Bacaterus / Drama Korea / 7 Drama Korea tentang Pernikahan yang Mengaduk-aduk Emosi

7 Drama Korea tentang Pernikahan yang Mengaduk-aduk Emosi

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Oktober 2019

Banyak sekali tema yang diangkat oleh drama Korea, mulai dari medis, hukum, remaja, sekolah, makanan, kerajaan, detektif, termasuk pernikahan. Drama Korea yang mengangkat tema pernikahan pun memiliki bermacam sub tema, di antaranya nikah kontrak, nikah karena perjodohan, atau nikah karena kondisi yang terjadi pada pasangannya.

Drama tentang pernikahan tersebut ada yang dibuat lucu, serius, ada pula yang dibuat mengharu-biru. Permasalahan pernikahan yang diangkat pun beragam, seperti perselingkuhan, pengkhianatan, penipuan, kesalahpahaman, dan masih banyak lagi. Semuanya tetap seru dan asyik untuk ditonton. Apa saja drama Korea yang membahas pernikahan? Berikut 7 judul drama tersebut.

7 Drama Seru Tentang Pernikahan

1. 100 Days My Prince

100 Days My Prince

* sumber: www.koreandrama.org

Drama 100 Days My Prince yang bergenre sageuk ini banyak disukai para penggemar drama Korea terbukti dengan raihan rating yang tinggi. Walaupun Kyungsoo dikenal sebagai seorang penyanyi, tapi kemampuan aktingnya sangat mumpuni. Ini terbukti dengan banyaknya pujian yang dia dapat dari sutradara maupun pemain yang menjadi lawan mainnya. Bahkan, tidak sedikit drama yang diperankan oleh Do Kyungsoo EXO ini.

Begitu pula dengan Nam Ji Hyun, mantan artis cilik yang berakting dari mulai umur sembilan tahun ini sudah menjelma menjadi seorang aktris yang berbakat. Dia sudah berpasangan dengan beberapa aktor ternama, di antaranya Ji Chang Wook dan Seo In Guk. Dalam drama 100 Days My Prince dia bermain bersama idola Kpop ternama, Do Kyungsoo.

100 Days My Prince mengisahkan Pangeran Lee Yul (Kyungsoo) yang diceritakan mengalami kepedihan karena ditinggalkan oleh ibunya. Dia pun harus menyaksikan kekejaman perebutan kekuasaan yang melibatkan ayahnya dan orang tua Yoon Yi Seo/Hong Shim (Nam Ji Hyun). Semenjak kematian ibunya dan perginya perempuan teman kecilnya, Lee Yul menjadi pangeran yang dingin.

Dia dipaksa menikah dengan anak pejabat istana yang dulu membunuh ayah Yi Seo. Hidupnya tidak bahagia dan dia mengacuhkan sang istri. Suatu hari saat bepergian bersama pengawal setianya, dia diserang dan hampir terbunuh, tapi diselamatkan oleh ayah angkat Yi Seo yang kini sudah berganti nama menjadi Hong Shim.

Hong Shim alias Yi Seo kini tumbuh sebagai gadis ceria. Namun keceriaannya punah ketika dia dipaksa menikah karena aturan baru yang dibuat oleh sang Pangeran. Hampir saja akan dinikahkan dengan pria tua, Hong Shim terselamatkan oleh kehadiran Pangeran Lee Yul yang muncul sebagai Won Deuk. Maka, kisah 100 hari Won Deuk dan Hong Shim pun dimulai.

2. Familiar Wife

Familiar Wife

* sumber: www.koreandrama.org

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu diberi kesempatan untuk kembali ke masa lalu dan bertemu cinta pertamamu? Akankah kamu mengganti pasanganmu dengan cinta pertamamu? Begitulah cerita yang dialami tokoh utama pria dalam drama familiar wife. Drama ini mempertemukan kembali Ji Sung dan Han Ji Min setelah sebelumnya pernah bermain bersama dalam drama All In.

Cha Joo Hyuk (Ji Sung) adalah seorang pegawai bank. Dia menikahi mantan murid lesnya yang bernama Seo Woo Jin (Han Ji Min). Setelah lima tahun pernikahannya, Joo Hyuk merasa istrinya berubah menjadi mengerikan karena selalu marah dan melakukan kekerasan. Dia pun merasa lelah dengan pernikahannya. Suatu hari, dia mengalami peristiwa aneh yang membawanya ke masa lalu.

Joo Hyuk kembali ke masa dia kuliah dan bertemu kembali dengan adik kelasnya Lee Hye Won (Kang Han Na) yang ternyata memiliki perasaan yang sama padanya. Setelah peristiwa pertama, dia kembali mencoba untuk balik lagi ke masa lalu dan dia berhasil. Kunjungan terakhir ini sukses mengubah seluruh cerita hidupnya.

Ternyata time travel yang dilakukan Joo Hyuk berpengaruh pada hidup Woo Jin. Woo Jin kini hidup sebagai wanita karier yang sukses dan tak lagi menjadi ibu rumah tangga yang menderita stres.

Namun, hidup selalu punya kejutan yang tak disangka-sangka. Joo Hyuk yang menyangka hidupnya telah berubah dibuat terkejut oleh kehadiran Woo Jin di kantornya. Apakah Woo Jin masih mengenali Joo Hyuk? Penasaran? Jangan lupa tonton dramanya.

3. Matrimonial Chaos

Matrimonial Chaos

* sumber: www.hancinema.net

Judulnya sudah menggambarkan cerita yang diangkatnya. Ya, Matrimonial Chaos memang menceritakan kerumitan sebuah rumah tangga yang disebabkan karena kurangnya saling memahami di antara pasangan. Jo Seok Moo (Cha Tae Hyun) menikahi Kang Whee Roo saat dia (Bae Doo Na) mendatangi rumahnya untuk memperbaiki kerusakan.

Seok Moo yang senang kerapihan dan kebersihan, berbanding terbalik dengan Whee Roo yang tak begitu mempedulikan soal seperti itu. Setelah lama menikah, keduanya kerap bertengkar gara-gara hal-hal yang berhubungan dengan kerapihan dan kebersihan. Karena merasa tak saling memahami, keduanya pun memutuskan untuk bercerai.

Seok Moo bertemu dengan wanita yang dulu pernah dia pacari, Jin Yeo Yoong (Lee El) yang diketahui sudah menikah dengan Lee Jang Hyun (Son Seok Koo). Seok Moo mengetahui kalau suami Yeo Yoong berselingkuh dengan seorang perempuan muda yang tinggal dekat rumahnya. Akhirnya dia dan Yeo Yoong menjadi sering bertemu.

Bagaimana dengan Whee Roo? Whee Roo kini mulai sering bertemu anak band bernama Kim Shi Ho (Wi Ja Hoon) yang ternyata menyukai Whee Roo. Mereka terkadang menghabiskan waktu bersama. Rupanya ini membuat Seok Moo cemburu.

Tak hanya Whee Rood dan Seok Moo yang mengahadapi konflik, Yeo Yoong yang selalu diam pun kini mulai berontak terhadap Jang Hyun. Cerita pernikahan kedua pasangan suami istri ini semakin rumit dengan munculnya masalah-masalah baru di antara mereka.

4. Tomorrow with You

* sumber: aminoapps.com

Tomorrow with You salah satu drama underrated yang banyak disukai penonton walaupun tak memiliki rating yang bagus. Salah satu yang paling banyak disukai oleh penonton adalah chemistry di antara pemain utamanya, Shin Min Ah dan Lee Je Hoon. Mereka berhasil memerankan pasangan suami istri dengan baik sehingga terasa seperti nyata.

Saking jatuh cintanya para penonton dengan pasangan ini, ada yang berharap keduanya menjadi pasangan di dunia nyata. Ada juga yang berkomentar lucu dengan meminta maaf kepada Kim Woo Bin, pacar Shin Min Ah, agar merelakan Shin Min Ah berpasangan dengan Lee Je Hoon.

Tomorrow with You merupakan drama bergenre komedi romantis dan fantasi. Dikisahkan Yoo So Joon (Lee Je Hoon) adalah seorang pengelana waktu alias time traveler. Dia bisa pergi ke masa depan dan kembali ke masa sekarang melalui sebuah stasiun tempat terjadinya kecelakaan yang menewaskan ayah ibunya.

Dia berusaha menyelamatkan nyawa seorang wanita bernama, Song Ma Rin (Shin Min Ah). Ma Rin adalah seorang mantan artis cilik yang sering menjadi bulan-bulanan di media online karena sering mabuk di tempat umum. Awalnya So Joon tak tertarik dengan Ma Rin. Namun berkat bujukan seorang paman yang juga seorang time traveler, dia akhirnya bersedia mulai mendekati Ma Rin.

So Joon mendapat kejutan ketika tahu bahwa Ma Rin adalah perempuan yang dia temui ketika terjadi kecelakaan kereta. Berkat Ma Rin, dia akhirnya bisa selamat dari musibah itu. Dia pun akhirnya menikahi Ma Rin. Awalnya, So Joon tak terlalu antusias dengan pernikahan tersebut, tak seperti Ma Rin. Namun lama-kelamaan, dia pun jatuh cinta pada istrinya.

Dia berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan Ma Rin dari kematian, tetapi ujung-ujungnya malah dia yang mendapat celaka. Ma Rin pun harus hidup terpisah dari So Joon yang hidup di waktu yang berbeda. Akankah kali ini So Joon bisa kembali lagi ke masa lalu?

5. Because This Is My First Life

* sumber: www.koreandrama.org

Diadaptasi dari drama Jepang berjudul “ We Married as a Job” atau “Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu” drama remake ini mengangkat beberapa tradisi Korea yang mengharuskan perempuan untuk melakukan beberapa kewajiban setelah menikah. Walau tak banyak ditaburi dialog yang cheesy, tapi berkat kedalaman akting kedua tokohnya, Lee Min Ki dan Jung So Min, drama ini tetap menarik.

Lee Min Ki memerankan tokoh Nam Se Hee, seorang pria berumur 30-an yang masih single dan seorang pembuat aplikasi yang handal. Jung So Min memerankan tokoh Yoon Ji Ho, seorang penulis naskah yang bermimpi agar suatu hari naskahnya ditampilkan ke dalam sebuah drama. Se Hee hidup bersama seekor kucing di rumahnya. Ji Ho terlempar dari rumahnya karena adiknya menikah.

Keduanya akhirnya bertemu karena sebuah kesalahpahaman. Se Hee menyangka penyewa kamar di rumahnya adalah seorang laki-laki. Ji Ho sempat keluar dari rumah Se Hee saat diketahui oleh ibu Se Hee. Namun, dia kembali ke rumah Se Hee setelah hampir digagahi oleh juniornya yang seorang sutradara junior.

Se Hee kemudian menawarkan pernikahan kontrak karena ibunya memaksanya untuk segera menikah. Ji Ho yang menerima tawaran Se Hee dan mereka pun mulai menjalani hidup sebagai suami istri. Meskipun telah menikah, kehidupan mereka tak ada yang berubah. Mereka tetap tidur di kamar terpisah dan melakukan sesuatu sendiri-sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu, masing-masing mulai tertarik satu sama lain dan menjalani pernikahan dengan serius. Akan tetapi, masalah baru muncul dan membuyarkan hubungan mereka yang sudah mulai dekat.

6. Go Back Couple

* sumber: www.koreandrama.org

Ceritanya mirip dengan Familiar Wife, Go Back Couple, yang tayang lebih dulu, pun bercerita tentang pasangan suami istri yang setelah lama menikah kemudian mengalami masalah salah paham dan pengabaian yang dirasakan oleh masing-masing pasangan. Keduanya juga sering sekali mengalami pertengkaran yang menyebabkan kehidupan pernikahan tidak harmonis lagi.

Drama yang diadaptasi dari manhwa berjudul “Do It One More Time” ini dibintangi oleh So Ho Jun yang berperan sebagai Choi Ban Do dan Jang Na Ra sebagai Ma Jin Joo. Dahulu mereka teman satu kampus dan akhirnya saling menyukai kemudian menikah. Ban Do merasa tugasnya sebagai pencari nafkah sangat susah. Sementara Jin Joo adalah seorang istri yang merasa kurang percaya diri.

Walaupun keduanya mengenal masing-masing dengan baik dan saling jatuh cinta, mereka menyesali pernikahan muda yang mereka lakukan. Sama seperti familiar wife, mereka pun kembali ke masa lalu, ke masa mereka kuliah dan bertemu dengan orang yang mereka sukai dan pernah menyukai mereka. Keduanya tetap saling mengenal walaupun kembali ke masa lalu.

7. Marriage Contract

* sumber: www.koreandrama.org

Drama yang cukup melodramatis ini mengisahkan tentang pernikahan kontrak yang terjadi antara pria dan wanita karena suatu keadaan yang mendesak. Dikisahkan Han Ji Hoon (Lee Seo Jin) seorang yang sinis karena latar belakang keluarganya. Dia lahir dari perselingkuhan ibunya dengan pria lain. Sedari kecil dia sudah hidup terpisah dari ibunya dan tinggal bersama keluarga ayahnya.

Suatu hari dia tahu ibunya menderita penyakit liver dan membutuhkan seorang donor segera karena tidak punya banyak waktu tersisa lagi. Kebetulan, tiba-tiba saja muncul seorang perempuan bernama Kang Hye Soo (UEE), seorang janda dengan anak satu yang dikejar-kejar utang dan sedang berusaha mencari uang untuk anaknya kelak sepeninggal dirinya yang menderita tumor otak.

Keduanya akhirnya sepakat untuk bekerja sama, tapi karena peraturan di korea mewajibkan pendonor harus dari anggota keluarga, maka menikahlah mereka. Namun, masih ada satu rahasia yang belum diceritakan Hye Soo pada suami barunya, yaitu tentang penyakitnya. Bagaimana reaksi Ji Hoon jika tahu Hye Soo sedang berjuang melawan maut? Cari jawabannya di Marriage Contract.

Itulah 7 drama Korea tentang pernikahan yang terbaru. Dari 7 itu mana yang kamu sukai? Apakah kamu suka yang romantis, sedih, atau yang ceritanya diselingi kelucuan? Jangan lupa tulis komenmu di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *