bacaterus web banner retina

20 Drama Korea yang Menceritakan Kehidupan Konglomerat

Pernahkah kamu penasaran dengan kehidupan para konglomerat? Banyak drama Korea yang membahas mengenai kehidupan para keluarga tajir melintir ini. Keluarga kaya tersebut ada yang digambarkan hidup normal dan bahagia, ada juga yang hidup penuh masalah dan konflik.

Penasaran dengan kehidupan para jetset? Ini adalah 20 judul drama Korea dengan latar belakang kehidupan keluarga konglomerat yang Bacaterus rekomendasikan.

1. Business Proposal

business proposal_

Terinspirasi dari Webtoon karya HaeHwa, Business Proposal (2022) menjadi drama yang paling dinantikan tahun 2022. Drama ini dibintangi oleh nama-nama terkenal, seperti Ahn Hyo Seop, Kim Se Jeong, Kim Min Kyu hingga Seol In Ah.

Kisahnya bermula ketika Shim Ha Ri (Kim Se Jeong) awalnya hanya ingin membantu sahabatnya Jin Young Seo (Seol In Ah) untuk memutuskan perjodohan.

Sialnya, pria yang dijodohkan dengan sahabatnya adalah Kang Tae Mu (Ahn Hyo Seop) yang ternyata bosnya sendiri. Tapi semua kebohongan ini akhirnya terbongkar dan kini Shim Ha Ri malah terjebak dalam situasi yang sulit dengan bosnya sendiri.

2. The Penthouse Series

the penthouse_

Drama yang paling bikin penonton greget dan kesal, tentu saja The Penthouse Series (2020-2021) tidak boleh sampai ketinggalan.

The Penthouse adalah drama yang menunjukkan bagaimana orang-orang kalangan atas dengan bebas melakukan apa pun tanpa takut dengan hukum. Kekuatan uang bisa menyembunyikan segala kebusukan mereka, meski nyawa seseorang yang menjadi taruhannya.

Drama ini mengisahkan misteri kematian Min Seol Ah (Jo Soo Min) yang ternyata adalah putri kandung dari Shim Su Ryeon (Lee Ji Ah).

Gadis ini sengaja dipisahkan dari ibunya, karena Joo Dan Tae (Uhm Ki Joon) ingin menguasai harta istrinya sendirian. Tak Hanya itu, drama ini menampilkan berbagai adegan kekerasan seperti adegan bullying, penyekapan, pemukulan dan intrik untuk mengelabui hukum.

3. The Devil Judge

the devil judge_

The Devil Judge (2021) memang drama Korea yang sangat menarik untuk ditonton. Bagaimana tidak, drama yang menjadikan sebuah pengadilan sebagai acara reality show adalah hal yang baru.

Namun, drama ini tidak hanya membicarakan bagaimana seorang hakim sedang mengadili para terdakwanya. The Devil Judge juga menunjukkan bagaimana orang-orang kalangan atas bisa dengan mudah lepas dari hukum.

Mereka menggunakan uang untuk menutup mulut pada korban, bahkan sampai mengintimidasinya. Namun kehadiran Kang Yo Han (Ji Sung) yang dijuluki sebagai “Hakim Iblis”, akhirnya bisa memberikan yang namanya keadilan.

Tapi, dibalik segala ketegasan dan kecerdikannya, ternyata Kang Yo Han bukanlah orang yang bersih dan tidak luput dari kejahatan.

4. High Class

high class_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Mystery, Suspense, Drama
  • Produksi: Production H, H World Pictures
  • Sutradara: Choi Byeong Gil
  • Pemeran: Cho Yeo Jeong, Kim Ji Soo, Kim Young Jae
  • Jumlah Episode: 16 Episode

Berbicara soal drama yang menunjukkan gaya hidup para konglomerat, tentu saja High Class (2021) tidak boleh sampai terlewatkan.

Drama ini menyuguhkan kehidupan para wanita kelas atas yang terlihat mewah dan begitu sempurna. Tapi dibalik semua itu, ternyata para wanita ini tidak lebih dari sekumpulan para pembohong yang memiliki banyak kebobrokan.

Adapun kisah ini bermula ketika Song Yeo Wool (Jo Yeo Jung) berusaha mencari kebenaran mengenai kematian suaminya yang sangat mencurigakan.

Dari penyelidikan ini, Song Yeo Wool menemukan fakta mengenai perselingkuhan suaminya dengan wanita lain. Dari sinilah tabir dari para wanita kelas atas ini mulai terbongkar. Kira-kira siapa dalang dibalik pembunuhan suaminya? 

5. Crash Landing On You

crash landing on you_

Drama yang dibintangi oleh pasangan paling sweet di Korea Selatan, yaitu Hyun Bin dan Son Ye Jin ini, memang wajib banget masuk dalam list drama konglomerat.


Crash Landing On You (2020) mengisahkan seorang pengusaha terkenal yang kaya raya bernama Yoon Se Ri (Son Ye Jin). Saat sedang bermain paragliding, tiba-tiba saja angin tornado membuatnya terdampar hingga memasuki kawasan Korea Utara.

Berada di daerah yang tidak dikenalnya, untungnya Yoon Se Ri bertemu dengan kapten Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin).

Taraf kehidupan yang jauh berbeda dari biasanya membuat Yoon Se Ri harus berusaha keras untuk beradaptasi hidup di Korea Utara. Tapi dari situlah ia menemukan pasangan sejatinya, ketika perasaan cinta mulai tumbuh di antara Yoon Se Ri dan Ri Jeong Hyeok.

6. One the Woman

one the woman_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Action, Mystery, Romantic, Comedy
  • Produksi: StudioS (SBS), Gill Pictures
  • Sutradara: Choi Hyeong Hun
  • Pemeran: Honey Lee, Lee Sang Yoon, Jin Seo Yeon, Lee Won Geun
  • Jumlah Episode: 16 episode

Bagaimana rasanya terbangun di rumah sakit dan dikira sebagai seorang putri konglomerat? Inilah yang dirasakan oleh Jo Yeon Joo (Honey Lee) saat terbangun sebagai keturunan konglomerat bernama Kang Mi Na.

Jo Yeon Joo si jaksa korup yang kerap mengatasi kasus para elit Korea Selatan ini, harus berperan sebagai Kang Mi Na yang sifatnya sangat berbeda darinya.

Berusaha beradaptasi dengan kehidupan barunya sekaligus menutupi kecurigaan banyak orang. Kang Mi Na palsu ini tidak sengaja bertemu dengan Han Seung Wook (Lee Sang Yoon), anak dari salah satu petinggi Hanju Group.

Tapi pertemuan keduanya malah berakhir jadi kerjasama untuk mencari tahu kasus kebakaran pabrik Hanju Fashion belasan tahun lalu.

7. Devilish Joy

Devilish Joy

Pernah menonton film Hollywood berjudul 50 First Dates yang dibintangi oleh Drew Barrymore dan Adam Sandlers? Cerita tokoh utama dalam drama Devilish Joy mirip dengan film tersebut.

Hanya saja, dalam 50 First Dates yang mengalami short-term memory karena kecelakaan adalah tokoh perempuan, sedangkan dalam Devilish Joy adalah tokoh laki-lakinya.

Diceritakan Gong Ma Sung (Choi Jin Wook) adalah seorang penerus dari keluarga kaya pemilik perusahaan Sunwoo.

Dia berprofesi sebagai dokter yang berhubungan dengan saraf karnial. Suatu hari dia mengalami kecelakaan. Akibat  kecelakaan itu, dia memiliki masalah dengan ingatannya. Ingatannya hanya bertahan satu hari yang disebut Cinderella Memory Disorder.

Kemudian dia bertemu seorang perempuan bernama Ju Gi Ppeum ( Song Ha Yoon) seorang mantan artis terkenal yang bintangnya telah redup. Dia mengalami banyak masalah dalam hidupnya setelah kasus skandal pembunuhan yang menimpanya sehingga dia kehilangan kepercayaan diri.

Gong Ma Sung kemudian bertemu dengan Ju Gi Ppeum dan langsung jatuh cinta padanya. Namun, masalah short-term memory yang dialami oleh Gong Ma Sung menjadi kendala bagi hubungan mereka. Lalu bagaimana solusinya? Jika kamu penasaran apakah ceritanya mirip dengan 50 First Dates, jangan lupa tonton Devilish Joy.

8. The Beauty Inside

The Beauty Inside

The Beauty Inside merupakan drama remake dari serial televisi US dan film Korea dengan judul yang sama. Drama ini menceritakan tokoh Seo Do Jae (Lee Min Ki) yang merupakan seorang direktur sebuah perusahaan penerbangan bernama T Road Airline.

Seo Do Jae bisa dibilang CEO dingin alias lelaki berkarakter dingin yang juga merupakan cucu dari konglomerat kaya pemilik perusahaan penerbangan.

Perusahaan Do Jae menyewa model bernama Han Se Gye (Seo Hyun Jin). Saat hendak menghindar dari perpanjangan kontrak, Do Jae berhasil mengakalinya sehingga Se Gye tetap menjadi model perusahaannya. Do Jae dan Se Gye, keduanya memiliki rahasia yang hanya orang terdekatnya saja yang tahu.

Do Jae mengalami kecelakaan ketika berada di Eropa yang menyebabkan dirinya tak bisa mengenali wajah siapapun termasuk dirinya. Sementara Se Gye di saat bersamaan dengan kecelakaan Do Jae berubah wujud untuk yang pertama kalinya.

Se Gye memiliki keanehan, yaitu berubah menjadi orang lain setiap satu bulan sekali dan akan kembali ke wujud asal seminggu kemudian.

Baik Do Jae maupun Se Gye berusaha untuk menutupi rahasia masing-masing dari agar tak terbongkar oleh orang-orang yang bekerja dengan mereka.

9. Graceful Family

graceful family_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Mystery, Suspense, Melodrama, Romance, Comedy
  • Produksi: Samhwa Networks
  • Sutradara: Han Chul Soo
  • Pemeran: Im Soo Hyang, Lee Jang Woo, Shin Soo Yeon, Bae Jong Ok
  • Jumlah Episode: 16 Episode

Mau tahu bagaimana sulitnya hidup sebagai putri dari keluarga kaya? Sepertinya kamu harus menonton drama Korea berjudul Graceful Family (2019).

Drama yang dibintangi oleh Im Soo Hyang dan Lee Jang Woo ini menjadi salah satu drama Korea dengan rating tinggi selama penayangannya. Alasannya karena kehidupan Mo Seok Hee tidak hanya bergelimang harta tapi sangat tragis. 

Drama ini mengisahkan Mo Seok Hee (Im Soo Hyang) yang nekat kembali ke Korea Selatan setelah dibuang oleh ayahnya ke luar negeri.

Tujuannya hanya satu, mecari kebenaran mengenai kematian ibu kandungnya yang sangat mencurigakan, hingga penyelidikan ini malah membuka tabir mengenai jati dirinya yang sebenarnya dan berbagai hal busuk dari ayah dan ibu tirinya.

10. Sky Castle

sky castle_

Sky Castle (2019) memang lebih menitik beratkan mengenai obsesi keluarga elit di Korea Selatan soal pendidikan.

Para orang tua yang hidup di lingkungan mewah ini saling membanggakan pencapaian anak-anak mereka yang berpendidikan tinggi, hingga obsesi mereka malah membuat kehidupan anak-anak ini hancur, karena terbebani dengan keinginan orang tuanya.

Anak-anak ini tidak hanya berusaha belajar lebih keras, bahkan mereka sampai nekat melakukan berbagai kecurangan.

Hal ini juga sejalan dengan perilaku orang tuanya. Mengandalkan kekuatan uang, mereka berusaha mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Bahkan, mereka tidak segan mempertaruhkan nyawa, hanya untuk membuat anaknya bisa masuk ke universitas ternama.

11. Clean with Passion for Now

Clean with Passion for Now

Drama bergenre komedi romantis ini mengisahkan seorang pria yang memiliki penyakit bernama mysophobia.

Dia mengalami ketakutan berlebihan terhadap kuman. Pria tersebut bernama Jung Sun Gyul (Yoon Kyu Sang), seorang CEO perusahaan kebersihan bernama “Cleaning Fairy”. Sun Gyul juga merupakan cucu seorang konglomerat. Kakeknya adalah presiden direktur perusahaan AG Grup.

Salah satu pegawainya bernama Gil Oh Sol (Kim Yoo Jung), adalah tipe perempuan yang anti bersih-bersih.

Dia jarang sekali terlihat rapi dan menjaga kebersihan seperti mandi atau keramas. Namun, dia adalah pegawai yang ulet. Dia melamar kerja di perusahaan Sun Gyul setelah dia gagal melamar pekerjaan ke banyak perusahaan.

Sun Gyul yang tak suka terhadap ketidakhigenisan dan keberadaan Oh Sol, sekonyong-kongyong berubah menjadi senang melihat Oh Sol dan cemburu jika ada yang mendekatinya. Drama Korea lucu ini cocok sekali untuk kamu yang sedang butuh hiburan.

12. What’s Wrong with Secretary Kim

What’s Wrong with Secretary Kim

Drama Korea yang diadaptasi dari serial webtoon ini menceritakan tentang kisah asmara yang terjadi antara bos dan karyawan, lebih tepatnya sekretarisnya sendiri.

Seorang presiden direktur dan wakil ketua perusahaan Yumyeong Grup bernama Lee Young Joon (Park Seo Joon) adalah atasan Kim Mi So (Park Min Young). Young Joon adalah CEO ganteng yang penuh percaya diri dan narisitik. Mi So telah bekerja untuk Young Joon selama sembilan tahun dengan penuh dedikasi.

Setelah lama bekerja, Mi So mengajukan diri untuk berhenti dengan alasan ingin melakukan hal lain. Ketika mengutarakan niatnya pada Young Joon, bosnya mempertanyakan keinginan tiba-tiba Mi So.

Sekuat tenaga Young Joon berusaha menggagalkan niat Mi So untuk mundur, mulai dengan menawarkan mobil hingga membuat “event” di sebuah tempat hiburan, khusus untuk Mi So.

Hubungan tarik ulur di antara Mi So Young Joon diwarnai dengan kecemburuan dan rahasia yang menjadi kunci terungkapnya mimpi buruk dan fobia  yang dialami oleh Young Joon dan Mi So.

13. Time

Time

Time bercerita tentang seorang CEO restoran yang dikenal kejam dan dingin bernama Cheon Soo Ho (Kim Jung Hyun).

Soo Ho adalah anak dari istri simpanan ayahnya yang seorang pemilik perusahaan W Group. Soo Ho gemar berfoya-foya. Suatu hari dia memanggil perempuan ke hotel tempatnya menginap dan keesokan harinya perempuan itu meninggal.

Kakak dari perempuan yang meninggal di kamar hotel Soo Ho itu bernama Seol Ji Hyun (Seo Hyun). Mengetahui adiknya meninggal mendadak, dia pun berusaha mencari tahu apa penyebab kematian adik semata wayangnya itu.

Namun dia malah mendapatkan kenyataan pahit bahwa polisi ikut berusaha menutupi kebenaran tentang kematian adiknya.

Mengetahui  bahwa perempuan yang bersamanya di hotel adalah adik pegawai di perusahaan milik keluarganya, Soo Ho pun berusaha menolong Ji Hyun membantu mencari tahu pembunuh adiknya, termasuk bersedia menikah dengan Ji Hyun sesuai keinginan Ji Hyun.

14. About Time

About Time

About Time memfokuskan cerita pada dua tokoh utamanya, Lee Do Ha (Lee Sang Yoon) dan Choi Michaela (Lee Sung Kyung).

Lee Do Ha adalah seorang CEO kaya pemegang sebuah perusahaan entertainment yang juga anak dari konglomerat kaya. Adapun Choi Michaela adalah seorang aktris musikal yang berusaha mewujudkan impiannya untuk bisa tampil di panggung.

Suatu hari Michaela melihat jam di tangannya yang menunjukkan waktu hidup yang tersisa baginya. Dia juga bisa melihat waktu yang tersisa yang dimiliki oleh orang lain.

Ketika bertemu dengan Do Ha, dia menyadari kalau jam di tangannya berhenti bahkan waktunya hidupnya bertambah. Mengetahui hal itu, dia berusaha dekat dengan Do Ha sampai rela menjadi supirnya.

Do Ha yang awalnya tak mempercayai perkataan Michaela, lambat laun akhirnya mengamini kebenaran yang diungkap Michaela. Dia pun mempekerjakan Michaela untuk menjadi supir pribadinya. Perasaan Do Ha dan Michaela pun berubah seiring seringnya mereka bersama.

15. Chip In

chip in_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Mystery, Comedy, Thriller
  • Produksi: MBC
  • Sutradara: Jin Chang Gyu
  • Pemain: Oh Na Ra, Kim Hye Jun
  • Jumlah Episode: 8 Episode

Baik kaya maupun tidak, masalah warisan memang kerap menjadi faktor yang bisa merusak keutuhan sebuah keluarga.

Hal ini juga terjadi dalam keluarga Yoo In Ho, ketika sembilan anaknya berusaha untuk memperebutkan warisan dari ayah mereka. Persaingan ini bisa kamu saksikan saat menonton drama Korea Selatan berjudul Chip In (2020).

Drama yang dibintangi oleh Oh Na Ra dan Kim Hye Jun ini membuat para penontonnya deg-degan dengan jalan ceritanya.

Selain bersaing soal harta, ternyata ada banyak misteri yang menyelimuti kematian ayah mereka yang misterius. Kira-kira siapa yang telah membunuh Yoon In Ho, si pelukis terkenal yang kaya raya itu?

16. I Am Not a Robot

I Am Not a Robot

Pernahkah kamu merasa benar-benar sendiri? Itulah hidup yang dialami oleh Kim Min Kyu (Yoo Seung Ho) dalam drama I Am Not a Robot.

Dia hidup terisolasi dari orang lain. Walaupun pewaris saham terbesar dari perusahaan keuangan bernama KM Financial, tapi dia tak bisa hidup dengan manusia lain. Dia alergi terhadap manusia. Dia hanya hidup dengan barang-barang koleksinya.

Joo Ji Ah (Chae Soo Bin) adalah seorang pebisnis yang gigih juga cerdas. Dia memiliki pengetahuan tentang mekanik berkat ayahnya yang bekerja di sebuah perusahaan mobil.

Ji Ah pun kemudian direkrut menjadi anggota dari tim Robot Santa Maria. Tugasnya adalah berpura-pura menjadi robot Aji 3, robot yang paling canggih yang mirip manusia.

Robot Aji 3 menjadi teman Kim Min Kyu. Seringnya menghabiskan waktu bersama robot Aji 3 membuat Min Kyu jatuh cinta padanya. Lalu bagaimana jadinya jika Min Kyu tahu bahwa robot Aji 3 bukanlah robot melainkan manusia?

17. My Secret Romance

My Secret Romance

Cha Jin Wook (Sung Hoon) adalah pewaris generasi ke dua dari keluarga kaya yang memiliki perusahaan besar. Jin Wook tipe laki-laki playboy yang gemar berganti-ganti pasangan dan senang hidup bebas. Suatu hari dia bertemu dengan Lee Yoo Mi (Song Ji Eun) yang belum pernah sekalipun berpacaran. Mereka terlibat hubungan satu malam dan kemudian berpisah.

Tiga tahun kemudian Jin Wook bertemu lagi dengan Yoo Mi yang telah berprofesi sebagai ahli nutrisi di perusahaan ayahnya, tempat Jin Wook bekerja sekarang. Ternyata dia menyukai Yoo Mi semenjak kejadian tiga tahun yang lalu tersebut. Setelah berpura-pura galak, dia akhirnya mengakui perasaannya pada Yoo Mi.

18. Strong Woman Do Bong Soon

Strong Woman Do Bong Soon

Drama Strong Woman Do Bong Soon (Park Bo Young) mengisahkan seorang perempuan gagah perkasa yang dipekerjakan sebagai seorang bodyguard oleh pria bernama Ahn Min Hyuk (Park Hyung Shik).

Ahn Min Hyuk adalah seorang CEO perusahaan game ternama bernama Ainsoft. Dia juga seorang anak konglomerat pemilik perusahaan Ohsung Grup.

Para perempuan dalam keluarga Do Bong Soon diketahui memiliki kekuatan super. Kekuatan ini tak pernah diperlihatkannya kecuali saat dia diganggu.

Ahn Min Hyuk mengetahui kekuatan Bong Soon secara tidak sengaja ketika melihatnya berkelahi dengan para begundal. Dia sangat terkejut melihat kekuatan Bong Soon dan tertarik untuk menawarkan pekerjaan sebagai bodyguard pada Bong Soon.

Setelah lama bersama Bong Soon, perasaannya pada sang bodyguard pun berkembang menjadi perasaan suka. Namun, Bong Soon ternyata menyukai teman semasa sekolahnya yang bernama In Gook Doo (Ji Soo). Maka, timbul lah cinta segitiga di antara mereka.

19. Revolutionary Love

Revolutionary Love

Revolutionary Love adalah sebuah drama yang mengisahkan hidup seorang pewaris kaya. Byun Hyuk (Choi Shi Won) adalah generasi ketiga keluarga kaya pemilik perusahaan makanan yang baik hati. Sebagai anak orang kaya dia hidup tak tentu arah tanpa melakukan pekerjaan apapun. Dia kemudian hidup menyamar di antara orang-orang biasa dan tinggal di sebuah studio.

Di tempatnya yang baru, Byun Hyuk bertemu dengan seorang wanita bernama Baek Joo (Kang So Ra), seorang lulusan universitas terkenal dan pintar tapi susah mendapatkan pekerjaan. Baek Joo pun akhirnya bekerja paruh waktu untuk bisa bertahan hidup.

20. The Heirs

the heirs_

Drama tentang konglomerat terakhir yang tidak boleh kamu lewatkan, tentu saja The Heirs (2013). Drama yang dibintangi oleh Lee Min Ho, Park Shin Hye dan Kim Woo Bin ini memiliki jalan cerita yang seru banget.

Kisah cinta si kaya dan si miskin yang berhasil membuat penonton merasa tersentuh sekaligus tertawa dengan berbagai adegan komedinya.  

Drama ini mengisahkan hubungan asmara Kim Tan (Lee Min Ho) yang jatuh cinta pada Cha Eun Sang (Park Shin Hye).

Berasal dari keluarga yang sangat berseberangan, Kim Tan berusaha mempertahankan cintanya meski harus melawan keluarganya. Apalagi Kim Tan sudah memiliki tunangan bernama Yoo Rachel (Kim Ji Won), dan pernikahan bisnis yang direncanakan oleh kedua orang tua mereka.

Drama Korea sering mengangkat cerita berlatar anak orang kaya yang super tajir. Terkadang kehidupan mereka terlihat bahagia di luar tetapi, sama seperti orang umumnya, kehidupan mereka pun tak luput dari masalah. Jika kamu menjadi anak konglomerat seperti tokoh-tokoh dalam drama Korea, apa yang akan kamu lakukan?

Selain kehidupan konglomerat, kamu pun bisa masuk lebih dalam di kehidupan kerajaan melalui sejumlah tontonan yang dirangkum dalam artikel drama Korea tentang kerajaan berikut ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram