejarah, Baek Pah Sun, yang merupakan wanita pertama yang menjadi ahli tembikar di Era Joseon pada abad ke-16. Di sini, karakter tersebut diberi nama Yoo Jung Yi.

Lalu, narasi mengikuti perjalanan hidup Jung Yi hingga menjadi ahli tembikar yang mampu mencetak sejarah dan kisah cintanya bersama dengan Pangeran Gwanghae.

Itu dia 12 drama Seo Hyun Jin yang wajib untuk ditonton. Transformasi Seo Hyun Jin dari penyanyi menjadi aktris bisa dikatakan sangat sukses.

Ia merupakan tipe aktris yang mampu memahami setiap karakter yang dibawakannya serta bisa membuatnya terlihat hidup dan bersinar. Tak heran, publik maupun industri hiburan mengakui keterampilannya dalam berakting.

Nah, dari 12 judul drama Seo Hyun Jin yang ada dalam daftar di atas, mana saja yang paling membuat kalian tertarik untuk menonton?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram