20 Drama Korea tentang Pernikahan yang Mengaduk Emosi

Ditulis oleh Siti Hasanah

Banyak sekali tema yang diangkat oleh drama Korea, mulai dari medis, hukum, remaja, sekolah, makanan, kerajaan, detektif, termasuk pernikahan. Drama Korea yang mengangkat tema pernikahan pun memiliki bermacam sub tema, di antaranya nikah kontrak, nikah karena perjodohan, atau nikah karena kondisi yang terjadi pada pasangannya.

Drama tentang pernikahan tersebut ada yang dibuat lucu, serius, ada pula yang dibuat mengharu-biru. Permasalahan pernikahan yang diangkat pun beragam, seperti perselingkuhan, pengkhianatan, penipuan, kesalahpahaman, dan masih banyak lagi. Semuanya tetap seru dan asyik untuk ditonton. Apa saja drama Korea yang membahas pernikahan? Berikut judul-judulnya.

1. The World of the Married

drama korea tentang pernikahan_The World of the Married_

The World of the Married (2020) menjadi drama yang berhasil membuat penonton Indonesia geram dengan aktris cantik Han So Hee. Drama berjumlah 16 episode ini, bikin para perempuan kesal dengan sosok pelakor yang diperankannya. Di Korea sendiri, drama ini berhasil mendapatkan rating tinggi, tapi juga menimbulkan banyak kritik tajam.

Dramanya mengisahkan seorang istri bernama Jin Sun Woo yang baru menyadari bahwa suaminya berselingkuh dengan gadis muda. Kegagalan pernikahannya ini membuat Jin Sun Woo down, apalagi aksi perselingkuhan Tae Oh dan Da Kyung disembunyikan oleh teman-temannya sendiri.

Berusaha untuk bangkit dari keterpurukan, ternyata ada keanehan antara dirinya dan selingkuhan sang suami. Mampukah Ji Sun Woo mengembalikan kondisi pernikahannya?

2. Show Window: The Queen's House

drama korea tentang pernikahan_Show Window The Queen's House_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Melodrama, Family, Mystery
  • Produksi: Kortop Media
  • Sutradara: Kang Sol, Park Dae-hee
  • Pemain: Song Yoon-ah, Lee Sung-jae, Jeon So-min, Hwang Chan-sung
  • Jumlah Episode: 16 Episode

Show Window: The Queen's House (2021) adalah drama yang menunjukkan perjuangan seorang istri melawan pelakor yang licik. Awalnya Han Sun Joo mendukung Yoo Mi Ran untuk mengejar pria yang dicintainya, meski pria itu sudah berkeluarga. Tapi wanita ia tidak tahu, bahwa pria yang sedang di kejar oleh temannya itu adalah suaminya sendiri.

Drama ini cukup sukses menarik perhatian para penonton, terbukti dengan rata-rata rating yang didapatkannya hingga 10,335%. Selain itu, drama ini dibintangi oleh nama-nama terkenal seperti Song Yoon-ah, Lee Sung-jae, Jeon So-min hingga Hwang Chan-sung.

3. Kill Heel

drama korea tentang pernikahan_Kill Heel_

Selain dua drama tadi, Kill Heel (2022) menjadi drama Korea tentang pernikahan yang wajib banget untuk kamu tonton. Drama comeback Kim Ha Neul ini memiliki alur yang sangat menegangkan yakni mengenai kehidupan tiga wanita dan ambisinya.

Ketiganya bekerja di dunia home shopping yang sangat ketat. Alhasil, para pembawa acara di UNI Home Shopping ini mulai merasa serakah untuk lebih sukses lagi. 

Dibalik persaingan pekerjaan, setiap karakter memiliki permasalahan hidup yang berbeda-beda. Contohnya Woo Hyun yang memiliki masalah rumah tangga dengan suami dan ibu mertuanya. Sementara si “Queen Sold Out” Ok Sun adalah wanita berperangai, dibalik kebaikan dan kesempurnaan keluarganya. Lalu ada Mo Ran, Wakil Presiden Direktur UNI Home Shopping yang sangat perfeksionis dan kejam.

4. Hi Bye, Mama!

drama korea tentang pernikahan_Hi Bye, Mama_

Drama satu ini mengisahkan arwah seorang istri dan ibu yang tidak rela meninggalkan keluarganya. Kisahnya bermula ketika Cha Yu Ri, tewas mengenaskan pasca mengalami kecelakaan tragis lima tahun lalu.

Agar bisa bereinkarnasi, ia memiliki waktu 49 hari untuk bisa kembali ke sisi suami dan anaknya. Namun, keadaan sekarang sudah berubah, pasalnya sang suami sudah menikahi wanita lain.

Hi Bye, Mama! (2020) sendiri menjadi comeback Kim Tae Hee pasca melahirkan. Tak heran drama ini cukup di antisipasi. Drama ini berhasil menyentuh hati para penonton terutama pada ibu. Pasalnya, Kim Tae Hee berhasil mengirimkan emosi seorang wanita yang merindukan keluarganya.

5. The Penthouse: War in Life

drama korea tentang pernikahan_The Penthouse War in Life_

The Penthouse: War in Life (2020) adalah drama yang berhasil menguras emosi banyak penonton di dunia. Drama yang dibintangi oleh Lee Ji-ah, Kim So-yeon, Eugene, Um Ki-joon hingga Park Eun-seok ini, bikin semua orang kesal sepanjang menontonnya. Drama yang menunjukkan kehidupan keluarga orang kaya ini penuh dengan diskriminasi, bullying, perselingkuhan hingga pembunuhan misterius.

Berkat jalan cerita dan kemampuan akting para pemerannya, The Penthouse: War in Life (2020) berhasil masuk dalam Top 50 Drama Korea Populer. Selain itu, nama para pemeran utama dan pemeran pembantunya langsung melejit dan dikenal banyak orang.

6. Sky Castle

drama korea tentang pernikahan_Sky Castle_

Drama mengenai pernikahan dan keluarga lainnya yang bikin para penonton Indonesia geregetan adalah Sky Castle (2019). Drama yang dibintangi oleh Kim Seo Hyung ini memang paket lengkap, ada masalah pernikahan, ambisi orang tua dan persaingan anak. Drama ini meraih rating yang sangat tinggi dan berhasil membawa pulang piala dari 55th Baeksang Arts Awards.

Drama ini mengisahkan kehidupan keluarga kaya di Korea Selatan yang memiliki standar dan tidak segan untuk melakukan apapun untuk mendapatkannya. Salah satunya adalah persaingan mengenai pendidikan anak yang wajib masuk ke universitas ternama di Korea dan Dunia.

Akan tetapi, persaingan ini membuat para keluarga melakukan banyak kejahatan, hingga membuka rahasia pernikahan mereka.

7. Mine

drama korea tentang pernikahan_Mine_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Mystery, Thriller, Black Comedy
  • Produksi: JS Pictures
  • Sutradara: Lee Na-jung
  • Pemain: Lee Bo-young, Kim Seo-hyung, Cha Hak-yeon, Park Hyuk-kwon
  • Jumlah Episode: 16 Episode

Beralih ke drama berjudul Mine (2021), drama yang dibintangi oleh dua ratu drama yaitu Lee Bo-young dan Kim Seo-hyung. Drama yang berhasil mendapatkan rating hingga 11.2% ini memang sangat seru untuk di tonton karena mengisahkan kehidupan keluarga chaebol yang penuh masalah, aturan dan ambisi.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram