bacaterus web banner retina

20 Drama Korea yang Tokohnya Memiliki Kekuatan Super

Ditulis oleh Siti Hasanah

Tema makanan, sekolah, hukum, kedokteran, sudah banyak diangkat menjadi sebuah drama. Satu lagi tema yang beberapa kali muncul dalam drama Korea, yaitu tentang kekuatan super. Drama yang mengangkat tema kekuatan super juga mampu menarik banyak perhatian penonton, ambil contoh Oh My Ghost atau Strong Woman Do Bong Soon yang sukses memikat penonton.

Nah, berikut ini adalah kumpulan drama korea yang salah satu tokohnya memiliki kekuatan super. Apa sajakah? Yuk, simak daftar yang telah dibuat Bacaterus berikut.

1. Goblin: The Lonely and Great God

Goblin Cast

Ditulis oleh salah satu scriptwriter paling terkenal di Korea Selatan, Goblin: The Lonely and Great God (2016) adalah drama fantasi yang sangat terkenal. Drama ini berhasil mendapatkan rating 18.68% secara nasional dan berhasil memenangkan banyak penghargaan terkemuka.

Adapun dramanya mengisahkan mengenai Kim Shin (Gong Yoo) seorang jendral perang yang dikutuk untuk hidup abadi. Satu-satunya yang bisa menyelamatkannya dari kutukan adalah dengan menemukan “pengantin goblin.”

Pengantin itu nantinya bisa mengambil pedang yang tertusuk di dadanya. Yang berperan sebagai pengantin adalah Ji Eun Tak (Kim Go Eun) yang nyawanya diincar oleh malaikat pencabut nyawa. Pencabut nyawa di sini diperankan Lee Dong Wook.

2. My Love from the Star

My Love from the star_

Drama bertema kekuatan super lainnya yang tidak kalah populer, tentu saja My Love from the Star (2013). Drama yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun ini tidak hanya populer di Korea Selatan, tapi populer hingga mancanegara. Selain memuncaki rating, drama ini dihujani dengan berbagai penghargaan bergengsi baik dari Korea maupun luar negeri.

Drama ini mengisahkan Do Min Joon (Kim Soo Hyun) alien yang yang tinggal ratusan tahun di bumi. Memiliki kekuatan teleportasi dan melihat masa depan, ia malah terlibat dalam masalah seorang selebriti terkenal bernama Chen Song Yi (Jun Ji Hyun). Perempuan ini kehilangan karirnya setelah dituduh sebagai penyebab kematian seseorang selebriti dan kini nyawanya sedang terancam.

3. Tale of the Nine Tailed

Tale of the Nine Tailed
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Fantasy, Action, Romance, Drama
  • Produksi: Studio Dragon, HOW Pictures
  • Sutradara: Kang Shin-hyo, Jo Nam-hyung
  • Pemain: Lee Dong-wook, Jo Bo-ah, Kim Bum
  • Jumlah Episode: 16 Episode

Beralih ke drama yang lebih mistis, kali ini Lee Dong Wook dan Kim Bum yang ternyata Gumiho yang berbahaya. Lee Rang (Kim Bum) adalah Gumiho yang dapat berubah menjadi manusia dan berkeliling membersihkan roh manusia sambil membuat kegaduhan. Sementara Lee Yeon (Lee Dong Wook) adalah setengah Gumiho paling berbahaya yang hidup diantara manusia.

Meski setengah Gumiho, ternyata Lee Yeon sangat membenci manusia dan kerap menipu mereka. Suatu hari Nam Ji A (Jo Bo A), seorang produser televisi, sedang meliput mitos-mitos urban. Ia tidak sengaja bertemu dengan kedua Gumiho dan mulai mencurigai bahwa mereka berasal dari dunia lain. Dengan mental baja yang dimilikinya, apakah Nam Ji A akan mengetahui kebenarannya?

4. Doom at Your Service

doom at your service_

Berhasil mencuri perhatian banyak orang, Doom at Your Service (2021) memang tidak boleh sampai terlewatkan. Drama yang dibintangi oleh Park Bo Young dan Seo In Guk ini mengusung genre fantasi, yang terlihat kocak banget.

Kisahnya bermula ketika Tak Dong Kyung (Park Bo Young) adalah seorang editor di salah satu perusahaan web novel. Suatu hari ia mengetahui bahwa dirinya tengah mengidap glioblastoma dan hidupnya hanya tinggal hitungan hari. Merasa kesal dan frustasi, gadis ini berdoa meminta kehancuran yang membuat Dewa Kehancuran Myul Mang (Seo In Guk) turun ke bumi.

5. Bulgasal: Immortal Souls

Bulgasal

Mengingatkan penonton pada Goblin: The Lonely and Great God (2016) drama bergenre fantasi ini sekilas memiliki premis yang sama. Bulgasal: Immortal Souls (2021) mengisahkan kehidupan makhluk mitos abadi bernama Dan Hwal (Lee Jin Wook). Ia hidup lebih dari 600 tahun dan motivasinya hanya ingin membalas dendam pada sosok yang telah membuatnya menderita.

Dan Hwal dulunya seorang perwira militer, namun ia berubah menjadi bulgasal saat menjalankan tugasnya mengubur sisa dinasti terakhir. Di sisi lain, ada Min Sang Woon (Kwon nara) bulgasal yang bereinkarnasi menjadi manusia dan bisa mengingat kehidupan lampaunya.

Lalu, ada beberapa bulgasal lainnya yang menjadikan keabadian utnuk mendapatkan kekuasaan. Bagaimana mereka menjalani hidup 600 tahun lalu?

6. The Uncanny Counter

The Uncanny Counter

Drama Korea tentang kekuatan super yang hits di akhir tahun 2020 dan awal 2021 ini mengisahkan perjalanan empat orang manusia biasa yang dianugerahi kekuatan istimewa. Kekuatan super yang mereka miliki tidak diberikan secara percuma karena ada tugas yang harus diselesaikan, yaitu mencari dan mengusir roh jahat yang melarikan diri dari alam baka ke dunia manusia.

Para counter yang terdiri atas Mo Tak, So Mun, Ha Na dan Chu Mae Ok punya kekuatan berbeda untuk melakukan misi mereka. Mo Tak memiliki kekuatan fisik yang kuat ditambah kemampuan psikometri lalu Chu Mae Ok sebagai pemimpin mereka memiliki kekuatan untuk menyembuhkan.


Ha Na sendiri akan memukaumu dengan kemampuannya mendeteksi keberadaan ruh jahat dari jarak jauh, sementara So Mun punya kecepatan manusia super, dapat merasakan ruh jahat, memiliki kemampuan psikokinesis dan  mengendalikan teritori Yung atau wilayah khusus yang diperlukan para counter untuk meningkatkan kemampuan serta kekuatan mereka guna menangkap ruh jahat.

7. Strong Woman Do Bong Soon

Strong Woman Do Bong Soon

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu memiliki kekuatan super bisa menghancurkan apa saja yang kamu sentuh? Itulah kekuatan yang dimiliki Do Bong Soon (Park Bo Young) seorang wanita bertubuh mungil yang sedang berusaha mencari pekerjaan. Meskipun tubuhnya kecil dan terlihat imut, tapi dia memiliki kekuatan yang super.

Kekuatan seperti Hercules ini merupakan kekuatan turun temurun dimiliki oleh pada para wanita di keluarga Bong Soon. Dia tak pernah memakai kekuatannya, hanya saat diganggu saja kekuatan super itu dia pakai.

Suatu hari dia diganggu oleh para pria dan tanpa sengaja dia mengeluarkan kekuatannya sehingga mereka beterbangan dan babak belur. Tak disangka kejadian itu disaksikan oleh Ahn Min Hyuk (Park Hyung Shik), seorang CEO Ainsoft, sebuah perusahaan game. Dia pun menawarkan pekerjaan sebagai bodyguard pada Do Bong Soon.

Kisah Do Bong Soon bertambah seru dengan dibumbui kisah cinta segitiga antara Do Bong Soon, Ahn Min Hyuk dan In Gook Doo (JI Soo), seorang polisi sekaligus teman kecil Dong Bong Soon yang juga pria yang disukai oleh Don Bong Soon.

8. Mystic Pop-Up Bar

Mystic Pop up bar

Jika kamu suka drama tentang reinkarnasi dan kekuatan yang mengikutinya, Mystic Pop-Up Bar (2021) akan menghiburmu. Hanya berjumlah 12 episode, drama ini bercerita tentang seorang wanita yang dikutuk hidup ratusan tahun karena dosa yang dia tanggung. Akibat dosa tersebut dia harus membantu manusia 100.000 jiwa untuk menyelesaikan dendam mereka lalu menghiburnya.

Guna memudahkannya, dia membuka sebuah kedai ajaib yang hanya buka di malam hari. Sayangnya, tidak mudah bagi seseorang untuk menceritakan perasaannya secara sukarela, sehingga wanita tersebut cukup kesulitan. Beruntung suatu hari dia bertemu seorang pemuda bernama Han Kang Bae. Pemuda tersebut memiliki kekuatan dapat membuat seseorang bicara tentang seluruh perasannya, termasuk dendam, hanya dengan menyentuh.

9. The Witch’s Diner

The Witch’s Diner_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Dark, Fantasy
  • Produksi: Studio Dragon, Apollon Studio
  • Sutradara: So Jae-hyun
  • Pemain: Song Ji-hyo, Nam Ji-hyun, Chae Jong-hyeop
  • Jumlah Episode: 8 Episode

The Witch’s Diner (2021) menjadi salah satu drama Korea yang paling populer di kalangan remaja dan anak muda. Drama ini dibintangi oleh nama-nama terkenal seperti Song Ji Hyo.

Ada juga aktris dan aktor muda seperti Nam Ji Hyun hingga Chae Jong Hyeop. Namun genre fantasi yang diangkat dalam drama ini bikin banyak orang penasaran, apalagi drama diadaptasi dari novel populer karya Goo Sang Hee.

Kisahnya bermula ketika Jung Jin (Nam Ji Hyun) mengalami kesialan saat mengelola restoran bersama ibunya. Suatu hari penyihir bernama Zo Hee Ra (Song Ji Hyo) mengajak bekerjasama.

Ia akan menyediakan hidangan yang bisa mengabulkan permintaan para pembelinya. Meski skeptis dengan hal ini, Jung Jin akhirnya setuju, tapi bisakah kerjasama manusia dan penyihir ini berjalan dengan baik?

10. My Roommate is Gumiho

my roomate is gumiho

Drama Korea tentang kekuatan super selanjutnya dibintangi Jang Ki Yong dan Lee Hye Ri. Sebagai drama fantasi, My Roommate is Gumiho mencampurkan unsur romantis dan komedia ke dalam ceritanya. Ia mengisahkan hubungan antara siluman rubah berusia 999 tahun bernama Shin Woo Yeo dan seorang mahasiswi berusia 22 tahun bernama Lee Dam.

Suatu hari Lee Dam tidak sengaja menelan kelereng marmer milik Woo Yeo, akibatnya mereka harus tinggal bersama untuk memikirkan jalan keluarnya. Mutiara tersebut penting bagi Woo Yeo untuk mengubahnya menjadi manusia. Sebagai siluman rubah, Woo Yeo memiliki kekuatan super yang salah satunya adalah menghapus ingatan.

11. W: Two World

W
*

Tokoh yang digambarkan memiliki kemampuan yang unik adalah Oh Yeon Joo (Han Hyo Joo), seorang ahli bedah jantung yang tiba-tiba kehilangan ayahnya. Ayahnya menghilang ketika dia sedang menyelesaikan Webtoon karyanya yang berjudul “W”. Ketika Yeon Joo pergi ke kantor ayahnya, dia menemukan tokoh Webtoon, Kang Cheol (Lee Jong Suk) ada di monitor milik ayahnya.

Saat itu Kang Cheol tampak berlumuran darah. Ketika Yeon Joo sedang membaca tulisan yang ayahnya tinggalkan, tiba-tiba tangan keluar dari monitor dan menarik Yeon Joo ke dalamnya. Saat sadar, Yeon Joo sudah berada di atas gedung dan disampingnya tergeletak seorang laki-laki berlumuran darah.

Akhirnya dia berhasil menyelamatkan laki-laki tersebut dan ternyata laki-laki itu adalah Kang Cheol. Yeon Joo menyadari bahwa dia bisa bolak-balik antara dunia nyata dan Webtoon, tapi hal tersebut bergantung pada perasaan Kang Cheol.

12. Tell Me What You Saw

Tell Me What You Saw
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Thriller, Suspense
  • Produksi: H House
  • Sutradara: Kim Sang-hoon
  • Pemain: Jang Hyuk, Choi Soo-young, Jin Seo-yeon
  • Jumlah Episode: 16 Episode

Mendapatkan rating 7.8/10 di iMDb, Tell Me What You Saw (2020) akan membuat kamu merinding saat menontonnya. Drama thriller ini akan mengupas kasus kejahatan yang sulit untuk diungkap oleh Oh Hyun Jae (Jang Hyuk), seorang profiler kriminal terkemuka. Setelah lima tahun pasca hilangnya sang tunangan, pria ini bertemu dengan Cha Soo Young (Choi Soo Young).

Gadis itu adalah seorang polisi muda dari pedesaan yang memiliki memori ingatan yang luar biasa detail. Keduanya bekerjasama untuk mengungkap berbagai kasus, salah satunya kasus yang menewaskan tunangan Hyun Jae. Kira-kira siapa dalang di balik pembunuhan yang sangat misterius ini? Apa tujuan yang diinginkannya?

13. Sell Your Haunted House

Sell Your Haunted House

Memasangkan Jang Na Ra dan Jung Yong Hwa dalam film ber-genre misteri, drama ini jadi hiburan sendiri. Apalagi melihat Jang Na Ra berperan sebagai dukun dengan kemampuan mengendalikan roh orang-orang yang sudah meninggal. Drama ini bercerita tentang Hong Ji Ah, pemilik Daebak Real Estate yang memiliki kemampuan berhubungan dan mengendalikan roh-roh gentayangan.

Pekerjaanya adalah menangkap roh yang ada di sebuah bangunan atau rumah berhantu, agar rumah tersebut bersih kembali dan dapat dia jual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Kemampuannya ini didapat dari sang ibu, yang meninggal 20 tahun lalu saat melakukan ritual pengusiran setan. Dalam menjalankan pekerjaannya, Hong Ji Ah dibantu Oh In Bum.

14. Memorist

memorist

Pilihan lain drama Korea tentang kekuatan super selanjutnya berjudul Memorist (2020). Ia dibintangi oleh Yoo Seung Ho dan Lee Se Young. Ceritanya sendiri berputar pada kehidupan Dong Baek atau Sung Ju Ho, seorang detektif yang sangat bersemangat melakukan tugasnya dalam menangkap penjahat.

Di balik penampilannya yang tidak beda jauh dengan anggota polisi kebanyakan, Dong Baek ternyata punya kekuatan super. Dia dapat membaca ingatan seseorang hanya dengan menyentuh kulit orang tersebut. Suatu hari dia bekerja sama dengan seorang profiler bernama Han Sun Mi atau Kim So Mi. Keduanya dihadapkan pada satu kasus pembunuhan berantai, yang membawa mereka pada kejutan baru.

15. He Is Psychometric

He Is Psychometric
  • Tahun Rilis: Maret 2019
  • Genre: Fantasy, Thriller, Mystery, Procedural, Romantic Comedy
  • Produksi: JS Pictures
  • Sutradara: Kim Byung Soo
  • Pemeran: Park Jin Young, Shin Ye Eun, Kim Kwon, Kim Da Som
  • Jumlah Episode: 16

Hampir serupa dengan karakter Yoo Seung Ho dalam drama Memorist (2020), karakter utama dalam drama He Is Psychometric (2019), Lee Ahn, juga memiliki kekuatan super yang dapat bekerja jika menyentuh kulit seseorang. Dengan kemampuan psychometry yang dimilikinya, Lee Ahn dapat membaca isi pikiran seseorang, rahasia atau masa lalu seseorang yang coba disembunyikan.

Lee Ahn mendapatkan kekuatan super tersebut setelah kedua orangtuanya meninggal dalam satu peristiwa kebakaran. Pemuda tersebut lantas memutuskan menggunakan kemampuannya itu untuk memerangi penjahat. Saat dirinya belum terlalu ahli mengontrol kekuatan yang dimiliki, Lee Ahn bertemu Yoon Jae In; seseorang yang mencoba menyembunyikan rahasia menyakitkan.

16. Oh My Ghost

Oh My Ghost
  • Rilis: 2015
  • Genre: Romance, Comedy,  Thriller
  • Sutradara: Yoo Je-won
  • Pemeran: Park Bo-young, Jo Jung-suk, Lim Ju-hwan, Kim Seul-gi
  • Produksi: Chorokbaem Media
  • Jumlah Episode: 16 episode

Jika kamu bisa melihat hantu, apakah hidupmu akan merasa tenang? Itu adalah hidup yang harus dihadapi Na Bong Soon (Park Bo Young). Diceritakan Na Bong Soon seorang pegawai di sebuah restoran Italia memiliki kemampuan untuk melihat dan berbicara dengan hantu. Karena kemampuannya itu dia menjadi gadis yang pendiam dan menutup diri.

Suatu hari seorang hantu bernama Shin Sun Ae (Kim Seul Gi) merasuki tubuhnya dan berusaha mendekati sang Chef pemilik restoran tempat Bong Soon bekerja. Chef tersebut bernama Kang Seon Woo (Jo Jung Suk). Seon Woo yang biasa melihat Bong Soon yang pendiam merasa aneh melihat Bong Soon berubah menjadi pemberani dan sedikit liar.

Berkat kemampuannya berbicara dengan hantu Sun Ae, Bong Soon bisa lebih dekat dengan pria yang diam-diam disukainya, yaitu Chef Seon Woo. Dia juga berhasil membantu Sun Ae memecahkan misteri kematiannya.

17. Legend of the Blue Sea

Legend of the Blue Sea
*

Sinopsis & Review Legend of The Blue Sea

Legend of the Blue Sea mengisahkan seorang putri duyung bernama Shim Chung (Jun Ji Hyun) dari abad Joseon yang terdampar di masa modern Seoul. Sang putri duyung yang bukan manusia ini, memiliki kemampuan untuk menghapus ingatan tertentu seseorang dengan cara menciumnya.  Putri duyung ini ditemukan oleh Heo Joon Jae (Lee Min Ho), seorang penipu ulung.

Heo Joon Jae yang dingin itu merupakan doppelganger Kim Moon yang merupakan anak seorang bangsawan di era Joseon. Joon Jae memiliki teman seorang peneliti yang bekerja di KAIST yang bernama Cha Shi Ah (Shin Hye Sun). Shi Ah adalah harapan Shim Chung agar bisa bertahan hidup di era Seoul modern.

18. Voice 2

Voice 2
*

Voice 2 merupakan sekuel dari drama Voice yang tayang sebelumnya. Voice 2 mengisahkan seorang detektif bernama Do Kang Woo (Lee Jin Wook) yang bekerja sama dengan seorang polisi wanita bernama Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) yang memiliki kemampuan pendengaran yang sempurna. Dia seorang profiler lulusan Amerika.

Kemampuan pendengarannya itu dia dapatkan ketika dia masih kecil. Sewaktu muda dia mengalami cedera mata yang membuat dia memiliki pendengaran super. Bersama detektif Kang Woo, Kwon Joo bekerja sama mengejar para pembunuh berantai yang telah mengambil nyawa orang-orang terdekat mereka.

19. Tomorrow with You

Tomorrow with You
*
  • Rilis: 2017
  • Genre: Romance, Drama, Melodrama, Supernatural
  • Sutradara: Yoo Je-won
  • Pemeran: Lee Je Hoon, Shin Min Ah
  • Produksi: Celltrion Entertainment
  • Jumlah Episode: 16 episode

Tomorrow with You adalah drama bergenre fantasi, thriller juga komedi romantis. Diceritakan tokoh utama pria dalam drama ini memiliki kemampuan untuk bepergian ke masa depan dan kembali lagi ke masa sekarang.

Yoo So Joon (Lee Je Hoon) seorang CEO perusahaan properti terkenal memiliki kemampuan berjalan-jalan ke masa depan. Dengan kemampuannya itu dia sukses dalam berbisnis karena So Jeoon sudah mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Kemampuannya itu jugalah yang mempertemukannya dengan seorang perempuan bernama Song Ma Rin (Shim Min Ah).

So Joon melihat kejadian di masa depan yang akan menimpa Song Ma Rin karenanya dia selalu berusaha menolong Ma Rin. Ternyata kemampuan yang dia miliki ada hubungannya dengan Song Ma Rin. Mereka berdua sempat menaiki kereta yang mengalami kecelakaan. Begitu tahu hal tersebut, So Joon pun mulai mendekati Song Ma Rin sampai akhirnya mereka menikah.

Kemampuannya untuk bolak-balik antara masa sekarang dan masa depan awalnya menguntungkan bisnisnya. Namun, kemudian kemampuannya itu malah menyeretnya pada masalah serius yang bisa menghilangkan nyawanya dan Ma Rin.

20. The Girl Who Sees Smell

The Girl Who Sees Smell
*
  • Rilis: 2015
  • Genre: Mystery, Romance, Supernatural
  • Sutradara: Baek Soo Chan
  • Pemeran: Park Yoo Chun, Shin Se Kyung, Namkoong Min, Yoon Jin Seo
  • Produksi: SBS Plus
  • Jumlah Episode: 16 episode

Drama The Girl Who Sees Smell menceritakan seorang perempuan yang mampu melihat aroma. Jadi, bagi dia, aroma tidak hanya dicium tapi dapat juga dilihat wujudnya. Tokoh itu bernama Oh Cho Rim (Shin Se Kyung). Dia mulai bisa melihat aroma ketika dia mengalami kecelakaan saat dia menjadi korban pembunuhan ber-barcode.

Seorang polisi bernama Choi Moo Gak (Park Yoo Chun) yang adiknya juga meninggal karena korban pembunuhan ber-barcode berusaha untuk mengungkap pembunuh tersebut. Dia kemudian bekerja sama dengan Oh Cho Rim yang dapat melihat berbagai aroma untuk mengungkap pembunuh yang menggunakan barcode tersebut.

Memiliki kekuatan super tak melulu membuat hidup menjadi lebih mudah atau lebih enak. Begitu pula kehidupan yang harus dihadapi oleh para tokoh dalam drama Korea yang diceritakan memiliki kekuatan super. Terkadang kekuatan tersebut membawa mereka ke dalam bahaya. Jika kamu diberi kekuatan super seperti dalam drama-drama tadi, kekuatan super apa yang ingin kamu miliki?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram