bacaterus web banner retina

Inilah 10 Drama Mirip Juvenile Justice yang Wajib Ditonton!

Drama Korea original Netflix terbaru berjudul Juvenile Justice (2022), pelan tapi pasti menarik perhatian banyak penonton. Gaungnya memang tidak se-hype Squid Game (2021) tetapi soal kualitas cerita boleh diadu.

Drama berjumlah 10 episode ini menyoroti sistem peradilan untuk kejahatan anak dan remaja. Hakim Sim Eun Seok yang bertugas di sana terkenal tegas dan membenci anak-anak serta remaja pelaku kejahatan.

Baginya anak-anak itu tidak akan berubah karena menganggap sepele sistem hukum yang seolah memihak mereka karena ketentuan usia.

Jika kamu suka dengan sensasi serunya menangani satu kasus drama mirip Juvenile Justice (2022) di bawah ini bisa ditonton. Mereka sama-sama mengangkat tema hukum yang tegang dan emosional.

1. Stranger Season 1 (2017)

Stranger Season 1 (2017)

Drama mirip Juvenile Justice (2022) karena sama-sama mengangkat tema hukum adalah Stranger Season 1. Dikenal juga dengan nama Secret Forest, drama yang dibintangi Cho Seung Woo dan Bae Doona ini bercerita tentang seorang jaksa bernama Hwang Shi Mok yang mengalami kelainan otak pasca operasi di usia belia.

Operasi tersebut membuatnya kehilangan empati dan kesulitan berhubungan dengan orang lain. Shi Mok diceritakan berkenalan dengan Park Moo Sung, seorang broker yang menghubungkan banyak kepentingan orang-orang politik, bisnis dan hukum.

Suatu hari Moo Sung ditemukan tewas oleh Shi Mok. Bersama Letnan Han Yeo Jin, Shi Mok berusaha mengungkap kematian Moo Sung. Selain kasus kematian Moo Sung, drama ini juga menyuguhkan beberapa kasus lain, termasuk prostitusi anak di bawah umur.

2. The Devil Judge (2021)

The Devil Judge (2021)

Jika kamu terpesona oleh karakter Hakim Sim Eun Seok yang tegas dan berkharisma, dijamin akan jatuh cinta dengan karakter Hakim Kang Yo Han dalam drama The Devil Judge (2021).

Diperankan Ji Sung, Hakim Kang Yo Han terkenal tegas dan menjadi ancaman untuk para pelaku kejahatan. Hukuman yang dijatuhkan kerap tidak masuk akal dan dijamin menakutkan.

The Devil Judge (2021) bercerita tentang seorang hakim yang hidup di sebuah negara dystopia. Dia menjadi harapan terbesar yang diandalkan dapat memperbaiki kekacauan.

Hakim Kang Yo Han memanfaatkan kesempatan itu untuk bekerja serius menumpas sampah-sampah masyarakat yang meresahkan, sampai kemudian dia harus berhadapan dengan kepala negaranya sendiri.   

3. Law School (2021)

Law School (2021)

Rekomendasi drama tentang hukum selanjutnya jika kamu suka dengan Juvenile Justice (2022) adalah Law School (2021). Sesuai judulnya, drama ini bercerita tentang dinamika kehidupan para mahasiswa jurusan hukum di sebuah universitas.

Yang Jong Hoon, mantan jaksa yang menjadi profesor di universitas tersebut terkenal sebagai dosen killer. Dia tidak segan memberi komentar-komentar pedas pada mahasiswanya.

Di antara para mahasiswa, Kang Sol dan Han Joo Hwi menjadi yang cukup menonjol. Suatu hari terjadi peristiwa menggemparkan karena salah satu profesor, yakni Profesor Seo Byung Ju tewas terbunuh. Para mahasiswa di sekolah hukum itu pun mempelajari kasus kematian sang profesor.

4. Stranger Season 2 (2020)

Stranger Season 2 (2020)

Merupakan lanjutan dari Stranger Season 1 (2017), musim kedua masih menyoroti kehidupan Shi Mok sebagai seorang jaksa dan Han Yeo Jin sebagai seorang letnan. Bedanya kali ini mereka berusaha mendapatkan kewenangan untuk menginvestigasi.

Cerita Stranger Season 2 (2020) dimulai ketika dua anak remaja yang baru lulus SMA tewas terseret arus ketika mereka berlibur ke pantai.

Satu anak remaja dikabarkan selamat karena dia memilih berdiam di penginapan. Kasus kematian dua remaja itu pun menjadi misteri karena terdapat keganjilan; apakah mereka tewas dibunuh atau murni kecelakaan? Sayang, kasus itu ditutup karena kurangnya bukti.

5. Class of Lies (2019)

Class of Lies (2019)

Drama mirip Juvenile Justice (2022) selanjutnya adalah Class of Lies (2019). Dua drama ini sama-sama mengangkat tema hukum dan remaja.

Ia bercerita tentang seorang pengacara terkenal bernama Gi Moo Hyeok yang ditugaskan menyelidiki kematian seorang siswa perempuan di sebuah sekolah. Dalam penyelidikan itu, Moo Hyeok menyamar sebagai guru pengganti bernama Gi Kang Jae.

Moo Hyeok sebenarnya bertugas membela Kim Han Soo; teman sekelas Jeong Soo Ah, seorang siswi ditikam di tempat tidur. Moo Hyeok lantas membujuk Han Soo mengakui perbuatannya karena hukuman akan diringankan.

Han Soo menolak dan dia pun membuat Moo Hyeok bingung karena mengaku sebagai kekasih Soo Ah. Namun Moo Hyeok punya cara lain agar membuat Han Soo mengakui perbuatannya.

6. Hyena (2020)

 Hyena (2020)

Penampilan Kim Hye Soo di Juvenile Justice (2022) menuai banyak kekaguman. Karakter yang dia bawakan mencitrakan seorang hakim yang tegas dan berintegritas. Nah! Pada drama Hyena (2020) karakternya sungguh berbeda.

Berperan sebagai Jung Geum Ja, Kim Hye Soo adalah seorang pengacara yang hanya peduli pada kesuksesan pribadi. Dia sangat ambisius mewujudkan masa depan yang jauh lebih baik dari masa lalunya.

Di sisi lain, Yon Hee Jae, seorang pengacara yang sangat percaya diri terhadap kemampuannya, kerap bekerjasama dengan orang-orang kelas atas.

Dia menggunakan kecerdasan untuk ‘mempermainkan’ hukum guna memenuhi permintaan kliennya. Mereka sama-sama menggunakan hukum untuk mendapatkan kekuasaan serta uang.

7. Confession (2019)

Confession (2019)

Drama legal selanjutnya yang akan memuaskanmu selain Juvenile Justice (2022) yaitu Confession (2019). Dibintangi Lee Jun Ho, ia bercerita tentang sebuah sistem hukum yang dikenal dengan istilah non bis in idem, bermakna tidak ada seorang pun boleh diadili sebanyak dua kali untuk pelanggaran hukum yang sama.

Diceritakan bahwa Choi Do Hyun adalah seorang pengacara yang berusaha membersihkan nama sang ayah atas tuduhan pembunuhan dan divonis dengan hukuman mati.

Sewaktu kecil Do Hyun mengidap penyakit jantung. Sebagian besar masa kecilnya dihabiskan di rumah sakit. Sebuah keajaiban terjadi ketika Do Hyun tiba-tiba mendapat donor dan bisa melakukan transplantasi jantung. 

8. Lawless Lawyer (2018)

Lawless Lawyer (2018)

Drama bertemakan hukum selanjutnya yang masih satu genre dengan Juvenile Justice (2022) yaitu Lawless Lawyer (2018). Drama yang dibintangi Lee Joon Gi dan Seo Yea Ji ini bercerita tentang seorang hakim yang pernah membunuh seseorang belasan tahun lalu.

Dia lalu meminta seorang gangster bernama Ahn Oh Joo menutupi kejahatannya. Hakim yang diketahui bernama Cha Moon Sok tersebut suatu malam diketahui membunuh Cho Jin Ae, seorang pengacara wanita.

Pembunuhan itu diketahui oleh Bong Sang Pil, putra Cho Jin Ae. Sang Pil lalu melarikan diri ke tempat sang paman yang merupakan gangster di Seoul. Tumbuh dewasa Sang Pil bertekad menuntut pelaku pembunuhan sang ibu.

9. Witch’s Court (2017)

Witch’s Court (2017)

Jika pada Juvenile Justice (2022) sosok yang dianggap mengerikan ada pada Hakim Sim Eun Seok, di drama ini sosok mengerikan dipegang oleh seorang pengacara wanita bernama Ma Yi Deum.

Sudah menjalani profesinya sebagai pengacara selama 7 tahun, Yi Deum terkenal sebagai ‘penyihir’ karena selalu menghalalkan banyak cara untuk memenangkan satu kasus.

Suatu hari Yi Deum memergoki atasannya melecehkan seorang wartawan wanita. Merasa tak suka dengan perilaku sang atasan, Yi Deum bersedia menjadi saksi.

Akibat hal itu Yi Deum dipindahkan ke bagian khusus yang menangani kasus-kasus kekerasan atau kejahatan seksual. Di sana dia bertemu Yeo Jin Wook, mantan psikiater yang kini menjadi jaksa.

10. Judge vs Judge (2017)

Judge vs Judge (2017)

Drama mirip Juvenile Justice (2022) selanjutnya berjudul Judge vs Judge (2017), terutama karena karakter dua drama ini adalah seorang hakim wanita. Hakim Sim Eun Seok dan Hakim Lee Jung Joo dalam drama ini sama-sama berkarakter kuat dan berapi-api.

Lee Jung Joo berjuang untuk mengungkapkan kebenaran atas kasus yang menimpa kakak lelakinya. Dia yang semula bernama Choi Jung Joo mengubah nama depannya menjadi Lee.

Kakak lelaki Lee Jung Joo, Choi Kyung Ho, dijebak dengan kasus pemerkosaan dan pembunuhan. Dia pun dipenjara selama beberapa tahun.

Pasca 10 tahun Kyung Ho mendekam di penjara, Jung Joo curiga kalau kakaknya tidak bersalah atas tuduhan tersebut. Bisakah Jung Joo membuktikan kecurigaannya lalu membebaskan sang kakak?

Itu dia beberapa drama mirip Juvenile Justice (2022), terutama karena ber-genre hukum dan beberapa karakternya berprofesi sebagai ahli hukum seperti Hakim Sim Eun Seok dan Cha Tae Ju.

Kasus yang ditawarkan drama-drama di atas tidak hanya mengenai kejahatan anak dan remaja, tetapi lebih luas. Tertarik untuk mulai marathon drama-drama hukum? Kamu bisa memulainya dari rekomendasi pada artikel ini!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram