bacaterus web banner retina

10 Drama Korea tentang Dunia Jurnalistik yang Inspiratif

Drama-drama Korea memang selalu menawarkan sesuatu yang menarik untuk ditonton. Ceritanya terkadang disajikan secara serius dan berat. Namun, tak jarang juga drama Korea menampilkan cerita yang ringan dan menghibur.

Selain itu, drama-dramanya juga memberikan asupan yang bermanfaat untuk penontonnya. Tema-tema yang dihadirkan membawa pesan-pesan yang inspiratif.

Salah satu tema drama Korea yang menarik adalah tentang dunia jurnalistik. Tema ini menyajikan sebuah drama yang mengisahkan kehidupan para jurnalis yang menarik juga menantang. Berikut ini adalah beberapa drama Korea yang bertema jurnalistik yang menarik untuk ditonton.

1. Argon

Argon
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama
  • Produksi: Daydream Entertainment
  • Sutradara: Lee Yoon-Jung
  • Pemeran: Kim Ju-Hyeok, Chun Woo-Hee, Park Won-Sang, Shin Hyun-Bin,
  • Episode: 8

Drama Argon merupakan drama yang mengisahkan dunia Jurnalistik yang keras. Kim Baek-Jin yang diperankan oleh Kim Ju Hyeok berperan sebagai sorang kepala reporter investigasi. Ia dikenal sebagai reporter yang tidak menoleransi kesalahan.

Dalam bekerja dia hanya mengandalkan fakta saja. Dia bekerja sama dengan Yeon Hwa (Chun Woo-Hee), seorang reporter yang kontraknya akan segera berakhir.

Drama ini akan membawa penonton melihat dunia reportase jurnalistik yang menyajikan sebuah berita berdasarkan fakta diantara begitu banyaknya berita hoax dan provokatif yang beredar.

Drama tentang dunia jurnalisme ini memiliki tema yang lebih serius, yaitu tentang bagaimana sebuah berita yang benar itu dibuat dan disajikan kepada masyarakat.

2. Hush

Hush
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Drama
  • Produksi: KeyEast, JTBC Studios
  • Sutradara: Choi Gyu-sik
  • Pemeran: Hwang Jung-min, Im Yoon-ah, Son Byong-ho
  • Episode: 16

Drama bertema jurnalistik yang satu ini merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Jung Jin Young dengan judul Silence Warning. Drama ini juga termasuk drama dengan tema jurnalistik yang lebih serius.

Hush mengisahkan pahitnya realitas seorang reporter ketika rasa keadilan harus berhadapan dengan dunia bisnis media yang besar.

Drama ini dibintangi oleh Hwang Jung-min yang berperan sebagai Han Joon Hyuk. Dia dulunya adalah seorang reporter yang idealis, tetapi kemudian kehilangan rasa keadilannya.

Lawan mainnya adalah Im Yoona dari Girls Generation yang berperan sebagai Lee Ji Soo. Dia seorang reporter muda yang berani dan kompetitif. Ji Soo menjadi lebih dewasa berkat tempaan seniornya.

3. Pinocchio

Pinocchio

Pinocchio merupakan drama yang berlatar dunia jurnalistik yang diwarnai dengan kisah percintaan dari tokoh utamanya. Drama ini dibintangi oleh Park Shin Hye yang berperan sebagai In Ha dan Lee Jong Suk yang berperan sebagai Choi Dal Po.

Kisah mereka bermula dari sebuah reportase tentang kebakaran yang berimbas pada hancurnya keluarga Choi Dal Po. Dalam drama ini penonton akan menyaksikan bagaimana dampak dari sebuah berita yang tidak diinvestigasi dengan benar.

Berita disajikan tanpa mengedepankan rasa keadilan dan hanya mengedepankan sensasi semata. Dampak dari pemberitaan sensasional tersebut mempengaruhi kehidupan banyak orang.

4. Big Issue

Big Issue
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama
  • Produksi: SBS, HB Entertainment
  • Sutradara: Lee Dong-Hoon
  • Pemeran: Joo Jin-Moo, Han Ye-Seul, Shin So Yul, Kim Hee-Won
  • Episode: 32

Bagi penonton drama Korea yang senang dengan dunia fotografi jurnalistik, mungkin drama yang satu ini dapat dijadikan pilihan untuk ditonton. Dramanya mengisahkan tentang dunia fotografi paparazi yang dikenal suka mencari foto-foto selebriti untuk dijadikan sebuah pemberitaan yang sensasional.

Dramanya mengisahkan tentang seorang fotografer sebuah surat kabar yang bernama Han Seok Joo (Joo Jin Moo). Kariernya sebagai fotografer jurnalistik hancur hingga mengakibatkan dirinya kehilangan segalanya, dari pekerjaan hingga keluarga.

Dia bertemu dengan Ji Soo Hyun ( Han Ye Seul) yang merupakan pimpinan sebuah surat kabar. Soo Hyun ingin mempekerjakan Han Seok Joo sebagai fotografer paparazzi untuk mengungkap skandal para selebritis.

5. The Producers

The Producers
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama Romansa, Komedi,
  • Produksi: Chorokbaem Media, Producers SPC
  • Sutradara: Seo Soo-Min, Pyo Min-Soo
  • Pemeran: Cha Tae-Hyun, Kim Soo-Hyun, Gong Hyo Jin, IU
  • Episode: 12

Penonton yang senang dengan dunia penyiaran, mungkin akan tertarik dengan drama Korea yang satu ini. Drama The Producer merupakan drama yang menceritakan bagaimana dunia penyiaran terutama bidang hiburan dibuat.

Drama ini mengisahkan Baek Seung Chan (Kim Soo Hyun) yang mengidamkan untuk bisa bekerja di stasiun televisi agar bisa dekat dengan wanita yang dia sukai.

Pekerjaan Baek Seung Chan sebagai asisten dari seorang produser membuatnya harus mampu menangani banyak masalah.

Dengan demikian acara televisi tempat dia ditugaskan dapat berjalan dengan lancar, khususnya saat dia harus berhadapan dengan para selebritis yang sulit diatur. Tentu saja dalam perjuangannya ini dia juga mulai menemukan cinta dari wanita yang disukainya.

6. Jealousy Incarnate

Jealousy Incarnate
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Drama
  • Produksi: SM Culture & Contents
  • Sutradara: Park Shin-woo
  • Pemeran: Jo Jung-Suk, Gong Hyo-jin, Go Kyung-pyo, Seo Ji-hye, Lee Mi sook
  • Episode: 24

Jealousy Incarnate merupakan drama percintaan yang memiliki latar dunia jurnalistik penyiaran. Dramanya mengisahkan percintaan antara seorang wanita yang lugu yang bernama Pyo Na Ri (Gong Hyo-jin).

Dia merupakan seorang pembawa berita cuaca yang telah menyimpan perasaannya pada seorang pembawa berita yang bernama Lee Hwa-shin (Jo Jung-Suk).

Pyo Na-ri telah lama menyimpan perasaan pada Lee Hwa-shin, yang bekerja pada stasiun televisi yang sama dengannya.

Kisah cinta mereka menjadi menarik saat ada pria ketiga yang bernama Go Jung-won (Go Kyung-pyo). Dia jatuh cinta dengan Pyo Na-ri pada pandangan pertama. Selain asyik melihat drama percintaannya, penonton juga dapat menyaksikan seluk-beluk dunia penyiaran televisi.

7. Find Me In Your Memory

Find Me In Your Memory_

Find Me in Your Memory merupakan drama yang juga memiliki latar dunia jurnalistik. Drama ini mengisahkan percintaan dua orang yang memiliki luka dalam dirinya.

Tokoh utama prianya yang bernama Lee Jung-hoon (Kang Dong Wook) adalah reporter yang terkenal akan sifatnya yang lugas, dingin, dan kritis.

Ia juga mengalami kondisi hyperthymesia. Kondisinya itu membuatnya dapat mengingat masa lalunya dengan sangat rinci.

Sementara itu, tokoh utama wanitanya bernama Yeo Jin-ha (Moon Ga Young). Dia seorang wanita cantik yang supel, ceria, dan selalu berpikir positif.

Jin-ha mengalami kondisi dimana dia tidak mampu mengingat masa lalu yang menyakitkan baginya. Pertemuan mereka menghasilkan sebuah kisah cinta yang cukup menarik.

8. Healer

Healer

Drama Korea Healer merupakan drama yang mengisahkan seorang reporter ternama yang bernama Kim Moon-ho (Yo Jitae). Dia mencoba mencari keponakannya yang dikabarkan telah meninggal.

Pencariannya ini melibatkan seorang kurir yang disebut “Healer” yang diperankan oleh Ji Chang-wook. Sang Healer ditugaskan untuk mencari informasi tentang keberadaan keponakannya.

Pencarian sang kurir ini pada akhirnya melibatkan seorang reporter dari media kelas dua yang bernama Chae Young-shin (Park Min-young).

Dia merupakan bagian dari informasi yang dicari oleh Healer. Kisahnya semakin menarik saat Healer menemukan keterkaitan antara masa lalunya dengan Chae Young-shin, wanita yang dia buntuti selama ini.

9. Radio Romance

Radio Romance
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Drama, Romansa
  • Produksi: Urban Works Media, Plusis Media
  • Sutradara: Kim Shin-il
  • Pemeran: Kim So-hyun, Yoon Doo-jun, Yoon Park, Kwak Dong-yeon
  • Episode: 16

Drama Korea yang satu ini menawarkan tema yang menarik, tentang jurnalisme radio. Walaupun teknologi sudah lebih maju, tetapi radio masih memiliki penikmatnya sendiri.

Drama ini menceritakan tentang perjuangan Song Geu-rim (Kim So-hyun) yang merupakan seorang penulis program radio agar programnya tetap dapat mengudara.

Song Geu-rim ini dapat bertahan karena keberhasilannya dalam meyakinkan seorang aktor ternama bernama Ji Soo-ho (Yoon Doo-jun).

Geu-rim membujuknya untuk menjadi pembawa acara di program radionya. Drama ini tentunya menarik untuk orang-orang yang senang dengan jurnalistik radio. Mereka bisa melihat bagaimana cara agar sebuah program radio tetap menarik mengikuti zaman.

10. She Was Pretty

She Was Pretty

Jika kamu penggemar dunia penerbitan, terutama dunia fashion, drama yang satu ini mungkin menarik untuk kamu tonton. Drama She Was Pretty merupakan drama percintaan dengan latar dunia penerbitan majalah fashion.

Drama ini memperlihatkan bagaimana sebuah majalah fashion dibuat agar bisa bersaing di dunia penerbitan majalah, terutama majalah fashion.

She Was Pretty mengisahkan Hye jin (Hwang Jung-eum) dan Ji Sung-joon (Park Seo-jun). Mereka adalah sahabat sejak kecil yang terpisah lama. Mereka bertemu kembali di sebuah kantor majalah saat keduanya telah beranjak dewasa.

Namun, penampilan Hye jin yang berbeda, membuatnya tak percaya diri untuk kembali bertemu dengan sahabatnya, Ji Sung-joon, yang kini berpenampilan lebih keren.

Nah, itulah 10 drama Korea yang memiliki cerita berlatar jurnalistik. Drama-drama ini tentunya menarik untuk kamu yang tertarik dengan dunia jurnalistik.

Kini kamu lebih tahu tantangan apa saja yang dihadapi para jurnalis dalam menyajikan sebuah berita kepada masyarakat. Kamu juga dapat melihat bagaimana sebuah idealisme dapat tergerus oleh keadaan.

Drama-drama ini memperlihatkan kisah dunia jurnalistik yang dikemas dengan beragam nuansa, ada yang serius dan ada juga yang lucu.

Tak lupa, drama tersebut juga dibumbui dengan cerita percintaan yang manis. Semua orang tentunya memiliki drama favoritnya masing-masing. Kalau kamu, drama bertema jurnalistik mana yang kamu suka?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram