Bacaterus / Film Artis Korea / Belum Banyak yang Tahu, Ini 5 Drama Park So Dam yang Seru

Belum Banyak yang Tahu, Ini 5 Drama Park So Dam yang Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kita semua mengenal Park So Dam dari film “Parasite”, beberapa dari kamu mungkin sudah menonton film-film Park So Dam lainnya. Tak banyak yang tahu, kalau cewek kelahiran tahun 1991 ini pernah bermain di layar kaca juga, loh. Memang, spesialisasinya So Dam itu film, makanya jumlah drama yang dimainkannya tidak terlalu banyak.

Sebelumnya, nama Sodam melejit setelah ia memerankan film “The Priests” (2015) sebagai siswi yang dirasuki iblis jahat dan juga dalam drakor “Cinderella and Four Knights” sebagai Eun Ha Won si gadis miskin yang kurang beruntung.

Karena pada tahun 2020 Park Sodam bermain drama lagi, makanya orang-orang jadi penasaran kiranya ada drama lain kah yang Park Sodam perankan? Nah, berikut sudah Bacaterus kumpulkan semua proyek drama Park Sodam buat kamu.

  • Nama Lengkap: 박소담 (Park So Dam)
  • Tempat Tanggal Lahir: Korea Selatan | 8 September 1991
  • Instagram: @sodam_park_0908
  • Agensi: Artist Company
  • Tahun Aktif: 2013 – sekarang

1. Record of Youth

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Youth, Romance, Coming of Age
  • Produksi: Pan Entertainment
  • Sutradara: Ahn Gil Ho
  • Pemeran: Park Bo Gum, Park So Dam, Byeon Woo Seok, Kwon Soo Hyun, Ha Hee Ra, Shin Ae Ra
  • Jumlah Episode: 16

Record of Youth” adalah salah satu drama paling ngehits pada tahun 2020 akhir. Alasan pertama: ini adalah proyek Park Bo Gum yang terakhir sebelum wajib militer, kedua: ini adalah drama pertama Park So Dam setelah film “Parasite” begitu meledak di seluruh dunia, ketiga: genre ceritanya sedang booming dan digemari orang-orang Korea.

Lalu, “Record of Youth” ini menceritakan tentang apa, sih? Drama ini mengikuti kehidupan tiga anak muda di industri mode kontemporer. Park Bo Gum berperan sebagai Sa Hye Jun, seorang model yang datang dari keluarga miskin kelas pekerja. Ia cukup dikenal sebagai model, tapi ia tidak puas sampai di situ saja dan ingin mengejar impiannya sebagai aktor.

Jalannya sangat tidak mudah, karena ia ingin mendapatkan mimpinya lewat jalur murni (tanpa ‘sponsor’ alias backingan). Ia juga bukan orang kaya sehingga tidak punya koneksi untuk bisa cepat sukses. Lalu, ada Park So Dam yang memainkan Ahn Jeong Ha. Ia seorang makeup artist yang bekerja di salon kecantikan terkenal, sehingga model.

Artis, dan ‘orang penting’ sering datang ke sana juga. Di sana, ia mengalami perundungan dari seniornya yang iri karena ia mendapatkan pelanggan tetap model & artis Won Hae Hyo serta Sa Hye Jun.

Di luar itu, kehidupan keluarganya pun cukup kacau. Orang tuanya bercerai, ibunya tidak pernah mendukungnya dan ia hanya dekat dengan ayahnya saja, akan tetapi ia tinggal sendiri, tidak tinggal dengan salah satu dari orang tuanya.

Lalu ada cerita dari sisi Byeon Woo Seok sebagai Won Hae Hyo. Kamu mungkin menganggap ia enak karena anak orang kaya yang terpandang, jalan menuju karirnya juga jauh lebih mulus dibandingkan Sa Hye Jun, sahabatnya yang mana mereka memulai karir bersama.

Ternyata kekayaan tidak menjamin kebahagiaan. Pasalnya, kehidupan Hae Hyo layaknya boneka kedua orang tuanya. Terutama ibunya yang mengontrol kehidupan profesionalnya di belakang dirinya (sebenarnya ia curiga tapi belum mengetahui kelakuan ibunya secara rinci).

Mereka semua berusaha keras untuk mencapai impian dan cinta mereka tanpa putus asa. Kamu bisa menonton drama ini di channel tvN atau Netflix.

2. Cinderella with Four Knights

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Romantic comedy
  • Produksi: HB Entertainment
  • Sutradara: Kwon Hyuk Chan, Lee Min Woo
  • Pemeran: Park So Dam, Jung Il Woo, Ahn Jae Hyun, Lee Jung Shin, Choi Min, Son Na Eun
  • Jumlah Episode: 16

Pernah membaca novel “Cinderella and Four Knights” karya Lee Min Young (Baek Myo) yang rilis pada tahun 2011? Drama ini diangkat dari novel tersebut. “Cinderella with Four Knights” menceritakan tentang anak muda berusia 20-an yang memiliki masalah hidup masing-masing. Inti ceritanya sebenarnya sama seperti drama yang booming banget pada tahun 2009, yaitu “Boys Over Flowers”.

Park So Dam bermain sebagai Eun Ha Won, siswi SMA cerdas yang bercita-cita menjadi seorang guru, sesuai keinginan ibunya. Sayangnya, ia kehilangan sang ibu dalam kecelakaan tragis. Ayahnya pun menikah lagi dan seorang ibu tiri kejam.

Selain tidak diberi uang saku, ibu tirinya juga mencuri uang kuliah yang sudah Ha Won kumpulkan dari pekerjaan paruh waktu. Lalu, ketika ia mengumpulkannya lagi, ternyata ada kendala lainnya yaitu pemakaman ibunya tidak pernah dibayar sehingga ia didenda cukup besar yang membuat ia kehilangan uang pendaftaran kampusnya lagi.

Suatu hari, Ha Won bertemu kakek-kakek baik hati yang ternyata miliarder. Ha Won diminta pindah ke tempat tinggalnya untuk menjinakkan ketiga cucunya yang sulit diatur.

Ada pemberontak Kang Ji Woon, playboy dan tukang boros Kang Hyun Min, dan penyanyi juga idol Kang Seo Woo. Ditambah adanya Lee Yoon Sung yang bertindak sebagai pengawal cucu-cucu miliarder tersebut, Ha Won terjebak di antara cinta segi empat yang mendebarkan.

3. A Beautiful Mind

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Medical, Melodrama, Mystery
  • Produksi: Raemongraein Co. Ltd.
  • Sutradara: Mo Wan Il
  • Pemeran: Jang Hyuk, Park So Dam, Yoon HyunMin, Park Se Young, Heo Joon Ho, Kim Jong Soo
  • Jumlah Episode: 14

“A Beautiful Mind” yang dikenal juga dengan judul “Dr. Frankenstein” adalah drama Korea yang dirilis pada tahun 2016. Direncanakan memiliki 16 episode, drama ini rampung pada episode ke-14 karena ratingnya yang kurang bagus. Padahal ceritanya menarik, loh.

Terinspirasi dari novel gothic “Frankenstein” karya Mary Shelley, drama ini berputar pada kisah Lee Young Oh, seorang ahli bedah saraf yang terkenal di seluruh dunia. Akan tetapi, Young Oh memiliki cacat dalam dirinya, yaitu ia tidak bisa merasakan simpati.

Masalah muncul ketika ia terlibat dengan kematian misterius di rumah sakit tempatnya bekerja. Peran Park So Dam di sini sebagai Gye Jin Sung, seorang polisi lalu lintas yang jujur, lugas, dan patuh pada aturan. Ia turut campur dalam memecahkan kasus kematian misterius tersebut.

4. My First Time

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Youth Drama, Romance, Comedy
  • Produksi: AStory
  • Sutradara: Lee Jung Hyo
  • Pemeran: Choi Minho, Park So Dam, Kim Min Jae, Jung Yoo Jin, Lee Yi Kyung, Cho Hye Jung
  • Jumlah Episode: 8

Ternyata So Dam pernah beradu peran dengan Choi Minho SHINee, loh! Kalau kamu tidak percaya, langsung saja tonton drama “My First Time” atau “Because It’s The First Time”.

Serial ini berpusat pada enam anak muda yang nge-geng (kebetulan rumah mereka satu area, di komplek yang sama). Mereka suka ngumpul di atap rumahnya Yoon Tae Oh (diperankan oleh Choi Minho) sebagai tempat persembunyian dan pelarian mereka dari masalah-masalah yang mereka hadapi.

Karakter utamanya diantaranya ada Yoon Tae Oh, anak orang kaya yang kehidupannya nampak lebih mudah dibandingkan sahabat-sahabat lainnya. Lalu, ada Park So Dam sebagai Han Song Yi yang hidup tanpa ibunya, karena ibunya pergi menikah lagi.

Sedangkan Kim Min Jae bermain lakon sebagai Seo Ji Ahn, anak penjual ayam yang struggling untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari juga untuk kuliahnya nanti. Seri drama ini pernah dibuat ulang pada tahun 2019 dengan judul  “My First First Love” yang bisa kamu tonton di Netflix.

5. Drama City

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Drama, Sejarah
  • Produksi: –
  • Sutradara: –
  • Pemeran: Kim Daemyung, Lee Hangna, Park So Dam, Park Hana, Kim Myunggon, Jo Miryung
  • Jumlah Episode: 1

Kalau yang satu ini memang agak beda dari drama Park So Dam lainnya, karena “Drama City” ini merupakan drama pendek yang hanya punya satu episode saja.

Ditayangkan oleh KBS melalui channel KBS2TV (kamu bisa menontonnya di YouTube), sebenarnya “Drama City” merupakan bagian dari koleksi drama mingguan, yang tiap ceritanya memang cuma ada satu episode. Pemainnya pun berbeda-beda setiap minggunya.

Suatu hari, mayat seorang kasim dilempar ke kamar Putra Mahkota Sado. Sang Putra Mahkota dan Putri Hwa Wan pun mencoba menemukan pelakunya, tetapi keadaan semakin hari makin misterius.

Sementara itu, di tengah malam, ibu dari Putra Mahkota Sado mengunjungi Jeoseungjeon untuk memeriksa putranya dan kebetulan menyaksikan sebuah rahasia besar. Apakah itu? Tonton saja dramanya di channel YouTube KBS, ada subtitle bahasa Inggris-nya, kok.

Meski belum banyak drama yang dibintangi oleh Park So Dam namun hal itu tidak mengurangi kualitas akting yang ia miliki. Ia bisa berperan di berbagai genre drama dengan baik loh! Sudah pernah menonton salah satunya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *