Bacaterus / Film Artis Korea / 13 Drama Terbaik Lee Min Ho, Hallyu King yang Multitalenta

13 Drama Terbaik Lee Min Ho, Hallyu King yang Multitalenta

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tak kenal aktor asal Seoul, Korea Selatan ini? Lee Min Ho yang dikenal luas melalui aktingnya di beragam drakor ini memulai karirnya sebagai aktor sejak tahun 2003. Ia memerankan mahasiswa institut seni dalam drama “Sharp” sebagai debutnya.

Karir Lee Min Ho sendiri mulai melejit ketika ia membintangi drama berjudul Boys Before Flowers pada tahun 2009. Sama sekali tak terbayangkan, pasalnya aktor ini justru bermimpi menjadi pemain sepak bola bahkan Lee Min Ho pun telah dilatih oleh Cha Bum Kum, pesepak bola Korea Selatan.

Berkat drama tersebut, Lee Min Ho memperoleh penghargaan sebagai Aktor Pendatang Terbaik pada Baeksang Arts Awards ke-45. Hingga kini, Lee Min Ho sudah berperan dalam 13 drama, 4 film dan 6 web series, loh!

Makanya, sangat pantas Lee Min Ho mendapatkan julukan ‘hallyu king’. Aktor yang rupanya merupakan anak bungsu dari dua bersaudara ini juga menjadi brand ambassador beragam produk, mulai dari smartphone, kosmetik, hingga produk minuman asal Indonesia.

Penasaran ingin tahu deretan drama yang pernah diperankan oleh Lee Min Ho? Berikut Bacaterus lampirkan, mulai dari debut dramanya hingga drama Lee Min Ho yang paling ikonik.

1. Sharp (2003)

Dalam drama pertamanya, Lee Min Ho berperan sebagai mahasiswa institut seni. Ia beradu akting dengan sederet artis, salah satunya Go Ara. Drama Sharp tersebut ditayangkan oleh KBS pada tahun 2003 dan memiliki 164 episode! Banyak banget, kayak sinetron Indonesia, hihi.

2. Nonstop (2004)

Lee Min Ho berperan sebagai MC pada drama “Nonstop” musim kelima. Drama ini sebelumnya dikenal sebagai drama yang dibintangi berbagai Idola Remaja Korea. Seperti drakor “School” kali, ya? Di musim kelimanya, “Nonstop” berhasil menembus 257 Episode dan disiarkan oleh MBC di tahun 2004. Ternyata drakor zaman dulu episodenya panjang-panjang, ya.

3. Recipe of Love (2005)

Sama halnya seperti drama “Nonstop”, drama ini juga ditayangkan oleh MBC pada tahun 2005. Lee Min Ho memerankan tokoh pelayan di sini. Namun, drama “Recipe of Love” ini memiliki episode yang tergolong singkat, yakni hanya 41 episode.

4. Secret Campus(2006)

Setelah membintangi beberapa drama sebagai pemeran pembantu, akhirnya Lee Min Ho mendapatkan peran sebagai Park Do Hyun, second lead actor dalam drama “Secret Campus”. Drama ini ditayangkan di channel EBS pada tahun 2006. Drama ini mengangkat kisah sekelompok pelajar SMA yang beranggotakan enam orang, seperti poster drama-nya.

Seung Jae adalah siswa sekolah menengah yang tiba-tiba meninggal karena kecelakaan lalu lintas. Pada saat itu, dia berkencan dengan Su Ah, teman sekolahnya. Satu tahun berikutnya, Su Ah menerima surat yang berisi rahasia tentang Seung Jae. Ternyata pada waktu itu Seung Jae berselingkuh dengan temannya Su Ah, yaitu Du Hyeon, saudara perempuannya Eun Ho.

Sementara itu, Dong Cheol, seorang siswa yang bermimpi menjadi pemain sepak bola, berhenti menghadiri kegiatan ekstrakurikulernya setelah kematian Seung Jae dan tidak lagi muncul di sekolah. Dengan surat-surat yang diterima Su Ah, rahasia mulai terungkap satu per satu.

5. Mackerel Run (2007)

Ditayangkan oleh SBS pada tahun 2007, drama Lee Min Ho ini memiliki delapan episode. Karir Lee Min Ho mengalami kemajuan karena dalam drama bergenre komedi sekolah ini dia berperan sebagai Cha Gong Chan yang merupakan lead actor.

Cha Gong Chan adalah seorang pelajar yang nakal. Namun, ia berusaha menjadi lebih baik semenjak menemukan pujaan hatinya di sekolah. Selain Lee Min Ho, drama Mackerel Run juga diramaikan oleh Park Bo Young dan Moon Chae Won.

6. I Am Sam (2007)

Lee Min Ho ikut membintangi drama tersebut “I Am Sam” pada tahun 2007. Ia berperan sebagai Heo Mo Se, seorang pelajar SMA dalam yang disiarkan di KBS2. Tapi, Lee Min Ho bukan berperan sebagai lead actor di sini. Menariknya, drama yang bergenre romance dan komedi ini dibintangi pula oleh T.O.P Bigbang sebagai debut aktingnya.

7. Get Up (2008)

Dalam drama “Get Up” yang tayang pada tahun 2008, Lee Min Ho kembali berperan sebagai pelajar. Kali ini nama perannya adalah Min Wook Gi. Drama ini menceritakan tentang masalah pendidikan remaja di sekolah. Selain Lee Min Ho, drama ini dibintangi oleh Rhyme dan Choi Ah Jin.

8. Boys Over Flowers (2009)

Disinilah karir Lee Min Ho sebagai aktor melejit dengan sangat pesat. Ia memerankan karakter Gu Jun Pyo yang merupakan lead actor dalam drama tersebut. Drama yang diadaptasi dari manga Jepang berjudul “Hana Yori Dango” itu menceritakan centric tentang Geum Jan Di yang diperankan oleh Goo Hye Sun.

Geum Jan Di sering ditindas oleh sekelompok pelajar di sekolahnya, karena mereka semua kaya raya sedangkan ia miskin. Di sekolah tersebut ada geng papan atas yang bernama F4 beranggotakan Gu Jun Pyo, Yoon Ji Hoo (diperankan oleh Kim Hyun Joong), So Yi Jung (diperankan oleh Kim Bum) dan Song Woo Bin (diperankan oleh Kim Joon).

Sebelumnya, Geum Jan Di mendapatkan ‘red card’ dari F4 (sebenarnya dari Gu Jun Pyo secara sepihak), makanya Geum Jan Di semakin menjadi bulan-bulanan karena mendapatkan red card berarti menjadi sasaran pembullyan.

Tapi, Gu Jun Pyo, anak konglomerat yang arogan itu pun jatuh cinta kepada Geum Jan Di. Cinta segitiga di dalam kelompok pun terjadi karena Jan Di menyukai Ji Hoo, dan Ji Hoo selalu ada untuk Jan Di.

Melalui drama Boys Over Flowers ini, Lee Min Ho dikenal bukan lagi di Asia tapi hingga kancah Internasional. Selain itu, Lee Min Ho juga memperoleh banyak penghargaan berkat drama tersebut. Beberapa diantaranya adalah Best Newcomer Actor pada Baeksang Arts Awards ke-45, Male Rookie Award, hingga Best Couple Award bersama Goo Hye Sun pada KBS Drama Awards.

9. Personal Taste (2010)

Tak cepat puas, Lee Min Ho kembali menjadi lead actor dan berperan sebagai Jeon Jin Ho pada drama selanjutnya setelah BOF. Perannya di sini sebagai seorang arsitek yang memiliki gaya stylish. Drama “Personal Taste” yang diangkat dari novel ini menceritakan bagaimana Jeon Jin Ho bertemu dengan Park Gae In (diperankan oleh Son Ye Jin), wanita yang sempat mengiranya gay.

Ceritanya berlanjut hingga mereka pun jatuh cinta. Drama bergenre comedy romance ini disiarkan oleh MBC pada tahun 2010. Melalui drama “Personal Taste”, Lee Min Ho mendapatkan beragam penghargaan, diantaranya adalah Hot Actor oleh Mnet 20’s Choice Awards ke-4 dan Excellence Award dari MBC Drama Awards.

10. City Hunter (2011)

Drama “City Hunter” merupakan salah satu drama yang sukses besar pada tahun 2011. Beradu akting dengan Park Min Young, Lee Min Ho berperan sebagai Lee Yoon Sung, seorang pemuda yang bekerja di Blue House dan sedang melakukan misi rahasia. Ia jatuh cinta dengan Kim Na Na, seorang body guard negara. Sedangkan Lee Yoon Sung dilarang untuk jatuh cinta selama bertugas.

Drama yang diadaptasi dari manga ini ditayangkan oleh SBS. Tahukah Anda, dalam proses syuting drama, Lee Min Ho mengalami kecelakaan ketika mobil yang ia kendarai menabrak sesuatu, hingga bagian depan mobil tampak rusak parah?

Lee Min Ho pun kembali membawa pulang beragam penghargaan melalui drama “City Hunter”, mulai dari Top Excellence Award, Actor dan Hallyu Star Award pada Korea Drama Awards ke-4; hingga Top Excellence Award, Popularity Award, Actor, bahkan Top 10 Star Award dari SBS Drama Awards.

11. Faith (2012)

Berbeda dari drama sebelumnya, kali ini Lee Min Ho berperan Choi Young, seorang jenderal terbesar dari Dinasti Goryeo. Drama “Faith” yang disiarkan oleh SBS pada tahun 2012 ini menceritakan kisah Choi Young yang datang ke masa depan dan bertemu dengan Yoo Eun Soo yang dibintangi oleh Kim Hee Seon.

Yoo Eun Soo adalah seorang dokter. Itu lah mengapa Choi Young membujuknya untuk menyelamatkan nyawa sang Ratu Noguk. Tentu saja ada bumbu-bumbu romansa dan mereka pun jatuh cinta.

Drama ini menghasilkan Lee Min Ho Penghargaan Best Actor dan Best Couple bersama Kim Hee Seon pada DramaFever Awards hingga Top Excellence Award, Actor In Miniseries, serta Top 10 Star dalam acara SBS Drama Awards.

12. The Heirs (2013)

Drama SBS pada tahun 2013 ini kembali dibintangi oleh Lee Min Ho yang berperan sebagai Kim Tan, anak dari simpanan seorang konglomerat. Lee Min Ho beradu akting dengan Park Shin Hye yang memerankan karakter Eun Sang, anak dari pembantu yang bekerja di rumah Kim Tan.

Jelas, perbedaan kelas sosial menjadi rintangan besar bagi kisah cinta mereka. SBS Drama Awards pun kembali memberikan penghargaan kepada Lee Min Ho sebagai Top Excellence Award, Actor in a Drama Special, Popularity Award, Actor, Top 10 Stars, serta Best Couple bersama Park Shin Hye karena peran suksesnya dalam drama “The Heirs”.

13. The Legend of The Blue Sea (2017)

Dipercaya kembali menjadi tokoh utama di dalam sebuah drama, Lee Min Ho beradu akting dengan Jun Ji Hyun yang memerankan karakter Sim Chung, seorang putri duyung. Lee Min Ho sendiri berperan sebagai Dam Ryung. Keduanya sukses mempopulerkan drama yang disiarkan di SBS pada tahun 2017 ini.

Hebatnya lagi, Lee Min Ho mendapatkan penghargaan Top 10 Stars Award, Top Excellence Award, Actor in a Fantasy Drama, dan tentunya Best Couple bersama Jun Ji Hyun dari SBS Drama Awards berkat aktingnya pada drama “The Legend of The Blue Sea“.

Drama yang menceritakan cinta dua dunia tersebut menjadi drama Korea terakhir yang dibintangi oleh Lee Min Ho sebelum rehat dari dunia akting untuk melaksanakan wajib militer selama delapan belas bulan lamanya.

Lee Min Ho menjalani wajib militer pada 12 Mei 2017 dan berakhir pada tanggal 25 April 2019. Penggemar bahagia sekali memiliki aktor kesayangan mereka kembali dan menunggu proyek aktingnya yang mendatang.

Sebenarnya masih banyak drama yang pernah dibintangi oleh Lee Min Ho. Namun, ke-13 drama tadi adalah drama yang paling ikonik. Nah, kalau Anda, lebih suka akting Lee Min Ho dalam drama yang mana? Atau, mau tahu fakta menarik tentang Lee Min Ho? Kalau begitu, jangan lupa baca juga artikel Fakta Lee Min Ho ini, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *